INFO NABIRE

Penyerahan Perkampungan Dari Suku Wate Wanggar Pantai Kepada Keluarga Biak Raja Ampat

Last modified on 2015-06-29 16:05:26 GMT. 0 comments. Top.

wp

(Distrik Wanggar Pantai/Google Maps)

Acara pelepasan dan penyerahan lokasi perkampungan dari suku Wate Wanggar Pantai kepada keluarga Biak Raja Ampat dilaksanakan dalam bentuk acara adat yang dipusatkan di kampung baru Mansurbabo Karadiri Distrik Wanggar Nabire, sabtu lalu (27/06).

Acara ini dipimpin Kepala Suku Wate Asiaina Wanggar Pantai Nabire, Yordan Auw. Yordan Auw berharap kepada keluarga besar Biak Raja Ampat untuk betul-betul membangun kampung tersebut.

Menurut Pemilik Hak Wilayah, Pdt Frans Wanaha, mengatakan, kampung Mansurbabo akan bisa bersaing dengan kampung-kampung yang ada di Nabire.

Sementara itu Kepala Suku Besar Biak Raja Ampat, Enos Kafiar, berharap kepada keluarga besar Biak Raja Ampat agar kedepannya bisa menata kampung tersebut dengan baik.

Sementara itu Ketua Komite Pembentukan kampung baru Mansurbabo, John Wilson Rumainum menjelaskan, pihaknya akan membentuk kampung itu menjadi kampung modern yang bisa berdampingan dengan suku-suku yang lain.

Acara ini ditandai dengan prosesi hewan kurban, dan pemasangan papan nama kampung Mansurbabo oleh Kepala Suku Wate Asiaina Wanggar Pantai, Yordan Auw, disaksikan Kepala Suku dan warga Biak Raja Ampat serta tamu undangan lainnya.

(RRINabire)

Warga Siriwini Tewas Dalam Kecelakaan Tunggal Di Sanoba

Last modified on 2015-06-29 16:04:12 GMT. 0 comments. Top.

Yusuf Maniagiasi (27) warga Sriwni Nabire, Minggu pagi (28/06) sekitar pukul 04.00 WIT dilaporkan tewas dalam kecelakaan tunggal saat memacu kendaraan roda dua jenis sport dalam keadaan mabuk alkohol.

Yusuf tewas setelah sepeda motor merk Honda CB150R yang ditungganginya hilang kendali dan keluar dari jalan utama dan menabrak tiang beton. Kecelakaan tunggal itu terjadi di Jalan Poros Nabire-Samabusa dekat Kantor Balai Benih Ikan Kabupaten Nabire.

Berdasarkan keterangan saksi, Anwar (25), korban memacu kendaraannya cukup cepat, dan diduga lepas kendali.

Berdasarkan kronologis yang diterima dari Polres Nabire, sepeda motor merk Honda jenis CB150R dengan nomor polisi DS 1705 KP yang dikendarai oleh Yusuf Maniagasi, diduga terpengaruh minuman beralkohol. Memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi dari arah Samabusa menuju pusat Kota Nabire menyusuri Jalan Poros Nabire-Samabusa.

“Namun, sesampainya di dekat Kantor Balai Benih Ikan Sanoba tiba-tiba pengendaranya motor itu lepas kendali dan tergelincir keluar dari jalan utama,” katanya.

Sehingga, menyebabkan pengendara terjatuh kemudian terseret beberapa meter dan membentur tiang beton.

“Diduga karena benturan yang kuat ditiang beton, sehingga menyebabkan korban meninggal dunia di tempat,” katanya.

KPUD Nabire Optimis Pilkada Serentak Akan Tetap Dilaksanakan Desember 2015

Last modified on 2015-06-29 16:03:03 GMT. 0 comments. Top.

pilkada

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nabire, Papua, mengaku optimistis bahwa pilkada serentak akan tetap dilaksanakan di wilayahnya pada Desember 2015.

Ketua KPUD Kabupaten Nabire Petrus Rumere, di Jayapura, Senin, mengungkapkan rasa optimistis ini karena anggaran untuk pelaksanaan pilkada serentak telah dicairkan.

“Proses dan tahapan pelaksanaan pilkada serentak sudah dimulai di Kabupaten Nabire, dimana telah melewati tahapan penyerahan berkas,” katanya.

Petrus menjelaskan, setelah penyerahan pemberkasan, selanjutnya tahap perekapan yang tengah dilakukan di tingkat TPS.

“Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat masih berdasarkan DPT pilpres sebanyak 14.119 pemilih dan diprediksi akan ada kenaikan jumlahnya,” ujarnya.

Dia menuturkan, Kabupaten Nabire memiliki 15 distrik dengan 81 kampung dan diperkirakan akan mengalami penambahan DPT mencapai 15.000 pemilih.

“Selain itu, diharapkan dengan diangkatnya Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda, proses pelaksanaan pilkada serentak dapat dilakukan dengan sukses,” katanya lagi.

Dia menambahkan, dana pilkada serentak untuk Kabupaten Nabire sebesar Rp36 miliar yang terbagi atas KPU Rp27 miliar, Panwaslu Rp4 miliar dan pihak keamanan Rp5 miliar.

(Ant)

Senin Esok, Gubernur Papua Resmi Melantik Sendius Wonda Sebagai Caretaker Bupati Nabire

Last modified on 2015-06-28 15:31:08 GMT. 0 comments. Top.

sendius wonda

Mulai Senin esok (29/06), kabupaten Nabire akan resmi memiliki Caretaker Bupati, yang akan dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

Pelantikan Caretaker Bupati Nabire ini sesuai dengan keputusan Mendagri No 131.914-9502 tahun 2015.

Adapun Caretaker Bupati Nabire tersebut yakni Kepala Biro Tata Pemerintahan Provinsi Papua, Sedius Wonda.

Tugas Sedius Wonda saat menjabat Caretaker Bupati Nabire adalah mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Nabire yang akan dilaksanakan pada 9 desember 2015 mendatang.

Rencananya pelantikan Sendius Wonda akan dihadiri oleh Ketua DPRD Sementara kabupaten Nabire, Marthen Douw.

Ibadah Minggu Pagi 28 Juni 2015 Jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire

Last modified on 2015-06-28 11:51:09 GMT. 0 comments. Top.

1

(Dok.GKI Siloam Sanoba Nabire)

Sebagai rasul Tuhan, Paulus-pun menekankan kepada orang tua agar selalu berpegang pada ajaran Firman Tuhan serta menerapkannya dalam kehidupan keluarga kita dengan mengarahkan kehidupan mereka melalui pengajaran Firman Tuhan serta nasihat-nasihat dan petuah yang dikemudian hari akan menuntun kehidupan mereka, karena semua orang tua selalu menginginkan agar anak-anaknya harus menjadi orang yang baik serta berhasil di kemudian hari.

Demikian kutipan khotbah minggu pagi, 28 juni 2015, di jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire yang dipimpin oleh Pelayan Firman Pdt F. Samsanoy,S.Th.

Ditambahkan Pdt F Samsanoy, melihat kehidupan pemuda Kristen dewasa ini, banyak yang telah berpaling dan meninggalkan ajaran Injil serta nasihat-nasihat kebajikan, tidak sedikit yang jatuh pada masalah alkoholis, narkoba dan berbagai tindak kejahatan lainnya yang bertentangan dengan norma Agama dan hukum Pemerintah.

Lalu dimana peran serta dan tanggungjawab orang tua bahkan umat Tuhan terhadap lingkungan yang telah kacau seperti itu ? Apa kita hanya tinggal berpangku tangan tanpa ada upaya menyadarkan anak-anak kita yang telah terpuruk karena ketidak tahuan mereka  serta pengaruh perkembangan jaman ini.

Sebagai orang tua dan juga orang Kristen kita harus terus berusaha dengan berbagai cara dan paling utama adalah memohon kepada Allah dan Bapa kita untuk menyadarkan dan mengembalikan kondisi anak-anak kita yang telah terhilang agar mereka dipulihkan dan menjadi sadar.

Kita tidak boleh hanya berpangku tangan serta mengatakan bahwa semua yang telah terjadi adalah takdir, karena jika kita sungguh-sungguh minta kepada Bapa untuk memulikan keadaan mereka, maka Bapa akan melakukannya bagi kita, karena sebagai orang tua kelak dalam pengadilan Ilahi kita akan dimintah pertanggungjawaban kita tentang seberapa besar kita melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita dalam membimbing serta mengarahkan anak-anak kita pada masa awal kehidupan mereka sebagai dasar pada seluruh kehidupan mereka kelak.

Marilah semua kita bertanggungjawab bagi kehidupan pribadi, anak-anak kita,keluarga kita, lingkungan kita, daerah kita bahkan bangsa kita, agar Allah sumber segalah berkat yang kita sembah didalam Yesus Kristus selalu memberkati dan menyertai kita jika kita hidup tertip serta menuruti segalah Firman Tuhan dan norma-norma kebajikan di dalam masyarakat, amin.

Ibadah Minggu Pagi, 28 Juni 2015 di GKI Siloam Sanoba Nabire, mengambil pembacaan Firman dari Kitab Efesus 6:1-9 dengan perikop “ Taat dan kasih”.

Panwaslu Nabire : Warga Nabire Antusias Daftar Calon Panitia Pengawas Distrik

Last modified on 2015-06-28 11:26:15 GMT. 0 comments. Top.

pilkada

Animo masyarakat Kabupaten Nabire dalam mengawasi pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Nabire sangat tinggi. Hal itu terbukti dari para pendaftar calon Panitia Pengawas Distrik (Panwasdis) yang sangat banyak.

Data yang diperoleh dari Panwaslu Kabupaten Nabire seperti yang diterangkan Ketua Panwaslu Kabupaten Nabire, Jery Degei, mulai dibukanya pendaftaran calon Panwasdis hingga hari ini (kemarin) berjumlah 137 orang.

“Animo masyarakat yang ingin mengawasi proses Pemilukada Kabupaten Nabire sangat tinggi. Hingga hari ini tercatat ada 137 pendaftar calon Panwasdis,” ungkapnya.

Itu artinya keinginan masyarakat untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi Kabupaten Nabire cukup tinggi. Ini bukti, jelas Jery, bahwa masyarakat ingin Pemilukada berjalan aman dan demokratis, mereka mempunyai keinginan mengawasai dan mengawal proses demokrasi, dan ini sangat positif.

Ditegaskannya, Panwaslu Kabupaten Nabire dalam melakukan penrekrutan calon Panwasdis sesuai dengan aturan. Berkas sudah diajukan, selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan akan diumumkan siapa-siapa yang lolos pada tahap berikutnya.

Dalam tahapan selanjutnya, yakni test tertulis akan dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Papua. “Dalam test tertulis Bawaslu Provinsi akan membawa soal, mereka sendiri yag akan mengetes para calon. Siapapun yang lolos itu ditentukan oleh Bawaslu dengan melihat nilai terbaik, dan tidak ada keputusan dari Panwaslu kabupaten,” terangnya.

Sementara dalam test wawancara, mereka-mereka akan diuji sejauh mana pengetahuan tentang pengawasan dan Pemilukada.

“Dari tiga tahapan (administrasi, test tertulis dan wawancara) akan ditentukan yang terbaik. Dalam test tertulis akan diloloskan 6 orang setiap distrik dan dalam test wawancara akan ditetapkan masing-masing distrik 3 orang,” tuturnya.

Dikatakan Ketua Panwaslu, bagi yang tidak lolos, nantinya masih ada kesempatan untuk menjadi Panitia Pengawas Lapangan (PPL) tingkat kampung.

“Mereka masih mempunyai kesempatan untuk tetap turut mengawasi proses demokrasi Pemilukada Kabupaten Nabire sebagai PPL di tingkat kampung. Kami mempunyai keinginan agar semua yang mendaftar memiliki kesempatan untuk tetap mengawasi proses demokrasi,” ujarnya.

Ternyata menurut Ketua Pawaslu, animo yang besar dari pendaftar, bukan hanya di wilayah perkotaan, tetapi di setiap distrik se-Kabupaten Nabire juga dipadati para pendaftar.

Disinggung apakah nantinya Panwaslu Distrik direkrut sesuai harapan, Jery menyatakan, bahwa kembali lagi Panwaslu dalam melakukan proses penjaringan hingga penetapan nantinya berdasarkan aturan yang ada.

“Bila ada opini yang miring tetang perekrutan, silahkan aja tetapi dalam melakukan argument harus disertai dengan bukti dan data yang konkrit. Sekarang bukan lagi jamannya kasak kusuk, tetapi data dan bukti yang lengkap. Panwaslu selalu terbuka bahkan nanti sebelum masuk dalam tahapan test tertulis, Panwaslu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan, saran dan kritik dan itupun harus disertai dengan data dan bukti lengkap. Misal si A terlibat Parpol, silahkan bawa bukti dan datanya dan kami Panwaslu akan menindaklanjutinya,” tuturnya.

“Kami sudah komitmen berjalan diatas aturan. Dan kami secara terbuka mempersilahkan masyarakat menilai kami, bila kami salah silahkan kritik tetapi harus disertai bukti nyata,” imbuhnya.

Dijadwalkan hari ini pendaftaran Calon Panwasdis akan ditutup. Setelah ditutup, 2 – 3 hari Panwaslu melakukan  verifikasi berkas, lalu diumumkan siapa-siapa yang lolos lewat media untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat memberikan saran dan masukan.

“Apakah nama-nama yang diumumkan terlibat dalam Parpol atau lainnya dan itu kesempatan masyarakat untuk memberikan penilaian selanjutnya memberikan saran dan masukan kepada Panwaslu dengan menyertakan data dan bukti, misalkan si A terlibat dalam Parpol,” pungkasnya.

(PPN)

Warga Lapas Kelas IIB Nabire Tetap Antusias Melaksanakan Ibadah Puasa Di Bulan Ramadhan

Last modified on 2015-06-26 15:08:37 GMT. 0 comments. Top.

2

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan hikmah, berkah, dan memiliki kedudukan yang agung bagi kaum Muslimin. Tak terkecuali bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan  (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Nabire.

Para WBP yang memeluk Agama Islam sangat antusias menyambut datangnya bulan suci ini karena semangat untuk berbuat baik dan ketaatan beribadah meningkat. Mereka juga melakukan pelbagai aktivitas seperti berbuka puasa bersama, Shalat Tarawih berjamaah, dan Tadarus Al-Qur’an.

“Walaupun jumlah WBP Non-Muslim yang jauh lebih banyak daripada WBP Muslim, namun tidak menjadi halangan aktivitas ibadah disini karena toleransi agama di Lapas Nabire sangat baik,” tutur Kepala Lapas (Kalapas) Nabire, Yosef B Yembise.

Dijelaskan Kalapas, buka puasa bersama dilaksanakan rutin setiap hari dan akan terus dilaksanakan hingga akhir Ramadhan. Meskipun hanya sebatas menyantap ta’jil, namun WBP Lapas Nabire sangat gembira karena kesempatan seperti ini dapat meningkatkan tali silahturahmi antar WBP dan juga petugas.

Usai berbuka puasa dan Shalat Maghrib, dilanjutkan dengan Shalat Isya, Tarawih , dan Witir berjamaah yang dipimpin oleh ustad dari luar.

“Para ustad juga memberikan khutbah bagi WBP dengan harapan membentuk mental kepribadian WBP sebagai persiapan untuk kembali kepada keluarga dan masyarakat dengan membawa hal-hal yang bermanfaat,” tambahnya.

Selesai Shalat Tarawih berjamaah, aktifitas dilanjutkan dengan Tadarus Al-Qur’an. Ayat-ayat Al-Qur’an pun terdengar merdu di Masjid AT-Taubah Lapas Nabire. “Bukan hanya pahala semata yang didapatkan, manfaat lain saat Tadarus Al-Qur’an adalah terciptanya kedamaian dalam hati seluruh WBP Muslim,” kata Kalapas.

“Semoga melalui bulan suci ini dapat meningkatkan iman dan taqwa, ketenangan lahir bathin, serta dapat berdamai dengan diri sendiri dan sesama,” pungkasnya.

(Pemasyarakatan)

Kepala Bappeda Nabire Menutup Lokakarya Pengelolaan Program Perikanan Berkelanjutan Pada Kawasan TNTC

Last modified on 2015-06-26 14:48:47 GMT. 0 comments. Top.

Lokakarya Pengelolaan Program Perikanan berkelanjutan pada kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih, yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 24 sampai 25 Juni 2015 di Aula Pertemuan Bappeda kabupaten Nabire, resmi ditutup kamis kemarin (25/06) oleh Kepala Bappeda kabupaten Nabire, Frence T.P.

Kegiatan ini  sendiri berhasil menetapkan 17 butir program kerja tahun 2015 s/d 2020. Ke 17 program tersebut, 10 di kabupaten Nabire dan 7 di kabupaten Teluk Wondama.

Dari 17 program tersebut, dirumuskan 5 rekomendasi yaitu Pengelolaan Program Perikanan berkelanjutan pada kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih dan sekitarnya perlu dilakukan atas dasar komitmen kerjasama para pihak yang berpkepentingan dengan memperhatikan zonasi dan peruntukannya, dan didukung pemutakhira data juga kajian ilmiah yang tepat termasuk pendekatan ekosistem.

Pengelolaan Program Perikanan berkelanjutan juga perlu memberdayakan masyarakat lokal terkait dukungan sarana dan prasarana, penyuluhan dan pelatihan teknis, penataan sistem rantai pasok produksi dan konsumsi, serta pembinaan kelompok usaha tani nelayan, kerajinan, dan lain-lain.

Selain itu surat ijin penangkapan ikan di kawasan TNTC dan sekitarnya perlu ditindaklanjuti dengan pengawasan secara rutin melibatkan pihak terkait dan kelompok pengawasan masyarakat.

(RRINabire)

Asisten III Setda Nabire Resmikan Gereja GPI Nifasi Distrik Makimi Nabire

Last modified on 2015-06-26 14:31:35 GMT. 0 comments. Top.

(Asisten III Setda Nabire, Piter Erari)

Gereja secara kelembagaan adalah tempat bertemunya hamba dan Tuhannya dan secara fungsional gereja merupakan sarana untuk Tri Panggilan Gereja yakni bersekutu, bersaksi dan melayani.

Hal tersebut dikemukakan Asisten III Setda Nabire, Piter Erari SE M.Si, saat meresmikan penggunaan gedung Gereja GPI Rehobot Nifasi Makimi, Rabu kemarin (25/06).

Gedung gereja GPI Rehobot tersebut dibangun diatas tanah seluas 75 x 100 meter dengan ukuran gedung gereja 23 x 10 meter.

Piter Erari mewakili Plh Bupati Nabir mengatakan, kehadiran gereja ditengah masyarakat bisa menjadi sarana pemersatu umat dan mewujudkan terjalinnya suasana kerukunan hidup antar umat beragama sehingga terwujudnya masyarakat adil makmur dan berkeadilan.

(RRINabire)

Siswa SD Negeri 1 Nabire Juara Umum Tingkat Nabire & Sembilan Besar Tingkat Papua Pada Ujian Nasional 2015

Last modified on 2015-06-26 14:15:07 GMT. 0 comments. Top.

Salah seorang siswa kelas VI SD Negeri 01 Kotalama Nabire, Hilmi Amelia Fachri, berhasil meraih juara I Umum Ujian Nasional Sekolah Dasar tahun 2015 tingkat kabupaten Nabire, dan berada di urutan 9 besar tingkat provinsi Papua.

Dengan prestasi yang diraih tersebut, Hilmi Amelia Fachri berhasil mendapatkan hadiah tabungan pendidikan sebesar 5 juta rupiah dari Kepala Sekolah SD Negeri 01 Nabire, Yafet Womsiwor S.Pd.

Menurut Yafet Womsiwor, dirinya bangga atas prestasi anak didiknya. SD Negeri 01 Nabire sendiri berhasil meluluskan ke 78 siswa/i kelas VI tahun ini atau 100% lulus.

Uang tabungan pendidikan itu sendiri menurut Yafet adalah janji yang pernah diutarakannya kepada para orangtua murid dan siswanya bahwa jika ada siswanya yang berhasil menjadi juara I tingkat kabupaten akan mendapat hadiah tabungan 5 juta tersebut.

Jumat pagi tadi, Yafet Womsiwor menemui siswanya Hilmi Amelia Fachri yang ditemani kedua orangtuanya dan guru kelas untuk memberikan hadiah tersebut.

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277