INFO NABIRE

Penertiban Ijin Operasi & Trayek Kendaraan Plat Luar Menunggu Terminal Lintas Kabupaten Wonorejo Selesai Dibangun

Last modified on 2015-04-23 17:51:27 GMT. 0 comments. Top.

d

Kepala Dinas Perhubungan Nabire, baru-baru ini mendapat laporan bahwa banyak sekali kendaraan pribadi maupun swasta yang beroperasi di Nabire menggunakan plat nomor dari luar Nabire bahkan Papua. Bahkan ada juga kendaraan plat merah. Ironisnya kendaraan tersebut ada yang dijadikan angkutan penumpang lintas kabupaten.

Menanggapi hal tersebut, Ham Nawipa selaku Kepala Dinas Perhubungan, mengatakan penertiban kendaraan tersebut khususnya penertiban trayek yang menjadi wewenang Dinas Perhubungan Nabire baru bisa dilakukan setelah terminal antar kabupaten yang tengah dikerjakan di Bumiwonorejo difungsikan penggunaannya. Karena dengan berfungsinya terminal tersebut, maka akan mudah mengontrol izin trayek setiap angkutan lintas kabupaten.

Ditambahkan Ham Nawipa, kendaraan dari luar Papua yang masuk ke Nabire sebenarnya hanya diizinkan 3 bulan untuk menggunakan plat luar sambil mengurus nomor plat dari Papua. Apabila belum selesai, diberikan perpanjangan tiga bulan berikut, sehingga hanya enam bulan dengan harapan setelah masa ini berakhir, kendaraan yang beroperasi di wilayah ini sudah menggunakan nomor plat Papua, dimulai dengan DS, tidak dengan DD, D dan B seperti yang banyak ditemui saat ini di Nabire.

Sedangkan terkait  kendaraan pribadi plat hitam dan kendaraan dinas plat merah yang digunakan sebagai angkutan penumpang ke pedalaman, Ham menegaskan, tidak mengetahui apakah pemilik kendaraan-kendaraan tersebut sudah mengurus dan mengantongi izin operasi antar kabupaten. Karena yang mengeluarkan izin operasi antar kabupaten adalah tanggung jawab Dinas Perhubungan provinsi.

Peringatan HUT Satpol PP Ke 65, HUT Satlinmas Ke 53 & Rakornis Kasatpol PP Se-Papua Dipusatkan Di Nabire, Jumat Esok

Last modified on 2015-04-23 07:15:45 GMT. 0 comments. Top.

polpp

‘’Dengan Semangat HUT Satpol PP ke-65 dan HUT Satlinmas ke-53 Kita Tingkatkan Kemampuan Professional Anggota dalam Penegakan Perda, Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Umum Serta Pemberian Pertolongan Kepada Masyarakat’’.

Demikian Tema yang akan diusung pada peringatan HUT Satpol PP ke 65, HUT Satlinmas ke 53, dan dirangkai dengan Rakornis Kepala Satuan Polisi Pamong Praja se-Provinsi Papua, yang perayaannya besok jumat (24/04) akan dilaksanakan di Nabire.

Menurut Asisten I Setda Nabire, Drs I Wayan Mintaya, Nabire ditunjuk sebagai lokasi kegiatan Rakornis Kepala Satuan Polisi Pamong Praja se-Provinsi Papua, berdasarkan keputusan surat Gubernur Papua Lukas Enembe.

 

Badan Kepegawaian Daerah Nabire Gelar Ujian Dinas Kenaikan Pangkat

Last modified on 2015-04-23 05:48:03 GMT. 0 comments. Top.

(Kepala BKD Nabire, Petrus Agapa)

Dalam rangka memenuhi persyaratan untuk alih golongan, maka Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Nabire, menggelar Ujian Dinas untuk PNS tingkat I dan tingkat II yang ada di kabupaten Nabire dan sekitarnya, rabu kemarin (22/04).

Pelaksanaan untuk tingkat I yakni ujian prasyarat alih golongan IId ke IIIa. Sedangkan tingkat II untuk alih golongan IIId ke IVa.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Nabire, Petrus Agapa, dalam kata sambutannya mengatakan, ujian ini sangat penting bagi PNS karena merupakan prasyarat PNS untuk kenaikan pangkat.

Jumlah peserta ujian untuk tingkat I sebanyak 27 orang dan tingkat II sebanyak 15 orang. Sementara pembawa materi ujian atau tutor berasal dari BKD Provinsi Papua.

 

Jelang Prakerind, 198 Siswa/Siswi SMK Negeri 1 Nabire Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Di Puskesmas Karang Tumaritis Nabire

Last modified on 2015-04-22 14:40:28 GMT. 0 comments. Top.

Sebanyak 198 siswa/siswi SMK Negeri 1 Nabire, mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam rangka persiapan kondisi fisik dan mental guna menghadapi Praktek Kerja Industri.

Tujuan diadakannya pemeriksaan kesehatan ini adalah memantapkan persiapan anak didik baik fisik maupun mental agar saat terjun ke dunia prakerind sudah siap.

Menurut Don Bosco, ke 198 siswaya ini terdiri dari 126 siswa laki-laki dan 72 siswa perempuan yang berasal dari kelas 11 dan 7 program keahlian.dengan baik.

Kepala Puskesmas Karang Tumaritis, dr Toto Suprapto mengapresiasi kerjasama yang baik antara pihaknya dengan SMK Negeri 1 Nabire. Dikatakan dr.Toto, dengan pemeriksaan tersebut, kita bisa mendeteksi kondisi kesehatan masing-masing siswa yang akan mengikuti Prakerin diberbagai tempat.

Pemerintah Nabire Setujui MOU Dana Pilkada, KPU Nabire Siap Gelar Pilkada

Last modified on 2015-04-22 14:29:09 GMT. 0 comments. Top.

pilkada

Komisi Pemilihan Umum kabupaten Nabire, siap menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak di 11 kabupaten yang ada di Papua.

Hal ini ditegaskan Ketua KPU kabupaten Nabire, Petrus Rumere S.Sos, sekaligus menanggapi beberapa informasi bahwa masih ada kendala yang belum diselesaikan sehingga Pilkada di Nabire terancam dibatalkan untuk dilaksanakan serentak.

Menurut Petrus Rumere, kepastian Pilkada di Nabire siap digelar serentak adalah setelah pemerintah kabupaten Nabire telah menyetujui dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dana Pilkada.

Jadwal tahapan Pilkada untuk kabupaten Nabire sendiri telah diplenokan oleh KPU Nabire, pada hari selasa kemarin (21/04).

Selanjutnya menurut Petrus, KPU akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Nabire tentang syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh calon-calon yang akan maju pada Pilkada kabupaten Nabire.

Sementara itu menurut Anggota KPU Nabire, Oktovianus Takimai, besaran dana yang telah disetujui oleh pemerintah daerah kabupaten Nabire untuk pelaksanaan Pilkada sebesar 27 Miliar dari permintaan KPU sebesar 30 Miliar.

Terkait pemutakhiran data pemilih tetap (DPT), Oktovianus mengatakan, DPT Pilkada akan dimutakhirkan pada bulan juni 2015 mendatang

 

Peringatan HUT Kartini Ke 136 Di Nabire

Last modified on 2015-04-22 14:10:41 GMT. 0 comments. Top.

kartini

Kartini adalah simbol perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah membebaskan perempuan dari gelapnya kebodohan menuju cahaya kecerdasan.

Demikian salah satu kutipan kata sambutan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & KB kabupaten Nabire, Ibu Yuvinia Douw, pada peringatan HUT Kartini ke 136 21 april 2015 yang berlangsung di Gedung PKK Dharma Wanita kabupaten Nabire, selasa kemarin.

Dikatakan Ibu Yuvinia Douw, Kartini merupakan salah satu motivator dan pejuang kaum wanita yang memiliki cita-cita bagi dirinya, kaumnya, dan bangsanya untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan.

Ibu Yuvinia Douw mengajak Kartini-Kartini yang ada di Nabire untuk berperan besar baik sebagai istri, ibu, juga sebagai anggota masyarakat, untuk meningkatkan kualitas diri lewat peningkatan kualitas pendidikan, wawasan, dan selalu berusaha mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi.

Lembaga Masyarakat Suku Wate Nabire Gelar Pengobatan Massal 22 April – 15 Mei 2015

Last modified on 2015-04-22 14:16:13 GMT. 0 comments. Top.

b

Pengobatan massal Lembaga Masyarakat Suku Wate dan sekitarnya yang mendiami 5 Distrik pesisir dan Kepulauan yag ada di Nabire, dibuka oleh Kepala Suku Wate Alex Reiki bertempat di kantor Kampung Waharia Distrik Teluk Kimi Nabire, rabu (22/04).

Alex Reiki mengatakan, tujuan kegiatan pengobatan massal ini adalah untuk lebih mendekatkan pelayanan gratis kesehatan kepada masyarakat Wate yang sulit menjangkau akses pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat bisa memperoleh pemeriksaan dan pengobatan.

Sementara itu Sekda Nabire Drs Johny Pasande, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Badan Pengurus Suku Wate yang telah peduli kepada kesehatan masyarakat.

Pengobatan massal ini menghadirkan tenaga medis yaitu dokter Yulius Pirade, dokter Pinky panca Wardani, dan sejumlah mantri, suster, dan bidan.

Kegiatan ini akan berlangsung sejak 22 april s/d 15 mei 2015 dipusatkan di 4 Distrik dan 5 kampung yang ada di kabupaten Nabire.

Bupati Nabire Berharap Kemeriahan Pesta Budaya Ke III Tidak Dikotori Dengan Minuman Keras & Gangguan Keamanan

Last modified on 2015-04-22 13:15:56 GMT. 0 comments. Top.

b

Pesta Budaya ke III kabupaten Nabire yang sudah memasuki hari ketiga berjalan aman dan tertib, antusias masyarakat untuk menyaksikan Pesta Budaya ke III di Taman Gizi Nabire juga cukup meriah.

Kemeriahan Pesta Budaya ke III ini tentunya mendapat apresiasi dari Bupati Nabire Isaias Douw. Bupati berharap warga Nabire mendapat banyak hal dari kegiatan Pesta Budaya ke III ini dan tentunya harus dibarengi dengan kesadaran untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Bupati Nabire sejak pembukaan sudah berpesan agar warga masyarakat kota Nabire tetap menjaga suasana kondusif, tidak membuat keributan, dan hal-hal yang merugikan publik.

Bupati juga mengingatkan agar kemeriahan Pesta Budaya ke III tidak dibarengi dengan hal-hal negatif seperti mabuk-mabukan akibat mengkonsumsi minuman keras. Jika didapati hal tersebut ada pada pelaksanaan Pesta Budaya ke III, dirinya tidak segan-segan meminta aparat untuk menindak tegas pelakunya.

Bupati Nabire juga menghimbau kepada pihak keamanan, dalam hal ini TNI/Polri untuk bisa mengamankan kegiatan pesta budaya daerah ini, siapapun yang datang atau mengacaukan situasi kondisi keamanan selama pesta budaya berlangsung, langsung ditangkap dan proses secara hukum yang berlaku, dan jangan diberi ampun. Karena, tujuan digelarnya pesta budaya tersebut adalah untuk menghibur masyarakat Nabire dan melestarikan budaya Nabire, yang beraneka ragam suku.

Seni Budaya Lokal Sebagai Perekat Bangsa Yang Harus Dilindungi

Last modified on 2015-04-21 18:55:13 GMT. 0 comments. Top.

b

Menurunnya ketahanan akan rasa cinta terhadap seni budaya tradisional menyebabkan terjadinya krisis moral, krisis jati diri, yang menyebabkan punahnya seni budaya tradisional dan budaya asli etnis yang adalah aset sangat berhaga bagi generasi saat ini maupun generasi kedepannya.

Demikian tutur Drs Blasius Nuhuyanan saat memberi kata sambutan pada Pembukaan Pesta Budaya ke III Nabire, senin kemarin (20/04).

a

“Pesta budaya adalah suatu even daerah yang melibatkan semua suku etnik yang ada di 15 distrik di kabupaten Nabire dengan menampilkan seni budaya tradisional yang merupakan warisan nenek moyang atau leluhurnya yang merupakan jati diri kelompok suku etnis yang ada di daerah ini sehingga didalam penyelenggaraannya tidak bisa dilombakan, akan tetapi ditampilkan apa adanya sesuai dengan nilai-nilai budaya masyarakat adat sebagai nilai-nilai kearifan lokal suatu suku bangsa yang tetap dijaga dan dilestarikan,” ungkapnya.

c

Lanjutnya, nilai -nilai budaya asli yang dimiliki oleh kelompok suku etnik yang ada di daerah ini harus dijaga dan dilestarikan,serta dihargai. Penghargaan terhadap nilai -nilai asli daerah adalah penghargaan terhadap leluhur kita, tanah ini dan masyarakat yang hidup diatasnya maka apapun yang dikerjakan dan yang dibangun akan berhasil dan membawa berkat, serta kebaikan bagi semua.

Kegiatan pesta budaya ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan pariwisata daerah yang mana sasaran yang hendak dicapai adalah aspek sosial budaya seperti meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap budaya lokal atau tradisional, tergalinya aspek-aspek budaya tradisional atau keunikan budaya lokal yang termuat dalam materi-materi kegiatan pada pesta budaya ini yaitu, tari tradisional, musik, lagu, kuliner tradisional bakar batu masyarakat pegunungan dan pengolaan tepung sagu menjadi makanan tradisional bagi masyarakat pesisir dan kepulauan, serta cerita rakyat.

Pesta Budaya Ke III Kabupaten Nabire Tahun 2015 Resmi Dibuka

Last modified on 2015-04-20 17:46:57 GMT. 0 comments. Top.

b

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda & Olah Raga kabupaten Nabire menggelar Festival & Pesta Budaya ke III tahun 2015 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Nabire Isaias Douw S.Sos, rabu siang (20/04) berlokasi di Taman Gizi Nabire Papua.

c

Acara pembukaan Festival & Pesta Budaya tahun 2015 ini dibuka pukul 15.00 wit, yang diawali dengan parade karnaval masing-masing distrik yang ada di kota Nabire, dan lima sanggar, yang dimulai dari kantor Bupati Nabire dan berakhir di Taman Gizi Nabire.

Acara sendiri dibuka secara resmi oleh Bupati Nabire Isaias douw yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Nabire, Muspida, dan ketua panitia festival pagelaran pesta budaya Nabire, Septinus Baransano S.Pd.

Dalam sambutannya, Bupati Isaias Douw  berharap kepada seluruh warga masyarakat Nabire untuk ikut meramaikan pesta budaya ini, dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama kegiatan berlangsung. Sehingga, pesta budaya daerah yang akan menampilkan sejumlah kekayaaan budaya yang dimiliki oleh orang Nabire. Dan selaku warga Nabire, wajib untuk ikut bertanggung jawab untuk bersama-sama memajukan budaya Nabire.

Lebih lanjut menurut Bupati, Festival ini dapat disaksikan semua masyarakat dari etnis manapun tanpa memandang suku, agama, dan ras, karena kegiatan ini sebagai suatu ajang promosi bagi seluruh masyarakat kabupaten Nabire maupun luar kota Nabire, sehingga bisa jadi daya tarik bagi pengembangan sektor pariwisata di Nabire.

Pesta Budaya ke III kabupaten Nabire tahun 2015 ini , diikuti oleh 15 Distrik yang ada di Nabire dan 5 sanggar dan direncanakan akan berlangsung hingga 25 april 2015 mendatang.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284