INFO NABIRE

Kegiatan Hiking Pramuka SMU Negeri 6 Biha Makimi Nabire

Last modified on 2015-01-24 09:53:48 GMT. 0 comments. Top.

airterjun1

Kegiatan Pramuka saat ini sudah menjadi kegiatan ekstrakulikuler wajib bagi siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dengan kegiatan Pramuka dapat menanggulangi generasi muda dari ancaman narkoba dan ancaman lainnya.

Oleh karena itu, baru-baru ini, siswa-siswi SMU Negeri 6 Biha Legari Distrik Makimi mengadakan kegiatan petualangan alam (Hiking) yang berlangsung selama sehari di Bendungan dan air terjun SP2 Legari Jaya Distrik Makimi.

bendunganb

Siswa SMU Negeri 6 melakukan perjalanan dari halaman sekolah menuju bendungan Legari Jaya dengan antusias walaupun jarak yang ditempuh cukup jauh sambil berjalan kaki.

Setelah mencapai bendungan Legari Jaya dan beristirahat, para siswa pramuka SMU Negeri 6 kembali melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun yang jaraknya kurang lebih 2 KM dari bendungan.

Tentunya kegiatan ini cukup melelahkan namun menurut para siswa kegiatan ini sangat bermanfaat selain mendekatkan diri kepada alam, tujuan kegiatan ini juga untuk melatih fisik dan kerjasama tim.

Baru 44% Warga Nabire Wajib KTP Yang Sudah Melakukan Perekaman E-KTP

Last modified on 2015-01-24 09:41:24 GMT. 0 comments. Top.

e-ktp

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan & Catatan Sipil kabupaten Nabire, jumlah warga Nabire yang belum melakukan perekaman E-KTP sampai saat ini sebanyak 73 ribu lebih atau 56% dari total warga wajib KTP.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kependudukan & Catatan Sipil kabupaten Nabire, Yunus Rumere S.Sos. Menurut Yunus, sudah ada 55.675 warga Nabire yang melakukan perekaman E-KTP, da yang E-KTP nya sudah tercetak sebanyak 42.499 E-KTP.

Ditegaskan Yunus, pihaknya selalu memberikan pelayanan perekaman bagi warga yang akan membuat e-KTP. Dan perlu diketahui oleh warga bahwa sejak tanggal 31 Desember 2014 lalu, KTP Nasional sudah tidak berlaku lagi. Walaupun masa berlaku yang tertera pada KTP Nasional itu masih panjang, namun KTP jenis itu sudah tidak berlaku lagi. Sebagai gantinya, warga sudah harus memiliki e-KTP.

“Misalnya ada warga yang punya KTP Nasional tertulis berlaku sampai dengan tahun 2016 misalnya. Walaupun seperti itu, yang namanya KTP Nasional sudah tidak berlaku lagi. Jadi silahkan warga untuk segera mengurus e-KTP,” jelasnya.

Pihaknya berharap bagi warga yang belum mengurus e-KTP agar segera bisa mengurusnya. Soal perekaman data, kata Yunus, stafnya selalu siap memberikan pelayanan kepada warga pada setiap hari kerja.

Sebelum e-KTP tercetak, jelas Yunus Rumere, pihaknya juga menyiapkan surat keterangan yang bisa diperoleh warga. Surat keterangan ini fungsinya sama dengan KTP yang sesungguhnya. Dikeluarkannya surat keterangan ini sebagai pengganti sementara menunggu teretaknya e-KTP.

Pembangunan RSUD Nabire Bertaraf Nasional Akan Dibangun Secara Bertahap

Last modified on 2015-01-24 09:34:08 GMT. 0 comments. Top.

Program pembangunan RSUD Nabire yang sudah disepakati Gubernur dan Bupati Nabire, rencana akan dibangun bertahap. Untuk itu diharapkan DPRD Nabire mendukung program yang sudah diputuskan Gubernur Papua dan Bupati Nabire. Karena pembangunan RSUD ini bukan rumah sakit biasa, melainkan RSUD bertaraf nasional.

Tim Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) akan mengawal pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire. Pembangunan RSUD bertaraf nasional ini akan membutuhkan waktu yang sangat panjang. Demikian dikatakan Ketua Tim UP2KP, Onesimus Bonay, SKM, M.Kes saat ditemui wartawan, Kamis (22/1) kemarin.

“Proses pembangunan RSUD Nabire bertaraf nasional nanti kita akan kawal dengan tim-tim dari UP2KP bersama pemerintah dan stakeholder semua elemen yang bersangkutan memantau pembangunan RSUD Nabire” ujarnya.

Dikatakan, beberapa tempat yang sudah dilaksankan kegiatan UP2KP diantaranya Nabire dan Merauke, dan yang paling siap adalah Nabire. Pembangunan RSUD Nabire sudah disiapkan master plan dan ada juga desain gambar RAP dan pembiayaannya sudah jelas. Sedangkan rancangan program pembangunan ini pihaknya sudah serahkan ke Jayapura, bahkan sudah sampai di meja gubernur. Pihaknya berharap di tahun 2015 ini bisa dimulai.

Ditegaskan, pihaknya tidak bisa berjalan sendiri tetapi perlu dukungan dari pemerintah terutama bupati. Katanya, bupati sangat merespon dalam beberapa kali pertemuan. Saat bupati melantik pihaknya di guest house juga disampaikan bahwa soal dana tidak perlu dipermasalahkan.

Soal pembangunan RSUD, katanya, tetap pada lokasi yang sudah ada. Pembagunan RSUD ini akan dilakukan secara bertahap akan diperluas dan diperbesar. Soal rumah pegawai dan dokter itu urusan pemerintah daerah bagaimna caranya untuk mengalokasikannya.

Ibadah Pengucapan Syukur STAK Nabire

Last modified on 2015-01-24 09:27:14 GMT. 0 comments. Top.

Ayub-Kayame

Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Nabire menggelar syukuran bersama dalam rangka berdirinya Yayasan Pengembangan Almembert (YPA) Papua, Jumat (23/1).

Acara ini dihadiri Kepala Biro Spritual dan Mental Provinsi Papua, Drs. Ayub Kayame, juga sebagai dewan penasehat Sinode Gereja Kingmi (GKII) Teluk Cenderawasih, Asisten II Sekda Nabire, Ir. Sukadi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire, hamba-hamba Tuhan, para dosen  dan serta mahasiswa/i STAK.

Syukuran digelar dengan tema ”Allah yang membuat kami berhasil,” (Yeremia  2 : 20). Renungan Firman Tuhan dibawahkan Pdt. Dr. Phil Indakrai, D.Th mengatakan, jati diri orang Israel sehingga runtuhnya itu sama saja. Dengan runtuhnya orang atau umat Israel, disana tembok Yerusalem ada sejarah tentang bangsa itu. Pimpinan yang mempunyai kemampuan pekerjaan dan kemampuan manajerial untuk membangun pemimpin dan mengatur pekerjaan itu maka kita baca kitab Yeremia.

Kepala Biro Spritual dan Mental Provinsi Papua, Drs. Ayub Kayame, menyampaikan, campur tangan Tuhan hingga memiliki beberapa SK itu hal yang baru. Satu kali SK pendirian lembaga kemudian SK untuk beberapa Prodi ini sangat luar biasa dan puji Tuhan.

Pendirian lembaga dan SK Prodi baik S-1 dan S-2 untuk memiliki SK legalitas ini Tuhan menolong kita. Pendeta atau pelayan gereja Kingmi khususnya koordinator Teluk Cenderawasih dan juga Paniai, Deiyai dan Dogiyai bahwa sekolah ini milik kita ada dibawah naungan atau pengawasan gereja Kingmi hadir dan penembangan sekolah dalam rangka mempersiapkan SDM , khususnya Nabire dan pada umumnya Provinsi Papua.

Sementara itu, sambutan Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos yang dibacakan Asisten II Sekda Nabire, Ir. Sukadi, mengatakan, STAK Nabire memiliki arti serta peran yang sangat penting dalam pembangunan umumnya. Ada dua hal penting yang harus kita pahami dalam kegiatan ini. Yakni pendidikan dan agama, dimana keduanya memilki peran dan fungsi yang sangat strategis. Sekaligus merupakan prioritas pemerintah Kabupaten Nabire dalam meningkatkan kualitas SDM.

Dikatakan Ir. Sukadi, pemerintah Kabupaten Nabire melalui visinya mewujudkan masyarakat yang berkeadilan, sejahtera, makmur dan mandiri. Terus berusaha mengembangkan dunia pendidikan yang lebih berkeadilan didasarkan pada nilai–nilai agama pada semua jenjang pendidikan. Baik pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, yang harus dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat baik di pegunungan, perkotaan maupun pesisir.

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2011-2015, salah satu strategi di bidang pendidikan yang akan ditempuh adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan, tenaga pendidik, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan serta perbaikan kesejahteraan para pendidik.

(PPN)

Apel Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi Dalam Rangka Swasembada Pangan Di Balai Kampung Bumi Raya SP 1 Kali Bumi Nabire

Last modified on 2015-01-24 09:24:26 GMT. 0 comments. Top.

2

Kementerian Pertanian telah menetapkan target swasembada pangan khususnya padi dalam tiga tahun kedepan, bahkan Kementrian Pertanian menghimbau bahwa target tersebut akan dapat dicapai kurang dari tiga tahun. Untuk mencapai hal tersebut telah dilakukan identifikasi permasalahan terkait produktifitas, salah satunya yaitu irigasi. Dalam bidang Pertanian Irigasi sangat berperan penting karena adanya perubahan iklim yang merupakan proses yang terjadi secara dinamik dan terus menerus. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi kekurangan air pembangunan irigasi merupakan salah satu target pembangunan pertanian.

Untuk itu, Selasa 20 Januari 2015 dilaksanakan Apel Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi Dalam Rangka Swasembada Pangan di Balai Kampung Bumi Raya SP 1 Kali Bumi Nabire. Dalam Apel tersebut, bertindak sebagai Pembina Apel Sekretaris Daerah Kabupaten Nabire Drs.Johny Pasande dan dihadiri oleh jajaran Muspida Kabupaten Nabire, Pejabat Eselon II dan Eselon III Kabupaten Nabire, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire Yasor Victor Sawo,SP,M.Si, beserta staf, TNI, kelompok tani, dan undangan lain.

Mentri Pertanian DR.IR.Andi Amran Sulaiman,MP dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kab.Nabire menghimbau bahwa keterlibatan TNI AD dalam kegiatan perbaikan irigasi adalah merupakan bagian dari perwujudan swasembada pangan. Swasembada pangan sebagai bagian dari serbuan teritorial yang dilaksanakan TNI AD tahun 2015 dan merupakan tekad untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut TNI AD sudah mengambil langkah kongkrit yang salah satunya adalah memberikan pendampingan kepada para petani yang sudah dilakukan oleh para Babinsa dengan melaksanakan kerja sama dengan Dinas pertanian dan Perkebunan Kab. Nabire. Beliau juga mengungkapkan bahwa swasembada pangan sangat penting karena tidak mungkin ketahanan pangan nasional bisa tercapai tanpa ketahanan pangan daerah dan tidak mungkin semua itu dapat terwujud tanpa swasembada pangan.

Apel Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi Dalam Rangka Swasembada Pangan ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama untuk perbaikan irigasi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah dari jajaran Pemerintah, Dandim 1705 Paniai Letkol Infantri Franz Yohannesh Purba, S.IP, Kapolres Nabire AKBP H.R Situmeang,S.Ik,MH dari kepolisian, dan Bapak Kamto dari anggota kelompok tani.

(Nabirekab)

Kejaksaan Negeri Nabire Akan Kembangkan Kasus Kepala BPKAD Nabire Guna Mencari Tersangka Lain

Last modified on 2015-01-22 14:05:26 GMT. 0 comments. Top.

123

Pihak Kejaksaan Negeri Nabire terus berupaya mengembangkan kasus korupsi yang menimpa Kepala BPKAD Nabire, BHS, guna mencari tersangka lainnya yang kemungkinan ikut terlibat dalam kasus tersebut.

Hal tersebut diutarakan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Nabire, Fedrika Yokomina Uriway,SH.

Dikatakan Fedrika, diduga korupsi yang dilakukan dalam kasus ini sifatnya berjamaah dan bukan 1 orang saja pelakunya, dan bisa saja ada tersangka lain yang terlibat dalam kasus ini.

Ditegaskan Fedrika, jika Kejaksaan Negeri Nabire memiliki alat bukti yang cukup, maka penahanan kepada seseorang bisa dilakukan. Terangnya, alat-alat bukti yang cukup kuat untuk melakukan penahanan bagi seseorang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, yaitu keterangan saksi dan keterangan tersangka ditambah alat bukti surat.

“Tersangka belum dinyatakan bersalah sehingga pembuktian akan dilakukan dalam proses persidangan yang merupakan ending dari sebuah perkara,” pungkasnya.

Pemerintah Nabire Mulai Relokasi Penjual Daging Di Pasar Karang Ke Pasar Daging Wonorejo

Last modified on 2015-01-22 14:05:00 GMT. 0 comments. Top.

1

Dengan mulai beroperasinya Pasar Daging di wilayah Bumi Wonorejo Nabire yang diakomodir oleh pemerintah Nabire melalui Dinas Peternakan, maka penjualan daging akan dipusatkan di Pasar Daging Wonorejo tersebut.

Terkait hal itu, Bupati Nabire Isaias Douw memerintahkan jajaran Polisi Pamong Praja untuk mulai menertibkan pada penjual daging di pasar Karang Tumaritis Nabire.

Penertiban tersebut dimaksudkan agar para penjual daging tidak berjualan lagi di pasar Karang Tumaritis sekaligus menjaga kebersihan kota Nabire

Menurut Kepala Satpol PP Nabire, Nikolaus Wambrau, Satpol PP telah bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Nabire untuk menertibkan pedagang penjual daging khususnya daging babi di Pasar Karang Tumatiris sesuai dengan perintah Bupati.

Satpol PP bersama terkait telah mengupayakan kerja sama sehingga kedua belah pihak, baik masyarakat dan pemerintah kita bersama-sama menegakan aturan hingga ketentraman dan kenyamanan dapat tercipta.

Pertemuan Pemerintah Nabire Dengan Garuda Membahas Rencana Pembukaan Jalur Penerbangan Garuda

Last modified on 2015-01-21 10:59:38 GMT. 0 comments. Top.

garuda

Sekretaris Daerah kabupaten Nabire, Drs Johny Pasande, atas nama Bupati Nabire, di ruang kerja Sekda Nabire, mengadakan pertemuan dengan maskapai Garuda cabang Biak, guna membahas maskapai Garuda jenis ATR yang akan melayani Nabire.

Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk mematangkan rencana operasional Garuda di Nabire mulai bulan april atau mei 2015.

Rute awal yang akan dilayani Garuda ATR yaitu Nabire-Biak-Jayapura PP. Dengn beroperasinya Garuda ATR, kendala warga Nabire terkait transportasi luar dapat teratasi.

Atas nama pemerintah, Drs Johny Pasande mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia. Hal senada juga diungkapkan oleh perwakilan dari garuda cabang Biak, I Wayan Supatra.

itambahkan I Wayan Supatra, Garuda akan memberikan tarif sesuai peraturan dari Kementerian Perhubungan.

Hadir dalam pertemuan ini yaitu Dinas Perhubungan Nabire, pihak Bandara Nabire, dan instansi lainnya.

Reki Lumentah Serahkan Rincian Kertas Kerja Satker Tahun Anggaran 2015

Last modified on 2015-01-21 10:59:17 GMT. 0 comments. Top.

reki

Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Nabire, Reki Lumenteh,S.Pd.K menyerahkan Rincian Kertas Kerja Satker Tahun Anggaran 2015 kepada para Kepala Seksi dilingkup Kantor Kemenag Kabupaten Nabire pada apel pagi, Senin 19 Januari 2015.

Reki Lumentah yang bertindak selaku Pembina Apel dalam arahannya berkaitan dengan diserahkannya Rincian Kertas Kerja Satker tahun anggaran 2015, dirinya menghimbau kepada semua PPK yang adalah para Kepala Seksi agar dalam membuat program kerja dan kegiatannya agar dapat disesuaikan denga dana yang ada. Menurut Ka. Kemenag Nabire ini agar dalam membuat program kerja dan kegiatan para Kepala Seksi diharapkan dapat melibatkan semua pegawai yang ada pada unit kerja masing-masing.

Hal yang juga menjadi perhatian Kepala Kantor adalah menyangkut disiplin pegawai. “Sebagai Pegawai Negeri Sipil, kita ini disebut juga sebagai abdi Negara, abdi Bangsa dan abdi Masyarakat untuk itu kita wajib tunduk dan taat terhadap segala aturan-aturan dan ketentuan yang berlaku. Tugas kita adalah melayani masyarakat dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita”. Tegas Kepala Kantor mengakhiri sambutannya.

Untuk diketahui para Pejabat yang menerima Rincian Kertas Kerja diantaranya, Kepala Sub. Bagian Umum diterima oleh Ka.Sub.Bag Tata Usaha, Willem Boga, Sub. Bagian Keuangan diterima oleh Samuel Istia S.Sos, Bimas Kristen diterima oleh Kepala Seksi Bimas Kristen Dra.Martha B.Orie, Bimas Katolik, oleh Kepala Seksi Bimas Katolik Dra.Dorce Laba Ambu, Bimas Islam diterima oleh Kepala Seksi Bimas Islam, H.Husein Rumkel,A.md, Seksi Pendidikan Agama Kristen (PAK) oleh Kepala Seksi PAK, Zeth Yarollo,S.Pd.K, Seksi Pendis diterima oleh kepala Seksi Pendis, H.Bahar,S.Ag, Penyelenggara Haji dan Umrah diterima oleh H.Basri,S.Ag. Dan untuk Penyelenggara Buddha diterima oleh Eko Susiono S.Ag.

Penyerahan Rincian Kertas Kerja Tahun Anggaran 2015 ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor dan disaksikan oleh seluruh karyawan karyawati yang mengikuti apel pagi.

(K.A)

Kepala Sekolah SD Inpres Wenami Sima Nabire Akan Diganti

Last modified on 2015-01-21 10:58:32 GMT. 0 comments. Top.

sima

Kepala bidang Sekolah Dasar dinas Pendidikan kabupaten Nabire, Papua, Saverinus Ukago mengatakan dalam waktu dekat kepala sekolah SD Negeri Inpres Wenami, kampung Sima akan diganti.

“Iya itu benar. Tahun lalu memang kegiatan belajar mengajar sempat tidak berjalan seperti yang kami harapkan. Tetapi sekarang sudah berjalan. Kami akan menggantikan kepala sekolah yang baru dalam waktu dekat,” kata Saverus Ukago, Senin (19/1/2015).

Sementara itu, salah satu warga Kampung Sima yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, selama tahun 2014 tidak ada kegiatan belajar yang berjalan. Karena kepala sekolah tidak pernah berada di kampung Sima.

“Anak-anak di Kampung Sima tidak pernah belajar. Pada hal gedung sekolahnya ada. Lalu guru-guru juga ada. Persoalannya, kepala sekolah tidak pernah di tempat. Lalu kesejahteraan guru di SD Inpres Wenami juga tidak pernah diperhatikan,” katanya.

Selain itu, salah satu guru honorer yang sudah lima tahun mengajar di SDN Inpres Wenami, Kampung Sima, membenarkan, keterangan warga kampung.

“Benar, tahun 2014, aktivitas belajar mengajar di SD Inpres Wenami tidak berjalan baik seperti yang kami inginkan. Karena kepala sekolah tidak pernah ada di tempat. Kalaupun kepala sekolah datang, itu pun hanya untuk ajak warga minum minuman keras,” katanya.

(JB/AB)

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258