INFO NABIRE

Rapat Kerja Kepala Distrik & Kelurahan Se-Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-12-11 15:58:49 GMT. 0 comments. Top.

1

(Dok.Nabirekab)

Untuk peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di tingkat Distrik dan Kelurahan se-Kabupaten Nabire, dan sebagai bahan evaluasi sekaligus menjadi pedoman dalam upaya peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan yang lebih baik di tingkat Distrik dan Kelurahan se-Kabupaten Nabire maka Pemerintah melalui Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Nabire menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Kepala Distrik dan kepala kelurahan Se-Kabupaten Nabire pada Rabu 10 Desember 2014 yang mengambil lokasi di aula Bappeda Jl.Merdeka  Nabire.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nabire Drs.Johny Pasande yang ditandai dengan pemukulan Tifa dan dihadiri oleh Asisten Tata Praja Drs.I Wayan Mintaya, Asisten Bidang Pembangunan Ir.Sukadi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan La Halim,S.Sos, para Kepala Distrik dan Kepala Kelurahan se – Kabupaten Nabire serta undangan lain.

Bupati Nabire, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menghimbau  bahwa kegiatan ini  memiliki arti dan nilai yang sangat strategis sebab merupakan upaya untuk memperoleh masukan tentang permasalahan yang terkait dengan tugas pelayanan, untuk itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman yang selanjutnya dapat diimplementasikan melalui sinkronisasi program kegiatan di bidang pemerintahan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan Tanya jawab.

(Nabirekab/Agustina)

Pembukaan Diklat Polisi Pamong Praja Kabupaten Nabire Angkatan I Tahun 2014

Last modified on 2014-12-11 15:57:28 GMT. 0 comments. Top.

2

(Dok.Nabirekab)

Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis Polisi Pamong Praja Kabupaten Nabire, maka pada hari senin lalu, (08/12), dilaksanakan Pembukaan Diklat Polisi Pamong Praja Kabupaten Nabire Angkatan Pertama Tahun 2014 yang berlokasi di Lapangan Batalyon 753 AVT Nabire.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Nabire Mesak Magai,S.Sos,M.Si dan dihadiri oleh Pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nabire, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Nicolas Ambrauw, Anggota TNI, para peserta Diklat, dan undangan lain.

Selama mengikuti Diklat, ada beberapa materi pokok yang akan menjadi pembekalan bagi para anggota diklat diantaranya: Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Dalam Implementasi Otonomi Daerah, Sistim Pemerintahan Indonesia, Penyelenggaraan Pemerintahan Umum dan Kepamongan, Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka NKRI, Etika Penyelenggara Negara, Etika Hukum dan Hak Asasi Manusia, Pengetahuan Hukum (KUHP / KUHAP), Pengenalan pembuatan Peraturan Daerah, Pengenalan Peralatan Operasional Satuan Polisi pamong Praja, dan beberapa materi lainnya lagi. Selain itu mereka juga mendapat Pendidikan  dan Pelatihan Mental Fisik Disiplin (MFD), Latihan Menembak dan Outbound dari anggota TNI Yonif 753 AVT.

Kegiatan yang sedianya akan diselenggarakan selama kurang lebih 2 minggu ini diikuti oleh 57 peserta dan rencananya akan ditutup pada Jumat 19 Desember 2014.

(Nabirekab/Agustina)

Ibadah Perayaan Natal Jemaat GPSDI Kristus Penebus KPR Nabarua Nabire

Last modified on 2014-12-11 15:56:36 GMT. 0 comments. Top.

gpsdi

(Dok.Nabirekab)

Dengan tema “Firman Itu Telah Menjadi Daging, Gereja Pentakosta Serikat Di Indonesia Jemaat Kristus Penebus Nabire, mengadakan ibadah perayaan Natal Jemaat, rabu (10/12), bertempat di Gedung Gereja Pentakosta Serikat di Indonesia, Jemaat Kristus Penebus, jalan Pipit depan Lembaga Pemasyarakatan Nabire.

Kelahiran Yesus Kristus harus berpengaruh & menjadi pengalaman dalam kehidupan bersama Firman bagi setiap umat Tuhan, menjadi inti perenungan perayaan Natal GPSDI Jemaat Kristus Penebus Nabire.

Turut hadir dalam perayaan Ibadah Natal ini, Wakil Bupati Nabire Mesak Magai S.Sos, Sekda Kabupaten Nabire Drs. Johny Pasande, Kepala Dinas Pertanian & Hotikultura Nabire, Yasor Victor Sawo, hamba-hamba Tuhan, Tokoh Masyarakat, Jemaat setempat & para undangan.

Dalam perayaan ini diisi dengan Acara, pembukaan oleh Dr. Anita Tonapa Sebagi MC, persembahan Puji Pujian dipimpin Oleh Fohlen Salindiho sebagai Song Leader, Koor Anak Anak Sekolah Minggu, Koor Kaum Remaja Muda, Sangkoor Imam Imam GPSDI Kristus Penebus dan Acara Inti, pemberitaan Firman Tuhan.

Berita Natal disampaikan oleh Pdt. Alfius Ella Diaz, Gembala Sidang GPSDI Jemaat Kristus Penebus. Dalam Pemberitaannya, setiap umat Tuhan harus memiliki pengalaman bersama dengan Firman yang telah menjadi daging dalam hidup kerohaniannya, agar dapat menjadi saksi dalam hidup bermasyarakat, dengan karunia yang dimiliki, dan menjadi berkat bagi kota Nabire.

Acara dilanjutkan dengan prosesi penyalaan lilin Natal oleh anak-anak sekolah minggu dan Remaja, diiringi pujian malam kudus oleh seluruh hadirin, dan memberikan persembahan Natal.

Dalam sambutan perayaan Natal ini, Wakil Bupati Mesak Magai S.Sos mengatakan, Nabire merupakan daerah strategis dan sentral dalam bidang ekonomi yang berdampak dalam kehidupan masyakat kota Nabire, yang berkaitan dengan miras & HIV/Aids.

Di akhir acara, Ketua Panitia Natal GPSDIKristus Penebus mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang terlibat sehingga acara ibadah perayaan Natal ini bisa berjalan dengan baik.

(Nabirekab/M.T/re-edit oleh Nabirenet)

Pengukuhan Gudep SMP Bhakti Mandala Nabire, Dilanjutkan Dengan Kegiatan Perkemahan

Last modified on 2014-12-11 13:17:51 GMT. 0 comments. Top.

SMP Bhakti Mandala Nabire, selama 4 hari sejak 10 desember hingga 13 desember 2014 mengadakan kegiatan ekstra kurikuler perkemahan yang merupakan kegiatan dari Pramuka di lingkungan yayasan Bhakti Mandala Nabire.

Selain kegiatan perkemahan, juga dilakukakn pengukuhan gugus depan SMP Bhakti Mandala Nabire dengan nama Gudep Ki Hajar Dewantara.

Acara pengukuhan ini dilakukan oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Nabire, Drs Blasius Nuhuyanan. Dalam sambutannya, Drs Blasius Nuhuyanan mengatakan, pembinaan Pramuka di sekolah-sekolah sebagai kegiatan ekstra kurikuler yang wajib dilaksanakan merupakan program jangka pendek dari Kwarcab Pramuka 2604 Nabire periode 2014-2019.

Drs Blasius Nuhuyanan juga berharap, kegiatan pramuka di Nabire akan semakin berkembang dan tumbuh pesat, apalagi dengan mengkatifka kembali gugus depan dia tiap sekolah yang ada di Nabire, selain juga dibentuknya satuan-satuan karya.

Lomba Jantung Sehat Dalam Rangka Hari Ibu Di Nabire

Last modified on 2014-12-10 18:09:35 GMT. 0 comments. Top.

2

Jantung merupakan alat vital bagi tubuh manusia sehingga perlu dijaga melalui pola hidup yang sehat seperti menjaga pola makan dan rajin berolahraga, seperti salah satunya olahraga senam jantung sehat.

Demikian penegasan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana kabupaten Nabire, Ibu Yuvinia Douw Mote, di halaman kantor Dinas Kehutaan kabupaten Nabire, rabu pagi (10/12), saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan lomba senam jantung sehat, dalam rangka memperingati hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 desember.

Menurut Ibu Yuvinia Douw Mote, hari ibu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 desember, dimana pada hari itu setiap ibu mendapat perhatian dan penghargaan berkat perannya sebagai pembina utama keluarga. Oleh karena itu ibu-ibu harus tetap berusaha agar tetap sehat sehingga mampu melaksanakan aktivitasnya sehari-hari dengan baik dalam keluarga.

Ditambahkan Ibu Yuvinia Douw, senam jantung merupakan olahraga yang bermanfaat memperlancar aliran darah di seluruh tubuh dalam 24 jam. Apalagi saat usia bertambah, performa jantung akan berkurang. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan jantung. Senam jantung berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire, Drs Blasius Nuhuyanan, mengatakan, olahraga sangat penting bagi semua kalangan tidak hanya bagi seorag ibu tetapi semua lapisan masyarakat. Dengan tubuh yang sehat maka kita dapat melaksanakan semua aktivitas dengan baik.

Lomba senam jantung sehat dalam rangka hari ibu tanggal 22 desember 2014 kabupaten Nabire, diselenggarakan atas kerjasama Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana kabupaten Nabire, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire, Dinas Kehutanan kabupaten Nabire, dan Korpri kabupaten Nabire, dan diikuti oleh 24 regu.

Kepala BPMPK Nabire Menutup Kegiatan Pelatihan & Pembinaan Kader Posyandu Se-Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-12-10 18:08:02 GMT. 0 comments. Top.

Kader Posyandu mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis bagi peningkatan kesehatan masyarakat yang berada di kampung maupun kelurahan.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) kabupaten Nabire, Menase Yoteni SH M.Si, saat menutup kegiatan Pelatihan & Pembinaan Kader Posyandu kabupaten Nabire, bertempat di Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & KB kabupaten Nabire, selasa sore (09/12).

Menase Yoteni berharap, apa yang sudah diberikan selama kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut dapat menjadil bekal dan pengetahuan bagi para kader Posyandu dalam menjalankan tugas dan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Lebih lanjut menurut Menase, pelayanan kesehatan ibu & anak sangatlah penting karena angka kematian ibu dan anak di Indonesia khususnya di Papua masih sangat tinggi, oleh karena itu dirinya meminta kepada kader Posyandu untuk menyediakan pelayanan kesehatan berkualtias dan terpadu termasuk konseling, gizi, KB, dan ASI.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta, dan kegiatan ini didanai oleh dana Otsus Papua tahun anggaran 2014.

(RRINabire/ALS)

Realisasi Pendapatan Daerah Provinsi Papua Sampai November 2014, Yang Dikelola UPPD Samsat Nabire

Last modified on 2014-12-10 18:07:28 GMT. 0 comments. Top.

Realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Papua yang dikelola oleh kantor UPBD Samsat Nabire sampai bulan november 2014, sebesar Rp 28.351.000.000,- lebih atau 80,83% dari target Rp 35.571.000.000,-.

Dalam laporannya, realisasi Pendapatan Asli Daerah tersebut diperoleh dari Pajak Kendaraan Bermotor, pajak Bea balik nama kendaraan bermotor, serta sumbangan pihak ketiga.

Jika dirinci menurut penerimaan pajak, masing-masing penerimaan pajak bermotor (PKB) sebesar Rp 12.788.000.000 atau 97.00 % dari target Rp. 13.185.000.000. Sedangkan untuk pajak Bea balik nama kendaraan bermotor, Rp 13.809.000.000,- lebih, atau 70.63% dari target Rp.22.384.000.000,-. Sedangkan sumbangan dari pihak ketiga sebesar Rp. 153.250.000,-

Sedangkan jenis kendaraan sebagai sasaran penerimaan pajak, terdiri dari sedan, jeep, minibus, microbus, mobil jenazah, alat berat, truk, pick up, dan sepeda motor.

Sosialisasi Hasil Rakor Di Pengadilan Agama Nabire

Last modified on 2014-12-10 11:08:25 GMT. 0 comments. Top.

1

Bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Nabire, Selasa pagi (09/12), diadakan rapat dengan agenda sosialisasi hasil Rapat Koordinasi (RAKOR) yang telah dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, yang telah dilaksanakan 4 desember lalu. Dalam RAKOR tersebut, PA Nabire mengutus dua wakil untuk mengikuti kegiatan tersebut, yaitu Bahri Conoras. S.HI selaku Plh. Wakil Ketua PA Nabire dan Hj. Saifa Dano Muhiddin, S.HI. (Panitera Sekretaris) PA. Nabire.

Dalam rapat sosialisasi hasil Rakor tersebut ada beberapa hal yang di bahas, antara lain yang mengenai persiapan laporan akhir tahun 2014 untuk segera di laporkan paling lambat tanggal 31 Desember 2014 ke PTA Jayapura dan Mahkamah Agung RI, dan dalam pembahasan laporan tahunan ini di bahas juga mengenai format baku (outline laporan tahunan) yang telah dikeluarkan oleh Dirjen Badilag. Dimana untuk mengisi seluruh content yang terdapat dalam format tersebut, diperlukan kerja sama dari setiap Hakim dan Pegawai PA. Nabire, agar laporan tersebut dapat di kerjakan dengan baik dan cepat.

Kemudian setelah membahas mengenai persiapan laporan akhir tahun, ada beberapa agenda yang juga di bahas dalam rapat sosialisasi tersebut, yaitu mengenai peningkatan kualitas kinerja pegawai dan strategi dalam meningkatan pelayanan prima terhadap para pencari keadilan, kemudian pengoptimalan penggunaan aplikasi SIADPA Plus dan Website PA, dan evaluasi kinerja dari bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

Dalam akhir sosialisasi tersebut, Plh. Wakil Ketua (Bahri Conoras, S.HI) meyampaikan untuk tetap semangat dalam bekerja dan tetap mengedepankan pelayanan prima terhadap pencari keadilan, karena sebagai pelayan masyarakat setiap pegawai mempunyai kewajiban dalam melayani dan membantu para pencari keadilan.

(PAN)

Kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Gaharu Oleh Dinas Kehutanan Nabire

Last modified on 2014-12-09 14:09:58 GMT. 0 comments. Top.

1

(Dok.Nabirekab)

Pemerintah kabupaten Nabire melalui Dinas Kehutanan, membuka kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Gaharu yang diperuntukkan kepada kelompok tani hutan orang asli Papua yang berada di tiga Distrik di wilayah kabupaten Nabire, di Aula Dinas Kehutanan Nabire, Senin (08/12).

Bupati Nabire Isaias Douw dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten II Setda Nabire, Ir Sukadi, mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan seperti ini. Bupati juga berharap kepada para peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang nanti diperoleh di kegiatan ini bisa direalisasikan nanti dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Nabire, Ir Hugo Yenusi dalam sambutannya mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan teknis dan praktis  tentang budidaya tanaman gaharu bagi masyarakat asli Papua.

Ditambahkan Hugo, hadir sebaga nara sumber pada kegiatan ini yaitu tim pengajar dari Universitas Negeri Papua Manokwari yaitu Ir. D.K. Erari, M.Si, Ir. Rusdi Angrianto, MP. Dan Hans F. Z. Peday, S.Hut, M.Si.

Sementara peserta dalam pelatihan ini sebanyak 40 orang petani dari masing-masing perwakilan 4 kelompok tani hutan yang tersebar di 3 distrik yaitu, Kelompok Tani Bukit Hijau Kelurahan Bumi Wonorejo Distrik Nabire, Kelompok Tani Tikago GKI Kampung Bomopai Distrik Yaro Kibisai, Kelompok Tani Yowou Pesona Kampung Yaro Makmur Distrik YaroKibisai dan Kelompok Tani Kuate Kampung Akudiomi Distrik Yaur.

Dalam kegiatan pelatihan ini juga akan diberikan sertifikat dari Universitas Negeri Papua Manokwari kepada masing-masing peserta, serta akan diberikan bantuan kepada masing-masing kelompok tani hutan berupa insentif bantuan modal usaha/kerja dan bantuan bibit tanaman gaharu,serta bantuan peralatan kerja yang diserahkan secara simbolis oleh Ir. Sukadi.

Kegiatan ini sendiri berlangsung di dua tempat, selain di Aula Dinas Kehutanan Nabire, juga berlangsung di lahan budidaya tanaman gaharu milik bapak Simon Gobai di kelurahan Karang Tumaritis.

Pasca Penembakan Di Ilaga, Banyak Warga Yang Mengungsi Ke Nabire

Last modified on 2014-12-08 10:10:31 GMT. 1 comment. Top.

2
(Bandara Ilaga)

Pasca penembakan Kelompok Bersenjata yang menewaskan 2 anggota Brimob di Ilaga Puncak Papua pada hari rabu (03/12) lalu, situasi di kota tersebut cukup mencekam dan sunyi.

Merasa terancam akibat tindakan Brimob yang membakar rumah-rumah warga di Ilaga, kini banyak warga Ilaga yang mengungsi ke kabupaten Nabire dengan menggunakan pesawat.

Selain itu warga yang masih menetap enggan keluar rumah karena takut dengan patroli dari aparat Brimob & TNI yang terus melakukan pengejaran kepada kelompok bersenjata.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Kabupaten Puncak, Pelinus Balinal meminta agar pimpinan Kepolisian dan TNI segera  turun ke Ilaga dan menambah pasukan untuk melakukan pengamanan agar tidak terjadi bentrokan antar masyarakat pasca penembakan.

“Harapannya TNI dan Polisi bisa ditambah ke Ilaga, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apa lagi, situasi di Ilaga sudah panas, warga takut keluar rumah, jangan sampai hal ini menimbulkan pertikaian,” harapnya.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247