INFO NABIRE

Kegiatan Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Bandara Nabire Baru Di Distrik Wanggar

Last modified on 2014-08-27 16:43:00 GMT. 0 comments. Top.

bupati nabire

Selasa kemarin (26/08) bertempat di Aula pertemuan Distrik Wanggar Nabire, diadakan Konsultasi Publik rencana pembangunan bandara Nabire baru.

Dalam sambutannya, Bupati Nabire Isaias Douw S.Sos mengatakan, guna melengkapi persyaratan untuk bisa membangun bandara Nabire baru maka diperlukan observasi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Jika AMDAL sudah dipelajari dan hasil observasi sudah diserahkan ke Dinas Perhubungan, maka dana yang berasal dari APBN bisa segera cair untuk pembangunan bandara udara Nabire yang baru.

Sementara itu menurut Konsultan pejabat daerah bandar udara baru, dalam rangka pembangunan Bandara baru ini langkah awal yang perlu dilakukan adalah kajian lingkungan. Setelah kajian selesai dipresentasekan ke provinsi, disitulah akan dilaksanakan pekerjaan pembangunan bandara.

Turut hadir dalam acara ini, Setda Nabire, Drs. Johny Pasande, Kepala BPLH Provinsi Papua, Kepala BLH Kabupaten Nabire, konsultan, pejabat daerah, pimpinan SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Nabire, TNI/Porli, Kepala Distrik Wanggar dan jajarannya serta para peserta tamu undangan lainya.

Cuaca Buruk, Harga Ikan Di Nabire Melambung

Last modified on 2014-08-27 16:39:47 GMT. 0 comments. Top.

pasar kalibobo

Akibat hujan disertai angin kencang beberapa hari ini di kota Nabire, membuat nelayan asal Nabire susah mendapatkan tangkapan ikan. Selain itu, beberapa nelayan terpaksa menghentikan aktivitas melaut karena khawatir dapat membahayakan keselamatan para nelayan.

Menurut salah seorang nelayan, biasanya hasil tangkapan bisa sampai 300-400 kilogram selama seminggu, tetapi akibat cuaca buruk, para nelayan cuma bisa mendapat 100 kilogram.

Berkurangnya hasil tangkapan ikan nelayan tradisional ini, berdampak langsung terhadap harga ikan di sejumlah pasar yang ada di Nabire seperti pasar Kalibobo, Pasar sore KPR Nabarua, Pasar Karang, yang mengalami kenaikan.

Biasanya harga ikan Kombong dan Mumar sebelumnya seharga Rp. 20.000 per tumpuk kini naik menjadi Rp. 25.000, ikan merah dan ikan lainnya juga ikut naik dari yang biasanya Rp. 40.000 per tumpuk kini naik menjadi Rp. 45.000 sampai Rp. 80.000.

SMP Negeri 1 Nabire Siap Melaksanakan Ujicoba Sekolah 5 Hari

Last modified on 2014-08-27 16:29:21 GMT. 0 comments. Top.

sm negeri 1

SMP Negeri 1 Nabire, tercatat mulai 1 september 2014 akan melakukan ujicoba sekolah 5 hari. Terkait hal ini berbagai persiapan telah dilakukan pihak SMP Negeri 1 Nabire.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Nabire, Pilemon Musendi S.Pd M.Pd, SMP Negeri 1 Nabire sudah siap melaksanakan ujicoba sekolah 5 hari dan melaksanakan kurikulum 2013.

Ditambahkan Pilemon Musendi, dalam rangka upaya penggunaan hari-hari  libur untuk penyegaran kondisi fisik dalam kegiatan belajar mengajar, serta sebagai wujud mensukseskan program pemerintah dalam menghidupkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber penghasilan daerah dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan semakin menunjang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), maka SMP Negeri 1 Nabire sebagai Sekolah Standar Nasional Mandiri dan juga sebagai salah satu Sekolah Percontohan siap menerapkan Kurikulum 2013.

Adapun konsep program uji coba hari efektif belajar 5 hari sekolah dimulai hari senin hingga jum’at dengan pengaturan waktu hari Senin pukul 07.30 WIT hingga 13.40 WIT, hari Selasa hingga Kamis pukul 07.30 WIT hingga 14.00 WIT, dan hari Jum’at pukul 07.30 WIT hingga 11.30 WIT.

Dalam rapat Dinas Dewan Guru, Tata Usaha dan Tenaga Kependidikan untuk mengatasi kekurangan jam wajib mengajar guru di SMP Negeri 1 Nabire, Kepala Sekolah SMPN 1 Nabire, P. Musendi, S.Pd., M.Pd, mengangkat dua wakil kepala masing-masing Suryatti Anakotta selaku Wakil Kepala Sekolah membidangi Bidang Kurikulum dan Kesiswaan serta Efreng Tuhuteru selaku Wakil Kepala Sekolah membidangi Bidang Sarpras dan Humas.

Selain itu, P. Musendi, S.Pd., M.Pd, juga mengangkat Muh. Nahari selaku Kepala Laboratorium dan Mathilda Hitipeuw selaku Kepala Perpustakaan. Dan juga mengangkat Wiwororah Setyaningrum selaku Bendahara Dana BOS serta Debbie Maroni Tialey selaku Bendahara Komite Sekolah.

 

Penandatangan MoU Antara Universitas Atmajaya Yogya & Pemerintah Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-08-27 16:26:57 GMT. 0 comments. Top.

uajy

Bertempat di Kampus II Gedung Thomas Aquinas Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) 7 agustus lalu, pihak UAJY bersama pemerintah kabupaten Nabire yang masing-masing diwakili oleh Rektor UAJY Dr. R. Maryatmo, MA, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nabire, Petrus Agapa, Spd MM, melakukan penandatangan Nota kesepahaman/Momerandum of Understanding (MoU).

Tujuan penandatangan MoU ini adalah pemanfaatan sumber daya manusia khususnya mahasiswa dari Nabire demi peningkatan pelaksanaan pembangunan daerah di Nabire serta peningkatan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi UAJY.

Adapun lingkup kerja sama pada penandatanganan MoU ini meliputi :1) membangun kerja sama kemitraan di bidang pendidikkan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat; 2) menigkatkan pengembangan sumber daya manusia secara luas dan menyeluruh; 3) menciptakan iklim yang kondusif dalam pelaksanaan dan pengembangan lebih lanjut di Kabupaten Nabire, Propinsi Papua.

MoU ini akan mengikat kedua belah pihak untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun yang terhitung sejak tanggal ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai denan kebutuhan atau akan dievaluasi berdasarkan kesepakatan para pihak.

Dalam sambutannya, Rektor UAJY, Dr. R. Maryatmo, MA. mengatakan bahwa realisasi kerja sama ini bagi UAJY merupakan upaya untuk melanjutkan tekad yag sudah lama dirintis oleh para pimpinan universitas yang terdahulu karena semangat kerja sama tersebut sejalan dengan visi misi UAJY yakni hendak mewujudkan sebuah pendidikan yang menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang unggul, inklusif, humanis serta memilik integritas yang baik. Hal ini semakin didorong dengan akan dilaksanakannya ulang tahun emas UAJY pada tahun depan. Menurut Rektor, hendaknya momen 50 tahun UAJY emas tersebut dapat menjadi titik pijak yang lebih kokoh untuk mewujudkan cita-cita UAJY dalam mewujudkan visi dan misi tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah/BKD Kabupaten Nabire, Petrus Agape, Spd., MM. menyampaikan harapannya agar para mahasiswa yang telah mengenyam pendidikan tinggi, khususnya di UAJY ini mau kembali untuk membangun daerah. Kehadiran kembali mereka tentu akan sangat berguna dalam upaya peningkatan kualitas SDM di Propinsi Papua pada umumnya dan Kabupaten Nabire khususnya. Namun hendaknya diingat bahwa pembangunan yang dilakukan hendaklah tetap mengindahkan pelestarian budaya. Karena hanya dengan cara itu maka pembangunan akan bisa berjalan dengan baik.

 

Polisi Ringkus Salah Seorang Perampok Uang Ratusan Juta Rupiah Milik Nasabah Bank Papua Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-08-26 15:07:06 GMT. 0 comments. Top.

a

Salah seorang tersangka pelaku perampokan uang bernilai ratusan juta rupiah, ditangkap satuan reserse kriminal Polres Nabire, Papua, Selasa (26/08/2014). Tersangka ditangkap hanya selang beberapa jam setelah melakukan aksi pencurian uang ratusan juta milik nasabah Bank Papua di samping Hotel maju jalan Yos Sudarso Nabire, bersama 2 orang rekannya.

Menurut keterangan Kasat Reskrim Polres Nabire, Iptu I Komang Aswatama, modus pelaku melakukan perampokan yaitu dengan cara menunggu para nasabah yang sedang mengambil uang di Bank Papua Nabire lalu ketika ditinggal nasabah, para perampok memecahkan kaca jendela mobil lalu mengambil uang.

Ditambahkan Kasat Reskrim Polres Nabire, Iptu I Komang Aswatama, masih ada 2 orang pelaku lagi yang masih dicari oleh aparat Polres Nabire.

Kasat Reskrim Polres Nabire, Iptu I Komang Aswatama berpesan kepada para nasabah Bank di Nabire untuk berhati-hati jika melakukan penarikan uang dalam jumlah besar, dan bila perlu bisa meminta pengawalan dari aparat kepolisian.

(Reyner Windesi)

 

 

Kepala Dinas Pertanian & Perkebunan Kabupaten Nabire Membuka Kegiatan Pengembangan & Perluasan Tanaman Sagu Di Kampung Makimi

Last modified on 2014-08-26 15:02:52 GMT. 0 comments. Top.

sagu

Selasa (26/08) tadi, diadakan kegiatan pengembangan dan perluasan tanaman sagu di Kampung Makimi yang dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire, Yasor Victor Sawo, SP, M.Si yang dilangsungkan dengan kegiatan pembekalan materi bagi 30 orang peserta.

Kegiatan pembukaan dan pengembangan lahan sagu di Kampung Makimi ini berlangsung di Balai Kampung Makimi, Distrik Makimi, dan akan berlangsung selama 3 hari serta diikuti oleh 30 orang peserta.

Menurut Yasor, kegiatan pembukaan dan perluasan tanaman sagu di Kampung Makimi Distrik Makimi bukanlah sebuah proyek, tetapi ini kegiatan pengembangan tanaman yang ada di masing-masing kampung. Agar kita tidak lagi berharap pada apa yang telah ada atau alam sediahkan, tetapi paling apa yang ada harus dikembangkan lagi.

“Agar hasil yang didapat juga sangat memadai atau memuaskan bagi para petani selaku pemilik Dusun Sagu dan peramu. Dengan demikian dapat pula meningkatkan taraf hidup ekonomi rumah tangga dan pada akhirnya suatu saat masyarakat akan maju, mandiri dan sejahtera dari hasil yang di tanam berupa sagu,” tambahnya.

Karena rencana Dinas Pertanian dan Perkebunan bersama kelompok tani yang juga masyarakat Kampung Makimi, selain membuka lahan baru untuk ditanam, juga merawat tanam sagu yang telah tumbuh. Dengan cara membersihkan agar kelak masa panen tiba juga memberikan hasil yang maksimal.

Dan Kampung Makimi sangat cocok untuk dikembangkan tanaman sagu bersama jenis tanaman lainnya. Namun untuk tahun ini kita awali dengan kegiatan tanaman sagu dan diharapkan kedepan akan dikembangkan komoditas tanaman lain yang kelak bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat Kampung Makimi.

 

Pelepasan Calon Jemaah Haji Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-08-26 07:03:12 GMT. 0 comments. Top.

1

Salah satu amanat dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggara Ibadah Haji adalah memberikan pelayanan, Pembinaan dan Perlindungan terhadap Jamaah Haji agar dapat melaksanakan Ibadah Haji secara mandiri sesuai tuntunan Agama dan memperoleh Haji Mabrur. Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang kelima yang menjadi dambaan setiap muslim untuk melaksanakannya, bagi yang telah memenuhi persyaratan dan baik secara fisik, dan mental terlebih lagi mampu dalam melaksanakan manasik Haji.

Acara pelepasan jamaah haji Kabupaten Nabire Tahun 2014 yang dilepas secara langsung oleh Bapak Bupati dan didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag yang dilaksanakan Jumat, 22 Agustus 2014 Jam 16.30 bertempat di Masjid Babus Salam kompleks Pasar Kalibobo Nabire ini, diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Rudy Letsoin dan ditutup dengan Doa oleh H.Ahmad Jafar Hi Amin, S.Pd.I, M.MPd.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire Reki Lumentah, S.Pd.K. Dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan data jumlah umat beragama yang berada pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire bahwa Umat Islam berada pada urutan kedua dengan jumlah kurang lebih 55.821 jiwa, dari jumlah ini terlihat antusias umat Islam dari waktu ke waktu untuk menunaikan Rukun Islam yang ke lima sangatlah tinggi. Ditahun ini sekitar 82 jiwa umat yang akan menunaikan Ibadah Haji. Jamaah Haji untuk Kabupaten Nabire masuk dalam kloter 9 Embarkasi Makasar dan akan masuk asrama Haji pada tanggal 12 September dan pada tanggal 13 September akan meninggalkan Tanah Air menuju Jeddah Mekkah. Sebelum masuk Asrama Haji Sudiang Makasar terlebih dahulu Jamaah Haji akan bermalam di pondok Madinah selama dua hari, dan jamaah Haji akan kembali ke Tanah Air (Nabire) pada tanggal 22 oktober 2014”. Jelas Reki Lumentah.

Sementara itu sebelum melepas jamaah calon haji, Bupati Kabupaten Nabire Isaias Douw,S.Sos menuturkan bahwa, Ibadah Haji merupakan Perintah dan Kewajiban bagi umat Islam untuk melaksanakan Rukun Islam yang kelima dan salah satu syarat bagi yang hendak melaksanaknnya haruslah sehat jasmani dan Rohani terlebih dahulu. “Kepada Calon Jamaha Haji agar selalu mengikuti aturan dan perintah-perintah sesuai dengan penataran yang telah diikuti bersama dan jagalah kesehatan dalam menunaikan Ibadah dan jagalah nama Baik diri pribadi, bangsa dan Negara, Provinsi dan Kabupaten. Iringan Doa kami akan selalu menyertai calon haji agar kelak kembali ke Nabire menjadi haji yang mabrur” ungkap Bupati.

Secara terpisah Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, H.Basri, S.Ag ketika ditemui oleh TIM INFOMAS diruang kerjanya mengatakan, Jamaah Haji Kabupaten Nabire telah dibekali Ilmu Manasik Haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire selama sepuluh hari dengan rincian tujuh hari teori di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire dan tiga Hari praktek di halaman Masjid Agung Al-Falah. Selain itu ada juga yang langsung menemui Ustadz untuk belajar semua ini dilakukan dengan tujuan agar pelaksanaan Ibadah Haji nanti bisa mandiri serta berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya kata H. Basri, Jamaah Haji besok hari (Sabtu,23/8) akan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua kemudian suntik vaksin meningitis maupun vaksin Influensa sebagai syarat dalam menunaikan Ibadah Haji agar tetap sehat, setelah itu jamaah Haji akan siap bertolak ke makasar pada tanggal 29 Agustus dengan menggunakan kapal laut KM.Labobar dan sebagian lainnya mengunakan pesawat Udara.

Pelepasan jamaah calon haji dihadiri oleh Bupati Kabupaten Nabire, Asisten II, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Kantor Kemenag Kab.Nabire, Pimpinan Bank BNI, BRI dan Mandiri, Ketua MUI, NU, Muhamadiyah, IPHI, PHBI, Ketua Majelis Taklim Babus Salam Kalibobo beserta jajaran Kantor Kementerian Agama Kab.Nabire. Pelepasan Calhaj Kabupaten Nabire Musim Haji Tahun 1435 H/ 2014 M bekerja sama dengan Kementerian Agama, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Ketua PKM/ Majelis Taklim Babus Salam Kompleks Pasar Kalibobo Nabire.

(Boma/Ocep)

Perlunya Peningkatan Pelayanan Oleh Bulog Nabire

Last modified on 2014-08-26 07:02:43 GMT. 0 comments. Top.

2

Kota Nabire saat ini menjadi kota nomor tiga di Papua yang menjadi penyalur beras raskin setelah Wamena, dan Mimika. Oleh karena itu, Bulog Nabire kedepannya lebih memperhatikan nilai pelayanan daerah-daerah yang dilayani penyaluran raskin-nya oleh Nabire.

Hal itu diungkapkan Kakansilog kabupaten Nabire, Djunaedi Jamila, SE,MM pada acara ramah tamah perpisahan Kakansilog Nabire pada hari jumat lalu (22/08) di RM Rado.

Menurt Djunaedi, saat ini kabupaten Nabire melayani 4 kabupaten di wilayah pegunungan tengah untuk penyaluran beras raskin yaitu Dogiyai, Deiyai, Paniai, dan Intan Jaya.

Dikatakan Djunaidi, tugas Bulog adalah menerima, menampung dan menyalurkan beras bagi PNS, TNI/POLRI dan Raskin kepada mereka yang berhak menerimanya. Untuk itu kepada semua staf Bulog Nabire, dirinya selaku mantan Plt. Bulog Nabire mengharapkan kebersamaan kita tidak harus berakhir di malam ini, tetapi harus terus dibangun walaupun hanya dengan telekomunikasi handphone.

Sementara itu, salah seorang staf Bulog Nabire, Muklis Abdul Kadir  mewakili keluarga besar Bulog dalam menyampaikan pesan dan kesan mengatakan, Junaidi Jamila selama 45 hari di Nabire banyak memberikan bimbingan dan banyak memberikan nasihat untuk semua staf agar bekerja dengan baik. Sehingga jika Junaidi Jamila di Jayapura dharapkan tidak lupa staf Bulog Nabire.

Dinas Pertanian & Perkebunan Nabire Akan Melakukan Kunjungan Sekaligus Monitoring Kesiapan Para Petani Dalam Menyambut Musim Tanam

Last modified on 2014-08-25 16:18:51 GMT. 0 comments. Top.

index

Jelang memasuki bulan tanam pada bulan oktober 2014 nanti, Dinas Pertanian & Perkebunan kabupaten Nabire akan melakukan kegiatan monitoring yang rencananya akan dimulai medio september 2014.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian & Perkebunan kabupaten Nabire, Yasor Victor Sawo, SP, M.Si. Maksud dan tujuan kegiatan monitoring ini untuk mengecek kesiapan para petani dalam pengembangan dan pembukaan lahan. Serta melakukan pengawasan terhadap pupuk yang telah dibagikan agar pupuk yang ada dapat digunakan para petani.

Menurut Yasor, kegiatan ini akan dimulai dari Distrik paling timur kota Nabire yakni Distrik Wapoga, Distrik Moora, dan Distrik Napan.

Di Distrik Wapoga, akan dilakukan pengecekan areal tanam kakao yang rencananya akan dikembangkan dan diperluas. Selain kakao, juga kelapa. Sementara untuk ketersediaan pupuk pestisida dan urea, rencananya akan disalurkan sebanyak 110 ton pestisida dan 300 ton urea.

Ditambahkan Yasor Victor Sawo, setelah kegiatan monitoring di wilayah timur Nabire selesai, akan dilanjutkan lagi ke Distrik Makimi, Teluk Kimi dan Nabire.

Angkot Terbakar Minggu Malam Di Depan Polsek Nabarua

Last modified on 2014-08-25 10:53:22 GMT. 0 comments. Top.

123

(Ilustrasi)

Sebuah angkot dengan nomor polisi DS 7188 KA, minggu malam kemarin (24/08), ditemukan terbakar di turunan kantor Polsek Nabarua sekitar pukul 20.30 wit.

Kebakaran ini disaksikan warga sekitar, dan warga yang ingin melintasi jalan tersebut. Jalan sendiri sempat ditutup oleh aparat Polsek Nabarua.

Mobil yang terbakar tersebut akhirnya bisa dipadamkan oleh aparat Polres Nabire menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran.

Hingga saat ini, belum ada informasi pasti penyebab kebakaran mobil TS tersebut.

 

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208