INFO NABIRE

Garuda Indonesia Resmi Buka Penerbangan Rute Jayapura Nabire Per 1 Mei 2015

Last modified on 2015-03-25 16:34:38 GMT. 0 comments. Top.

garuda

Maskapai nasional Garuda Indonesia akan membuka jalur penerbangan baru antar kabupaten di Papua, yaitu rute Jayapura-Nabire mulai 1 Mei 2015.

“Akan ada pembukaan rute penerbangangan Jayapura-Nabire pada 1 Mei,” ujar Sales and Marketing Manager Garuda Indonesia Branch Office Jayapura Agung Anugrah yang ditemui di Jayapura, Rabu (25/3).

Penerbangan Jayapura-Nabire dijadwalkan sekali sehari pergi pulang menggunakan pesawat jenis ATR dengan kapasitas 72 penumpang.

Menurut Agung, Nabire memiliki potensi pasar yang cukup tinggi. Selain itu, permintaan kepada Garuda untuk membuka jalur penerbangan ke kabupaten tersebut terus berdatangan.

Dengan pembukaan rute baru tersebut Garuda tidak mendatangkan pesawat baru. Garuda memanfaatkan pesawat yang sudah ada dan selama ini sudah melayani rute penerbangan ke daerah lainnya di Papua dan Papua Barat.

“Sebenarnya tidak ada penambahan pesawat untuk pembukaan rute baru tersebut, hanya memanfaatkan pesawat ATR yang ada. Selama ini pesawat tersebut sudah melayani penerbangan Biak-Manokwari,” ujarnya.

Rute penerbangan lokal yang telah dimiliki Garuda, seperti Jayapura-Merauke, Biak-Manokwari, Jayapura-Sorong, tingkat keterisian penumpang cukup menggembirakan.

Untuk rute penerbangan dalam Papua-Papua Barat, permintaan sudah bagus. Tingkat keterisian kursi mencapai 70 persen perharinya. Bahkan ada yang menyentuh angka 90 persen dan saat sedang puncaknya sampai 100 persen.

Forum Koordinasi SKPD Dinas Kelautan & Perikanan Kabupaten Nabire

Last modified on 2015-03-25 16:32:26 GMT. 0 comments. Top.

1

Bentang laut Provinsi Papua memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, terutama pada wilayah pesisir dan lautnya. Sumber daya ini dapat di lihat dari berbagai ekosistem tropic yang ada seperti mangrove, terumbu karang dan padang lamun dengan tingkat keanekaragaman yang tinggi. Potensi sumber daya alam tersebut apabila di kelola secara optimal dapat menjadi pilar keunggulan daerah dalam pemulihan dan pertumbuhan perekonomian daerah sehingga dapat mewujudkan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yaitu “Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera”.

Untuk itu perlu adanya koordinasi dan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengelola potensi kelautan dan perikanan secara optimal dan berkelanjutan dengan memperhatikan kaedah-kaedah kelestarian lingkungan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar hasil ikan.

Demikian dikatakan oleh Ketua Panitia Thomas P.D.Molle,S.Pi  dalam laporannya pada acara Forum Koordinasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Kelautan dan Perikanan selasa (24/3) bertempat di Guest House Nabire.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah  Kabupaten Nabire Drs. Jhony Pasande, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs I Wayan Mintaya, Asisten II Bidang Pembangunan Ir Sukadi, Ketua Komisi 2 DPR Papua, Dirjen P2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kepala Biro Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Papua, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua serta Kepala Dinas Kabupaten yang membidangi Perikanan, Perwakilan Polres Nabire, Perwakilan Danramil Nabire dan para undangan lainnya.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tangal 24 s/d 25 maret 2015. Thema kegiatan Forum Koordinasi ini adalah “Pengembangan Komoditas Kelautan dan Perikanan Berbasis 5 (lima) Wilayah Adat”.

Dalam Sambutan Gubernur Papua Yang di dibacakan oleh Sekda Kabupaten Nabire sekaligus mewakili Gubernur untuk mebuka acara ini  secara resmi mengatakan : Bahwa untuk mewujudkan masyarakat Papua yang Bangkit, Mandiri dan Sejahtera, Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi mau pun Kabupaten/Kota memliki peran yang sangat strategis, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dari sektor perikanan,  sebagai mana telah kita ketahui ada 4 (empat) pilar yang memiliki kapasitas dalam rangka memberikan kontribusi terhadap tumbuhnya ekonomi suatu wilayah atau daerah, diantaranya Perikanan merupakan salah satu pilar dan lainnya adalah Sektor Pertanian, Pertambangan dan sektor Jasa.

(Nabirekab)

PPI Waharia Nabire Harus Dimaksimalkan Penggunaannya Oleh Nelayan Di Nabire

Last modified on 2015-03-25 16:20:11 GMT. 0 comments. Top.

Pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Nabire, yang terletak di Waharia, merupakan salah satu PPI terbaik di 29 kabupaten/kota se-Papua.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Papua, Franky Wali MM.

Dikatakan, PPI Nabire bisa dijadikan contoh untuk seluruh PPI yang ada di Papua. Franky juga berharap kepada nelayan yang ada di Nabire bisa menggunakan PPI ini secara maksimal, karena pemerintah bisa mendata voulem pendapatan ikan yang ditangkap, dan hasilnya bisa dinikmati para nelayan baik dijual maupun untuk konsumsi sendiri.

Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Waharia Nabire sendiri dibuka secara resmi penggunaannya oleh pemerintah kabupaten Nabire melalui Dinas Kelautan & Perikanan kabupaten Nabire.

Pantai Monalisa Nabire Akan Diresmikan 10 April 2015

Last modified on 2015-03-24 16:48:53 GMT. 0 comments. Top.

a

Pantai Wisata  The Moon Beach Resort milik  Monalisa Yoweni  yang terletak Pantai Borotei, Kampung  Air Madidih, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire direncanakan akan diresmikan 10 April 2015 mendatang.

“Tempat wisata ini mulai dibuat oleh Ibu Monalisa pada 10 April 2014 lalu. Nanti, pas ulang tahunnya pada tahun 2015 ini, yakni 10 April 2015 mendatang rencananya akan diresmikan,” kata Manager “The Moon Beach Resort” Nabire, Ferdi, Rabu (18/03/15) lalu.

Pada acara peresmian “The Moon Beach Resort” Nabire yang dikelola Ferdi bersama 9 staf lainnya ini akan di-launching juga website resmi. Ferdi tidak menyebutkan alamat websitenya. “Website itu Ibu Monalisa yang urus, saya belum tahu. Tapi, akan di-launching bersama,” kata dia.

Ferdi menjelaskan, sebelum diresmikan dan dipromosikan saja sudah banyak pengunjung. Tidak hanya wisatawan lokal dan nasional tetapi juga sudah banyak dari luar negeri.

“Tiap bulan itu ada orang luar negeri, lebih banyak dari Australia dan ada juga dari Yunani. Mereka menginap di sini dan diantar ke Pulau Ahe untuk menelam, ke Kwatosore untuk melihat ikan Hiu Paus  dan keliling ke pulau-pulau kecil di Teluk Cendewasih sesuai permintaan. Kami sudah menyediakan speedboad yang memuat kurang lebih 20 orang,” kata Ferdi.

Dijelaskan Ferdi,  Pantai Wisata “The Moon Beach Resort” adalah tempat  wisata keluarga dan dibuka untuk umum.

“Jauh dari kota, aman dan nyaman. Di sini, ada penginapan 8 kamar, lengkap fasilitas hotel. Ada juga restoran ikan segar, ada kafe juga di lantai 2 bisa untuk tempat pertemuan dan karoke terbuka, ada minibar, anak-anak kecil bisa lihat langsung burung mambruk, kasuari, dan kanguru, ada juga Nuri,” kata Ferdi menjelaskan.

(MS)

Program YST Untuk Pemberdayaan Masyarakat Lokal Di Nabire

Last modified on 2015-03-24 15:31:35 GMT. 0 comments. Top.

mama mama papua

Pemberdayaan masyarakat lokal menjadi program prioritas YST di Kabupaten Nabire di Papua. Program itu sendiri akan dilaksanakan awal bulan April 2015, melalui kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang saat ini. Selain program sinergi lainnya.

Dikutip dari rapat resmi YST tentang pembahasan program bahwa, pemberdayaan masyarakat lokal dapat terwujud melalui proses yang panjang. Tak mungkin dalam waktu singkat. Harus berkelanjutan, dari yang bersifat kreativ, edukatif sampai pada penguatan modal usaha dan pendampingan manajemen usaha.

Inilah komitmen YST, dengan harapan kelompok masyarakat yang menerima, ikut membantu pemenuhan kebutuhan ekonomi dan pengembangan usaha. Bantuan yang diberikan akan meningkatkan akses dan kesempatan masyarakat untuk memberdayakan dirinya dalam bentuk kegiatan ekonomi.

Besar anggaran yang diberikan antara 25 juta sampai 50 juta untuk satu kelompok. Nilainya tidak sama, sesuai kebutuhan. Total anggaran mencapai puluhan milyar rupiah, sudah termasuk program lainnya yang bersinergi dengan program pemberdayaan. Nilai pasti akan disampaikan dalam sosialisasi. Termasuk mekanisme dan prosedural.

Selain Kabupaten Nabire, program seperti ini juga akan dilakukan di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat. Juga program pendukung lainnya.

(IP)

Angka KDRT Di Nabire Semakin Tinggi, BPPPAKB Gelar Sosialiasi

Last modified on 2015-03-22 13:45:32 GMT. 0 comments. Top.

a

Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & KB kabupaten Nabire (BPPPAKB), dalam upaya penanganan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di kabupaten Nabire, mengadakan sosialisasi KDRT terhadap kelompok-kelompok organisasi kaum perempuan yang ada di Nabire.

Menurut Kepala Bidang perlindungan anak dan perempuan, BPPPAKB kabupaten Nabire, Theresia Yanti Maker Erari, kasus KDRT di Nabire sangat tinggi, karena masalah ekonomi dalam keluarga dan budaya yang ada di Papua.

Oleh karena itu menurut Theresia Yanti Maker, dengan diadakannya sosialisasi KDRT ini, kaum perempuan bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi dan menangani KDRT dalam rumah tangganya.

PB Indobarca Nabire Gelar Nobar El Clasico Di Warkop XXI

Last modified on 2015-03-22 10:18:02 GMT. 0 comments. Top.

Untitled

(Dok.PB Indobarca Nabire)

Setelah sukses beberapa kali mengadakan kegiatan nonton bareng, PB Indobarca Nabire kembali mengadakan nonton bareng laga El Clasico antara tuan rumah Barcelona melawan rival abadinya Real Madrid.

Laga nonton bareng ini, diadakan di Warkop XXI tepat pukul 05.00 Wit atau Senin subuh (23/03) bertepatan dengan kick off laga.

Bagi Fans Barca, laga ini diharapkan bisa menjadi laga balas dendam Barcelona atas Real Madrid karena di laga pertama yang dihelat di Santiago Bernabeu, Barca takluk 1-3.

Panen Sayur Mayur Oleh Warga Binaan Lapas Kelas II B Nabire

Last modified on 2015-03-22 09:49:12 GMT. 0 comments. Top.

b

Setelah sebelumnya, sukses dengan hasil panen budidaya ikan air tawarnya, kali ini warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Nabire, mulai memanen hasil perkebunan yakni sayur mayur (21/03).

Sayur mayur yang dipanen tersebut merupakan hasil pemanfaatan lahan tidur yang ada di Lapas Kelas IIB Nabire yang dimanfaatkan untuk ditanami, sejak pertengahan februari 2015 lalu. Sayur yang dipanen diantaranya sayur kangkung, sayur sawi, dan sayur bayam merah.

Menurut Kalapas Kelas IIB Nabire, Yosef Yembise, hasil penjualan sayur tersebut akan ditabung di Bank Papua Nabire dalam program GERNABUNG (Gerakan Narapidana Menabung)

Atas hasil tersebut, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Nabire, Yosef Yembise merasa bangga dengan kerja keras dan upaya warga binaannya, dan diharapkan, berbekal ketrampilan tersebut warga binaan bisa bekerja secara mandiri dan menghidupi keluarganya pasca keluar dari Lapas Kelas IIB Nabire.

SMA Negeri 1 Nabire Siap Hadapi Ujian Nasional 2014/2015

Last modified on 2015-03-21 17:15:16 GMT. 0 comments. Top.

sma 1 nabire

Meski Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Nabire, Papua, selama dua bulan proses belajar-mengajar berjalan tak efektif akibat belum adanya kepala sekolah definitif, namun siswanya mengaku siap untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2014/2015.

Kepala Sekolah definitif, Dambut Bernardus mengaku sebagai reaksi pemerintah, pelantikan terhadap dirinya dilakukan usai siswa melakukan aksi di kantor bupati kabupaten Nabire beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya saya sudah mendapat Surat Keputusan (SK) dari pimpinan daerah hanya saja saya belum dilantik. Saya menjaga amanah itu saya tidak melakukan reaksi, saya hanya urus untuk mempercepat pelantikan supaya terjawab kerinduan siswa maupun guru-guru untuk kepala sekolah definitif,” ungkapnya  Kamis lalu (19/03) di ruang kerjanya.

Dirinya mengaku persiapan sebagai kepala sekolah untuk menatap ujian bagi anak didiknya terbilang mepet, namun Bernardus tidak mempermasalahkannya karena merupakan tugas dan tanggung jawab yang semestinya diemban.

“Setelah saya dilantik pertama saya melakukan pertemuan dengan siswa/i seluruhnya untuk memberi motivasi, dorongan kepada siswa khususnya bagi kelas tiga karena tiga minggu lagi menghadapi ujian nasional,” jelas Bernardus

Dijelaskan kepsek, sebagai persipan untuk menghadapi ujian nasional, mata pelajaran yang diuji, pihaknya melakukan try out dan les privat.

“Kami melakukan try out itu untuk mengukur kemampuan, kesiapan dari siswa untuk menghadapi ujian nasional, kemudian rencanya hasil tri out itu kami mau serakan ke orang tua. Kami sudah siapkan siswa kami secara standar nasional untuk menghadapi ujian nasional yang akan datang,” ujarnya.

Ada kebijakan baru dari Kementrian Pendidikan Nasional tentang ketentuan kelulusan sebagai standar penentuan kelulusan dikembalikan kepada sekolah masing-masing. “Hasil ujian kami akan kirim ke provinsi, namun hasilnya dikembalikan ke sekolah masing-masing untuk menentukan kelulusannya,” tambah dia.

Salah satu siswa Andrian mengaku siap menghadapi ujian. “Kami siap ikut ujian nasonal karena guru-guru kami memberi ilmu, motivasi, dorongan kepada kami,” kata dia dengan senyum.

Diketahui untuk menghadapi ujian nasional, SMA N1, Nabire pada tahun ini akan mengikutkan siswanya sebanyak 329. Masing-masing berasal dari dua jurusan yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 214 siswa kemudian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 125 siswa.

(MS)

Umat Hindu Di Nabire Gelar Rangkaian Upacara Jelang Hari Raya Nyepi 1937

Last modified on 2015-03-20 14:51:40 GMT. 0 comments. Top.

1

(ist)

Umat Hindu yang ada di kota Nabire, pagi tadi (20/03), menggelar upacara dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937, dipusatkan di Pura Puja Dewata SP1 Nabire.

Rangkaian upacara ini dimulai dengan Melasti yaitu untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan berupa air yang diambil dari laut. Kemudian disusul upacara Pecaru, yaitu persembahan untuk Bhuta Kala yang dimaknai sebagai upacara untuk menjaga keharmonisan alam, manusia dan waktu. Lalu dilanjutkan dengan persembahyangan bersama tilem sasih kesanga.

Dan puncaknya mulai jumat malam (20/03) hingga sabtu malam (21/03), umat Hindu melaksanakan “Catur Brata” Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa, brata, yoga, dan semadhi.

Rangkaian terakhir dari perayaan Tahun Baru Saka adalah hari Ngembak Geni yang jatuh pada “pinanggal ping kalih” (tanggal 2) sasih kedasa (bulan X). Pada hari ini Tahun Baru Saka tersebut memasuki hari ke dua. Umat Hindu melakukan Dharma Shanti dengan keluarga besar dan tetangga, mengucap syukur dan saling maaf memaafkan (ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih.

Menurut Asisten I Setda Nabire, yang juga merupakan umat Hindu, Drs I Wayan Mintaya, mengatakan, perayaan Nyepi sudah tidak asing lagi, karena perayaan ini memiliki keunikan sendiri karena hari Nyepi dirayakan dengan berdiam di rumah masing-masing.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276