INFO NABIRE

Dinas Pertambangan & Energi Kabupaten Nabire Pastikan Lampu Jalan Sudah Bisa Nyala 100% Tahun Ini

Last modified on 2015-02-19 12:47:04 GMT. 0 comments. Top.

2

(Lampu di jalan Merdeka)

Kepala Seksi Pelistrikan Dinas Pertambangan & Energi kabupaten Nabire, Amos Muyapa, mengatakan, lampu jalan yang sudah terpasang di sepanjang jalan Merdeka, belum optimal dan belum dinyalakan 100%.

Menurut Amos, hal ini disebabkan karena untuk mengaktifkan lampu jalan itu dibutuhkan sebuah travo untuk mensuplai listrik ke lampu-lampu jalan tersebut.

Dikatakan Amos, saat ini travo tersebut sedang dipesan oleh PT PLN Nabire, karena PLN lah yang paling mengetahui kekuatan suplai listrik ke lampu-lampu jalan.

“Tahun ini juga, lampu jalan yang dipasang di jalan Merdeka sudah bisa dinyalakan 100% tahun ini juga”, pungkas Amos.

Dinas Kesehatan Nabire Tetap Mewaspadai Demam Berdarah

Last modified on 2015-02-19 12:45:45 GMT. 0 comments. Top.

dbd

Dinas Kesehatan kabupaten Nabire, mewaspadai penyakit Demam berdarah, dengan melakukan pengawasan secara intensif kepada masyarakat melalui Puskesmas dan Rumah Sakit.

Menurut Kepala Bidang P2KP Dinas Kesehatan Nabire, Dr Frans Sayori, mengatakan, penyakit demam berdarah memang tidak dapat berkembang dengan baik di Papua, tetapi bukan berarti warga di Papua tidak dapat terserang penyakit tersebut.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan Nabire akan melakukan pendataan serta melakukan Fogging di daerah penderita demam berdarah serta pengawasan terhadap penderita.

Dr Frans Sayori menghimbau warga Nabire untuk melakukan 3M yaitu menguras bak, menutup bak air, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan agar tidak menjadi sarang jentik nyamuk.

KNPB Desak Polda Papua Bebaskan 6 Aktivis KNPB Di Nabire

Last modified on 2015-02-19 12:44:05 GMT. 0 comments. Top.

4

Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pusat melalui juru bicaranya, Basoka Logo menuntut kepada Kepolisian Daerah Papua (Polda Papua) untuk membebaskan 4 aktivis KNPB serta 2 orang pelajar  yang ditahan di polres Nabire sejak 16 Februari 2015 lalu.

Menurut jubir KNPB, mereka ditahan saat menggelar rapat pembenahan kepengurusan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire. Ia meminta kepada pihak Polda Papua untuk mengembalikan barang milik para aktivis serta tidak melakukan pembohongan publik melalui media massa.

Basoka menambahkan, penangkapan terhadap aktivis KNPB telah dilakukan selama 3 hari secara berturut-turut. Terakhir, kata dia, polisi melakukan penggrebekan diikuti penangkapan dan menyita barang milik aktivis di sebuah rumah yang dihuni oleh aktivis KNPB di Kabupaten Nabire.

“Polisi melakukan penangkapan sewenang-wenang terhadap aktivis KNBP ini merupakan pelanggaran HAM karena tanpa sebab polisi melakukan penangkapan dan menyita barang milik aktivis,” kata Basoka Logo saat menggelar jumpa pers di Jayapura, Rabu (18/02/15).

“Pada tanggal 14 Februari 2015 polres nabire melakukan penangkapan terhadap sekertaris KNPB Pusat, Ones suhuniap dan 3 anggota KNPB lainnya tanpa alasan yang jelas mereka ditahan selama 5 jam di polres Nabire. Kemudian, tanggal 15 Februari 2015 polres Nabire juga tangkap Yeskel Kosay, juru bicara KNPB Sorong di Pelabuhan Nabire lalu dibebaskan.”

Berikut adalah nama-nama 6 aktivis KNPB yang ditangkap di Nabire: Zadrak Kudiay (ketua KNPB wilayah Nabire), Yaved Keiya (kepala komisariat kemanan KNPB Wilayah Nabire), Deserius Goo (Juru Bicara KNPB Nabire), Zeth Yumai (Anggota KNPB Wilayah Nabire), serta Kristianus Yumai (15) dan Yunus Muyapa merupakan pelajar SMK N1 Nabire.

Atas penangkapan tersebut, KNPB secara resmi mendesak Polda Papua agar:

Pertama: Polda Papua membebaskan 6 aktivis di polres Nabire tanpa syarat.

Kedua: Polda Papua segera keluarkan barang-barang yang telah disita dan dirampas oleh pihak polres Nabire berupa hand phone, sepeda motor, tas pakaian, sepatu serta kamera milik aktivis KNPB.

Ketiga: Apapun alasannya, KNPB akan selalu tetap mediasi apa yang menjadi cita-cita bangsa Papua dengan cara cara yang damai dan bermartabat agar rakyat Papua dapat melakukan hak penentuan nasib sendiri melalui mekanisme internasional sebagai solusi politik yang terhormat.

(MS)

700 Ekor Babi Di Nabire Positif Terkena Virus Hog Cholera

Last modified on 2015-02-19 12:42:36 GMT. 0 comments. Top.

1

Sebanyak 700 ekor babi di Kabupaten Nabire, Papua, dinyatakan positif terkena virus hog cholera. Diduga virus penyebab penyakit yang biasa disebut sampar babi ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, dan Manado, Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua, Petrus Pasereng, di kantor Otonom Kotaraja, Jayapura, Senin (16/2), mengatakan hog cholera terdata di beberapa titik di kawasan Meepago yang meliputi Kabupaten Nabire, Paniai, Dogiyai, dan Deiyai. “Ini tentunya sangat meresahkan masyarakat tidak hanya di Nabire, tetapi di Papua. Itu karena virus ini bisa menyebar,” kata Pasereng.

Virus hog cholera atau sampar babi merupakan penyakit serius pada ternak babi. Penyakit bersifat akut ini ditandai dengan kematian secara tiba-tiba dan penularan dan kematian yang tinggi. Itu karena penyakit ini menyerang alat pencernaan dan pernapasan.

Penyakit ini mudah berpindah melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Buruknya sanitasi serta kebersihan turut mempermudah ternak babi terserang virus ini. Selain itu, virus dapat menular melalui makanan atau pakan, air minum, alat-alat yang tercemar virus, dan juga melalui serangga atau ternak-ternak lain.

Oleh karena itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua dan Kabupaten Nabire telah mengisolasi Kabupaten Nabire selama enam hingga delapan bulan ke depan. Ini dilakukan melalui Instruksi Bupati Kabupaten Nabire yang melarang pengiriman hewan ternak, baik dari dalam maupun luar wilayah tersebut.

Menurut Pasereng, penyakit sampar pada babi datang karena ada dugaan pengiriman daging babi dari luar Nabire. “Dicurigai virus ini penularannya datang dari Makassar dan Manado, melalui daging babi mentah lewat pelabuhan laut di Samabusa, Nabire, yang memang tidak ada balai karantinanya,” ucapnya.

Dia berpendapat, seharusnya Nabire sudah punya kantor karantina hewan sendiri. “Tidak perlu gabung dengan Kabupaten Biak agar karantina hewan di Nabire dapat fokus menangani pengawasan hewan di Kabupaten Nabire,” ujarnya.

Cholera babi menyerang babi tanpa pandang usia. Tanda-tanda luar pertama penyakit tersebut adalah babi tidak aktif atau lamban dan kehilangan nafsu makan, disertai suhu tubuh ternak meningkat. Ternak juga mengalami radang mata disertai air mata yang mengalir deras—terlihat lebih jelas pada babi putih dibanding babi hitam—sehingga kelopak mata merapat. Babi juga mengalami gangguan buang air sehingga kotorannya berbentuk pelet.

Pihak Dinas Perternakan Papua akan terus mengawasi kesehatan hewan di provinsi tersebut agar tidak menyebar pada hewan ternak lain. Pasereng juga mengimbau para peternak babi di Papua agar selalu menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan yang baik dan sehat serta tidak memberikan makanan basi.

Raker Ke III Klasis GKI Paniai Di Jemaat Ebenhaezer Sima Distrik Yaro

Last modified on 2015-02-18 10:43:23 GMT. 0 comments. Top.

10990906_1558963334386998_1966476356207743890_n

Rapat kerja ketiga Klasis GKI Paniai, selasa sore 17 februari, dibuka secara resmi oleh anggota Badan Pekerja Klasis GKI Paniai, Pdt J Mbaubedari, bertempat di jemaat Ebenhaezer Sima, distrik Yaro Nabire.

Kegiatan yang diadakan selama 3 hari tersebut bertujuan untuk mendengar, menilai, dan melaksanakan program kerja dan anggaran klasis GKI Paniai, serta penyusunan dan penetapan program kerja klasis GKI Paniai serta APBG 2015.

Pdt J Mbaubedari menyampaikan 2 hal penting yaitu masalah-masalah teologi di tanah Papua karena diketahui banyak pemberitaan injil yang tidak benar, serta pembinaan warga gereja.

Pdt J Mbaubedari juga menambahkan upaya penambahan klasis Nabire Timur perlu ditindaklanjuti untuk disahkan menjadi klasis definitif.

 

Pembentukan Panitia HUT PKK Nabire Tahun 2015

Last modified on 2015-02-18 10:41:44 GMT. 0 comments. Top.

Panitia Hut PKK Nabire tahun 2015, rabu 18 februari 2015 bertempat di gedung PKK jalan Yos Sudarso Nabire, terbentuk dalam suatu rapat yang dipimpin oleh Ketua PKK Nabire Ny. L.B Samosir.

Ny. L.B Samosir berhasil membentuk panitia Hut PKK dengan komposisi, Ketua dipimpin oleh Ny L.B Samosir sendiri, wakil ketua Ny Natalia Pasang dan Sekretaris Ny Linda Sembor.

Ny. L.B Samosir berharap kepada panitia yang dibentuk agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hut PKK tahun 2015 diantaranya lomba dasa, da diikuti PKK dari 5 distrik yang ada di Nabire yaitu Distrik Nabire, Nabire Barat, Yaro, Wanggar, dan Makimi.

Selain itu juga akan diadakan kegiatan bina remaja, penyuluhan HIV/AIDS di sekolah, lomba cipta menu dan UP2K.

Rapat KNPB Nabire Digerebek Aparat Kepolisian

Last modified on 2015-02-18 10:40:00 GMT. 0 comments. Top.

Rapat anggota  Komite Nasional Papua Barat (KNPB) terpaksa berhenti seketika karena digrebek oleh aparat kepolisian,  Senin (16/2)  sekitar  pukul 12.30 WIT di SMK Pertanian Kelurahan  Girimulyo Nabire.  Rapat itu dihadiri delegasi dari dua provinsi, yakni Papua dan Papua Barat.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Patrige saat dikonfirmasi SP, Selasa (17/2) pagi mengatakan, penggrebekan oleh  anggota Dalmas dan Resmob dipimpin oleh Kabag Ops Nbr Kompol I Nyoman Putra Sandita. “Sebagian kelompok  KNPB yang sedang melakukan rapat,  langsung  membubarkan diri dan lari menuju bukit dan Kali Harapan,” ujarnya.

Diungkapkannya sebelum dilakukan penggrebekan terlihat  Ketua  KNPB Kabupaten  Nabire Sadrak Kud?ay,  Korlap Militansi KNPB Nabire Yaved Keiya dan Jubir KNPB  Denerius Goo. Rapat diduga membicarakan tentang rencana kegiatan Rakernas KNPB dan juga hari puncak pelaksanaan kegiatan Rakernas KNPB, karena  akan dihadiri oleh beberap delegasi dari  Provinsi Papua dan Papua Barat.

Menurut Kabid Humas, dari penggrebekan dan penggeledahan rumah tersebut,  ditemukan surat-surat dokumen KNPB, peta perencanaan KNPB bergambar 2 buah bendera Bintang Kejora bertulisankan ’ Mahasiswa yang tidak mempunyai uang, ada bisnis intel dosen,  BIN. Yang tidak  ada uang Pulang Kampung’.

Lalu tripleks bergambaran Bendera Kejora,  7 buah senjata tajam berupa kapak, celurit, pisau dan sangkur,  3 buah busur dan 41 anak panah, 15 potong pakaian yg bermotif loreng serta gambar bendera Bintang Kejora, tas noken KNPB 2 buah, sepatu laras 4 pasang, dan 2 unit spanduk KNPB.

Kabid Humas menuturkan, dari lokasi kejadian juga didapat  handphone  dari masing-masing  delegasegasi  yaitu Kaimana 2 buah,  Sorong 12 buah ,  Numbay  7 buah,  Fak-Fak  ada 3 buah,  Timika 4 buah HP, delegasi Pusat 9 buah, delegasi Manokwari 3 buah, delegasi  Wamena 2 buah , delegasi Sentani 19 buah. Selai itu  ditahan  6 unit sepeda motor,  1 buahh Camera Merk Sony.

“Juga didapat  2 buah proposal dengan isinya  panitia pelaksanaan musyawarah  besar  Nasional seluruh wilayah di Nabire, 4 buah proprosal panitia konferensi KNPB wilayah Nabire dengan thema ’Melalui Konfrensi ini Kita membenahi Diri untuk Menjadi Lebih Kuat,” kata kabid Humas.

Ada juga, kata kabid Humas,7 buah selebaran surat pemberitahuan damai, 2 buah undangan KNPB Nabire dalam rangka pembembenahan struktur KNPB, dan 4 buah permintaan sumbangan berbentuk selebaran dari  Tentara Pembebasan Nasional (TPN)   Kodap 9 emas Topo Nabire.

Uniknya dari selebaran yang disita, ada 4 selebaran yang berisi pertanyaan, “Apakah Jokowi jawaban atas nasib bangsa Papua Barat?”

Juga ditemukan  4 buah formolir susunan KNPB,  2 buah selebaran dari badan pengurus pusat KNPB berisi arahan nasional.  Kemudian 1 buah skema daftar status politik Papua Barat, 1 rangkap selebaran berisi deklarasi sarana untuk persatuan West Papua,  1 buah selebaran berisi pertemuan Benny Wenda dengan perwakilan PBB di Swiss, 2 rangkap struktur Korlap  KNPB, 1 buah buku berjudul ’Hidup atau Mati’ dengan penulis Markus Halluk, 1 buah buku ’Persiapan Materi Pengajuan Sidang Istimewa Parlemen Nasional West Papua’.

“Kami menaham 3 orang,  yaitu  Kristianus Yamai ( 16)  yang bersekolah SMK Pertanian,  Zeth Yumai ( 22)  dan  Yunus Muyapa  (15) juga dari SM Pertanian.  Mereka kemudian dibawa ke Polres Nabire, sementara diambil keterangannya (BAP) oleh satuan  Reskrim,” ujarnya.

(BS)

Seleksi 50 Orang Siswa Siswi Asli Papua Wilayah Meepago Di SMP Negeri 5 Nabire

Last modified on 2015-02-18 10:36:42 GMT. 0 comments. Top.

1

Sebanyak 50 orang siswa siswi asli Papua yang berprestasi di wilayah MEEPAGO, mengikuti kegiatan seleksi siswa siswi berprestasi selama 1 hari yang dipusatkan di SMP Negeri 5 Malompo Nabire.

Menurut Kabag Evaluasi data & Advokasi, Bernadetta Goo SH, tujuan diadakannya kegiatan seleksi ini adalah untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan Papua yang berkarakter, berintegritas, dan takut akan Tuhan, serta memotivasi siswa-siswi asli Papua untuk meningkatkan prestasinya.

Peserta yang mengikuti kegiatan seleksi ini adalah perwakilan terbaik dari masing-masing sekolah berjumlah 2 orang. Adapun materi yang diujikan dalam seleksi ini adalah matematika dan psikotes.

Pembentukan Pengurus PAPPRI Cabang Nabire Periode 2015-2019

Last modified on 2015-02-16 17:18:27 GMT. 0 comments. Top.

pappri

Sekretaris Pengurus (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) PAPPRI Papua Cabang Nabire, Septinus Baransano mengatakan, PAPPRI adalah salah satu organisasi profesional yang dibentuk secara nasional untuk mewadahi para artis, penyanyi, pencipta lagu dan pemusik Indonesia yang menyebar di provinsi dan kabupaten kota di seluruh Indonesia.

Pembentukan Pengurus Cabang PAPPRI cabang Nabire periode 2015-2019, dipimpin oleh Koordinator Yance Rumbino yang ditugaskan oleh DPD PAPPRI Papua.

Dalam acara pembentukan pengurus cabang PAPPRI cabang Nabire tersebut, telah ditetapkan DPC Pengurus PAPPRI cabang Nabire periode 2015-2019 sebagai berikut :

Ketua : Lukas Hawar SKM

Wakil Ketua : Yohanes R Wanaha S.Th

Sekretaris : Septinus Baransano S.Pd

Wakil Sekretaris : Yunus Maniawasi

Bendahara : Fince Nawawi

Kepengurusan ini juga dilengkapi bidang-bidang yang diperlukan yaitu bidang organisasi & keanggotaan yang diketuai Otis Boney, bidang Industri dan Program diketuai oleh Willem Misido, bidang Apresiasi dan pengembangan diketuai oleh Yance Rumbino, bidang Media diketuai Korneles R, sedangkan bidang Hukum & Advokasi diketuai oleh Petrus Adi.

(RRINabire)

Rapat Persiapan Turnamen Sepakbola KNPI Cup Usia 18 Tahun Di Nabire

Last modified on 2015-02-16 17:18:04 GMT. 0 comments. Top.

Sesuai  hasil rapat DPD KNPI Nabire yang salah satu programnya adalah peduli terhadap klub sepakbola dan pemuda, serta tingginya animo masyarakat Nabire terhadap olahraga sepakbola, maka bertempat di Aula DPD KNPI Nabire, sabtu 15 februari 2015, digelar rapat yang membahas tentang turnamen sepakbola KNPI Cup 2015 usia 18 tahun.

Dalam rapat tersebut, perwakilan klub sepakbola se-Nabire yang dipimpin oleh Ketua Panitia Turnamen Tery Rumayauw menjelaskan, turnamen yang baru pertama kali digelar ini dikhususkan untuk usia muda dibawah 18 tahun, dimana pada usia tersebut terdapat bibit-bibit muda potensial dan diharapkan dapat menjadi andalan Papua pada PON 2020 mendatang.

Selain itu turnamen ini bisa menjadi motivasi bagi para anak muda di Nabire sehingga pada nantinya akan muncul Patrich Wanggai muda yang bisa mengharumkan Nabire di kancah sepakbola.

Hadir pada rapat ini para perwakilan dari masing-masing klub sepakbola yang ada di Nabire serta para pengurus KNPI.

(RRINabire)

Polres Nabire Lepaskan Sekretaris KNPB Wilayah Sorong Yang Diciduk Di Pelabuhan Samabusa

Last modified on 2015-02-16 17:17:47 GMT. 0 comments. Top.

Sekretaris Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Sorong, Yeheskiel  Kossay (27) yang diciduk aparat gabungan TNI/Polri di pelabuhan Samabusa Nabre saat turun dari KM Doloronda karena membawa selembar kertas yang berisi soal diplomasi kemerdekaan Papua di tingkat internasional, telah dibebaskan oleh Polres Nabire.

Menurut keterangan yang dihimpun,  Yehezkiel  Kossay dibawa menggunakan mobil avanza dan dibawa ke Polres Nabire, dan baru dibebaskan malam harinya.

Yeheskiel Kossay didapati membawa materi-materi pendidikan politik tentang perkembangan nasional dan internasional, yang dianggap merupakan dokumen kemerdekaan oleh aparat, sehingga diamankan.

Petugas Gabungan TNI/Polri Nabire Amankan Pemuda Yang Bawa Dokumen Kemerdekaan Papua

Last modified on 2015-02-15 15:14:10 GMT. 0 comments. Top.

Petugas gabungan TNI/Polri di Kabupaten Nabire, Papua, berhasil mengamankan seorang pemuda asal Papua, yang turun dari atas KM Doloronda yang tengah bersandar di Pelabuhan Samabusa, Nabire pada Minggu (15/2/2015) sekitar pukul 06.00 WIT.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Polisi Patrige menjelaskan, pemuda berinisial YK (27) yang datang dari Sorong itu, diamankan saat terjaring razia di terminal kedatangan penumpang area pelabuhan.

YK merupakan juru bicara sekaligus aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Sorong membawa selembar kertas yang berisi soal diplomasi kemerdekaan Papua.

Dari keterangan YK di Satuan Reskrim Polres Nabire,  YK tak sendirian, melainkan bersama 14 pemuda lainnya berangkat dari Fakfak dan Sorong menuju Nabire.

Dalam rombongan itu, ikut di dalamnya Ketua KNPB Wilayah Sorong dan Ketua KNPB Wilayah Fakfak, namun mereka berhasil lolos dari razia. Sementara YK satu-satunya yang  berhasil diamankan.

“Jadi saat razia berlangsung, kemungkinan 14 orang pemuda lainnya itu menyebar dan berhasil lolos,” ujar Patrige.

Saat ini YK masih diamankan di Mapolres Nabire guna dimintai keterangan terkait tujuan mereka ke Nabire, sementara 14 rekannya masih dalam penyisiran aparat gabungan.

Komite Nasional Papua Barat (KNPB) merupakan salah satu kelompok di Papua yang vokal memperjuangkan kemerdekaan Papua melalui jalur politik Internasional.

Pada tahun 2012, Ketua KNPB Pusat Mako Tabuni tewas tertembak di Jayapura. Namun kepergian sang pemimpin tidak menyurutkan semangat anggota di dalamnya untuk mengampanyekan kemerdekaan Papua hingga saat ini.

(LS)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266