INFO NABIRE

Dishubkominfo Nabire Himbau Para Pemilik Kendaraan Lakukan Uji Kendaraan

Last modified on 2014-10-24 18:51:48 GMT. 0 comments. Top.

uji kendaraan

UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 yang sudah efektif berlaku, menggantikan UU Nomor 14 Tahun 1992 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Khususnya pada pasal 49 huruf b tentang uji berkal, pasal 53 ayat 1 tentang diwajibkan untuk mobil penumpang umum, mobil, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan, serta Peraturan Daerah no 4 tahun 2010 tentang pajak daerah dan retribusi.

Terkait hal tersebut, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika kabupaten Nabire berdasarkan dasar hukum tersebut menghimbau kepada para pemilik kendaraan wajib uji baik perorangan maupun perusahaan yang ada di Nabire, agar segera mengurus uji kendaraannya di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Nabire. Diharapkan pengujian tersebut dilakukan oleh pemilik kendaraan sendiri tanpa melalui calo.

Tujuan diadakannya pengujian ini agar semua mobil penumpang umum, mobil, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan mematuhi peraturan dan melengkapi semua kendaraannya, seperti lampu, asap yang tidak terlalu hitam, kipas kaca, hingga mengganti ban yang sudah gundul, karena hal ini menyangkut keselamatan pengendara kendaraan maupun penumpang.

BPPPA & KB Kabupaten Nabire Akan Mengadakan Kegiatan Pemasangan Alat KB Gratis

Last modified on 2014-10-24 18:41:35 GMT. 0 comments. Top.

Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & KB kabupaten Nabire, segeraakan mengadakan kegiatan pemasangan KB implan, suntik, dan IUD, secara gratis pada hari senin (27/10), pukul 09.00 wit s/d selesai bertempat di Aula Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB jalan merdeka kabupaten Nabire.

Tujuan dilaksanakannya pemasangan implan secara gratis bagi seluruh warga masyarakat di kota Nabire, adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalm hal pemasangan alat kontrasepsi khususnya implan, karena implan merupakan alat kontrasepsi jangka panjang, yang lama pemakaiannya adalah 3 tahun, jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi yang lain seperti Pil yang bertahan selama 1 bulan sekali,  dan suntik yang bertahan selama 3 bulan sekali.

Kegiatan pemasangan implan tersebut, menggunakan anggaran pemerintah daerah yang tergabung didalam pelayanan alat kontrasepsi dengan berbagai sasaran. Alat kontrasepsi berupa implan tersebut didatangkan dari BKKBN Pusat Jakarta, melalui perwakilan BKKBN Provinsi Papua.

Dengan adanya pemasangan implan secara gratis dan praktis dengan jangka waktu yang lama, masyarakat di kota Nabire diharapkan untuk memasang alat kontrasepsi berupa implan tersebut, untuk bersama-sama menuju keluarga yang sejahtera.

Seorang Jamaah Haji Asal Nabire Terkena Diabetes Di Mekkah

Last modified on 2014-10-24 18:40:05 GMT. 0 comments. Top.

haji

Satu jamaah haji Indonesia asal Nabire, Papua bernama Siti Abangkanu, menderita sakit diabetes sehingga masih berada di Mekkah, Arab Saudi hingga saat ini.

“Ia sekarang, ditahan oleh pemerintah Saudi untuk perawatan intensif,” ungkap Alwi Tianlean melalui telepon selularnya, Jumat (24/10)

Alwi mengaku menerima keputusan tidak boleh pulangnya salah satu Jamaah Haji Nabire  tersebut sebab itu hal itu merupakan Otoritas kerajaan Arab Saudi.

“Kini kita dalam posisi pasif menerima keputusan, sebab ini otomatis dan sudah protap Jamaah sakit tidak boleh dipulangkan atau menaiki pesawat,” tegasnya.

Ia menambahkan, kelompok terbang (kloter) enam dan kloter sembilan telah sampai dan bergabung dengan keluarganya masing-masing.

Kementerian Agama mencatat sebanyak 253 anggota jemaah haji asal Indonesia meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. Data ini dikutip dari Media Center Haji di Jeddah yang dilansir di laman Kementerian Agama pada Kamis, 23 Oktober 2014.

Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan kebanyakan jemaah haji meninggal karena penyakit bawaan dan faktor kelelahan.

“Berdasarkan catatan petugas kesehatan di sana,” kata Ali.

(JB)

Aparat Polres Nabire Ringkus 2 Tersangka Pemakai & Pengedar Narkoba, Beserta Sepucuk Pistol & Amunisinya

Last modified on 2014-10-23 16:32:13 GMT. 0 comments. Top.

5

(Kedua tersangka/Dok.Reyner Windesi)

Aparat Polres Nabire berhasil meringkus 2 orang pengedar narkoba jenis shabu beserta alat hisap dari botol air mineral, sepucuk pistol korek yang dirakit menjadi pistol sungguhan beserta 6 butir amunisinya, serta handphone, selasa malam lalu (21/10).

Kedua tersangka diringkus di dua tempat terpisah, satu tersangka diringkus di jalan DS Mamoribo Smoker Siriwini saat sedang mengkonsumsi shabu-shabu, sedangkan satu tersangka lain diringkus di jalan Pongtiku Nabarua Nabire saat meracik shabu untuk rencana diedarkan.

6

(Barang bukti yang disita/Dok.Reyner Windesi)

Dari hasil pengembangan, aparat kepolisian melakukan penggeledahan di sebuah bangunan kosong dekat Batgalyon 753 yang rencananya bangunan kosong tersebut akan dijadikan lokasi transaksi.

(Reyner Windesi)

Rapat Kerja Wilayah III Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Papua Ke-IV Tahun 2014 Se-Teluk Cenderawasih Resmi Dibuka Kepala Kemenag Nabire

Last modified on 2014-10-23 16:29:15 GMT. 0 comments. Top.

4

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire, Reki Lumentah, S.Pd.K atas nama Bupati membuka dengan resmi Rapat Kerja Wilayah III Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Papua ke-IV tahun 2014 se- Teluk cenderawasih.

Dalam sambutannya dikatakan bahwa Rapat Kerja Wilayah III GKII Papua, sebagai forum untuk mengetahui sejauh mana peran dan pelayanan yang dilakukan oleh GKII dalam mengidentifikasi persoalan yang dihadapi oleh Gereja dan jemaat selama ini. Raker juga merupakan ajang atau tempat untuk merumuskan dan menetapkan berbagai kebijakan program dan pelayanan dalam mengoptimalkan Tri panggilan gereja di masa mendatang, sesuai dengan thema Rakerwil yakni Beritakan Injil Itu” (Yeremia 1:17-19).

Lanjut Reki Lumentah Peran dan fungsi Gereja dalam pembangunan di daerah ini sangat besar sebab sebagai mitra pemerintah, Gereja berada pada pilar terdepan dalam menumbuhkembangkan Iman para jemaat sebagai motor para penggerak pembangunan, mewartakan injil, selain itu melalui fungsi sosialnya Gereja terus berupaya mengentaskan masyarakat dari berbagai keterbelakangan dan kemiskinan, oleh karena itu melalui ajaran kasih Kristus marilah kita wujudkan tujuan pembangunan daerah yang kita dambahkan selama ini, yaitu terwujudnya tatanan masyarakat Nabire yang berkeadilan, sejahtera, makmur dan mandiri.

Mengakhiri sambutannya Bupati Nabire mengharapkan kepada peserta sekalian agar hidup menurut Firman Tuhan, memelihara toleransi kehidupan beragama serta dapat mendukung semua program pemerintah daerah.

Kegiatan rapat kerja wilayah III papua yang ke-IV dengan materi-materinya sebagai berikut mengevaluasi dan menetapkan program-program kerja dalam pelayanan GKII ke-III papua dan seminar di lanjuti dengan ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR).

Rapat Kerja Wilayah III Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Papua ke-IV tahun 2014 di Teluk cenderawasih ini dipusatkan di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Jemaat Bethesda Karang Mulia, Nabire berlangsung selama tiga hari terhitung 20-22 Oktober 2014. Turut hadir pada Raker ini, Pdt.Berri Jordan yang merupakan utusan misi CAMA.

( Boma/Ocep ).

 

Mapolsek Uwapa Nabire Diserang Warga, 1 Anggota Polisi Terluka

Last modified on 2014-10-23 16:24:21 GMT. 0 comments. Top.

2

(Aparat kepolisian diturunkan untuk mengecek Mapolsek Topo yang diserang warga/Dok.Reyner Windesi)

Kamis pagi tadi (23/10), pos polisi yang ada di Topo Distrik Uwapa kabupaten Nabire, diserang oleh warga sehingga mengakibatkan kantor tersebut mengalami kerusakan dan salah seorang anggota Polisi terluka akibat dipukuli warga.

Kejadian penyerangan ini berawal dari adanya informasi dari warga bahwa ada pemalangan di kampung Urumusu Distrik Uwapa.  Setelah diinformasikan mengenai hal itu, 2 anggota Polisi yang bertugas di Polsek Uwapa langsung menuju ke lokasi pemalangan.

Ketika tiba di lokasi, tidak ditemukan pemalangan seperti laporan warga, tapi justru ditemukan 3 pemuda setempat yang sedang menikmati minuman lokal Bobo.

Ketiga orang tersebut diminta untuk membubarkan diri oleh 2 anggota polisi dari Polsek Uwapa. Namun saat kedua anggota Polis tersebut kembali ke Pos, muncul 2 pemuda yang tiba di pos polisi dan melakukan pengrusakan serta pemukulan terhadap salah seorang anggota Polisi atas nama Aiptu Daud Tandilo. Akibat kejadian itu, Aiptu Daud mengalami luka-luka.

Belum jelas motif pengrusakan dan pemukulan tersebut tapi diduga karena kedua anggota Polisi yang membubarkan warga yang sedang menikmati minuman keras.

Awal Nopember Mendatang, PLN Nabire Lakukan Penertiban & Pemutusan Listrik Besar-Besaran Di Nabire

Last modified on 2014-10-22 10:59:55 GMT. 0 comments. Top.

Sahat hutapea

(Manager PT PLN baru, Sahat Hutapea)

Hingga bulan september 2014, jumlah tunggakan listrik di PT PLN Rayon Nabire terhitung sebesar 5,8 Miliar. Hal tersebut diutarakan Manager PT PLN Rayon Nabire yang baru, Sahat Hutapea Doni.

Dikatakan Sahat Hutapea, program kerja yang akan dilaksanakan oleh PLN Nabire dalam waktu dekat ini diantaranya, pemadaman listrik bergilir, penertiban pelanggan baik yang melakukan pelanggaran seperti pencurian listrik, penyambungan illegal, belum mebayar iuran listrik, serta juga akan dilakukan pemutusan listrik besar-besaran di awal bulan november 2014.

Selain itu PLN Nabire juga akan melakukan pembersihan disekitar gardu maupun tiang listrik PLN yang terhalang oleh pohon maupun lainnya.

Dikatakan Sahat, terkait tunggakan listrik yang mencapai 5, Miliar, tunggakan listrik tersebut berasal dari golongan umum sebanyak 4,2 Miliar dan dari golongan TNI/Polri/PNS sebesar 1,6 Miliar.

Sahat juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada warga Nabire terkait pemadaman listrik bergilir yang dilakukan PLN, karena hal ini untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan pasokan listrik ke konsumen akibat masih kurangnya mesin diesel. Diharapkan dalam waktu dekat PLN akan mendatangkan tambahan mesin untuk membantu membackup pasokan listrik di Nabire.

Selain itu, Sahat juga meminta kepada warga Nabire yang ingin berlangganan listri agar bisa memanfaatkan program PLTS Listrik 40 watt dengan cara mendaftarkan diri langsung ke Kantor PLN Nabire maupun melalui RT atau Lurah setempat.

Sosialisasi Penumbuhan & Pengembangan Kewirausahaan Di Nabire

Last modified on 2014-10-22 10:55:13 GMT. 0 comments. Top.

Koperasi_dan_UKM

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nabire menggelar Sosialisasi Penumbuhan dan pengembangan Kewirausahaan di kabupaten Nabire, selasa pagi (21/10).

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberi pembekalan berupa teknik menjadi wira usaha pemula, cara pengembangan usaha tetap bertahan dan punya komitmen untuk memajukan usahanya.

Diharapkan melalui sosialisasi ini pengusaha lebih inovasi serta muncul ide-ide terbaru untuk peningkatan dan pengembangan usahanya dalam hal menarik minat para pembeli atau wisatawan yang datang ke Kabupaten Merauke.

Kegiatan sosialiasasi penumbuhan dan pengembangan kewirausahaan di kabupaten Nabire diikuti oleh 20 orang peserta.

Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Kabupaten Nabire Ajak Warga Beli Ikan Di PPI Waharia Mulai 3 Nopember

Last modified on 2014-10-22 10:53:05 GMT. 0 comments. Top.

Mulai 3 nopember 2014 mendatang, warga kota Nabire sudah bisa membeli ikan segar hasil tangkapan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di kampung Waharia Nabire.

Menurut Kepala Dinas Kelautan & Perikanan kabupaten Nabire, Yance Pekey, dibukanya PPI tersebut dalam rangka memberi kemudahan bagi para pembeli ikan dan para penjual agar mudah menyalurkan hasil tangkapannya dan melayani masyarakat.

Yance Pekey juga menghimbau agar pelaku usaha perikanan dan warga Nabire bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan di PPI, seperti kolam tambak, pabrik es mini 5 ton, fasilitas rumah untuk istirahat, rumah untuk pelelangan, kantor, aula, mobil box ikan yang bisa disewa, dan penambahan 2 hektar tanah yang rencananya akan dibangun fasilitas lain seperti rumah nelayan dan pembeli ikan.

Ditambahkan Yance, Pemerintah sudah menandatangani MoU dengan para pengusaha penggilingan ikan, agar ikan-ikan yang sudah tidak layak dikonsumsi tetap bisa dibeli sehingga ada nilai tambah bagi para nelayan di Nabire.

Disinggung mengenai harga ikan, Yance mengatakan, semua itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi, seperti cuaca, dan ketersediaan bahan bakar minyak, sehingga tidak ada harga baku baku penjualan ikan.

Tahapan Pilkada Nabire Kapan Dimulai ?

Last modified on 2014-10-22 10:47:28 GMT. 0 comments. Top.

Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Nabire seharusnya dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang. Sementara waktu itu sudah semakin dekat. Lalu kapan tahapan Pilkada akan dimulai ? Pernyataan dan pertanyaan itu dikemukakan oleh Ketua Ikatan Keluarga Jayapura Kabupaten Nabire, Abner Kalem.

Dikatakakanya, semestinya tahapan Pilkada Kabupaten Nabire sudah dimulai atau paling tidak sudah ada keterangan atau sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nabire kepada masyarakat Kabupaten Nabire. Namun sejauh ini informasi belum juga diberikan oleh KPU Nabire.

“Pilkada Kabupaten Nabire 2015 akan digelar dan itu bukan waktu yang lama, namun hingga kini jangankan tahapan, keterangan atau informasi tentang pesta demokrasi itu belum juga ada,” ungkapnya.

Untuk itu, Ketua Ikatan Keluarga Jayapura Kabupaten Nabire, Abner Kalem meminta kepada KPU Nabire untuk proaktif dalam menggali informasi ke KPU yang lebih tinggi, yakni baik ke KPU Provinsi atau Pusat kapan pelaksanaan tahapan Pilkada dimulai.

“Kita sering dengar melalui media elektronik bahwa masih belum jelas bagaimana system Pemilihan Umum nantinya, apakah dipilih secara langsung atau tidak langsung, dalam arti dipilih oleh rakyat langsung atau diserahkan kepada DPRD,” katanya.

“Itu perlu dicari tahu dan KPU harus betul-betul bekerja, proaktif dalam hal ini. Saya pikir bukan hanya satu atau dua orang yang menanti informasi tentang Pilkada tetapi hampir semua masyarakat juga menunggunya,” ujarnya.

(PPN)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231