INFO NABIRE

Penutupan Sosialisasi HAM Di Nabire

Last modified on 2014-09-12 08:58:34 GMT. 0 comments. Top.

ham

Setelah digelar selama 2 hari, Asisten I Setda Nabire, Drs I Wayan Mintaya, menutup secara resmi kegiatan Sosialisasi HAM bagi warga masyarakat kabupaten Nabire, Rabu lalu (10/09), di Hotel Mahavira Nabire.

Dalam sambutan Gubernur Papua yang dibacakan I Wayan Mintaya, Gubernur  mengatakan, sosialisasi HAM bagi para Kepala Suku, Tokoh LSM, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat di Nabire sudah berjalan dengan baik.

Gubernur juga berharap, dari tahun ke tahun ada langkah maju dalam meningkatkan wawasan dan pemahaman bagi para warga Nabire untuk semakin memahami nilai-nilai HAM sebagai pedoman yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan tugas-tugas sebagai masyarakat maupun pemimpin.

Turut hadir Asisten I Setda Nabire, Drs. I Wayan Mintaya, narasumber dari pusat, Dr. Margaretha Hanita, SH., M.Si., Ir. Agung Santoso, SH, MH, M.Si, para peserta sosialisasi HAM, para kepala suku, tokoh LSM, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan undangan lainnya.

112 Orang Mantan Murid SMP Negeri 3 Nabire Menerima Bantuan Siswa Miskin

Last modified on 2014-09-11 17:21:35 GMT. 0 comments. Top.

Sebanyak 112 orang mantan murid SMP Negeri 3 Nabire, mendapat Bantuan Siswa Miskin (BSM) tahun pelajaran 2013/2014 yang sempat tertunda penyerahannya.

Pihak SMP Negeri 3 Nabire meminta para ex siswa SMP Negeri 3 Nabire yang berhak memperoleh BSM itu untuk mengurus sendiri BSM-nya dengan melengkapi persyaratan dan mengambil uangnnya sendiri di Bank.

Adapun, ke 112 orang mantan murid SMP Negeri 3 Nabire itu mendapat BSM sebesar Rp. 37.500,- per orang anak. Diharapkan dana ini akan ikut meringankan kebutuhan biaya pendidikan di bangku sekolah SMA/SMK.  Dengan demikian orang tua murid pun tidak terlalu merasa adanya beban kebutuhan pendidikan bagi anak-anaknya.

Peringatan HUT RRI Ke 69 Di Nabire

Last modified on 2014-09-11 17:18:54 GMT. 0 comments. Top.

rri

Sebagai Lembaga Penyiaran Publik, Radio Republik Indonesia (RRI) terus meningkatkan kapasitas kualitas penyiarannya, sehingga informasi publik dapat tersampaikan secara baik. Seiring kemajuan zaman, saat ini RRI dan seluruh angkasawan di dalamnya bertekad menegakkan penuh independensinya.

Demikian kata sambutan Direktur Utama LPP RRI Dra Niken Widiastuti MSi yang dibacakan Kepala LPP RRI Nabire A.Randy T.S.M. Wuisang, S. Sos dalam peringatan ke-69 Hari Radio di LPP RRI Nabire jalan Merdeka, Kamis (11/09). Acara ini bertema ‘Peran Strategis LPP RRI Sebagai Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa’.

“Pesan besar dari tema tersebut adalah untuk meneguhkan posisi RRI di dalam bangsa,” tandas Randy Wuisang. Menurutnya, sebagai Lembaga Penyiaran Publik, RRI tidak memihak salah satu partai politik, aliran kepercayaan, keyakinan atau ideologi politik tertentu.

Justru, lanjut kata Randy Wuisang, keberpihakkan RRI adalah kepada kebenaran dan empat konsensus bangsa, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia (NKRI). Apalagi, RRI sebagai bagian perjalanan bangsa, berkembang dan maju bersama NKRI.

Dikatakan Saraswati, melalui tekad Tri Prasetya dan prinsip penyiaran publik, RRI bertekad mewujudkan sebagai radio berjaringan terluas, pembangunan karakter bangsa dan berkelas dunia. Melalui penyiaran ini pula, merekatkan keberagaman dan memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Peringatan ke-69 Hari Radio diisi serangkaian acara, mulai dari upacara bendera, perlombaan intern karyawan, sampai pemberian penghargaan kepada insan yang berjasa kepada RRI.

Peringatan Dies Natalis USWIM Nabire Yang Ke 10

Last modified on 2014-09-11 17:16:33 GMT. 0 comments. Top.

 uswim

Kehadiran Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire ibarat usia anak Sekolah Dasar (SD). Karena UWIM dapat ijin dari Menteri Pendidikan pada tanggal 6 September 2004.  Sehingga pada tanggal 6 September 2014 USWIM Nabire baru berusia 10 tahun yang ditandai dengan Dies Natalis yang pertama kali semenjak hadirnya USWIM.

Namun ketika kita telusuri perjalanan hadirnya lembaga perguruan tinggi di Kabupaten Paniai hingga kini Kabupaten Nabire, tentunya Akademi Administrasi Pembangunan (AAP) semenjak era akhir tahun 80-an yang kemudian berganti nama lagi pada tahun 1998 menjadi Sekolah Tinggi Administrasi (STA) kala itu dijabat oleh (alm) J. B. Surono dan kemudian dijabat lagi oleh Drs. M. Laleb.

Tidak berhenti sampai disitu, pada akhir tahun 2000–an pihak STIA dan yayasan diajak oleh Kopertis untuk berpikir sekolah tinggi yang mempunyai jurusan eksakta. Akhirnya pada tahun 2002 dibuka STIPER dan pada tahun 2003 tim kembali untuk mengurus adanya perguruan tinggi yang harus berskala universitas.  Sehingga perjuangan dan pergumulan tersebut dijawab oleh MenteriPendidikan dan Pengajaran pada tanggal 6 September 2004 menjadi USWIM.

Sehingga semua orang yang mempunyai jasa semenjak AAP hingga USWIM saat ini perlu dikenang oleh semua pihak.  Terutama di kalangan Kampus USWIM Nabire. Karena dari buah pikiran dan perjuangan mereka kini kita telah melanjutkan tongkat estafet di kalangan Papua Tengah dalam menjawab akan kebutuhan SDM yang siap pakai.

“Selaku Rektor USWIM yang baru akan berupaya untuk mengabadikan semua mantan pemimpin semenjak AAP hingga USWIM agar semuanya dapat dikenang,” kata Rektor USWIM Nabire. Drs. Petrus Izaach Suripatty, M.Si kepada Papuapos Nabire, Kamis (11/9) di ruangan kerjanya.

Dirinya selaku rektor ketiga setelah hadirnya USWIM Nabire, bukan orang baru di jajaran USWIM. Namun pada tahun 1996 dirinya sudah datang di Nabire tetapi belum menetap kala itu masih AAP. Karena pada tahun 1998 diangkat menjadi pembantu ketua III bidang kemahasiswaan saat adanya STIA.

Karena selaku orang yang banyak bergerak di bidang gereja dan LSM saat di kampung halaman Maluku, dirinya terus didatangi pihak Kopertis dan meminta dirinya ke Nabire untuk ikut bersama teman–teman dosen untuk memajukan dunia pendidikan di lembaga perguruan tinggi ini.

“Sehingga saya menerima tawaran untuk ke Nabire Papua dengan pesan dari  Kopertis, memang saudara lama berkecimpung di gereja dan LSM di Maluku, dan apa yang kau (P.I. Suripatty, red) buat di sini juga baik, akan tetapi lebih baik anda ke Papua untuk membantu saudara mu yang ada di sana akan lebih baik lagi,” tutur Suripatty.

Untuk itu semenjak hadinya USWIM tahun 2004 hingga pertengahan tahun 2014 dirinya menjabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP 10 tahun) USWIM Nabire dan kini kembali dipercayakan menjabat Rektor USWIM Nabire, kirannya dengan kebersamaan yang harmonis kita akan bangun USWIM sebagai lembaga yang memberikan kontribusi bagi pemerintah dan masyarakat.

(Papuaposnabire)

Peresmian Ruang Kerja Baru Kementerian Agama Nabire

Last modified on 2014-09-11 17:15:59 GMT. 0 comments. Top.

(Kepala Kementerian Agama Provinsi Papua, Jannus Pangaribuan SH MM)

Kepala Kementerian Agama Provinsi Papua, Jannus Pangaribuan SH MM, meresmikan ruang kerja bagi PNS di Kementerian Agama kabupaten Nabire, Selasa (09/09 lalu.

Di awal sambutannya, Kepala Kementerian Agama Nabire, Reki Lumentah S.Pd, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kementerian Agama Papua, atas kedatangannya untuk meresmikan ruang kerja Kementerian Agama Nabire.

Ditambahkan Reki, selama ini PNS Kementerian Agama Nabire berkantor di bangunan lama yang telah dibangun sejak tahun 80-an. Khawatir akan kondisinya, apalagi Nabire merupakan kota gempa, maka pihaknya berani mengajukan proposal kepada Kementerian Agama Papua untuk pembangunan ruang kerja yang baru. Adapun bangunan baru tersebut diisi 6 ruangan kerja dengan 3 pintu.

Kepala Kementerian Agama Papua, Jannus Pangaribuan SH MM memberi apresiasi kepada Reki Lumentah dan jajarannya, dan berharap semoga dengan adanya ruang kerja baru bisa memotivasi para PNS Kementerian Agama Papua untuk lebih semangat melayani masyarakat dan menciptakan good governance.

Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan doa bersama yang dipimpin oleh Pdt.Dominggus Sitoru,Mpd

 

Beli Motor Honda, Bisa Nonton Nowela Di Pantai Gedo, Dan Sejumlah Hadiah Menarik Lainnya

Last modified on 2014-09-11 08:07:29 GMT. 0 comments. Top.

honda

Kabar gembira bagi warga kota Nabire yang ingin membeli sepeda motor mulai tanggal 10 september s/d 4 oktober 2014, karena dengan membeli sepeda motor di CV Sinar Pagi Nabire, akan mendapatkan tiket gratis nonton Nowela Indonesian Idol di Pantai Gedo Nabire.

Selain mendapat tiket nonton gratis Nowela Indonesian Idol, konsumen juga akan mendapatkan door prize 1 unit sepeda motor Honda Beat yang menjadi hadiah utamanya, disamping sejumlah hadiah menarik lainnya seperti kulkas, TV LCD, dan merchandise lainnya.

Hadiah-hadiah tersebut bisa didapatkan konsumen dengan cara membeli sepeda motor Honda di CV Sinar Pagi Nabire baik dengan cara tunai maupun kredit.

Curah Hujan Cukup Tinggi, Jalan Di Wadio Nabire Tergenang Air Rabu Pagi

Last modified on 2014-09-10 16:08:57 GMT. 0 comments. Top.

f

Akibat sering terjadinya hujan beberapa hari ini di kota Nabire, jalan di depan Meubel Jepara Indah hingga SMK Negeri 2 Nabire digenangi genangan air cukup tinggi yaitu sepinggang orang dewasa.

Banjir tersebut terjadi sejak rabu pagi (10/09) yang membuat kemacetan di sepanjang jalan tersebut kurang lebih hampir 1 KM.. Akibatnya kendaraan baik mobil maupun motor yang hendak menuju ke arah Bumi Wonorejo maupun sebaliknya ke SP 3 Distrik Nabire Barat harus menunggu surutnya air.

Genangan tersebut sendiri berasal dari Kalisemen Wadio yang meluap jika musim hujan terjadi dengan intensitas tinggi.

Warga baru bisa melewati jalan tersebut saat air sudah mulai surut pukul 10.oo wit.

Dewan Guru SMP Negeri 3 Nabire Menolak Kepala Sekolah Baru

Last modified on 2014-09-10 16:02:46 GMT. 0 comments. Top.

smpn3

Dalam selebaran surat yang diedarkan oleh tim dewan guru SMP N 3 Nabire yang mengatasnamakan para guru, tata usaha dan orang tua murid alias Komite tertanggal 7 September 2014, secara tegas menyatakan penolakan terhadap kepala sekolah (Kepsek) yang baru dilantik pada tanggal 8 September 2014.

Alasan penolakan itu terkait Kepsek yang baru itu adalah guru SD dan juga memiliki kepangkatan atau Golongan Penata TK I/III/D. Pangkat dan golongan ini sangat rendah, karena dari 28 guru tetap yang ada di SMP N 3 Nabire ada 12 orang guru memiliki pangkat atau golongan IV/A dan lainnya juga sudah golongan atau pangkat III/D.

Dan ditinjau secara aturan administrasi PNS tidak mungkin seorang pegawai yang pangkat rendah akan memberikan penilaian kepada pegawai yang pangkatnya lebih diatas. Selain itu, Dinas Pendidikan perlu ketahui bahwa telah ada banyak calon kepala sekolah tingkat SMP yang sudah memenuhi syarat dan telah mengikuti tes calon kepala sekolah yang nganggur saat ini.

Sehingga tidak pantas seorang guru yang datangnya dari jenjang pendidikan dasar (SD) menjadi kepala sekolah di SMP. Selain itu, perlu dipahami juga bahwa antara Kurikulum SD dan SMP secara silabus, RPP dan juga kisi-kisi sangat berbeda. Sehingga tak pantas seorang guru SD memberikan penilaian dalam DP3 untuk seorang guru SMP.

Para guru SMP N 3 Nabire memyampaikan, jika selebaran mereka tidak ditanggapi pihak dinas, mereka akan tinggalkan atau tutup sekolah. Karena selaku guru SMP sangat malu dipimpin oleh guru yang datangnya dari guru SD yang belum tentu memahami karakter dan perilaku guru–guru SMP.

Dalam surat atau selebaran itu para guru SMP N 3 Nabire juga menuliskan, ”Saudara kembali untuk melaksanakan tugas sebagai guru SD dan tidak usah  melangkahi aturan pendidikan yang sebenarnya. Untuk itu disampaikan saudara tidak usah datang di SMP N 3 Nabire.”

(Papuaposnabire)

Sekda Kabupaten Nabire Membuka Pertemuan Tenaga Harmonisasi Lintas Agama

Last modified on 2014-09-10 15:55:40 GMT. 0 comments. Top.

JP

(Kepala Kanwil Kementerian Agama Papua, Jannus Pangaribuan SH MM)

Sekretaris Daerah kabupaten Nabire, Drs Johny Pasande, resmi membuka pertemuan tenaga harmonisasi lintas agama yang diadakan oleh Kementerian Agama Papua dan Kanwil Kementerian Agama Sub Bidang Hukum & Kerukunan Umat Beragama (KUB).

Janus Pangaribuan SH MM sebagai Kepala Kanwil Kementerian Agama Papua menjelaskan, agama bukan merupakan sesuatu diluar diri dan hidup manusia, tapi sesuatu yang berada dalam diri manusia. Selain itu, agama merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan, keyakinan terhadap Tuhan, dengan beragam tata cara dan norma yang mengikat para pengikutnya. Masalah keTuhanan merupakan dasar yang paling penting dalam agama.

Oleh karena itu, tutur Janus, agama bagi manusia menunjukkan bahwa manusia tidak dapat melepaskan diri dari agama, karena agama merupakan kebutuhan hidupnya. Sehingga bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, adat istiadat, agama dan berbagai aliran kepercayaan termasuk juga kita di Tanah Papua, patut bersyukur kepada Tuhan bahwa sekalipun beraneka warna kita masih bisa hidup dan bekerja dalam realitas suku, ras, agama,dan juga aliran kepercayaan yang berbeda itu.

Oleh karena itu usaha untuk memelihara kerukunan bangsa dan kehidupan beragama yang beraneka warna ini perlu ditingkatkan dan mendapat perhatiaan dan dorongan terus-menerus dari berbagai kalangan masyarakat dan pimpinan agama.

Kegiatan pertemuan tenaga harmonisasi lintas agama  ini, diikuti oleh 40 orang peserta dari semua agama dan berlangsung selama 2 hari.

Dalam pembukaan tadi, selain dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Papua, juga dihadiri Kepala Kementerian agama kabupaten Nabire, Reki Lumentah S.Pd, dan Kepala Kesbangpol Nabire, Ibu Lani Susetya Prihandini.

 

Bupati Nabire Melantik Drs Johny Pasande Sebagai Sekda Definitif Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-09-10 11:28:04 GMT. 0 comments. Top.

Bertempat di ruang rapat sekda kabupaten Nabire, Bupati Nabire Isaias Douw S.Sos, melantik Drs Johny Pasande, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif kabupaten Nabire, rabu pagi (10/09).

Dalam kata sambutannya, Bupati Nabire mengatakan, tugas Sekda sangat kompleks, diantaranya membantu Bupati dalam merumuskan berbagai kebijakan daerah, pembinaan administrasi dan aparatur pembinaan daerah, serta tugas lainnya yang dilakukan Bupati.

Ditambahkan Bupati, setelah acara pelantikan, diharapkan Sekda langsung melakukan konsolidasi internal, dalam ragka peningkatan kinerja pnyelengaraan pemerintah dan melanjutkan visi dan misi  kabupaten nabire

Usai pelantikan, dilakukan penandatangan berita acara dan pakta integritas.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214