INFO NABIRE

Kegiatan Pelatihan Lanjutan Pemantapan Per Region Bagi Para Pendamping Distrik Di Nabire

Last modified on 2014-10-03 15:11:58 GMT. 0 comments. Top.

1

Kegiatan Pelatihan Lanjutan Pemantapan per Region bagi para pendamping Distrik Teknik alumni kader tehnik pertama kedua dan ketiga region 8 Nabire yang diselenggarakan selama 4 hari di kabupaten Nabire, ditutup dengan pembuatan dan pengisian laporan kemajuan pekerjaan oleh para peserta, jumat (03/10).

Kegiatan Pelatihan Lanjutan Pemantapan per Region bagi para pendamping Distrik Teknik alumni kader tehnik pertama kedua dan ketiga region 8 Nabire meliputi kabupaten Nabire, Paniai, Intan jaya , Deiyai dan dogiyai, telah diselenggarakan selama 4 hari dipusatkan di hotel Mahavira II Nabire. Kegiatan tersebut ditutup dengan pembuatan dan pengisian laporan kemajuan pekerjaan oleh para peserta.

Kegiatan yang disponsori oleh bank dunia dan dilaksanakan oleh Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih Papua merupakan pelatihan lanjutan dalam rangka pelaksanaan PNPM Mandiri di Papua yang difokuskan untuk mengatasi kekosongan pendamping Distrik Teknik di region 8 Nabire.

Adapun materi yang disajikan selama 4 hari pada kegiatan ini antara lain, materi Sosialisasi PROSPEK, materi survey pengukuran jembatan, kedalaman rumus bangunan, pembuatan RAB, pembuatan dan pengisian laporan kemajuan pekerjaan.

Data Terkini Jumlah Penderita HIV/Aids Di Nabire Berjumlah 4161 Orang

Last modified on 2014-10-03 15:11:21 GMT. 0 comments. Top.

Data terkini jumlah penderita HIV/Aids yang diperoleh dari Dinas Kesehatan kabupaten Nabire dari bulan januari sampai september 2014 berjumlah 4161 orang.

Bertambahnya temuan kasus HIV/Aids di kabupaten Nabire menurut pengelola program HIV/Aids pada Dinas Kesehatan kabupaten Nabire, Alfred Lambei, disebabkan masyarakat Nabire dan sekitarnya mulai sadar dan memeriksakan dirinya dilayanan kesehatan dasar. Dijelaskan Alfred Lambei, sebanyak 30 puskesmas dan satu rumah sakit di kabupaten Nabire dan LSM serta klinik banyak memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya dari efek HIV/Aids sehingga masyarakat semakin memahami dan datang secara sukarela memeriksakan kesehatannya.

Data terkini hiv aids di kabupaten Nabire secara komulatif dari bulan januari sampai september 2014 penderita HIV sebanyak 1890 dan Aids 2221, totalnya sebanyak 4161 orang . Jumlah itu diperoleh dari hasil pemeriksaan terhadap 24.234 orang.

Sementara jumlah penduduk yang diperiksa sajak bulan januari sampai september 2014 berjumlah 10.728 orang dari jumlah ini terdapat penderita HIV sebanyak 349 orang dan Aids 443 orang sehingga totalnya menjadi 792 orang.

Untuk mendapatkan penderita ataupun calon penderita HIV/Aids yang baru, Dinas Kesehatan kabupaten Nabire menghimbau agar masyarakat datang dengan sukarela memeriksakan diri pada layanan kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit untuk mengetahui kesehatannya agar mendapatkan obat gratis.

(RRI Nabire/Alexander Saudilla)

 

 

 

 

Penyerahan Dana Hewan Kurban Oleh Bupati Nabire

Last modified on 2014-10-02 05:50:02 GMT. 0 comments. Top.

 (Dok.Nabirekab)

Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw menyerahkan bantuan dana sapi kurban sebesar 15 juta kepada umat islam di Kabupaten Nabire melalui masing-masing Pengurus Kesejahteraan Masjid (PKM), rabu (01/10). Dana tersebut untuk mendukung penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1435 H yang jatuh pada 4 Oktober 2014 mendatang.

Di hadapan wakil dari semua PK Masjid yang ada di Kabupaten Nabire, Isaias mengatakan, bantuan tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan menghimbau kepada semua pengurus masjid dan semua komponen umat beragama, saling hormat menghormati dan menjauhkan dari perbedaan-perbedaan yang selama ini terjadi bahkan ditiadakan.

Bupati juga menghimbau kepada PKM-PKM yang belum menerima bantuan ini, supaya melaporkan masjidnya kepada tim lapangan (pengurus bantuan dana sapi kurban), agar tidak terjadi kecemburuan diantara umat muslim yang ada di wilayah pemerintahan Kabupaten Nabire.

Sementara itu ketua Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Nabire La Halim, S.Sos menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi bapak bupati nabire yang telah memberikan bantuan dana sapi kurban untuk idhul Adha 1435 H/2014 kepada seluruh PKM yang ada di Kabupaten Nabire.

Pelantikan Pengurus Baru Gereja Baptis Gereja Pentakosta (GBGP) Sion Siriwini Nabire

Last modified on 2014-10-01 15:08:32 GMT. 0 comments. Top.

1

(Dok.Nabirekab)

Bertempat di jemaat Gereja Baptis Gereja Pentakosta (GBGP) Sion Siriwini, dilaksanakan acara pelantikan pengurus klasis GBGP Kabupaten Nabire di tanah papua periode 2014-2018, selasa (30/09).

Pada acara tersebut dilakukan pemilihan dan pelantikan pengurus baru Klasis GBGP Nabire periode 2014-2018, di mana terpilih sebagai Ketua Pdt. Semuel.W.Wanggai, Wakil ketua Pdt. Carles Waromi, Sekertaris Pdm. Alex Songgonauw, Wakil Sekertaris Pdm. Nixson Wona, Bendahara Aplena Karubaba. serta para pengurus lainnya. Sebelum dilantik pengurus baru di ambil sumpah dan janjinya di depan Jemaat, Pemerintah dan terutama di depan Tuhan.

Pengurus yang baru diteguhkan dan dilantik oleh Ketua Sinode GBGP, Pdt Semuel.K.Waromi,SH.MH, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara yang ditandatangani oleh pengurus yang baru dan juga para saksi. Hadir pada kesempatan ini Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Ir. Sukadi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire Reki Lumetan,S.Pd.K, perwakilan Polres Nabire, ketua sinode GBGP Pdt.Semuel.K.Waromi,SH.MH, dan seluruh jemaat GBGP Klasis Nabire serta para undangan.

Dalam sambutan Bupati yang di bacakan oleh Asisten Bidang Administrasi Pembangunan, beliau memenyampaikan bahwa menjadi pengurus Klasis bukanlah hal yang mudah, akan tetapi memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berat baik terhadap diri sendiri, jemaat maupun kepada Allah. Selain itu pengurus klasis merupakan manifestasi dari Tri panggilan gereja yakni bersekutu, bersaksi dan melayani, sebab kita di panggil untuk terus memenuhi Tri panggilan gereja dan membina jemaat sesuai amanat agung Yesus Kristus sebagai kepala gereja.

Panggilan gereja yang di maksudkan disini bukanlah gereja dalam arti fisik tempat beribadah dan memuliakan nama Allah, akan tetapi merupakan orang-orang pilihan yang di panggil untuk hidup dalam kebersamaan dalam persekutuan jemaat. Selain itu keberadaan gereja melalui fungsi sosialnya, telah berupaya mengentaskan masyarakat papua khususnya Kabupaten Nabire dari berbagai keterbelakangan dan kemiskinan. Beliau juga mengharapkan peran gereja dan missioner semakin bertumbuh demi terwujudnya insan kristiani khususnya Jemaat Gereja Bethel Gereja Pentakosta yang berkualitas, bertumbuh didalam iman berlandaskan kasih pada sesama sebagai motor penggerak pembangunan daerah.

Diakhir sambutannya Bupati mengucapkan selamat bertugas memberikan pelayanan dengan sepenuh hati, mendahulukan kepentingan jemaat dari pada kepentingan sendiri atau kelompok dan dengan pikiran yang jernih dan jujur di bawah bimbingan Roh Kudus pengurus yang dilantik akan dapat bekerja menghasilkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang. Sebelum mengakhiri sambutannya, melalui motto”membara kasih Kediri masyarakat” dan dilandasi ajaran Kasih Kristus beliau mengajak kepada jemaat GBGP sekalian untuk bertumbuh didalam iman dan hidup menurut firman Tuhan, demi terwujudnya tujuan pembangunan daerah yang kita dambakan bersama yaitu terwujudnya masyarakat Nabire yang berkeadilan, sejahtera, makmur dan mandiri.

Acara pelantikan ini diakhiri dengan Foto bersama dan perjamuan kasih seluruh undangan dan jemaat.

(Nabirekab)

KPU Nabire Gelar Pertemuan Bahas Persiapan Menuju Pilkada Bupati/Wakil Bupati Nabire Tahun 2015

Last modified on 2014-10-01 05:07:00 GMT. 0 comments. Top.

Dengan semakin dekatnya Pilkada Bupati & Wakil Bupati Nabire, maka Komisi Pemilihan Umum kabupaten Nabire, menggelar pertemuan dengan tujuan untuk mempresentasikan sejumlah tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Bupati & Wakil Bupati Nabire tahun 2015.

Acara yang digelar di Fioz Cafe selasa kemarin (30/09), mendapat banyak masukan dari berbagai pihak yang tujuannya untuk memantapkan proses menuju Pilkada.

Menurut Ketua KPU Nabire, Petrus Rumere, apa yang dilakukan KPU adalah dalam rangka persiapan menuju pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire, disamping berkoordinasi dengan KPU provinsi, KPU pusat maupun Depdagri RI. Sambil juga menunggu proses judicial review UU Pilkada yang baru.

Pertemuan yang digelar KPU juga turut dihadiri Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, unsur Muspida dan sejumlah tamu undangan lainnya. Sejumlah pihak turut serta memberikan masukan kepada KPU agar terselenggara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Nabire dengan sukses.

Jadwal Pelayaran Kapal Penumpang Pelni Dari Pelabuhan Nabire Bulan Oktober 2014

Last modified on 2014-09-30 16:03:04 GMT. 0 comments. Top.

1

Bagi anda yang sedang membutuhkan informasi jadwal kapal penumpang Pelni, berikut ini, jadwal pelayaran kapal penumpang Pelni yang melayani pelabuhan laut Nabire, untuk bulan Oktober 2014.

KM Nggapulu akan tiba di pelabuhan Nabire pada tanggal 3 Oktober 2014 berasal dari pelabuhan Serui, dan selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Manokwari dengan tujuan akhir pelabuhan Makassar. Untuk bulan oktober, KM Nggapulu tidak melayani rute pelabuhan Toli-Toli.

Kemudian KM Labobar akan tiba di pelabuhan Nabire dari pelabuhan Wasior pada tanggal 07 oktober 2014, dan selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Serui hingga pelabuhan terakhir di Jayapura.

Sedangkan KM Lambelu akan tiba di pelabuhan Nabire dari pelabuhan Wasior pada tanggal 09 oktober 2014, dan selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Biak hingga pelabuhan terakhir di Jayapura.

Berikut jadwal Kapal penumpang PT Pelni yang melayani pelabuhan Nabire selama bulan Oktober 2014 (Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah) :

1 2

* Waktu Berangkat dan Tiba Berdasarkan Zona Waktu Lokal

Rapat Panitia Kegiatan Pengembangan Daerah Pariwisata Di Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-09-30 15:36:21 GMT. 0 comments. Top.

(Drs Blasius Nuhuyanan)

Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire, akan mengembangkan daerah tujuan wisata di daerah ini sebagai upaya pengembangan pendapatan asli daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire, Drs Blasius Nuhuyanan, saat memimpin rapat Panitia kegiatan pengembangan daerah pariwisata di kabupaten Nabire, selasa pagi (30/09), di Aula Rapat Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire.

Dikatakan, kegiatan rapat ini bertujuan untuk mendapatkan data-data akurat tentang obyek wisata dan daya tarik wisata di Nabire untuk mendapatkan rencana induk pariwisata kabupaten Nabire.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Obyek Wisata Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire sebagai pejabat pembuat komitmen, Steven Simbiak S.Sos, ditemani Ketua Panitia Tim Survey, Septinus Baransano S.Pd, mengatakan, untuk kegiatan survey ini akan melibatkan 3 orang Dosen dari Universitas gajah Mada Yogyakarta

 

 

 

Kunjungan 7 Orang Siswa/i SMK Negeri 2 Nabire Ke RRI Nabire

Last modified on 2014-09-30 15:20:18 GMT. 0 comments. Top.

1

Siswa-Siswi SMK Negeri 2 Nabire Jurusan Elektronika Program keahlian Teknik Audio Video, melakukan kunjungan ke LPP RRI Nabire, selasa pagi, (30/09).

Tujuan dari kunjungan 7 siswa siswi SMK Negeri 3 Nabire ini adalah untuk mengenal proses perekaman suara, dan cara mengoperasikan peralatan yang ada di Studio RRI Nabire.

Menurut Wakasek Kurikulum SMK Negeri 2 Nabire, Wiwit Adi Praskowo ST. Wiwit Adi menjelaskan, kegiatan ini juga untuk mendukung proses belajar mengajar siswa/i SMK Negeri 2 Nabire Jurusan Elektronika Program keahlian Teknik Audio Video.

Sesuai dengan kurikulum SMK negeri 2 Nabire Jurusan Elektronika Program keahlian Teknik Audio Video, para siswa/i Jurusan Elektronika Program keahlian Teknik Audio Video telah dipersiapkan selama 2 minggu sebelum diterjunkan ke lapangan.

Wakasek Kurikulum SMK Negeri 2 Nabire, Wiwit Adi Praskowo ST, memberi apresiasi kepada Pimpinan LPP RRI Nabire yang telah memberikan tempat bagi siswa/i nya untuk mengetahui dan mempelajari proses perekaman suara, dan cara mengoperasikan peralatan yang ada di Studio RRI Nabire.

Wiwit juga berharap, ke 7 siswa/i nya bisa sungguh-sungguh belajar dan mengikuti setiap arahan dan bimbingan dari teknisi dan staf LPP RRI Nabire.

(RRI Nabire/Robi Vanindi)

Jumlah Perkara Di Pengadilan Negeri Nabire Periode Agustus 2014 Sebanyak 171 Perkara

Last modified on 2014-09-30 15:05:13 GMT. 0 comments. Top.

Jumlah perkara yang masuk di kantor Pengadilan Negeri Nabire dalam bulan Agustus 2014 sebanyak 171 perkara, termasuk sisa perkara di bulan sebelumnya yang berjumlah 9 buah perkara.

Dari 154 perkara tersebut, masing-masing perkara pidana biasa sebanyak 11, perdata gugatan 6 perkara, perdata permohonan 7 perkara, perkara perdata gugat sebanyak 2 perkara, dan pidana cepat atau lalu lintas sebanyak 147 perkara.

Menurut Panitera Sekretaris kantor Pengadilan Negeri Nabire, Mesak Renyaan, menjelaskan, dari 171 perkara 156 perkara sudah diputuskan, sedangka 15 perkara lainnya masih dalam proses.

Dari 15 perkara yang belum diputuskan atau masih dalam proses tersebut terdiri dari perkara pidana biasa 7 buah, perdata gugatan 8 buah, dan permohonan 2.

Menurut Mesak Renyaan, perkara yang belum diputuskan tersebut dikarenakan berkas perkara belum lengkap, dan juga para saksi tidak hadir pada saat persidangan.

Pelantikan Pejabat PPAT & PPATS Kabupaten Nabire

Last modified on 2014-09-30 14:59:00 GMT. 0 comments. Top.

2

Sebanyak 2 orang pembuat Akta Tanah (PPAT), dan 3 orang pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS), selasa pagi (30/09) dilantik oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional kabupaten Nabire, Hizkia Kaiba, dipusatkan di Aula Kantor Badan Pertanahan Nasional Nabire.

Kedua pejabat PPAT tersebut dilantik berdasarkan surat keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional RI No 156/KEP-17.3/VII/2014 tanggal 8 Juli 2014, sedangkan ke 3 pejabat PPATS dilantik berdasarkan surat keputusan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Papua No 66-67/KEP-91/IX/2014.

Kepala Badan Pertanahan Nasional kabupaten Nabire, Hizkia Kaiba, menjelaskan, dalam peraturan pemerintah RI no 37 tahun 1994 telah dijelaskan secara konkrit, perbuatan-perbuatan hukum yang dapat dilaksanakan oleh PPAT dan PPATS, juga mengenai hak dan kewajiban yang diemban, serta sanksi-sanksi yang dapat diterima jika keluar dari peraturan dan rambu yang telah digariskan.

Kedua pejabat PPAT yang dilantik tersebut atas nama Saharuddin SH M.Kn dan Ronald Amahorseya SH M.Kn. Sedangkan ke 3 orang PPATS yaitu Kepala Distrik Wanggar, Suwardi,, Kepala Distrik Makimi Xaverius Tebay SSTP, dan Kepala Distrik Teluk Kimi Samuel Rumayauw.

(RRI Nabire/Jeffry Panjaitan)

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229