INFO NABIRE

Bupati Isaias Douw : Selamat Hari Natal 2014 & Selamat Menyongsong Tahun Baru 2015 Untuk Umat Nasrani Di Nabire

Last modified on 2014-12-25 15:05:15 GMT. 0 comments. Top.

ID

“Sebagai umat ciptaanNYA, kita harus menyadari dan memahami sepenuhnya, arti dan makna yang terkandung dalam perayaan Natal, dimana Natal selalu menganjurkan kepada kita suatu kehidupan yang penuh dengan sukacita dan kedamaian.”

Demikian sekilas kata sambutan oleh Bupati Nabire, Isaias Douw S.Sos, dalam pidatonya guna menyambut perayaan Natal bagi umat Kristiani yang berada di kota Nabire.

Dikatakan Bupati, saat ini kita telah berada di penghujung tahun 2014, dan sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2015. Selama 2014, banyak sekali kendala, tantangan dan hambatan yang kita alami, hendaknya hal tersebut kita jadikan bahan evaluasi dan motivasi untuk memasuki tahun 2015.

Menurut Bupati, evaluasi perlu selalu kita lakukan agar kita selalu mawas diri dalam melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab kita. Untuk mewujudkan masyarakat Nabire yang berkeadilan, sejahtera, makmur dan mandiri, maka perlu kita sadari bahwa masyarakat Nabire adalah masyarakat yang majemuk dan terdiri dri berbagai macam suku, ras, dan agama.

Di akhir pidatonya, Bupati Nabire mengucapkan selamat merayakan Hari Natal 25 desember 2014 bagi umat Kristiani yang berada di sekitarnya, dan selamat menyongsong datangnya Tahun Baru 2015.

 

Petasan & Kembang Api Di Nabire, Meramaikan Sekaligus Menganggu

Last modified on 2014-12-25 15:04:02 GMT. 0 comments. Top.

123

Perayaan Natal setiap tahun di kota Nabire biasanya dilewati dengan berjubelnya petasan dan kembang api yang sudah dimulai sejak awal desember hingga lepas pergantian tahun.

Kemeriahan ini tentunya berdampak positif namun juga ada ekses negatifnya. Di satu sisi, hal ini tentunya membawa keuntungan bagi para penjual petasan yang bisa meraup keuntungan berlipat-lipat dari penjualan petasan dan kembang api ini. Disamping itu dengan adanya kemeriahan kembang api dan petasan, kota Nabire nampak lebih ramai dibanding hari-hari normal biasanya.

Puncaknya akan terasa pada saat akan dilakukan pergantian tahun atau malam kunci tahun. Kemeriahan pesta kembang api dan petasan akan dirayakan hampir di berbagai titik di Nabire. Menurut warga Nabire, acara seperti ini hanya dirayakan setahun sekali, jadi buat mereka hal ini tidak menjadi masalah.

Namun disisi lain hal ini juga berdampak negatif bagi sebagian masyarakat di kota Nabire. Selain menganggu ketenangan jauh-jauh hari sebelum Natal dan tahun baru, juga menganggu kegiatan-kegiatan lainnya yang seharusnya tidak boleh diganggu dengan bunyi petasan dan kembang api namun menjadi terganggu akibat hal ini.

Kepolisian Resort Nabire melalui pesan-pesan kamtimbasnya, salah satunya menghimbau kepada warga masyarakat kota Nabire untuk tidak membunyikan petasan, meriam bambu, kaleng, dan pipa, apalagi saat ibadah Natal & Kunci Tahun berlangsung. Hal ini senantiasa untuk menjaga toleransi atar umat beragama dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menggangu situasi dan keamanan di kota Nabire.

Ibadah Natal Malam Kudus Di Nabire Berjalan Dengan Aman & Lancar

Last modified on 2014-12-24 18:48:59 GMT. 0 comments. Top.

2

Ibadah Natal malam kudus di kota Nabire berjalan lancar dan aman. Dari hasil pantauan, ibadah malam kudus sangat banyak dihadiri oleh warga-warga jemaat yang ada di kota Nabire.

Seperti ibadah malam kudus yang diadakan di gereja GKI Maranatha malompo Nabire, dimulai tepat pukul 19.00 wit hingga selesai pukul 20.15 wit.

Selain di GKI Maranatha, ibadah malam kudus juga dilangsungkan dengan penuh khidmat pada rabu malam (24/12) di beberapa Gereja seperti GKI Tabernakel Oyehe, GKI Immanuel Kotalama, Gereja Katolik Siriwini Nabire, Gereja Katolik Bukit Meriam, Gereja GKI Solafide KPR Nabarua dan gereja-gereja lainnya yang ada di kota Nabire.

Sementara itu pihak Polres Nabire mengapresiasi lancarnya perayaan Ibadah Malam Kudus oleh umat Kristiani di kota Nabire. Menurut Kapolres Nabire,AKBP. H.R. Situmeang, S.Ik., MH dalam pesan pean kambtibmasnya, pihaknya telah mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga lancarnya perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Selain itu pihaknya menghimbau agar hingga Tahun Baru nanti, warga Nabire diharapkan tidak membunyikan petasan, meriam bambu, tidak menjual minuman keras untuk para pedagang baik minuman berlabel maupun minuman lokal, tertib berlalu lintas, dan senantiasa menjaga suasana tetap aman, nyaman dan kondusif.

Kondisi Gedung Karel Gobay Cukup Memprihatinkan

Last modified on 2014-12-24 18:48:22 GMT. 0 comments. Top.

 123

Kondisi gedung serba guna Karel Gobay yang terletak di depan bandara Nabire sangat memprihatinkan. Kini kondisi gedung itu dalam keadaan sangat rusak parah.

Jhoni Iyai, salah satu warga Nabire yang tinggal di Karang mengatakan, dulunya selain digunakan sebagai aula untuk menggelar berbagai kegiatan pemerintahan maupun swasta, ada juga beberapa fasilitas seperti warnet, tempat main bilyard, studio musik bahkan ada juga toko benda-benda budaya.

“Itu waktu Ap Youw menjadi bupati gedung serba guna karel gobay kondisinya bagus dan terrawat. Tetapi, begitu Isaias Douw (Bupati sekarang – red) jadi bupati, tidak ada perhatian sama skali dari pemerintah daerah. Ini sangat memprihatinkan,” katanya, (22/12) siang.

Menurut Iyai, selama lima tahun Isaias menjabat sebagai bupati, tidak ada wajah pembangunan yang signifikan. “Malah dulu Ap Youw jadi bupati, pembangunan sangat nampak,” terangnya.

Kata Jhoni, kalau pemerintah merawat dan menjaga gedung serba guna Karel Gobay dengan baik, bisa mendatangkan PAD yang besar. Dan hasilnya bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kota Nabire.

Sementara itu, Maklon yang juiga warga Nabire mengatakan, memang tidak ada pembangunan yang baik. Ia tidak tahu pemerintah daerah membangun apa selama ini.

“Yang ada juga hanya bikin pantai Nabire, pantai Gedo. Itu pun buat nama pantainya. Selain itu, tidak ada pembangunan yang nampak, sangat disayangkan,” katanya.

Hal yang sama disampaikan oleh mama Johana Marey, saat dijumpai di pasar Oyehe Nabire. Katanya, pemerintahan Nabire kali ini hanya mengurus kepentingannya saja, dan tidak memperhatiakan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Kami ini hidup dari hasil jualan pinang. Kami tidak tahu pemerintah bikin apa. Kami punya anak-anak juga tidak pernah diberikan biaya pendidikan oleh Pemerintah Kabupaten Nabire,” tuturnya.

Kondisi bangunan gedung serba guna, memang gedunganya sudah tidak terawat dan rusak parah. Jendela-jendela tidak ada, pintu-intu sudah rusak parah. Selain itu, loteng gedung ini sudah lapuk. Atap seng sudah mulai terlepas-lepas. Sementar itu kondisi di dalam gedung itu sendiri, sudah penuh dengan sampah dan botol-botol minuman keras.

(JB)

Kapolres Nabire Lepaskan 10 Tahanan KNPB Sebagai Hadiah Natal

Last modified on 2014-12-24 18:46:58 GMT. 0 comments. Top.

1

Setelah 35 hari di tahan di Rutan Polres Nabire, 10 anggota KNPB itu akhirnya dibebaskan, Selasa, 23 Desember 2014, Pukul 11.00 waktu setempat. 

Kepala Polres Nabire Ajun Komisaris Besar H.R Situmeang mengatakan, 10 anggota KNPB ini dibebaskan sebagai hadiah Natal 2014. Selain itu, kata dia, ada desakan dari masyarakat dan kepala suku untuk membebaskan.

“Kapolres katakan, dia bebaskan kami sebagai hadiah Natal dan karena ada desakan dari kepala suku,” kata Ketua KNPB Nabire, Sadrak Kudiai, dalam Jumpa Pers yang digelar, Selasa, (23/12/14) kemarin.

Sadrak Kudiai membantah pernyataan Kepolres tersebut.

“Bukan hadiah Natal atau pun bukan karena desakan. Kami dibebaskan karena memang Polisi tidak ada bukti untuk tahan kami. Kami tidak melakukan anarkis. Saat itu, kami hanya merayakan HUT KNPB. Kami ditahan tidak sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia,” kata dia.

Kunjungan Kerja Tahap Kedua Bupati Nabire Ke Distrik Nabire

Last modified on 2014-12-22 16:00:01 GMT. 0 comments. Top.

Bupati Nabire, Isaias Douw, kembali melanjutkan kunjungan kerja tahap kedua yang kali ini dilakukan di Distrik Nabire, senin (22/12), di Guest House Nabire.

Dalam kunjungan ini, Bupati menyerahkan bantuan diantaranya dana operasional untuk warga membangun (DOUW) dari Otsus tahun 2014, dana Bangdes, dana ekonomi produktif dan kreatif, serta sejumlah bantuan lainnya.

Kampung yang mendapat dana DOUW dari Bupati melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung yaitu kampung Sanoba yang mendapatkan 100 juta, kampung Kali Harapan 100 juta, dan kampung Sanoba Atas 75 juta.

Untuk bantuan dana Bangdes yang bersumber dari tahun 2014 diberikan kepada kampung Sanoba, Kali Harapan, Sanoba Atas, Siriwini, Nabarua, Kalibobo, Karang Tumaritis, Girimulyo, dan Bumi Wonorejo, dengan total semuanya 90 juta.

Untuk bantuan dana ekonomi produktif kepada ibu-ibu asli Papua dengan total dana 480 juta, dengan rincian, penjual pinang 3 juta per orang, penjual kue 2 juta per orang, penjual ikan 5 juta per kelompok, pengrajin minyak kelapa asli per kelompok 5 juta, meubel, rotan, dan salon 30 juta.

Pada kesempatan yang sama, Bupati menyerahkan bantuan dana kepada masing-masing gereja 5 juta, untuk panitia natal dan insentif untuk pelayan dan pastor masing-masing 2 juta per orang, bantuan rumah ibadah kepada 10 gereja yang sedang membangun sebesar 20 juta, dan penyerahan honor Kepala Suku & FKDM Nabire dari Badan Kesbangpol & linmas Nabire. Selain itu mewakili Dinas Koperindag, Bupati juga menyerahkan bantuan meja jualan pinang kepada para penjual pinang di Nabire.

Bupati berharap kepada para Kepala Kampung agar dalam pemanfaatan dana tersebut bisa dilakukan musyawarah bersama diantara aparat dan pemerintah kampung ntuk membuat perincian rencana kerja serta laporan penggunaannya.

Hadir dalam kunjungan kali ini, Kepala BPMK Nabire Menase Yoteni SH M.Si, dan Kepala Distrik Nabire SSTP.

(RRI/AL.S)

 

 

 

 

Bupati Nabire Himbau Warga Nabire Jaga Kamtibmas Jelang Natal & Tahun Baru 2015

Last modified on 2014-12-22 16:05:07 GMT. 0 comments. Top.

Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Nabire untuk menjaga situasi dan kondisi serta Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) daerah selama bulan Desember ini hingga awal tahun 2015 mendatang. Harapan Bupati Isaias ini sekaligus sebagai ucapan terima kasihnya selama ini. Hal tersebut disampaikan Bupati Isaias Douw disela-sela kegiatan kunjungan kerja di Distrik Nabire, senin pagi (22/12).

“Bulan Desember 2015 ini merupakan tahun keempat saya bersama masyarakat Nabire dan memasuki tahun kelima kepemimpinan saya, selaku kepala daerah saya berharap masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru ini dengan aman dan damai,” terang bupati belum lama ini.

Lebih lanjut dirinya meminta kepada seluruh umat kristiani di daerah ini dapat memaknaikan bulan suci Desember ini. Sambil menantikan lahirnya sang juru selamat Yesus Kristus (Natal) dengan penuh damai dan suka cita.

Tak lupa, bupati juga berharap dukungan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di Nabire dimasa terakhir dirinya memimpin kabupaten yang dikenal dengan kota emas ini.

“Mari kita jaga sama-sama daerah ini dengan baik, bila keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terjaga tentunya kegiatan pembangunan juga dapat terlaksana dengan baik. Mari kita bergadengan tangan membangun daerah ini apalagi saat ini memasuki bulan Desember yang merupakan bulan suci bagi kita umat kristiani,” tambahnya.

Kata bupati lagi, masyarakat juga jangan terprovokasi atau bahkan melakukan kegiatan memprovokasi masyarakat dan situasi keamanan daerag yang ada selama ini kita sudah menjaganya dengan baik. “Bulan ini adalah bulan suci bagi umat Nasrani, kita harus jaga dan pelihara dengan baik. Keamanan dan hal-hal lainnya juga sama-sama kita jaga bersama,” pungkas Bupati.

Peringatan Hari Ibu Yang Ke 86 Di Nabire

Last modified on 2014-12-22 15:59:23 GMT. 0 comments. Top.

1

Upacara peringatan Hari Ibu yang ke 86, tanggal 22 desember 2014, yang diadakan di Aula Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & KB jalan Merdeka Nabire.

Dalam sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S. Yembise yang dibacakan oleh Bupati Isaias Douw S.Sos, dikatakan, dengan adanya peringatan hari ibu ini, kata dia, terbukti adanya, perhatian, pengakuan terhadap eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan.

“Peringatan Hari Ibu ini juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan,” katanya.

Lebih lanjut disebutkan bahwa telah banyak dibuktikan apabila perempuan diberi peluang dan kesempatan, mereka mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri, perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara mapu menjadi motor penggerak dan motor perubahan.

Terkait dengan tema yang diusung dalam peringatan Hari Ibu ke-86 ini diharapkan akan mampu untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di setiap aspek pembangunan.

Sementara itu Ketua Panitia, Yuliana Nauw, dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakan hari ibu ke 86 tahun 2014 ini adalah untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat untuk mewujudkan dan menyegarkan kembali akan pentingnya arti seorang ibu.

Bupati Nabire dalam peringatan Hari ibu ke 86 ini juga menyerahkan bantuan dana kepada organisasi perempuan dan 40 orang ibu-ibu yang bergerak di bidang mental dan spiritual.

Nabire & Merauke Dipersiapkan Jadi Lumbung Padi Bagi Papua

Last modified on 2014-12-22 15:58:45 GMT. 0 comments. Top.

beras

Bulog Divre Papua dan Papua Barat menyiapkan dua kabupaten di Papua yakni Kabupaten Merauke dan Nabire untuk dijadikan lumbung padi. Kabupaten Merauke diharapkan dapat memenuhi kebutuhan wilayah selatan Papua, sementara Kabupaten Nabire diharapkan dapat memenuhi kebutuhan di wilayah bagian utara Papua.

Kepala Bulog setempat, Arif Mandu mengatakan, Kabupaten Nabire akan terus didorong untuk menghasilkan beras berkualitas bagi daerah disekitarnya. Sampai saat ini Nabire masih minim akan penghasilan berasnya yakni 500 ton per tahunnya.

“Tetapi Nabire cukup potensial dijadikan lumbung padi ke depan. Irigasi dan tanahnya cukup baik untuk petani beras. Tetapi bagaimanapun, Papua dan Papua Barat masih memerlukan beras dari luar Papua, sebab masyarakat Papua membutuhan 150 ribu ton per tahunnya,”ujarnya.

Bulog Divre Papua dan Papua Barat juga menjamin ketersediaan stok beras akan bertahan hingga 2 bulan kedepan atau sekitar 25 ribu ton yang tersebar di 7 gudang Bulog yakni gudang Jayapura, Wamena, Biak Numfor, Serui, Nabire, Timika dan Merauke.

“Kami harap masyarakat tidak takut dan khawatir tentang ketersediaan stok beras di Papua dan Papua Barat. Apalagi menjelang Natal dan tahun baru, ketersediaan kami akan tercukupi,” pungkasnya.

Kunjungan Kerja Tahap Pertama Bupati Nabire Ke Wilayah Timur Nabire

Last modified on 2014-12-22 15:58:29 GMT. 0 comments. Top.

isaias

Bupati Nabire Isais Douw.So,S mengadakan kegiatan kunjungan kerja tahap pertama ke 2 distrik wilayah timur Nabire, yaitu distrik Yaur & Distrik Teluk Umar yang bertempat di kampung sima distrik yaur, (Kamis,18/12/2014). 

Dalam agendanya, Bupati memberikan bantuan/sumbangan hari natal kepada sejumlah gereja-gereja di dua distrik tersebut yaitu; kampung wami jaya,sima,kwatisore dan yaur distrik yaur. Sedangkan Distrik Teluk Umar; Kampung napan yaur,bawei,goni dan yeretuar distrik teluk umar.

Bupati Isais Douw memberikan bentuan sebesar lima juta (5.000.000) kepada tiap-tiap gereja yang berada di distrik yaur dan distrik teluk umar. Dan juga bantuan-bantuan lainya kepada sejumlah aparat di masing-masing distrik/kampung sebagai ucapan terimakasih kepada kerja-kerja aparat kampung di dua distrik dalam menunjang pekerjaan pemerintah daerah nabire selam lima tahun, masa kepemimpinan bupati isais douw.

“ Apa yang saya berikan semua tadi, adalah sebagai kado natal dan juga ucapan terimakasih saya karna selam ini masyarakat,aparat desa dan gereja menunjang paekerjaan saya di kabupaten nabire. Kata bupati isais douw.

Dalam kunjungan kerjanya juga bupati isais douw, menyerahkan ijin “AMDAL” PT.Sariwana Adi Perkasa, yang tak terbit-terbit selama lima tahun, kepada masyarakat kampung sima distrik yaur, sebagai kado natal juga menurut Bupati.

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257