INFO NABIRE

Kegiatan MOS SMA Negeri 2 Nabire Dihadiri Danramil 1705-01 Nabire

Last modified on 2015-08-02 20:04:06 GMT. 0 comments. Top.

2

(Dok.Kodam Cenderawasih)

Kegiatan Masa Orientasi Siswa atau yang lebih dikenal dengan MOS di SMA Negeri 2 Nabire, turut dihadiri oleh Komandan Koramil 1705-01/Nabire, Kapten Kavaleri Syahrul Hidayat.

Kapten Kav Syahrul Hidayat hadir sebagai nara sumber yang memberikan materi wawasan kebangsaan bagi para siswa baru yang mengikuti MOS, jumat 31 juli 2015.

Menurut Kapten Kav Syahrul Hidayat, jiwa patriotisme sebagai generasi penerus harus ditanamkan kepada para siswa-siswi sejak di bangku sekolah.

Ditegaskan Kapten Kav Syahrul Hidayat, wawasan kebangsaan merupakan cikal bakal rasa memiliki dan patriotisme terhadap keutuhan negara. Namun rasa itu tidak dapat tumbuh hanya dalam waktu beberapa hari saat pelaksanaan mos, untuk itu tugas kitalah mengawal rasa itu harus tetap ada seterusnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Nabire, Maryanto M.M.MPD, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kodim 1705/Paniai yang telah bekerjasama dalam memberikan materi wawasan kebangsaan bagi siswa-siswinya.

Turut hadir pada penyajian materi wawasan kebangsaan yakni 4 orang Guru SMA N 2 Nabire, 8 Orang Anggota OSIS serta 158 Orang Siswa Baru.

Ibadah Minggu Pagi 2 Agustus 2015, Jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire

Last modified on 2015-08-02 20:03:35 GMT. 0 comments. Top.

1

(Dok & Berita. GKI Siloam Sanoba Nabire)

Kitab Ulangan berisikan amanat Musa kepada umat Israel dengan mengulas kembali perintah Allah kepada Bangsa Israel. Tiga hal penting yang di tekankan oleh Musa adalah pentingnya orang Israel mengingat makna Paskah, tuntunan Allah dalam menyeberangi laut Tiberau, dan pemberian dua loh batu yang berisikan firman Allah di gunung Sinai. Semua ini dilakukan oleh Allah karena Dia sangat mengasihi umat Israel kepunyaan-Nya.

Demikian kutipan khotbah minggu pagi 2 agustus 2015 di jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire, yang dipimpin oleh Pdt.F.Raru,S.Th.

Pada pembacaan firman Tuhan yang diangkat dari Kitab Ulangan 15:12-18 “Kemerdekaan budak Ibrani”, Musa meminta agar umat Israel tidak berlaku angkuh diri dan sombong, karena Allah tidak suka terhadap kesombongan, tetapi Allah menuntut agar umat Israel berlaku adil dengan mematahui segalah ketentuan dan hukum yang Dia berikan.

Setiap orang yang menjual dirinya kepada orang lain adalah hamba orang tersebut, tapi bukan berarti si tuan dapat memperlakukan dia dengan semena-mena, apalagi terhadap saudaranya sendiri yakni orang Ibrani, karena mereka semua dahulu adalah budak di tanah Mesir, namun oleh kasih dan kemurahan Allah mereka di bebaskan, karena Allah ingat akan akan perjanjian-Nya dengan Abraham, Isak dan Yakub.

Enam tahun bekerja sebagai budak adalah waktu yang cukup, dan pada tahun yang ke tujuh dia harus dilepaskan sebagai orang merdeka, agar kasus perbudakan sebagai warisan dari tanah Mesir sedikit dengan sedikit di tinggalkan atau di jauhkan oleh umat Israel, Allah ingin semua umat manusia benar-benar merdeka dan hidup seturut dengan kehendak-Nya. Allah sangat mengasihi manusia melebihi segalah ciptaan-Nya yang lain.

Saat ini Tuhan Yesus oleh kehendak Allah Bapa-pun telah mengahapuskan semua surat utang kita karena dosa yakni dengan membayar darah-Nya sendiri menjadi tebusan bagi umat manusia, sekali untuk selama-lamanya.

Kita adalah orang yang di merdekakan oleh karena kasih dan kemurahan Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kalau kita telah dimerdekakan janganlah kita mau memperhambahkan diri kita kepada kuasa kegelapan, seolah-olah Anak Allah tidak pernah berkorban bagi hidup kita dan juga semua umat manusia.

HUT Ke 20 Yayasan PESAT Nabire, Buah Pengabdian EV. Daniel Alexander Bagi Pembinaan Generasi Baru Di Papua

Last modified on 2015-08-01 16:44:09 GMT. 0 comments. Top.

pesat

Hadirnya Yayasan Pelayanan Desa Terpadu (PESAT) di Papua khususnya dia Nabire sejak tahun 1995, merupakan respons atas panggilan untuk membangun desa-desa di Indonesia melalui layanan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan rohani.

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan Yayasa PESAT, Ev. Daniel Alexander dalam sambutannya pada Hut ke 20 Yayasan Pesat Nabire, jumat (30/07) di GOR Kotalama Nabire.

pesat1

(Ev.Daniel Alexander beserta istri dan anak-anak asuhnya)

Berdiri sejak 1987, Yayasan PESAT masuk ke Nabire dibawa oleh Ev. Daniel Alexander. Menurut Daniel Alexander atau biasa disapa Ko Den atau Papi Den, pertama masuk ke Nabire dirintis melalui pendirian TK Anugerah di Karang Tumaritis.

Dengan segala keterbatasannya, hadirnya Yayasan PESAT bisa sedikit menjangkau warga Nabire khusus orang asli Papua untuk mendapatkan pelayanan pendidikan.

Namun berkat dukungan doa dan bantuan dari berbagai pihak, Yayasan PESAT saat ini telah menjangkau berbagai daerah dan wilayah di Nabire dan Papua lewat format pendidikan berpola asrama.

Daniel Alexander diakhir sambutannya berpesan bahwa yang paling penting dalam perjuangan adalah dengan siapa kita kerjasama dan kerjasama dalam hal apa, bukan berapa banyak dana yang kita kelola saat berjuang.

Peringatan HUT ke 20 Yayasan PESAT Nabire juga dimeriahkan oleh paduan suara siswa siswi Yayasan Pesat. Acara turut dihadiri oleh Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda SH M.Si, Sekretaris Daerah Drs.Johny Pasande, seluruh Pengajar dan pengurus Yayasan, siswa siswi TK SD SMP SMA/SMK bersama orang tua dan undangan lain.

Outlet Penjualan Garuda Indonesia Resmi Hadir Di Kota Nabire

Last modified on 2015-08-01 16:21:42 GMT. 0 comments. Top.

garuda nabire

(Pejabat Bupati Nabire, Sendius Wonda saat meresmikan Outlet Garuda cabang Nabire/Dok.Nabirekab)

Pejabat Bupati Nabire, Sendius Wonda SH M.Si, jumat (31/07) resmi membuka outlet penjualan PT Garuda Indonesia Cabang Nabire.

Dalam sambutanya, Sendius Wonda sangat mengapresiasi kehadiran Outlet Garuda di Nabire, karena dengan hadirnya outlet tersebut bisa mempermudah warga kota Nabire dan sekitarnya untuk menikmati layanan dari Garuda Indonesia.

Sementara, Presiden Regional IV Garuda Indonesia, Rosina Manaf, mengatakan, dirinya mengharapkan kerjasama yang baik antara Garuda Indonesia dengan warga kota Nabire sehingga kedepannya, kehadiran Garuda bisa mempermudah warga Nabire dalam mendapatkan tiket pesawat Garuda Indonesia.

Outlet penjualan tiket, Garuda Indonesia cabang Nabire ini menempati lokasi di jalan Pemuda Nabire, dan merupakan hasil kerjasama antara Garuda Indonesia dengan PT Guna Indah Raya Nabire pimpinan Eddy Yusuf.

Turut hadir pada acara peresmian ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Nabire, Kepala Kejaksaan Negeri, Dandim 1705 Paniai, Pimpinan PT.Guna Indah Raya Eddy Yusuf, perwakilan beberapa bank di Nabire dan para tamu undangan.

(Nabirekab)

MoU Pemkab Nabire Dengan UNIMA Tentang Perkuliahan Kelas Jauh Dinilai Ilegal

Last modified on 2015-08-01 15:48:25 GMT. 1 comment. Top.

unima

Kuliah kelas jauh Universitas Negeri Manado (UNIMA) untuk kelas Nabire dinilai sejumlah pihak ilegal. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional melakukan peringatan dan menindak tegas terhadap Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta  yang sampai saat ini masih menyelenggarakan program studi di luar domisili yang bersangkutan, atau lebih dikenal dengan istilah kelas jauh. Larangan tersebut tertuan di surat Dirjen Dikti tertanggal 15 Juli 2011 bernomor 1017/E/T/2011 tentang perijinan dan pelarangan proses pembelajaran.
Surat tersebut berisi tentang upaya Kemdiknas dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan implementasi pendidikan berbasis pada pengembangan karakter di perguruan tinggi, disampaikan beberapa hal penting, yaitu:

1. Ketentuan yang tidak melegalkan pelaksanaan proses pembelajaran di luar domisili tanpa ijin tetap berlaku. Bilamana hal ini masih terjadi, maka dampaknya akan berlaku pada penghentian perpanjangan ijin operasional program studi di kampus induknya, termasuk pelayanan pembinaan perguruan tinggi. Proses pembelajaran semacam itu bukan hanya menyalahi peraturan tentang perijinan, melainkan juga tidak memberikan budaya akademik yang baik pada mahasiswanya karena suasana akademik dalam proses pembelajaran tidak terbangun secara utuh, yang mengakibatkan ketercapaian hasil pembelajaran tidak optimal.

2. Peraturan Mendiknas No 20 Tahun 2011 (pengganti Peraturan Mendiknas no. 30 tahun 2009 tentang hal yang sama) tentang Penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili Perguruan Tinggi Pasal 1 butir 1, dimaksudkan bagi Perguruan Tinggi yang akan membangun sarana dan prasaran untuk proses pembelajaran yang sama kualitasnya dengan kampus induknya yang berbatasan langsung dengan kabupaten/kota di tempat di mana program diIJINkan, sehingga diperbolehkan dengan sekurang-kurangnya memberitahukann kepada Dirjen Dikti bagi PTN dan Kepada Koordinator Kobertis bagi PTS. Pemberitahuan semacam ini diperlukan dalam rangka pengawasan, pembinaan dan pengembangan perguruan tinggi.

Dikti sangat menghimbau kepada semua pimpinan perguruan tinggi dan koordinator kopertis agar benar-benar dapat memberi pengawasan kepada proses pembelajaran, memusatkan pikiran, energi dan waktunya untuk sebesar-besarnya pencapaian visi Kemdiknas yaitu ” Menyediakan layanan Prima guna menghasilkan Insan Indonesia Cerdas Komprehensif.

(Iknatius Pangkatana)

“Membangun Generasi Berkarakter Kristus”, Peringatan HUT Ke 20 Yayasan PESAT Nabire

Last modified on 2015-08-01 09:44:13 GMT. 0 comments. Top.

pesat nabire 1

Keluarga besar Yayasan Pelayanan Desa Terpadu (PESAT) kabupaten Nabire, memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke 20, dipusatkan di GOR Kotalama Nabire, jumat kemarin (30/07).

Pejabat Bupati Nabire, Sendius Wonda SH M.Si dalam sambutannya pada acara peringatan HUT ke 20 Yayasan PESAT mengatakan, dirinya sangat berterima kasih dan sangat menyambut baik apa yang selama ini telah dilakukan oleh Yayasan PESAT di Papua terlebih khusus di Nabire.

Lahir sejak tahun 1995, Yayasan PESAT yang dipelopori oleh Ev.Daniel Alexander, telah banyak berkontribusi bagi dunia pendidikan berpola asrama di sejumlah wilayah di Papua termasuk di Nabire.

Menurut Sendius Wonda, untuk mengelola dan membangun tanah Papua, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga apa yang sudah dikerjakan oleh Yayasan PESAT perlu mendapat apresiasi oleh semua pihak.

Di usia yang ke 20 tahun, Yayasan PESAT Nabire dijadikan sebagai momentum lahirnya generasi Papua berkualitas, berbudi pekerti yang luhur dan takut akan Tuhan.

pesat nabire 2

Peringatan HUT ke 20 Yayasan PESAT turut dihadiri oleh warga yang terlibat aktif dalam pelayanan PESAT di Nabire, serta sejumlah sekolah yang dinaungi oleh Yayasan PESAT Nabire.

Ibadah Akhir Bulan Juli 2015, Jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire

Last modified on 2015-08-01 09:24:16 GMT. 0 comments. Top.

siloam

Pada masa lalu sejak keluarnya bangsa Israel dari tanah perbudakan Allah tidak melepaskan mereka begitu saja, namun Ia setia dalam perbuatan dan tanda-tanda keajaiban yang menyertai umat Israel.

Demikian kutipan khotbah Pdt Ronald Tanamal, saat memimpin ibadah akhir bulan juli 2015 di jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire, jumat 31 juli 2015.

Sebagaimana Firman Tuhan pada pembacaan saat ini bahwa Allah memenuhi Bezaleel dan Aholiab dengan Roh Allah sehingga mereka mahir dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan dalam segalah macam pekerjaan baik dari emas, perak, tembaga dan juga mengasah batu permata untuk ditatah serta mengukir kayu.

Mengangkat pembacaan Firman Tuhan dari Kitab Keluaran 35:30-35 dengan perikop “Pengangkatan Bezaleel dan Aholiab”, Pdt Ronal Tanamal mengatakan, segala keahlian yang dimiliki oleh kedua orang tersebut datangnya dari Allah. Allah-lah yang memberkati mereka serta atas kuasa-Nya mereka berdua dapat mengerjakan berbagai pekerjaan yang sulit tersebut yang mungkin pada zaman tersebut belum atau tidak dapat dilakukan oleh bangsa Israel sendiri. Dan untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang indah serta memiliki nilai seni yang tinggi memang harus dilakukan oleh seorang ahli yang diurapi oleh Allah sendiri.

Saat ini setiap kitapun diberikan oleh Allah masing-masing keahlian, pertanyaannya pernahkah kita mengucap syukur kepada Allah sebagai sumber pengetahuan tersebut ? Bahwasannya segalah sesuatu yang Ia jadikan baik adanya dan untuk di nikmati oleh manusia.

Apakah kita juga ingat untuk memberikan sesuatu dari hasil keahlian yang kita miliki buat memuliakan nama-Nya ?

Agar damai sejahtera selalu menyertai kita sepanjang kehidupan kita di muka bumi ini, ingatlah saudaraku bahwa segalah yang kita miliki di muka bumi ini adalah dari Tuhan, kelak jika kita berpulang tiada satupun yang kita bawa, sehingga agar hidup kita berkenan di hadapan-Nya hendaklah segalah yang kita miliki kita gunakan untuk memuliakan Dia, amin !

Data Persebaran Umat Beragama Di Kabupaten Nabire Hingga Juli 2015

Last modified on 2015-08-01 09:20:11 GMT. 0 comments. Top.

kemenag

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Nabire, Reki Lumentah S.Pd, mengatakan, berdasarkan data Kementerian Agama kabupaten Nabire sampai bulan juli 2015, terjadi peningkatan persebaran umat beragama di kabupaten Nabire.

Dikatakan, persebaran umat beragama di kabupaten Nabire adalah sebagai berikut :

– Umat Kristen mencapai 54.566 jiwa atau 43.2%

– Umat Katolik mencapai 26.083 jiwa atau 25.26%

– Umat Muslim mencapai 45.580 jiwa atau 35.94%

– Umat Hindu mencapai 432 jiwa atau 0.34%

– Umat Budha mencapai 175 jiwa atau 0.14%

Dijelaskan Reki Lumentah, dengan berkembangnya umat beragama dan hadirnya organisasi ataua lembaga keagamaaan di kota Nabire diharapkan bisa membantu pemerintah daerah kabupaten Nabire dalam meningkatkan sumber daya bagi masyarakat, dan memberi pemahaman tentang agama.

Reki juga meminta kepada seluruh warga Nabire agar senantiasa menjaga  toleransi antar umat beragama, karena warga Nabire merupakan masyarakat heterogen yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

(RRINabire)

Dekan FKIP USWIM Nabire Lepas Sembilan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Untuk Mengikuti PKL Di Sleman Yogyakarta

Last modified on 2015-08-01 09:29:23 GMT. 0 comments. Top.

Dekan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire, Drs Obeth Rumadas M.Si, melepas 9 orang mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan menuju Sleman Yogyakarta untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan, kamis 30 juli 2015.

Menurut Drs Obeth Rumadas M.Si, ke 9 orang mahasiswa tersebut didampingi oleh 3 orang Dosen Pembimbing yang diharapkan bisa membimbing dan mengorganisir para mahasiswa saat mengikuti PKL selama 90 hari.

Ditambahkan Drs Obeth Rumadas, sekolah yang akan menjadi tempat praktek dari ke 9 orang mahasiswa USWIM tersebut yaitu di SMA Kanisius Sleman dan SMP Santo Aloisius Sleman.

Obeth Rumadas berharap, melalui kegiatan PKL tersebut, para mahasiswa bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi globalisasi sehingga dunia pendidikan kedepan bisa semakin maju di Papua khususnya di kabupaten Nabire.

Halal Bihalal Keluarga Besar SMP Negeri 3 Nabire

Last modified on 2015-08-01 09:03:44 GMT. 0 comments. Top.

smp3

Halal Bihalal merupakan budi kerukunan antar umat beragama yang harus dipelihara dalam toleransi umat beragama khususnya dalam keluarga besar SMP Negeri 3 Nabire.

Demikian kutipan sambutan Kepala SMP Negeri 3 Nabire, Oping Tandayu S.Pd MM, pada acara Halal Bihalal SMP Negeri 3 Nabire, sabtu  (01/08).

Menurut Oping Tandayu, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan keluarga besar SMP 3 Nabire yaitu menjalin tali persaudaraan antara para siswa, guru dan para orangtua, menjalin kekompakan dan kerukunan antar umat beragama serta saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Ketiga hal ini harus dijunjung karena SMP Negeri 3 Nabire terdiri dari beberapa agama, suku, yang harus hidup berdampingan sebagai sebuah keluarga besar.

Halal Bihalal SMP Negeri 3 Nabire ini dihadiri oleh Ustad Haji Dahlan.P dan Ustad Umar Akib yang menyampaikan Hikmah Halal Bihalal.

Workshop Kurikulum 2015 SMP Negeri 3 Nabire

Last modified on 2015-07-30 17:08:19 GMT. 0 comments. Top.

smp3

SMP Negeri 3 Siriwini Nabire rabu lalu (29/07) telah melaksanakan Workshop Kurikulum 2015 bersama Dewan Guru dan Tata Usaha yang terlibat dalam sistem belajar mengajar.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Nabire, Oping Ardilo Tandayu S.Pd MM, penyusunan kurikulum ini sangat penting karena menentukan kriteria penilaian bagi para siswa dan penentuan kriteria nilai kelulusan bagi para siswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ditambahkan Oping Ardilo, materi pada Worskhop ini diantaranya latar belakang kurikulum, struktural kurikulum, tujuan pendidikan, serta kriteria penuntasan  minimal yang mengacu pada sistem pendidikan nasional.

Workshop Kurikulum 2015 ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang SMP/MTs Dinas Pendidikan kabupaten Nabire, Yunus Lokobol S.Pd, dan berlangsung selama sehari.

43 Siswa SMK YPPGI Idakebo Dogiyai Akan Mengikuti Prakerind Di Nabire

Last modified on 2015-07-30 17:06:54 GMT. 0 comments. Top.

2

Sebanyak 43 siswa/i SMK YPPGI Idakebo kabupaten Dogiyai tahun ajaran 2014/2015, mengikuti kegiatan Praktek Kerja Industri selama 3 bulan di kabupaten Nabire.

Ke 43 siswa/i SMK YPPGI tersebut berasal dari 2 jurusan, yaitu jurusan Agribisnis tanaman pangan & holtikultura sebanyak 19 siswa dan jurusan Agribisnis ternak dan unggas sebanyak 24 siswa.

Kepala SMK YPPGI Idakebo kabupaten Dogiyai yang melepas keberangkatan para siswanya ke Nabire, Benjamin Keiya, mengatakan, tujuan diadakannya Prakerind ini adalah untuk membekali peserta dalam mengembangkan kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang benar, serta pembelajaran normatif, produktif dan, programik.

Sementara itu Ketua Prodi Peternakan SMK YPPGI Idakebo Dogiyai, Amanus. K menjelaskan, ke 43 siswa tersebut ditempatkan di KPR Nabarua Nabire mulai tanggal 28 juli sampai dengan 31 oktober 2015.

(RRI Nabire)

 

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294