INFO NABIRE

Pemerintahan Kabupaten Nabire Serahkan bantuan Peralatan Modal Usaha Bagi Mama-Mama Papua

Last modified on 2014-09-08 10:26:10 GMT. 0 comments. Top.

mama mama papua

Atas nama pemerintah Bupati Nabire yang diwakili Staf Ahli Bagian Pemerintahan Setda Nabire menyerahkan bantuan peralatan dan modal usaha bagi mama-mama Papua dan pengelola salon yang ada di daerah ini. Besar bantuan yang diserahkan langsung usai kegiatan Diklat peningkatan peran serta kesejahteraan gender dan pelatihan tata boga itu bervariasi dan disesuaikan dengan kegiatan atau usaha yang digeluti.

Usai kegiatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Yufinia Mote, S.Si.T, mengatakan selain kami melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendidikan ini, kami juga menyiapkan bantuan modal usaha dan peralatan usaha bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan dimaksud.

Bantuan dan kegiatan itu sendiri, terang Ibu Bupati Isaias Douw ini, berkat kerja sama dengan pihak pemerintah melalui badan pemberdayaan perempuan dan pihak BLKI Sorong Direktoral Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Dengan harapan, kata ibu Yufinia, sekembalinya ke tempat masing-masing agar segera membuka usaha sesuai pendidikan yang sudah diterima selama Diklat. “Saya berharap agar pihak terkait, seperti Kadistrik bisa memberikan dukungan kepada para peserta dengan mengunakan jasa yang mereka hasilkan,” imbuhnya.

(Papuaposnabire)

117 Pejabat Struktural & Fungsional Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Kabupaten Nabire Akan Dilantik Senin Esok

Last modified on 2014-09-07 15:09:19 GMT. 0 comments. Top.

index

(Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Nabire, Primus Butu A.Ma.PD)

Senin esok (08/09), akan dilakukan pelantikan 117 pejabat struktrural dan fungsional di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga kabupaten Nabire. Ke 117 pejabat tersebut terdiri atas 11 pejabat struktural dan 106 pejabat fungsional.

Oleh karena itu, guna kesiapan acara pelantikan senin esok, maka sabtu kemarin (06/09), diadakan persiapan di Guest House Nabire, yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Nabire, Primus Butu A.Ma.PD, Kepala PLS luar sekolah, Victor Tebay S.Sos, serta guru-guru tingkat Tk hingga SMA/SMK se-kabupaten Nabire.

Tujuan diadakannya persiapan ini menurut Primus, yaitu untuk menyamakan persepsi dan memantapkan kesiapan peserta sebelum acara pelantikan esok.

 

Melanggar Kesepakatan Awal Pembukaan Lahan Sawit, Pemiik Ulayat Di Kampung Wami Distrik Yaur Protes PT Nabire Baru

Last modified on 2014-09-07 08:36:18 GMT. 1 comment. Top.

111

(Lahan Sawit PT Nabire Baru Di Distrik Yaur)

Tanah Papua, tanah yang kaya, Surga kecil yang jatuh ke bumi, itulah lagu yang dinyanyikan akhir-akhir ini oleh masyarakat Papua, untuk memuja keindahan dan kekayaan alam Tanah Papua. Namun sumber kekayaan alam yang melimpah,hutan yang luas tampa di manfaatkan dan di kelola baik bagi kelangsungan orang papua kedepan, maka semuanya akan sia-sia tak ada manfaatnya.

Persoalan mendasar yang hampir di hadapi, oleh seantero masyarakat pemilik ulayat adat di tanah papua sehingga masyarakat susah untuk memanfaatkan SDA (Sumber Daya Alam) dan tanah mereka adalah tentang Klaim HPH oleh perusahan-perusahan kayu log. HPH ini menjadi momok yang sangat menakutkan dan mengancam masyarakat papua untuk mengekspresikan hak-hak adat mereka untuk kelangsungan hidupnya.

Salah satunya adalah tanah ulayat Suku Besar Yerisiam, Kampung Wami, Distrik Yaur Nabire. Sebelumnya beberapa perusahaan kelapa sawit telah merambah ke daerah tersebut, seperti PT Jati Dharma Indah, dan saat ini yang sedang dikeluhkan warga Wami yakni PT Nabire Baru.

Aktivitas Pembukaan Lahan Oleh Perusahan Kelapa Sawit PT.Nabire Baru/PT.Sariwana Unggul Mandiri Di KM 19 Wami Distrik Yaur Nabire-Papua. Pembukaan lahan sudah melebihi kesepakatan dengan pemilik ulayat. Hal itu dibuktikan dengan pengukuran oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional) Pusat. Areal yang diperuntukan oleh masyarakat adat adalah 8000 hectare, namun hasil pengukuran ternyata sudah mencapai 22000 hectare lahan yang sudah dibuka.

Pemilik Hak Ulayat di Kampung Wami Distrik Yaur, S.P Hanebora, mempertanyakan kebijakan yang diambil penguasa perkebunan Kelapa Sawit PT Nabire Baru (PT.Sariwana Unggul Mandiri) di Nabire, Imam Basrowi, yang melanggar perjanjian sebelumnya dengan warga Wami Distrik Yaur.

Tidak ada informasi ke warga bahwa wlayah perkebunan kelapa sawit sudah melebihi kesepakatan pengukuran awal. Setelah warga diam-diam melakukan pengukuran kembali, barulah diketahui sudah melebihi dari kesepakatan awal.

Panitia Hari Sumpah Pemuda Ke 86 Tahun 2014 Di Nabire Siap Mengagendakan Sejumlah Kegiatan

Last modified on 2014-09-06 19:37:26 GMT. 0 comments. Top.

SP

Puncak peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 86 di Nabire, yang jatuh tiap tanggal 28 oktober tiap tahun, pada tahun 2014 ini dijadwalkan akan dilaksanakan dalam suatu upacara dan didahului sejumlah kegiatan penting.

Oleh karena itu, telah dibentuk Panitia Peringatan hari Sumpah Pemuda ke 84 tahun 2014 di Nabire yang dibentuk untuk merencanakan sejumlah kegiatan hingga puncak peringatan Sumpah Pemuda 28 oktober 2014 mendatang.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Nabire, Norberthus Mote,SE.,M.Si, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84 tahun 2014 merupakan momentum membangun Generasi muda yang Progresif, Agamis dan Nasionalis. Oleh karena itu, pemuda Papua seharusnya mampu menjadi penggerak dan pengawal pembangunan di Papua.

Untuk melaksanakan perannya tersebut, pemuda Papua membutuhkan pendidikan yang saat ini bahkan sudah banyak tersedia di wilayah Papua. Dengan pendidikan yang dimiliki, sarjana-sarjana muda Papua seharusnya mampu menemukan jalan keluar dan mampu bertindak nyata dalam mendukung pembangunan di wilayah Papua.

KKN Mahasiswa Uswim Nabire Di Kaladiri 2 Dan Waharia

Last modified on 2014-09-06 10:32:49 GMT. 0 comments. Top.

1

Sebanyak 273 mahasiswa Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) Nabire, Sabtu (06/9/2014) pagi tadi, resmi dilepaskan oleh Rektor Uswim, Drs. Petrus Suripatty, M.SI, untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dua kampung di Kabupaten Nabire, Papua.

Rektor Uswim Nabire,  di ruang kerjanya mengatakan, mahasiswa-mahasiswi yang akan terjun di dunia KKN diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat Nabire yang berada di pinggiran kota.

“Tidak hanya jalan-jalan untuk dilihat orang, tetapi benar-benar memberikan nilai hidup di mata masyarakat,” kata Rektor.

Lanjut Rektor, masyarakat membutuhkan ilmu, sehingga mahasiswa-mahasiswa yang KKN harus dapat memberika nilai ilmu, maupun nilai moral dan etika.

“Tempat yang akan dituju dalam KKN ini adalah Kaladiri 2 dan Waharia. Juga ada beberapa tempat disekitar kampung tersebut,” kata Surripatty.

Dikatakan, dua tempat ini merupakan wilayah yang sudah lama membangun kerja sama dengan Kampus Uswim Nabire, dan kedepan akan terus ditingkatnya kerja samanya.

“Beberapa kampung lagi akan kami bangun kerja sama, agar KKN mahasiswa bisa tersebar,” tegasnya.

(SP)

Marthen Luther Imbiri & Oktovina Ester Kao Menjuarai Lomba Bintang Radio LPP RRI Nabire 2014

Last modified on 2014-09-06 10:28:03 GMT. 0 comments. Top.

bintang radio

Melalui kegiatan Lomba Bintang Radio Indonesia LPP RRI Nabire, bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi generasi muda maupun seniman untuk terus berkarya dan berkreasi di berbagai bidang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Nabire, Isaias Douw, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten I Setda Nabire, I Wayan Mintaya, saat membuka secara resmi Lomba Bintang Radio Indonesia LPP RRI Nabire tahun 2014, sabtu (06/09), di Auditorium LPP RRI Nabire.

Dikatakan, kegiatan ini ditujukan untuk generasi muda yang memiliki talenta di bidang seni suara untuk mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki. Hal ini sesuai dengan visi misi pembangunan kabupaten Nabire, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam bidang seni.

Di akhir sambutannya, Bupati Nabire mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan LPP RRI Nabire beserta seluruh jajarannya, ats kerjasama yang terjalin selama ini yang telah membantu mempublikasikan kegiatan pemerintah daerah. Selain itu Bupati juga mengapresiasi semua pihak yang telak mendukung jalannya kegiatan ini.

Kegiatan Lomba Bintang Radio Indonesia LPP RRI Nabire ini diikuti oleh 22 orang peserta, yaitu 11 peserta laki-laki dan 11 peserta perempuan.

Keluar sebagai juara pertama kategori putra lomba Bintang Radio LPP RRI Nabire yaitu atas nama Marthen Luther Imbiri, dan juara pertama putri atas nama Oktovina Ester Kao.

Pemenang lomba Bintang Radio LPP RRI Nabire akan dipromosikan ke internasional yang akan dilaksanakan di Kupang NTT.

(Robi Fanindi/RRI Nabire)

Jalan Santai Keluarga Besar LPP RRI Nabire

Last modified on 2014-09-06 10:26:57 GMT. 0 comments. Top.

Dalam rangka memperingati hari radio ke 69 tanggal 11 september 2014 mendatang, LPP RRI Nabire, sabtu pagi tadi (06/09) mengadakan kegiatan jalan santai.

Lomba jalan santai ini, dibuka secara resmi oleh Pimpinan LPP RRI Nabire, Randy Wuisang S.Sos.

Randy Wuisang S.Sos mengatakan, tujuan diadakannya lomba jalan santai ini adalah untuk memperat rasa kekeluargaan diantara keluarga besar LPP RRI Nabire, selain untuk kebugaran tubuh.

Lomba jalan santai ini akan digelar dengan start dan finish di kantor RRI Nabire jalan Merdeka. Seusai jalan santai, diadakan pengundian door prize.

Kuliah Perdana Mahasiswa Semester Ganjil Tahun 2014/2015 Pada Peringata Dies Natalis USWIM Nabire Ke 10

Last modified on 2014-09-06 10:18:39 GMT. 0 comments. Top.

Asisten III Setda Nabire bidang administrasi umum, Piter Erari S.E M.Si, mewakili Bupati Nabire, memberikan kuliah perdana bagi mahasiswa semester ganjil tahun 2014/2015, Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire, pada peringatan Dies Natalis ke 10 USWIM Nabire.

Menurut Piter Erari, di era globalisasi pasar bebas, dibutuhkan daya saing tinggi dan sangat kompetitif, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional dan handal.

Oleh karena itu, dengan adanya Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire di usianya yang ke 10 tahun, dapat mendukung visi dan misi pemerintahan kabupaten Nabire sebagai pilar utama dalam pembangunan daerah ini.

 

Dinas Kesehatan Nabire Musnahkan Barang Bukti Hasil Penyitaan

Last modified on 2014-09-05 17:05:43 GMT. 0 comments. Top.

dinkes

Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, melalui Seksi Kefarmasian, Makanan dan Kesehatan Khusus, Jumat (5/9) memusnahkan barang bukti (BB) hasil penyitaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire pada Bulan Juli 2014. Pemusnahan BB hasil penyitaan, dimusnahkan dengan cara dibakar hingga menjadi abu. Pemusnahan dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Yulian Agapa, A.Kp. M.Kes., Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Ones bonai, SKM. M.Kes., Kepala Seksi Kefarmasian, Makanan dan Kesehatan Khusus, Jeuquline Tentua, S.Si, Apt.

Barang bukti yang dimusnahkan berupa, kosmetik yang mengandung bahan berbahaya (Mercury), produk makanan industri rumah tangga yang tidak memiliki ijin dan obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat, adalah hasil temuan Seksi Kefarmasian, Makanan dan Kesehatan Khusus, setelah melakukan razia di beberapa tempat. diantaranya, Pasar Sentral Kalibobo, Pasar Oyehe, Pasar Buton, Pasar Pagi Bumiwonorejo dan Pasar SP 1 Nabire Barat.

Kepala Seksi Kefarmasian, Makanan dan Kesehatan Khusus, Jeuquline Tentua, S.Si, Apt saat di wawancarai di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, usai Pemusnahan dilakukan mengatakan, bahwa penyitaan beberapa jenis kosmetik, makanan maupun obat yang di sita oleh, Dinas Kesehatan bersama Balai POM dan sudah di musnahkan merupakan jenis-jenis barang yang tidak di ijinkan beredar di pasaran, karena terkandung bahan kimia atau bahan berbahaya lainnya, seperti mercury. Sedangkan, untuk produk makanan yang di sita dan di musnahkan adalah, produk makanan industri rumah tangga yang tidak memiliki ijin untuk di jual maupun di edarkan kepada masyarakat.

“Kami setiap triwulan atau per tiga bulan sekali melakukan pemantauan dan pengawasan ke lapangan, dan setelah kami melakukan pengawasan di lapangan, ketika ada produk-produk yang dilarang untuk di edarkan, kami langsung sita dari penjual dan akan kami musnahkan. Di samping itu, kami juga melakukan monitoring dan evaluasi hasil temuan terkait barang-barang yang tidak di ijinkan untuk di edarkan atau di perjual belikan,” tuturnya.

Kata dirinya, bagi pengedar atau penjual barang-barang kosmetik, produk makanan dan juga obat-obatan, ketika kedapatan mengedarkan barang tersebut, dari Dinas Kesehatan tetap memberikan peringatan terlebih dahulu dan memberikan pemahaman, tentang produk-produk yang tidak boleh di jual atau di edarkan ke masyarakat, dengan kata lain, Dinas Kesehatan Nabire masih memberikan toleransi atau pola pembinaan berupa peringatan secara lisan kepada para penjual, karena rata-rata banyak penjual yang kurang memahami tentang bahaya atau efek dari menjual barang tersebut, sehingga dengan pola pembinaan, para pengedar atau penjual tidak lagi menjual barang yang dilarang edar di pasaran.

(Papuaposnabire)

Penutupan Kegiatan Pendidikan & Pelatihan Kesetaraan Gender & Tata Boga Di Nabire

Last modified on 2014-09-05 16:56:19 GMT. 0 comments. Top.

index

(Dok.Nabirekab.go.id)

Bupati Nabire Isaias Douw S.Sos yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan kabupaten Nabire, Hansari S.Sos M.Si, secara resmi menutup kegiatan Pendidikan & Pelatihan Kesetaraan Gender dan Tata Boga yang didukung oleh Badan Pemberdayaan Perempuan & Keluarga Berencana kabupaten Nabire serta Dirjen Pelatihan & Perindustrian BLKI Sorong.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan HansariS.Sos M.Si, Bupati Nabire mengharapkan para perempuan asli  papua bisa membuka usaha setelah pelatihan ini agar meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Bupati Nabire sangat mengapresiasi kegiatan ini, menurut Bupati, berbagai manfaat yang sangat besar akan diperoleh oleh perempuan asli Papua lewat kegiatan ini.

Sementara itu, menurut Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yufinia Mote Douw, S.Si.T, dalam sambutannya menyampaikan setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan tat arias dan tata boga selama kurang lebih 2 minggu, sejak tanggal 19 Agustus hingga 5 September 2014, tahun ini Kabupaten Nabire akan bertambah 16 orang perempuan Papua telah menguasai tata rias dan 16 orang trampil di bidang tata boga.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 33 peserta yang berasal dari 10 Distrik yang berada di kabupaten Nabire, dan diisi oleh 5 orang nara sumber.

Kegiatan ini berlangsung selama 16 hari dengan rincian 45 jam teori, dan 125 jam praktek.

Di akhir acara, diserahkan uang pembinaan 2 juta per kelompok, serta diakhiri demonstrasi tata rias oleh para peserta.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219