INFO NABIRE

Prakiraan Cuaca Kota Nabire, Selasa 1 April 2014

Last modified on 2014-03-31 17:58:47 GMT. 0 comments. Top.

cuaca

Berikut Prakiraan cuaca di kota Nabire berlaku untuk hari selasa (01/04/2014), yang berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nabire.

Berikut Prakiraan cuaca untuk kota Nabire tanggal 01 April 2014 :

Badan Metereologi Klimatologi & Geofisika
Stasiun Metereologi Nabire
Jl Sisingamangaraja Nabire-Papua

Prakiraan Cuaca Umum Kabupaten Nabire
Peringatan Cuaca Ekstrim tgl.6.1.2014 T06.30.15 wib

PRAKIRAAN CUACA HARI INI

Berlaku : Selasa 1 April 2014 2014 Pukul 07.00 WIT

Cuaca
- Cuaca : Berawan
- Arah & Kecepatan angin : Barat Laut – Timur Laut, 09 – 25 Km/Jam
- Temperatur (oC) : 24–32’C
- Kelembaban Udara % : 67-95%
- Tekanan Udara (mb) : 1005–1012 hPa

Gelombang (Meter)
- Gelombang Signifikan : 0.75 – 1.25
- Gelombang Maximum : 1.25 – 2.00

Waktu Terbit & Terbenam Matahari (WIT)
- Waktu Terbit : 05.59
- Waktu Terbenam : 18.03

Peringatan Dini : -

Keterangan Tambahan : -

Nabire, 31 Maret 2014
A.n. KEPALA STASIUN METEOROLOGI NABIRE
Forecaster On Duty
Rendrah Y Kalalo

Program Rejeki BNI Wirausaha Di Nabire Beri Apresiasi Kepada Nasabahnya

Last modified on 2014-03-31 17:58:16 GMT. 0 comments. Top.

bni

Salah satu program Bank BNI kantor layanan Nabire untuk menumbuhkan jiwa wira usaha bagi nasabah yaitu Rejeki BNI Wirausaha kepada para nasabah maupun debitur yang lancar memenuhi kewajibannya kepada bank dan usahanya dinilai semakin meningkat, akan mendapat hadiah kejutan dari Bank BNI.

Beberapa nasabah dan debitur yang dinilai secara khusus dan istimewa oleh Bank BNI kantor layanan Nabire, mendapatkan hadiah kejutan dalam program Rejeki BNI Wirausaha. Kedua pemenang yaitu Ibu Asriyati beralamat di pasar sore KPR Nabarua, dan Bapak Asmanto di Bumi Wonorejo Nabire.

Pimpinan Bank BNI kantor layananan Nabire, Muhammad Budi Joko, dan beberapa staff Bank BNI Nabire, langsung menyerahkan hadiah kejutan kepada kedua pemenang tersebut di rumahnya masing-masing.

Menurut Budi Joko, tidak ada persyaratan khusus untuk mendapatkan Rejeki BNI Wirausaha, yang terpenting adalah lancar menyetor kewajibannya, usahanya semakin berkembang, dan pengusaha tersebut rajin mempekerjakan warga yang berada di lingkungan sekitarnya.

Ditambahkan Budi Joko, selama tahun 2014, BNI kantor layanan Nabire dalam melayani masyarakat mash memfokuskan masyarakat menengah kebawah dengan memberi kemudahan dari sisi persyaratan, jangka waktu, dan suku bunga. Hal tersebut dimaksudkan, agar dunia wirausaha dan pembangunan di kota Nabire semakin berkembang dan meningkat.

Ibu Asriyati dan Bapak Asmanto sebagai penerima hadiah dari program Rejeki BNI Wirausaha, menyampaikan ucapakn terima kasih kepada Bank BNI dan mengharapkan kepada Bank BNI Kantor layanan Nabire terus memberikan dukungan bagi perkembangan wirausaha di Nabire.

(Alexander Saudila/RRI Nabire)

Umat Hindu Di Nabire Peringati Nyepi Dengan Berdiam Diri Di Rumah Sehari Penuh

Last modified on 2014-03-31 12:33:09 GMT. 1 comment. Top.

Peringatan Hari Raya Nyepi 1936 Saka di Nabire, diperingati umat Hindu yang ada di Nabire dengan mengadakan Meditasi bagi yang mampu dan berdiam diri di rumah masing-masing selama 24 jam sejak senin (31/03/2014) pukul 00.00 Wit hingga hari selasa (01/04/2014) pukul 00.00 Wit.

Setelah hari minggu (30/03/2014) mengadakan upacara Melasti atau upacara penyucian diri dan upacara Pecaru sebagai ungkapan doa kepada Tuhan untuk keselamatan alam semesta dan permohonan dijauhkan dari sifat-sifat negatif untuk menyambut peringatan Nyepi di Pura Puja Dewata, Kalisemen SP1 Distrik Nabire Barat, semua umat Hindu yang ada di Nabire melakukan meditasi dan berdiam diri di rumah masing-masing selama 1 hari penuh. Hal ini diungkapkan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Nabire, I Wayan Putu.

Ditambahkan I Wayan Putu, hari Nyepi dirayakan umat Hindu di Indonesia terutama di Nabire. Pada peringatan hari Nyepi ini, umat Hindu akan melaksanakan “Catur Brata” Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa, brata, yoga, dan semadhi.

Pasca peringatan Nyepi, umat Hindu akan mengadakan angkaian terakhir dari perayaan Tahun Baru Saka yaitu mengadakan Ngembak Geni yang jatuh pada “pinanggal ping kalih” pada tanggal 2 april 2014. Umat Hindu melakukan Dharma Shanti dengan keluarga besar dan tetangga, mengucap syukur dan saling maaf memaafkan (ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih. Inti Dharma Santi adalah filsafat Tattwamasi yang memandang bahwa semua manusia di seluruh penjuru bumi sebagai ciptaan Ida Sanghyang Widhi Wasa hendaknya saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai.

Tak lupa I Wayan Putu mengucapkan selamat hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936 untuk seluruh umat Hindu yang berada di Nabire dan dimana saja berada.

 

 

Konsolidasi Partai Amanat Nasional Kabupaten Nabire Dalam Rangka Pembekalan Saksi

Last modified on 2014-03-31 12:48:19 GMT. 0 comments. Top.

pan

Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten Nabire mengadakan konsolidasi partai dalam rangka pembekalan terhadap saksi-saksi di Aula Sion Nabire, senin (01/04/2013).

332 orang saksi Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten Nabire dari Dapil 1 – Dapil 4, menerima pembekalan dari para pengurus dan Komite Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (PAN) Nabire, masing-masing Ketua Majelis Pertimbangan PAN Drs AP Youw, Sekretaris PAN Sudarman, dan Komite Pemenangan Pemilu Laode, Aris Rerung, dan Asini Taraka.

Dalam arahannya, AP Youw mengatakan, sebagai saksi harus memiliki mandat tertulis Parpol dan Kandidat Caleg dan harus bertugas memperhatikan perhitungan suara, mencatat perhitungan suara, dan mencatat jumlah pemilih yang datang di TPS.

Pada kesempatan yang sama, dijelaskan tentang membangun komitmen oleh Sutarman, penjelasan pengisian blangko-blangko formulir oleh Asini Taraka dan Laode, dan penutupan kegiatan yang diakhiri dengan doa oleh AW Rerung.

Hadir dalam konsolidasi partai PAN ini yaitu para pengurus partai PAN, para caleg, serta simpatisan partai PAN yang ada di Nabire, dan dipantau oleh Ketua Panwaslu Nabire, Hendrik Lumimbus M.Si

(Dendy Amir / RRI Nabire)

Rapat Kerja Bersama PAM Tingkat Klasis GKI Paniai Di Gereja Pniel Topo Distrik Uwapa Nabire

Last modified on 2014-03-31 12:47:27 GMT. 0 comments. Top.

Persekutuan Anggota Muda (PAM) tingkat Klasis GKI Paniai Kelompok Kerja Pemuda dan Tim Kerja Camping Paskah PAM tingkat Klasis GKI Paniai, mengadakan rapat kerja bersama di PAM Jemaat Pniel Topo Distrik Uwapa Nabire.

Menindaklanjuti hasil Raker 2 Badan Pekerja Klasis di Pniel Topo beberapa waktu lalu terkait dengan program kerja PAM tingkat Klass tahun 2014, maka salah satu program yang akan dilaksanakan adalah Camping Paskah PAM Klasis GKI Paniai yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-21 April 2014 di GKI Pniel Topo Distrik Uwapa Nabire.

Rapat yang digelar ini bertujuan untuk membahas persiapan-persiapan jelang pelaksaaan Camping Paskah ini. Rapat ini berlangsung di Gereja Pniel Topo hari Minggu (30/03/2014). Rapat ini sendiri dipimpin oleh Koodrinator PAM Tingkat Klasis GKI Paniai, Yasor Victor Sawo.

Yasor Victor Sawo berharap kepada Pelaksana Harian Majelis Jemaat se-kotawi agar dapat mengerahkan Badan Pelayan PAM beserta anggotanya untuk mengambil bagian dalam kegiatan ini.

Kegiatan rapat ini diawali dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt A. Ayomi dan diikuti oleh jemaat Pniel Topo, Kelompok Kerja Pemuda, Pam Tingkat Klasis dan Tim Kerja Camping Paskah PAM tingkat Klasis GKI Paniai.

(Robi Fanindi / RRI Nabire)

 

Persipura Bertekad Curi 3 Poin Di Maladewa

Last modified on 2014-03-31 10:08:57 GMT. 0 comments. Top.

Male National Stadium

(Male National Stadium Maladewa)

Rabu lusa (02/04/2014), tim mutiara hitam Persipura Jayapura akan menghadapi tuan rumah New Radiant di Male National Stadium Maladewa. Tim Persipura sendiri sudah siap menghadapi New Radiant.

Pada laga pertama di Stadion Mandala, Persipura berhasil membungkam New Radiant dengan skor 3-0, anak asuh Jacksen ingin kembali hasil maksimal di Maladewa.

Pelatih Persipura Jacksen Tiago mengatakan tim asuhannya sudah mempersiapkan diri secara maksimal meraih poin penuh di sisa 2 laga Grup E Piala AFC ini.

Menurut Jacksen, dengan menjadi juara Grup E, Persipura otomatis akan menjadi tuan rumah pada laga 16 besar AFC CUP.

 

136 Mahasiswa Nabire Ikut Kuliah Jarak Jauh Dari UNIMA Selama 4 Hari

Last modified on 2014-03-30 19:07:43 GMT. 0 comments. Top.

1

Kuliah kelas jauh Universitas Negeri Manado (UNIMA) untuk kelas Nabire berlangsung selama 4 hari, dimulai sejak hari Kamis 26-30 Maret 2014 di SMP Negeri 5 Siriwini, Nabire, Papua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran (P&P) kabupaten Nabire, Briyur Wenda mengatakan, tujuan dari adanya kerja sama pemerintah kabupaten Nabire dan Unima adalah untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan di Nabire untuk menghadapi era globalisasi.

“Ini adalah kerja sama pemerintah daerah dengan Unima Manado, kami sudah teken Master of Understanding (MoU) dari tahun 2013 yaitu untuk jenjang PGSD, S1 dan S2,” tutur Wenda daat disela-sela kuliahnya, Minggu (30/3/2014) sore.

Lanjut Briyur, “Kami berharap kuliah jarak jauh yang sedang berjalan ini diharapkan meningkatkan kualifikasi pendidikan di Nabire dalam menghadapi era globalisasi, sekaligus mempersiapkan tenaga yang terdidik untuk menyongsong Papua Tengah.”

Khusus guru-guru, kata Wenda, meningkatkan kualifikasi pendidikan untuk sertifikasi guru guna meningkatkan kualitas pendidikan di Nabire pada khususnya, kemudian menjawab tantangan pada umumnya dan juga ke depan kita mempersiapkan sumber daya manusia untuk membangun Nabire.

136 mahasiswa yang mengikuti kuliah ini terbagi dalam dua jurusan, yaitu Manajemen Pendidikan dan Administrasi Publik.

Dikatakan pula, mahasiswa dalam kuliah kelas jarak jauh merupakan gabungan dari pendidik serta pegawai yang tersebar di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kabupaten Nabire.

Sementara itu, Martinus Mandagi, salah satu dosen Unima mengaku perkuliahan yang berjalan merupakan mandat yang diterima pihak kampus dari Kementerian Pendidikan Nasional.

“Kami dari pihak Unima ingin membantu Sumber Daya Manusia di Nabire ini. Kami di Unima ada mandat dari Departemen Pendidikan khusus pendidikan tinggi untuk membantu Sumber Daya Manusia di wilayah timur,” tuturnya saat sebelum memberikan materi.

Dirinya mengakui kerja sama dengan pemerintah tetap berjalan untuk menjawab tantangan masa kini.

Kami dari pihak Unima siap membantu daerah-daerah yang ingin bekerja sama dengan kami, karena memang ini merupakan tugas kami untuk mendidik SDMnya. Menurutnya, mahasiswa akan diberikan tugas untuk memenuhi standar kuliah jarak jauh.

Diketahui dalam kuliah jarak jauh yang berlangsung selama 4 hari tersebut merupakan angkatan pertama sejak melakukan kontrak antara pemerintah kabupaten Nabire dan kampus Unima Manado. Bupati Nabire, Isaiyas Douw,  kepala Bappeda serta kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran kabupaten Nabire termasuk mahasiswa dalam kuliah jarak jauh ini.

(Majalahselangkah)

Pemenang Kegiatan Pendidikan Anak Seutuhnya Di SMP Negeri 2 Wanggar Nabire Akan Dicalonkan Untuk Mengikuti Olimpiade Seni & Olahraga

Last modified on 2014-03-30 19:07:20 GMT. 0 comments. Top.

(Ibu Saloce Yumame / Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Wanggar)

Kegiatan Pendidikan Anak Seutuhnya (PAS) semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang diadakan baru-baru ini oleh SMP Negeri 2 Wanggar Nabire sejak tanggal 9 s/d 22 maret 2014, resmi ditutup oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Wanggar, Saloce Yumame S.Pd, dalam suatu upacara bendera yang berlangsung di halaman SMP Negeri 2 Wanggar 24 maret 2014 lalu.

Saat menutup kegiatan PAS, Saloce Yumame memberi apresiasi dan mengucapkan selamat kepada para pemenang kegiatan PAS 2014 tersebut. Dan pemenang PAS 2014 ini akan dicalonkan sebagai peserta Olimpiade Seni & Olahraga.

Disamping itu, Saloce Yumame juga mengucapkan terima kasih kepada para panitia serta guru. Pemenang kegiatan PAS ini mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 2.825.000,-

Jelang Hari Raya Nyepi 1936 Saka Tahun 2014, Bimas Hindu Nabire Himbau Umat Hindu Jaga Keharmonisan

Last modified on 2014-03-31 11:56:18 GMT. 0 comments. Top.

nyepi 2014

Menjelang perayaan hari raya Nyepi 1936 Saka yang jatuh pada tanggal 31 maret 2014, Bimas Hindu Kementerian Agama  Kabupaten Nabire menghimbau kepada warga hindu yang ada di Nabire, agar senantiasa menjaga  keharmonisan, khususnya memasuki pesta demokrasi lima tahunan ini.

Sementara itu menurut Pgs. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Melias Adii, S.Th.,MM mengatakan, lewat perayaan Nyepi 1936 Saka, umat Hindu Tanah Papua dapat menjalani kehidupan bersama yang makin harmonis, damai, dan sejahtera di Tanah Papua, sehingga Papua Tanah Damai yang menjadi dambaan semua umat beragama dapat kita wujudkan dan dapat kita aplikasikan dalam kehidupan beragama.

Perayaan Nyepi 1936 Saka di Nabire sendiri biasanya dipusatkan di Pura Puja Dewata, Kalisemen SP1 Distrik Nabire Barat kabupaten Nabire yang berlangsung minggu (30/03/2014) dan dilanjutkan dengan meditasi atau berdiam diri dirumah selama hari Nyepi.

Nabire Optimis Wakili Papua Di Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP/MT’s 2014

Last modified on 2014-03-30 09:08:00 GMT. 0 comments. Top.

OSN

Jelang berlangsungnya Olimpiada Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Menengah Pertama yang akan berlangsung di Padang Sumsel dari tanggal 15-21 mei 2014 mendatang, kabupaten Nabire optimis akan mengirimkan perwakilan ke Olimpiade Sains tersebut.

Hal ini diutarakan Kepala Bidang SMP/MTs Dinas Pendidikan kabupaten Nabire. Menurutnya, setelah diadakannya seleksi kabupaten, data seleksi tersebut sudah dikirimkan ke Provinsi untuk seleksi tingkat lanjut mencari perwakilan provinsi Papua ke Olimpiade Sains Nasional.

Ditambahkan Dominikus, berdasarkan hasil seleksi di Nabire, dari ketiga mata pelajaran yang diuji, salah satu SMP swasta di Nabire meraih nilai tertinggi untuk ilm Fisika dan Biologi. Sedangkan untuk Matematika diraih oleh salah satu SMP Negeri di Nabire.

Oleh karena itu Dominikus optimis, siswa SMP asal Nabire akan ikut mewakili provinsi Papua di OSN mendatang, berkaca pada OSN sebelumnya dimana salah seorang siswa SMP YPPK St Antonius Nabire pernah mengikuti OSN mata pelajaran Fisika.

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161