INFO NABIRE

Warga Makimi Pertanyakan Janji PLN Nabire

Last modified on 2015-01-27 17:31:41 GMT. 0 comments. Top.

pln nabire

Mantan Manager PT. PLN Rayon Nabire, Manihar Hutajulu saat bertugas di Nabire dan mengupayakan adanya listrik masuk pada semua kampung yang ada di wilayah Distrik Makimi. Dalam kegiatan sosialisasinya selalu mengatakan pada akhir tahun 2014 atau lebih tepatnya bulan Desember 2014 seluruh listrik yang ada di 6 kampung di Distrik Makimi sudah menyala 24 jam sama seperti di Kota Nabire.

Namun kenyataan membuktikan hingga saat ini janji mantan Manager PT. PLN Rayon Nabire, Manihar Hutajulu itu belum bisa dibuktikan kepada masyarakat 6 kampung se-Distrik Makimi. Sehinga masyarakat kembali menagih janji kepada Manager PT. PLN Rayon Nabire yang baru. Agar apa yang dijanjikan itu bisa terealisasi bagi masyarakat.

Sejumlah tokoh yang ada di 6 kampung se-Distrik Makimi berencana untuk ke kota dan bertemu langsung dengan Manager PT. PLN Rayon Nabire soal janji tersebut. Sebab kini sudah memasuki awal tahun 2015 dan belum terlihat adanya aktifitas kegiatan atau pekerjaan di sepanjang ruas Jalan Samabusa–Makimi.

Sementara terihat sejumlah tiang dan kabel sudah terpasang, namun ada beberapa titik yang belum didirikan tiang. Masyarakat berharap agar ada jawaban seperti apa yang telah dijanjikan mantan Manager PT. PLN Rayon Nabire Manihar Hutajulu kepada masyarakat 6 kampung di Makimi pada tahun 2014 lalu dalam beberapa kali kegiatan sosialisasi.

Tutur beberapa orang tokoh masyarakat akhir pekan lalu di Kampung Makimi, itu janji mantan Manager PT. PLN di hadapan sejumlah tokoh masyarakat. Sehingga selaku tokoh, pihaknya akan kembali menanyakan apa kendala yang dihadapi Manager PT. PLN Rayon Nabire yang ada saat ini.

Sebab sepengetahuan pihaknya selaku masyarakat dan tokoh yang ada di kampung, tugas jabatan boleh diganti tetapi program dan pekerjaan tetap saja berjalan sesuai dengan program yang ada. Agar apa yang menjadi program dari PT. PLN bisa dirasakan masyarakat yang ada di 6 kampung se-Distrik Makimi.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, para tokoh yang ada di 6 kampung se-Distrik Makimi akan melakukan pertemuan langsung dengan Manager PT. PLN Rayon Nabire. Agar pihaknya mengetahui apa yang menjadi kendala di lapangan soal pemasangan tiang dan jaringan. Apabila ada yang bisa para tokoh bantu, pastilah dibantu agar lampu listrik secepatnya menyala 24 jam.

(PPN)

Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan Di Nabire

Last modified on 2015-01-27 17:31:27 GMT. 0 comments. Top.

1

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA, Selasa (27/1) melakukan kunjungan di Kabupaten Nabire. Menteri PPPA yang didampingi Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPPA, Ibu Suri, beserta sejumlah staf kementerian, saat tiba di Bandara Nabire, dijemput sejumlah pejabat daerah. 

Rombongan menteri berkesempatan istirahat sejenak di VIP Room Bandara Nabire. Selanjutnya, rombongan menuju ke Kantor Pertanahan Nabire. Ibu Menteri PPPA yang juga orang Nabire ini mendatangi Kantor Pertanahan Nabire terkait dengan sertifikat tanah yang dimilikinya. Urusan pribadi Ibu Menteri PPPA ini di Kantor Pertanahan soal sertifikat tanah ini berkaitan dengan laporan kekayaan sebagai pejabat negara yang harus dibuatnya. Kepala Kantor Pertanahan Nabire beserta sejumlah staf langsung turun tangan melayani keperluan Ibu Menteri PPPA.

Selepas berurusan di Kantor Pertanahan, Ibu Menteri Yohana melanjutkan kunjungannya ke Masjid Agung Al Falah Nabire. Setibanya di Masjid Al Falah, Ibu Menteri berkesempatan bertemu dengan Ketua PKM Masjid Al Falah, imam masjid dan pengurus masjid itu.

Pada pertemuan yang dilakukan di serambi asmping masjid, Ibu Menteri Yohana Yembise menyampaikan pesan kepada pengurus maupun imam masjid soal pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Secara singkat Ibu Menteri berpesan kepada pengurus dan imam masjid untuk turut serta menyampaikan pesan-pesan terkait dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terhadap umat melalui pertemuan-pertemuan rutin keagamaan.

Selanjutnya, Menteri PPPA Yohana Susana Yembise melanjutkan kunjungannya ke TK Anugerah di AURI Nabire. Ketika sampai di TK Anugerah, sudah memasuki jam pulang anak-anak Tk, sehingga hanya ada beberapa anak yang masih berada di sekolah. Pada kesempatan itu, Ibu Menteri sempat berbincang-bincang dengan pengurus dan guru TK Anugerah. Setelah sempat berkeliling melihat bangunan TK Anugerah, ibu menteri melanjutkan kunjungannya.

Selanjutnya lokasi yang menjadi sasaran kunjungan ibu menteri adalah Gereja Immanuel Kota Lama. Sesampainya rombongan di Gereja Immanuel Kota Lama, ketua klasis, para pendeta, pengurus gereja serta warga jemaat telah bersiap diri menyambut kedatangan menteri orang Nabire ini.

Diawali dengan doa dan nyanyian puji-pujian, dilanjutkan dengan penyampaian ibu menteri terkait kunjungannya di gereja ini. Selain penyampaian oleh ibu menteri, sejumlah perwakilan dari Gereja Immanuel Kota Lama juga berkesempatan untuk menyampaikan isi hatinya kepada ibu menteri. Pada kunjungan baik saat berada di Masjid Agung Al Falah maupun saat kunjungan di Gereja Immanuel Kota Lama, ibu menteri menyatakan kesanggupannya untuk membawakan proposal dari masing-masing tempat ibadah untuk disampaikan ke Kementerian Agama RI di Jakarta.

Kunjungan Menteri PPPA berakhir di Gereja Immanuel Kota Lama. Selanjutnya menteri beserta rombongan menuju Hotel Mahavira 2 untuk makan siang dan dilanjutkan dengan istirahat. Menurut informasi, ibu menteri beserta rombongan akan bertolak dari Nabire untuk kembali ke Jakarta, Rabu (28/1) hari ini.

(PPN)

Muslub AMK Hasilkan Petrus Sadi Sebagai Ketua AMPK 2 Tahun Kedepan

Last modified on 2015-01-27 10:18:36 GMT. 0 comments. Top.

PS

Melalui Musyawarah Luar Biasa Aliansi Masyarakat Pesisir dan Kepulauan (Muslub AMPK) Kabupaten Nabire, Petrus Sadi, S.IP., M.Si terpilih sebagai Ketua Pergantian Antar Waktu(PAW). Dengan demikian Petrus Sadi resmi memimpin Aliansi Masyarakat Pesisir dan Kepulauan 2 tahun kedepan.

Dua tahun itu merupakan sisa waktu masa Kepengurusan Aliansi Masyarakat Pesisir dan Kepulauan periode 2012-2017.

Petrus Sadi, menjadi Ketua PAW Aliansi, setelah dalam pemilihan/voting menang atas kandidat lainnya Herman Sayori dengan meraih 53 suara dari total suara peserta sebanyak 66 suara, unggul atas saingannya Herman Sayori yang hanya memperoleh 13 suara.

Sebelumnya, ada 10 peserta yang maju untuk dicalonkan sebagai Ketua PAW Aliansi, namun dari 10 calon, 8 calon menyatakan tidak siap sehingga sisa dua calon yakni Herman Sayori dan Petrus Sadi.

Herman Sayori akhirnya ditetapkan oleh Tim Formatur sebagai Ketua II. Sementara Sekretaris dijabat oleh Victor Mori dan Sekretaris II Doni Nuwari, SE.

Tim Formatur juga telah melengkapi bidang-bidang dan menetapkan coordinator bidangnya, sementara untuk anggotanya masih akan disusun kemudian.

Ketua terpilih, Petrus Sadi dalam sambutannya mengharapkan dukungan para kepala suku dalam membina dan mengarahkan pengurus dalam membawa untuk menuju tujuan organisasi. Bahwa, Alainsi merupakan organisasi kemasyarakatan dan wadah untuk mengumplkan masyarakat mulai dari Goni sampai Kamarisano.

Petrus juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya guna menjalankan/membawa organisasi Aliansi pada tujuan yakni mengembalikan basis kultur Nabire kepada yang benar-benar pemiliknya.

Dalam kesempatan itu, Petrus Sadi meminta kepada Dewan Pendiri untuk menerbitkan SK bagi Kepengurusan Aliansi terpilih agar mendapat legitimit/mendapat legitimasi.

“Langkah pertama yang akan kita ambil adalah pelaksanaan pelantikkan/pengukuhan yang akan dilakukan oleh Kepala Suku Besar dan disaksikan oleh seluruh komponen adat di Kabupaten Nabire dan kami berharap pelantikkan dilaksanakan dalam waktu dekat,” pungkasnya.

(PPN)

Musyawarah Luar Biasa Aliansi Masyarakat Pesisir & Kepulauan Kabupaten Nabire

Last modified on 2015-01-27 09:57:46 GMT. 0 comments. Top.

(Dok. Ramah Tamah Hari Bhakti PU di Aula PU Nabire)

Bertempat di Aula Dinas Pekerjaan Umum (PU) jalan Merdeka kabupaten Nabire, Musyawarah Luar Biasa Aliansi Masyarakat Pesisir & Kepulauan (AMPK), resmi dibuka, sabtu (24/01).

Musyawarah ini dibuka oleh Kepala Suku Besar Wate, Didimus Waray, dan turut dihadiri oleh 6 Kepala Suku Pesisir & Kepulauan yaitu Kepala Suku Besar Yerisiam, Kepala Suku Wate, Kepala Moor Mambor.

Sidang Muslub AMPK ini dipimpin oleh Edy Wabes, SH, didampingi Yuliana Mori dan Edy Erari, SH.

Dalam sambutanya, Didimus Waray mengatakan, sudah saatnya bagi masyarakat pesisir dan kepulauan mulai dari Goni sampai Kamarisano untuk bersatu dan tidak lagi terpecah belah. Ungkapnya, sudah cukup bagi masyarakat pesisir dan kepaulaun berpecah belah dan inilah saat yang tepat untuk bersatu.

Terkait dengan kewilayahan, Didimus menyatakan bahwa Nabire yang merupakan wilayah pesisir sudah semustinya untuk anak-anak pesisir (dari Goni sampai Kamarisano) untuk menjadi tuan di Nabire.

Dalam kesempatan itu, Didimus Waray, menyinggung terkait pembangunan di Kabupaten Nabire. Menurutnya, masih banyak yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah, diantaranya Jembatan Samabusa Bawah, Jembatan Kimi Bawah yang sampai saat ini belum dibangun. Begitu pula dengan sarana jalan di Yaro dan Yaur masih banyak yang perlu mendapat perbaikkan.

“Lapangan terbang internasional di Kaladiri sampai saat ini juga belum berdiri. Sampai kapan kita naik pesawat yang isinya hanya 8 orang. Kita sudah ingin menikmati fasilitas angkutan udara/kapal terbang yang memadai. Kita bisa menikmatinya hanya dengan Bandar udara internasional Kaladiri dibangun,” ungkapnya.

Didimus juga menyinggung perihal penahanan salah seorang pejabat oleh Kejaksaan Negeri Nabire. Kepala Suku Besar Wate itu meminta kepada semua pihak untuk tidak ikut campur dalam proses hukum yang sedang berjalan apalagi meminta untuk dibebaskan.ngkaderan,” pungkasnya.

Ibadah Syukuran Natal 2014 & Lepas Sambut Tahun Baru 2015 Ikatan Keluarga Toraja Di Nabire

Last modified on 2015-01-26 10:17:33 GMT. 0 comments. Top.

Kerukunan Ikatan Keluarga Toraja kabupaten Nabire, gelar perayaan natal 2014 dan lepas sambut 2015 di aula maranatha malompo, minggu sore (25/01). Tujuan kegiatan ini adalah untuk merajut kasih dan mempererat sesama anggota IKT di Nabire.

Dalam sambutannya, ketua IKT, agus rimba mengatakan sdm IKT sudah siap untuk mendukung program pemerintah Nabire.

Agus juga meminta seluruh warga IKT bersatu padu untuk membangun Nabire, dan akan terus membuktikan bahwa keberadaan warga Toraja di Kabupaten Nabire mempunyai peran penting dalam pembangunan dan kemajuan Nabire.

Sementara sumber dana acara ini berasal dari sumbangan Bupati Nabire, dana awal dari perayaan Natal, sumbangan dari warga IKT dan donatur IKT setelah tim usaha dana yang dimotori Manton bergerak, sekolah-sekolah yang ada di Yayasan Bhakti Mandala, sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Nabire dari IKT.

Turut dihadiri oleh Wakil Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si., Sekda Kabupaten Nabire, Drs. Johny Pasande, Kapolres Nabire, AKBP. H. R. Situmeang, S.IK., SH, tiga anggota DPRD Kabupaten Nabire, Agus Rimba yang juga Ketua IKT, Ruben Tandi dan Muhamad Iskandar.

Turut hadir dalam ibadah ini sejumlah ketua-ketua kerukunan, diantaranya Ketua KKSS H. Suarno Madjid, Ketua Kerukunan Keluarga Batak, Asmin Hasudungan Sihombing.

Rapat Lanjutan Gerakan Pramuka Kwarcab Nabire

Last modified on 2015-01-26 10:15:50 GMT. 0 comments. Top.

pramuka

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang kabupaten Nabire, menggelar rapat bersama bertempat di SMP Negeri 1 Nabire untuk menindaklanjuti hasil rapat sebelumnya.

Rapat ini sendiri dipimpin oleh Wakil Ketua Kwarcab kabupaten Nabire, P. Musendi. Dalam arahannya, P Musendi mengatakan, rapat ini bertujuan untuk membahas program dan RAB dalam rangka HUT Lord Baden Powell serta hari kepanduan sedunia.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Panitia Yohan Rumayomi mengatakan, beberapak kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya bhakti masyarakat pada 8 februari mendatang, pesta saga pada 10 februari, juga akan diadakan perkemahan di distrik Wanggar Nabire.

Ketua BAZDA Nabire Tutup Usia

Last modified on 2015-01-26 10:13:59 GMT. 0 comments. Top.

1

Warga Nabire merasa kehilangan sosok pemersatu sekaligus tokoh agama di Nabire yaitu Ustad H Dahlawi Lubis yang meninggal dunia. Banyak yang melayat ke rumah duka di jalan Gobay Girimulyo Nabire.

Adapun jenazah Ustad H Dahlawi akan disholatkan di Masjid Al Hidayah dan dipimpin oleh H.Sulaiman,

Istri almarhum menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat jika selama ini ada tutur kata dan tingkah laku almarhum yang tidak berkenan.

Sementara itu Kerukunan Keluarga Batak yang diwakili Ibrahim Padang juga turut menyampaikan dukacita kepada keluarga almarhum.

Ustad H. Dahlawi Lubis meninggalkan seorang istri, 3 orang anak, dan 1 orang cucu. Selama ini almarhum giat mengajar di STAIS Nabire, beberapa sekolah di Nabire, serta menjadi Ketua Badan Infaq & Zadakah Nabire.

Gangguan Jaringan Telkomsel Di Nabire Dikarenakan Kapasitasnya Sudah Overload

Last modified on 2015-01-25 15:46:30 GMT. 0 comments. Top.

telkomsel

Akhir-akhir ini, jaringan telekomunikasi di Nabire khususnya dari operator Telkomsel, banyak mengalami gangguan terutama komunikasi suara maupun pesan singkat.

Penanggung jawab PT Telkomsel cabang Timika di Nabire, Celsius Lamere, mengatakan, gangguan-gangguan tersebut dikarenakan kapasitas Telkomsel di Nabire sudah mengalami over load, khususnya pada jam-jam sibuk antara pukul 18.00 wit s/d 23.59 wit. Oleh karena itu, diharapkan khusus untuk panggilan telepon bisa dilakukan diluar jam itu untuk mengantisipasi gangguan atau susahnya berkomunikasi.

Oleh karena itu, menurut Celsius Lamere, ntuk mengantisipasi hal ini, dalam waktu dekat Telkomsel di Nabire akan diupgrade kapasitasnya.

Disinggung mengenai jaringan 3G yang masih belum stabil di Nabire, Celsius mengatakan bahwa memang saat ini masih difokuskan di dalam kota Nabire dahulu, kedepannya baru akan diperluas. Ditegaskan Celsius Lamere, saat ini 3G sudah diperluas jaringannya hingga ke Siriwini dan Bumi Wonorejo Nabire.

“Jika masyarakat ingin mengirimkan sms atau berkomunikasi lewat panggilan telepon silahkan gunakan mode GPRS atau Edge, tetapi jika ingin menggunakan paket data internet, silahkan dialihkan ke mode 3G untuk wilayah yang sudah dijangkau oleh jaringan 3G,” pungkas Celsius.

(Arnold Saudila)

 

 

 

Ibadah Pengucapan Syukur 2 Anggota DPRD Nabire Periode 2014-2019

Last modified on 2015-01-25 15:44:03 GMT. 0 comments. Top.

2

Setelah dilantik akhir desember 2014 lalu, beberapa anggota DPRD kabupaten Nabire melakukan ibadah pengucapan syukur atas terpilihnya mereka menjadi anggota DPRD Nabire.

Bertempat di kediamannya di jalan Frans Kaisepo, jumat (23/1), Ruben Tandi selaku anggota DPRD Kabupaten Nabire Periode 2014-2019 dari PDI-Perjuangan, mengadakan ibadah syukuran.

Hadir dalam ibadah syukuran ini, Wakil Bupati Nabire Mesak Magai, Sekda Kabupaten Nabire Drs. Jhony Pasande, Ketua Ikatan Keluarga Toraja Kabupaten Nabire, Ketua-Ketua Arisan, para hamba Tuhan, serta simpatisan pendukung Ruben Tandi.

Ibadah syukuran di awali dengan doa pembukaan oleh salah seorang pendeta, dan dilanjutkan dengan puji-pujian, Keluarga Ruben Tandi, dan di lanjutkan dengan firman tuhan oleh Pdt. Daniel Samben, dimana dalam firmanya mengajak semua orang agar tetap pada pendirinanya dalam membangun kebersamaan dan selalu memuliakan Tuhan, karena tuhanlah kita dapat berkarya.

Setelah ibadah syukuran berakhir, acara di lanjutkan dengan pesan dan kesan oleh Ruben Tandi Dan Ketua DPC Partai PDIP Kabupaten Nabire, dimana mengajak seluruh simpatisan agar tetap solid dalam membangun kebersamaan.

Sementara itu di tempat lain pada hari yang sama, di dusun Argomulyo SP II Topo Distrik Uwapa, Hengki Magai yang merupakan perwakilan rakyat di DPRD dari partai Nasdem, mengadakan ibadah pengucapan syukur atas terpilihnya menjadi anggota DPRD Nabire periode 2014-2019.

Sejumlah tokoh penting yang turuh hadir diantaranya, Wakil Bupati Mesak Magai, S.Sos, M.Si, anggota KPU Nabire, Yusuf Kobepa, SH, Ketua DPW Partai Nasdem Propinsi Papua, Saharudin dan Ketua DPC Partai Demokrat, Frans U. Magai. Tak hanya itu, sejumlah kepala kampung dan sekretaris Distrik Uwapa, Dipa, dan Menou juga turut hadir.

Ibadah sukuran yang dipimpin Pendeta Leonard Wakei dalam homili kotbahnya dipetik dari ayat Alkitab Tesalonika 5 ayat 8. Mengucap syukur dalam segala hal bagi orang percaya. Segala sesuatu terjadi hanya demi kemuliaan Allah. Dimana saat ini, baik dan buruk bertumbuh sebagai dua orang manusia. Dimana yang menonjol saat ini adalah tindakan perbuatan manusia yang melanggar kehendak Allah. Tidakan manusia melawan kehendak Tuhan, sementara yang baik semakin turun. Maka pujian hormat bagi Tuhan tetap diselamatkan.

Usai pengucapan ibadah syukuran bersama, warga sempat memberikan kesempatan pertama kepada Yusuf Kobepa, SH menyampaikan sepatah kata. Dikatakannya, di daerah Dipa/Menou Dapil Nabire 3, memperoleh 8.000 suara. Dia berpesan, pertama kita semua takut Tuhan. Hal yang kedua taat kepada aturan undang–undang. Ketiga kita bekerja dengan jujur.

Wakil Bupati Nabire, Mesak Magai yang hadir sebagai keluarga pada acara syukuran berpesan kepada warga Dipa dan Menou. Jalan raya, jalan nasional Nabire, Paniai, Ilaga lewat Distrik Uwapa, merupakan kekayaan kita semua. Momen baik untuk kita boleh memanfaatkan sarana tersebut. Sementara jalan masuk Argomulyo belum diaspal, keadaan akses sarana jalan aspal disekitar distrik kota juga ada yang masih belum diaspal. Dengan demikian, Wakil Bupati Nabire sebagai mantan anggota DPRD Nabire menyarankan kepada Hengki Magai sebagai anggota DPRD terpilih dari Dapil 3 Dipa Menou dan sebagai Ketua Komisi A yang membidangi keuangan dan pembangunan, setidaknya mengetahui soal kinerja, pengawasan anggaran juga kebijakan.

Sehingga pengawasan anggaran APBD yang berpihak kepada kepentingan masyarakat terutama bagi warga Argomulyo dan sekitarnya. Magai selaku mantan anggota DPRD sebelumnya menilai dan polos memberitahukan kepada warga bahwa APBD tahun–tahun sebelumnya tidak rerevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian Mesak meminta kepada anggota DPRD terpilih Dapil 3 membangun mitra dengan baik. Sehingga asprasi juga kepentingan dan kebutuhan masyarakat bisa terakomodir.

Pada kesempatan itu Mesak Magai selaku keluarga memberikan dana 10 juta rupiah kepada Jemaat Argomulyo Distrik Uwapa.

Paparan 3 Produk Hukum Oleh Kajari Nabire Kepada PW Klasis Paniai Di Nabire

Last modified on 2015-01-25 15:42:26 GMT. 0 comments. Top.

jaksa

Dalam tahun 2015 ini, Kejaksaan Negeri Nabire antusias untuk memberikan penyuluhan dan penyadaran hukum bagi warga masyarakat di Nabire. Hal itu dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri Nabire, T. Banjarnahor, saat memberikan paparan 3 produk hukum kepada Persekutuan Wanita Wilayah Klasis Paniai di Nabire, sabtu (23/01), bertempat di GKI Is Kijne Kalibobo Nabire.

Ketiga produk hukum tersebut yakni, undang-undang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, serta undang-undang perlindungan anak serta pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme.

Dijelaskan T. Banjarnahor, khusus tentang undang-undang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga, khususnya terhadap isteri yang terjadi pada saat ini mengalami peningkatan baik dari segi kuantitasnya maupun dari segi kualitasnya. Hal ini tentunya mendapat perhatian dari semua pihak untuk mengetahui bentuk-bentuk kekerasan, faktor-faktor penyebabnya dan bagaimana perlindungan hukum bagi isteri yang menjadi korban kekerasan suami.

Masalah utama yang perlu mendapat perhatian adalah perlindungan hukum bagi perempuan khususnya isteri yang menjadi korban kekerasan suami. Walaupun dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana ada beberapa pasal yang mampu menjerat perlakukan kekerasan ini, namun tindak kekerasan suami terhadap istri masih sering terjadi.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266