Mulai Hari ini, Pemeriksaan Sampel Swab Test Covid-19 Dilakukan di Nabire

(Mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) atau sering disebut Rapid Molecular Diagnostic untuk pemeriksaan swab test pasien Covid-19)



Nabire – Dinkes Papua akhirnya mensupport alat Tes Cepat Molekuler (TCM) bagi pemerintah kabupaten Nabire, untuk memeriksa hasil swab test Covid-19. Dengan hadirnya alat TCM ini, kini pemeriksaan swab test dari kabupaten Nabire tidak perlu lagi dikirim ke Litbangkes Jayapura, tapi langsung dilaksanakan di Nabire.

Berkaitan dengan hal tersebut, hari ini, senin (01/06), bertempat di RSUD Nabire, Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 kabupaten Nabire, menerima kunjungan dr. Aaron Rumainum, M.Kes, selaku Pj.Tim Giat Lacak Kontak Covid-19 Papua, dan Ibu Hamidah selaku Pj. Giat Laboratorium Covid-19, dalam rangka melakukan pendampingan awal pengoperasian alat tes cepat molekuler (TCM).

(Baca Juga : Persingkat Waktu, Dinkes Papua Berencana Sediakan Lab Pemeriksan Covid-19 di Timika)

Tim Gugus Tugas Covid-19 Nabire dipimpin oleh Ketua Harian, Victor Fun, S.Sos, M.Si didampingi Jubir Satgas, dr. Frans Sayori, M.Kes.

Dalam kesempatan tersebut, juga langsung dilaksanakan swab test bagi pasien covid-19 kabupaten Nabire.

Dokter Aaron Rumaimum, M.Kes menjelaskan, selama ini TCM digunakan untuk pemeriksan TBC tetapi sekarang bisa digunakan untuk Swab Test Covid-19 karena Kementerian Kesehatan telah mengirimkan satu alat tambahan untuk dipasang di mesin TCM yaitu Cartridge atas permintaan Pemda.

“Berkenaan dengan itu, kami dari tim provinsi datang ke Nabire untuk bersama-sama dengan tim dokter atau tim Covid-19 Nabire mau operasikan mesin TCM ini. Jadi, sekarang sampel swab tidak dikirim ke Jayapura,”, kata dr.Aaron Rumainum, M.Kes, seperti dilansir dari Humas Pemkab Nabire.

Lebih lanjut, dr.Aaron mengatakan, saat ini Kementerian Kesehatan baru mengirimkan Cartridge ke Serui dan Nabire. Serui sudah beroperasi. Nanti akan dikirimkan juga ke Kabupaten lain seperti Kabupaten Paniai, Wamena, Biak dan Timika.

“Jadi, kami optimis hari ini juga Nabire bisa operasikan alat ini, bisa lakukan swab untuk 10 orang yang dirawat di RSUD dan hasilnya bisa diketahui hari ini,” kata dr. Aaron Rumaimum.

Oleh karena itu, terhitung mulai hari ini, tanggal 1 Juni 2020, Pemkab Nabire (Gugus Tugas Covid-19) melakukan swab tes di Nabire, tidak lagi mengirimkan sampel swab Covid-19 ke Litbangkes Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Ketua Harian Gugus Tugas, Victor Fun, S.STP., M.Si didampingi Juru Bicara Gugus Tugas, dr. Frans Sayori mengaku bersyukur karena usaha dan kerja keras dari pemerintah daerah, dalam hal ini dari Pak Bupati Nabire bersama seluruh Gugus Tugas Nabire bersama tim provinsi telah membuahkan hasil. Kini, kita tidak lagi mengalami kendala seperti kita alami selama ini, yaitu kendala transportasi dan kendala waktu pengiriman sampel swab ke Jayapura.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, dr. Frans Sayori mengatakan, “Secara kumulatif Nabire ada 19 kasus. Tapi, 9 sudah sembuh dan 10 masih dirawat. Dari 10 orang ini, 5 masih positif dan 5 negatif untuk swab pertama. Jadi, hari ini, kami akan prioritaskan pemeriksaan untuk 10 orang ini dengan alat TCM yang sudah ada. Selanjutnya kami akan melakukan swab pada antrean data reaktif yang telah kami miliki. Semoga dengan adanya alat ini, kita bisa ketahui lebih cepat apakah kasus Covid-19 di Nabire menurun atau naik sehingga menjadi dasar bagi Bupati untuk pengambilan kebijkan selanjutnya.”

Direktur RSUD Nabire, dr. Andreas Pekey diwakili dr. Toto Suprapto, MARS, Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD mengatakan, “RSUD pada prinsipnya siap SDM, tim medis sudah siap. Kami menyampaikan terima kasih kepada tim dari provinsi atas bimbingan awal ini. Hari ini juga kita akan lakukan swab tes dengan alat yang ada.”

“Jadi, kami harapkan agar seluruh warga Nabire selalu mematuhi semua edaran dan himbauan dari pemerintah daerah dan tim medis serta memberikan dukungan agar secepatnya kita memutus rantai penyebaran Covid-19 di Nabire,” kata dokter Toto.

Mengenal Alat Tes Cepat Molekuler (TCM)

Selama ini mesin TCM atau RMD ini lebih dikenal sebagai alat untuk pemeriksaan bagi pasien TB (tuberkulosis). Pada kasus TB, pemeriksaan TCM bisa menghasilkan akurasi 99 persen. Mesin TCM dapat memeriksa kuman pada dahak pasien untuk mengetahui apakah seseorang positif TB atau tidak.

Kini, mesin TCM tersebut dimodifikasi untuk memeriksa spesimen Covid-19 di Indonesia, dengan mengubah setting dan menambahkan cartridge khusus.

[Nabire.Net]

One Response to Mulai Hari ini, Pemeriksaan Sampel Swab Test Covid-19 Dilakukan di Nabire

  1. Riyan Tabu berkata:

    Semoga dengan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) ini. Dapat membantu Tim Gugus Tugas penanggulangan COVID 19 kabupaten Nabire, untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID 19 di kabupaten Nabire. Kepada Tim Gugus Tugas penanggulangan COVID 19. Slamat Menjalankan Tugas dan Tanggung jawabnya, “SEMOGA TUHAN MEMBERKATI”..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *