Mulai Besok, Sosialisasi Perbup 21 Terkait Prokes Covid19 Dilaksanakan Selama 2 Minggu

(Mulai Besok, Sosialisasi Perbup 21 Terkait Prokes Covid19 Dilaksanakan Selama 2 Minggu)

Nabire – Meningkatnya kasus Covid19 di kabupaten Nabire menjadi perhatian pemerintah daerah untuk membuat peraturan tentang penegakan disiplin terkait protokol kesehatan covid-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, sejak pekan lalu, telah dilaksanakan Sosialisasi Perbup tentang penegakan disiplin terkait protokol kesehatan covid-19.

(Baca Juga : Pemkab Nabire Kaji Aturan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid19)

Adapun Perbup Nabire Nomor 21 tahun 2020 berkaitan dengan penerapan disiplin dan penegakan hukum terkait protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di Nabire.

Dan yaang menjadi sasaran dari Perbup Nabire Nomor 21 tahun 2020 ini adalah warga perorangan, para pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum yang wajib mematuhi protokol kesehatan.

(Baca Juga : Pemkab Nabire Resmi Tetapkan Peraturan Terkait Protokol Kesehatan Covid-19)

Oleh karena itu, mulai selasa (13/10), akan dilaksanakan Sosialisasi kepada warga masyarakat baik secara perorangan maupun kepada pelaku usaha dan sejenisnya.

Hal itu dibenarkan Kapolres Nabire, diwakili Waka Polres, Kompol Samuel Tatiratu, S.Ik, melalui sambungan telepon kepada Nabire.Net, senin malam (12/10).

Waka Polres mengatakan, sosialisasi yang akan dimulai tanggal 13 Oktober ini akan dilaksanakan di enam titik, masing-masing di lampu merah Pantai Nabire, Tugu Cendrawasih Oyehe, lampu merah perempatan Kusuma, tugu selamat datang depan Bandara, depan BLUD RSUD Nabire dan perempatan Bumi Wonorejo Nabire.

Selama pelaksanaan kegiatan untuk sasaran perorangan, dimulai dari pukul 07.00 hingga 08.00 Wit, melibatkan TNI/Polri, Satpol PP, sejumlah komunitas dan instansi lainnya.

“Nanti jika ada yang terjaring tidak menggunakan masker, mereka akan dikumpulkan dengan memperhatikan jarak perorang, kemudian disosialisasikan di tempat, kemudian mereka dibagikan masker dan brosur, ini untuk kegiatan pagi” tutur Waka Polres.

Sementara untuk kegiatan sosialisasi malam hari dari pukul 19.00 hingga pukul 20.00 Wit, akan dilakukan secara mobile (keliling) dan melibatkan TNI/Polri dan instansi. Sasaran sosialisasi malam hari yaitu di tempat-tempat keramaian, dan sosialisasi menggunakan pengeras suara.

“Di hari berikutnya, sasaran sosialisasi adalah untuk kelompok seperti di Pasar KPR, Pasar Smoker, Pasar Oyehe, Pasar Kalibobo, kita akan himbau sekaligus libatkan pengurus Pasar agar sosialisasi bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

Sementara pelaku usaha lainnya seperti pemilik toko, Swalayan, tempat hiburan seperti Kafe, juga akan menjadi sasaran sosialisasi.

“Sosialisasi ini akan dilaksanakan 2 minggu kedepan. Di minggu pertama kita akan beri himbauan dan pembagian masker bagi warga yang tidak punya. Kemudian di minggu kedua sifatnya berupa teguran,” ujar Waka Polres.

Lanjut Waka Polres, setelah sosialisasi selama 2 minggu, di minggu ketiga sudah memasuki penindakan. Jika perorangan tidak menggunakan masker di minggu ketiga, walaupun sudah mendapat sosialisasi di minggu pertama dan kedua, maka akan disanksi melakukan pembersihan fasilitas umum.

“Jika yang bersangkutan (perorangan) tidak berkenan membersihkan fasilitas umum, maka dirinya akan dikenai sanksi administrasi 50 ribu. Sanksi 50 ribu tersebut akan digunakan untuk pengendalian Covid19 untuk membeli 4 masker untuk orang lain dan 1 masker untuk yang bersangkutan.” katanya.

Kemudian untuk pelaku usaha, pemilik tempat hiburan dan sejenisnya, mereka akan disanksi administrasi 500 ribu di minggu ketiga, jika sudah diberikan sosialisasi di minggu pertama dan kedua.

“Semua sanksi berupa denda akan digunakan untuk membantu pengendalian Covid19, penanganannya sendiri akan dikelola oleh Pemkab Nabire,” tutup Waka Polres, Kompol Samuel Tatiratu.

[Nabire.Net]


One Response to Mulai Besok, Sosialisasi Perbup 21 Terkait Prokes Covid19 Dilaksanakan Selama 2 Minggu

  1. Om peduli masker berkata:

    Mantappp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *