Mengenal Sosok Donatus Uwiya yang Mengintip Peluang Usaha Lewat Bengkel Motor

(Mengenal Sosok Donatus Uwiya yang Mengintip Peluang Usaha Lewat Bengkel Motor)

Dogiyai – Mekanik bengkel adalah salah satu pekerjaan yang jarang dijumpai ditekuni oleh Orang Asli Papua. Namun sosok Donatus Uwiya, hadir untuk menunjukkan bahwa OAP juga memiliki bakat dan kemampuan di bidang perbengkelan.

Donatus Uwiya hanya seorang pemuda biasa yang berasa dari Kampung Diyaikunu, Distrik Siriwo, kabupaten Nabire.

Berbekal niat dan kemauan, Donatus mencoba membuka bengkel motor sederhana di kabupaten Dogiyai. Motivasi Donatus untuk membuka bengkel lahir dari cerita sederhana yang ia alami sendiri.



Awalnya Donatus menitipkan motornya yang rusak di salah satu bengkel di Dogiyai. Namun hingga 1 tahun lebih, motor tersebut tak kunjung selesai perbaikannya. Karena kecewa, Donatus membawa pulang motornya.

Setelah itu, Donatus mencoba mempelajari cara memperbaiki motor rusak di salah satu bengkel selama enam bulan, sekaligus sambil membantu pekerjaan di bengkel tersebut.

Akhirnya setelah enam bulan mendapatkan pengalaman, Donatus memutuskan keluar dari bengkel tempat ia bekerja dan menimba ilmu, dan memutuskan untuk membuka bengkel di KM 170.

Berbekal peralatan sederhana, Donatus mencoba memperbaiki motor mulai dari hal-hal kecil seperti menambal ban, mengencangkan rantai, hingga membongkar mesin motor.

Donatus berharap, suatu hari nanti, pengalaman dan jerih payah yang ia tekuni saat ini bisa membuahkan hasil, bengkelnya akan menjadi bengkel yang besar, yang bisa membantu banyak orang, serta menginspirasi setiap orang bahwa Orang Asli Papua juga mampu dalam bidang yang ia tekuni.


[Nabire.Net/Marcelus Maga]

One Response to Mengenal Sosok Donatus Uwiya yang Mengintip Peluang Usaha Lewat Bengkel Motor

  1. Musa Boma berkata:

    Luar biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *