Menelusuri Keindahan Pulau Kapotar (Mowirin) Distrik Moora Nabire Papua Yang Hanya Ditinggali 1 Keluarga

(Foto.Julius.Oei/MTMA.Nabire)

Nabire – Keberadaan Situs Momorikotey, di Pulau Kapotar, Kampung Mambor, Distrik Moora kabupaten Nabire perlu dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik tanpa meninggalkan kearifan lokal yang ada.

Pulau Kapotar memang jarang didengar oleh warga Nabire, namun dari informasi yang diterima Nabire.Net dari Hari Suroto selaku Peneliti Balai Arkeologi Papua, Pulau Kapotar lebih familiar disebut Pulau Mowirin bagi warga Nabire.

Hari sendiri berkunjung ke Pulau Kapotar/Mowirin ini pada bulan November 2018 lalu, untuk memimpin penelitian situs Momorikotey yang ada di pulau tersebut.

(Baca Juga : Wow, Ada Pisang Unik, Di Pulau Kapotar, Kampung Mambor, Distrik Moora, Nabire, Papua)

(Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto (Kaos Oranye) & Team saat bertolak menuju Pulau Kapotar/Mowirin)

Kepada Nabire.Net, Hari bercerita pengalaman unik dan menyenangkan yang ia alami selama berkunjung ke Pulau Kapotar/Mowirin tersebut.

Dikatakan Hari, butuh waktu kurang lebih 60 menit untuk berkunjung ke Pulau Kapotar/Mowirin menggunakan perahu motor dari pelabuhan Samabusa Nabire.

Menurut Hari, saat berkunjung ke pulau yang berdepanan dengan Pulau Mambor ini, ia bertemu dengan Bapak Decky Aritahanu selaku satu-satunya penghuni Pulau Kapotar.

“Pak Decky ini dulunya Kepala kampung Mambor, Tokoh Adat Mambor dan salah satu keluarga pemilik ulayat di Pulau Kapotar, dan hanya beliau yang tinggal di pulau tersebut bersama keluarganya”, kata Hari.

Decky Aritahanu ini juga merupakan pemilik ulayat situs Momorikotey. Di Pulau Kapotar, keluarga Pak Decky juga berkebun.

(Baca Juga : Peneliti Balai Arkeologi Papua Ceritakan Mitos Unik Pulau Kapotar Distrik Moora Nabire)

“Pulau Kapotar ini sangat cantik untuk dieksplorasi dan airnya tenang serta full pasir putih, sangat bagus untuk jadi destinasi wisata”, kata Hari.

Namun jika dikelola sungguh-sungguh untuk menjadi destinasi wisata, harus tetap mengedepankan kearifan lokal setempat.

Nah sobat Nabire, sekarang sudah tahu kan Pulau Kapotar atau Pulau Mowirin yang berada di gugus kepulauan Mambor, Distrik Moora ini.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *