Meki Nawipa & Oktopianus Gobai Sah Pimpin Kabupaten Paniai 5 Tahun Kedepan

Kabupaten Paniai adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Letaknya berada di wilayah pegunungan tengah Papua dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Kabupaten yang memiliki luas 18.104,63 km² ini beribukota di Enarotali.

Kabupaten Paniai terbentuk lewat UU No 45 tahun 1999. Sementara lokasi Kantor Bupati Paniai berada di ibukota kabupaten Paniai, Enarotali, Desa Madi. Saat itu Kantor Bupati Paniai diresmikan oleh Gubernur Papua JP Solossa pada Juli 2004, serentak dengan peresmian kantor pemerintahan dan sarana publik lainnya seperti Kantor Bappeda, Kantor DPRD, Kantor DPU, Kantor Dinas Pertanian, Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran, Kantor Kesehatan, Kantor Sosial, Kantor Bawasda, Kantor Perindag, Kantor Pariwisata, Kantor Kependudukan, Kantor BPMD, Mesjid Al Mubaraq Enarotali, dan Gereja Pantekosta Enarotali.

Didaulat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Paniai saat itu adalah pasangan Januarius Douw dan Naftali Yogi. Masa pemerintahan Januarius Douw dan Naftali Yogi kemudian dilanjutkan Hengki Kayame dan Yohanes Youw dari 2013 hingga 2018.

Menjelang masa berakhirnya periode Bupati Hengki Kayame, pemilihan Kepala Daerah kembali dilaksanakan dan menjadi agenda nasional, demikian halnya di kabupaten Paniai.

Seharusnya dilaksanakan sesuai jadwal nasional yakni 27 Juni 2018, namun karena alasan keamanan, sehingga pelaksanaan Pilkada Paniai ditunda dan baru dilaksanakan 25 Juli 2018.

Pilkada Paniai hanya diikuti oleh 2 pasangan calon masing-masing Hengki Kayame SH MH selaku petahana Bupati dengan pasangan barunya Drs. Yehezkiel Tenouye, menantang pasangan Meki Nawipa dan Oktopianus Gobai S.IP.

Hengky Kayame dan Yehezkiel Tenouye memborong 7 partai pengusung yaitu Gerindra, Demokrat, PBB, PKPI, PAN, PPP dan Golkar. Sementara Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay diusung Partai Nasdem dan PKB.

Berdasarkan hasil pleno KPU Papua pada tanggal 8 Juli 2018 yang dilaksanakan di Paniai, perolehan suara terbanyak Pilkada Paniai yang diikuti 2 pasangan calon adalah sebagai berikut :

  1. Pasangan Calon Nomor Urut 1 : Hengki Kayame-Yehezkiel Tenouye (28.517 suara)

  2. Pasangan Calon Nomor Urut 3 : Meki Nawipa-Oktopianus Gobay (73.423 suara)

Tidak puas dengan hasil pleno, pasangan Hengki dan Yehezkiel mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi dengan dalil bahwa rekomendasi Panwas Paniai tidak dijalankan oleh KPU Paniai. Oleh karena itu pasangan ini meminta dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang.

Namun Mahkamah Konstitusi akhirnya menolak gugatan pasangan Hengki dan Yehezkiel yang dianggap tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan a-quo. Dengan keputusan tersebut, pasangan Meki Nawipa dan Oktovianus Gobay, dipastikan menjadi pemenang Pilkada kabupaten Paniai tahun 2018.

Hari ini, jumat (23/11), pasangan Capten Pilot Meki Nawipa dan Oktopianus Gobai S.IP akhirnya secara resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Paniai periode 2018-2023, oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, bertempat di Kantor Bupati Paniai.

Lukas Enembe berharap kepada pasangan Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay yang baru dilantik agar dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi daerahnya serta mensejahterakan rakyatnya, sekaligus mampu merangkul seluruh elemen masyarakat di Paniai untuk bersama-sama membangun daerah tersebut.

Hadir dalam acara pelantikan ini Bupati Nabire, Isaias Douw, Bupati Biak, Herry Ario Naap, jajaran Forkopimda Paniai, para pimpinan SKPD/OPD, Muspida dan DPRD serta tim sukses dan masyarakat.

[Nabire.Net/Demianus.B]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *