MAPENALING, Sarana Bagi Warga Binaan Kenali Aturan di Lapas Nabire

(MAPENALING, Sarana Bagi Warga Binaan Kenali Aturan di Lapas Nabire)

Nabire, Lapas Nabire menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan (MAPENALING) guna memperkenalkan aturan dan lingkungan kepada Warga Binaan baru,bertempat di ruang kunjungan, kegiatan mapenaling tersebut diikuti oleh 6 (enam) warga binaan, Senin (22/11).

“Hari ini kami menggelar kegiatan mapenaling bagi warga binaan baru guna memperkenalkan aturan dan lingkungan di Lapas Nabire,” kata Hengky Yoweni selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Nabire.

Menurutnya, Program Mapenaling merupakan program awal dalam melakukan penelitian terhadap latar belakang yang berkaitan dengan narapidana, melakukan pengamatan terhadap sikap dan prilaku narapidana, memberikan pengenalan lingkungan terkait sarana dan prasarana yang ada dalam lingkup Lapas serta memberikan arahan mengenai Hak dan Kewajiban mereka selama menjalani masa pidana.

Sementara itu, Kalapas Nabire, Manuel Yenusi, S.Sos mengungkapkan bahwa Pelaksanaan mapenaling merupakan implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan WBP pasal 10 poin 1A, yaitu pembinaan tahap awal sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat (1) meliputi masa pengamatan, pencegahan, dan penelitian lingkungan paling lama satu bulan.

“Output dari kegiatan ini adalah terciptanya warga binaan yang disiplin, beretika kepada sesama warga binaan maupun petugas, mengetahui lingkungan baru termasuk bagaimana mereka bermasyarakat didalam lapas, dan tahu tata cara mengenai pelaksanaan pengajuan integrasi serta mengetahui Hak dan Kewajiban selama menjalani pidana di dalam Lapas,” ungkap Manuel.

[Nabire.Net/Humas Lapas Nabire]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *