News & Info

Mantan Kepala Kampung Legari Jaya, Distrik Makimi, Nabire, Terbukti Salah Gunakan Dana Kampung Tahun Anggaran 2015 & 2016

Share

Mantan Kepala Kampung Legari Jaya, Trimo Sugiatmo, akhirnya resmi ditahan Kejaksaan Negeri Nabire terkait dugaan penyalahgunaan dana Kampung Legari Jaya, tahun anggaran 2015-2016.

Trimo resmi ditahan di Lapas Nabire senin sore 13 November 2017, setelah diperiksa oleh Kejaksaan Negeri Nabire yang dipimpin Jampidsus Kejaksaan Negeri Nabire, Rachman Tulus Soeharna SH.

Trimo diduga merugikan negara sebesar 270 juta lebih, dari dana kampung Legari Jaya tahun 2015 dan tahun 2016, yang bersumber dari Dana Operasional Untuk Warga Membangun (DOUWM).

Selanjutnya berkas perkara Trimo akan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jayapura, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Seperti diketahui, Trimo dilaporkan oleh warga kampungnya sendiri yang mencurigai penyelewengan anggaran yang dilakukannya.

Warga yang merasa curiga kemudian melaporkan hal tersebut kepada Kepala Distrik Makimi saat itu, Saverius Tebai SSTP. Lalu warga bersama Kepala Distrik Makimi, Kapolsek Makimi, dan Danramil 1705-04/Napan mengadakan pertemuan dengan Trimo Sugiatmo dan warga kampung Legari Jaya pada februari 2017 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Trimo berjanji akan mempertanggungjawabkan semua laporan pertanggungjawaban yang sudah dibuat ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung kabupaten Nabire, dan salinannya akan diserahkan ke warga.

Namun hal tersebut urung dilakukan oleh Trimo, sehingga warga melaporkan hal tersebut ke Unit Tindak Pidana Korupsi Polres Nabire sebulan kemudian.

Setelah berkas perkara lengkap, Unit Tipikor Polres Nabire melimpahkan kasus tersebut ke Kejaksaan Negeri Nabire. Dan dari hasil pemeriksaan, penyidik dari Kejaksaan Negeri Nabire menemukan selisih penggunaan dana yang tidak sesuai, dan hal tersebut dibuktikan dengan pemeriksaan langsung dilapangan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Inspektorat kabupaten Nabire.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.