Makanan Kaki Lima Yang Sering Dibeli Orang Indonesia

(Dok.Makanan Kaki Lima)

(Dok.Makanan Kaki Lima)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya serta kuliner khas yang tidak terhitung banyaknya. Masing-masing daerah pasti memiliki jajanan unik tersendiri yang jarang ditemukan di daerah lain.

Uniknya, ada beberapa makanan yang bisa kamu temukan di mana saja karena kebetulan, makanan tersebut dijual di mana-mana. Dari ujung Sabang sampai Merauke, berbagai jajanan kaki lima ini mudah kamu temui semudah kamu bayar tagihan pascabayar lewat aplikasi ponsel. Tidak hanya itu, harga yang terjangkau membuat jajanan ini jadi favorit bagi banyak orang. Apa saja?

  1. Nasi goreng

Jajanan satu ini selalu jadi alternatif utama warga Indonesia saat perut mulai keroncongan tetapi malas memasak di rumah. Di daerah manapun, kamu bakal menemukan abang gerobak keliling yang menjajakan nasi goreng. Dari satu porsi nasi goreng, kamu bisa mendapatkan karbohidrat dari nasi serta lauk lezat berupa telur goreng, potongan sosis, sampai sedikit irisan sayur dan acar sebagai sumber serat dan vitamin.

Kamu juga bisa memilih beragam variasi isian dalam porsi nasi goreng yang kamu beli. Kondisi dompet sedang kering? Cukup beli nasi goreng plus telur ceplok atau dadar. Saat rezeki sedang berlimpah, kamu bisa pesan nasi goreng istimewa yang berisi paduan seafood, beberapa iris daging kambing, daging ayam plus ati ampela, dan sosis. Satu yang tidak mungkin berubah, rasa pedas hangat dan legit dari kecap manis akan terasa di setiap suapan nasi goreng yang kamu beli, di manapun kamu berada.

  1. Sate madura

Hidangan satu ini awalnya dijajakan keliling tiap malam hari dengan cara dipikul. Seiring waktu berjalan, para pedagang sate mulai ‘mangkal’ atau berjualan dengan gerobak. Sate yang ditawarkan biasanya berisi daging ayam dengan bumbu kacang yang kental. Namun, kamu juga bisa membeli beberapa tusuk sate kambing dengan harga lebih mahal yang disajikan dengan sambal kecap pedas manis.

Satu porsi sate madura yang dijual biasanya berisi 10 tusuk sate yang didampingi dengan sepiring nasi. Jika tidak suka nasi, kamu bisa meminta lontong yang nantinya dipotong kecil oleh sang penjual sebelum disajikan. Untuk tingkat kepedasan, penjual sate juga menyediakan sambal yang nantinya akan diaduk bersamaan dengan bumbu. Sedikit acar yang berisi potongan kecil timun, wortel, bawang merah, dan cabai rawit juga disediakan sebagai penyegar lidah dari pekat dan manisnya bumbu kacang.

  1. Bakso

Jajanan satu ini sudah pasti akrab di lidah orang Indonesia. Bakso dijajakan dengan gerobak dan sangat mudah ditemukan di mana-mana. Sebagian besar bakso yang dijual di Indonesia dibuat dari daging, lemak, dan urat sapi yang diolah dengan sedikit campuran tepung terigu dan tepung kanji. Sehingga, warna bakso yang dijajakan cenderung lebih pucat dan kenyal dibanding bola daging pada umumnya.

Bakso khas Indonesia dijual dengan paduan kuah kaldu yang hangat. Sebagai campuran, kamu bisa memilih mi kuning, mi putih (bihun), serta sayuran seperti sawi dan tauge. Jika kamu butuh asupan karbohidrat yang lebih banyak, kamu bisa memesan bakso yang disajikan dengan sebungkus mi instan. Suka bakso dengan kuah yang pedas, kamu bisa meminta sambal cabai rawit yang selalu disediakan oleh penjual.

Selain nasi goreng, sate madura, dan bakso, tentu masih banyak jajanan kaki lima lain yang mudah ditemui di Indonesia. Rasa yang tidak pernah berubah membuat makanan kaki lima ini banyak dirindukan terutama saat sedang jauh dari Tanah Air. Kamu sendiri, suka yang mana?



Silahkan Komentar

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.