Luapnya Kali Enarotali Diakibatkan Penyempitan Ruas Aliran Sungai

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paniai, Papua, Yulianus Rombe Layuk mengatakan, luapan banjir kali Enarotali diakibatkan penyempitan ruas aliran sungai.  Kata dia, air kali tersebut akan terus meluap ke kota Enarotali saat hujan selama tiga hingga empat jam.

“Jadi penyebab terjadi luapan kali Enarotali itu adalah keadaan sungai, artinya bahwa terjadinya penyempitan akibat dari pembangunan rumah di sekitar daerah aliran sungai (DAS-Red) Enarotali dan kemudian sampah sampah masyarakat ini salah satu juga faktor, sehingga terjadi luapan air,” jelas Yulianus Rombe Layuk.

Sementara, kata Yulianus, banjir bandang beserta lumpur yang terjadi juga di Kota Madi diakibatkan karena penggundulan hutan di gunung. Sehingga saat hujan terjadi banjir bandang di kawasan itu.

Dia mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut dalam waktu dekat ini Pemkab setempat akan lakukan normalisasi kali dan mengadakan penghijauan hutan.

Sebelumnya, hujan deras mengguyur kota Enarotali dan Madi selama empat jam yakni dari pukul 5 sore hingga pukul 9 malam, dua hari lalu. Di Kota Enarotali terjadi luapan air kali sementara di Kota Madi terjadi banjir bandang.

Kejadian tersebut mengakibatkan beberapa perkantoran pemerintah di dua kota di daerah ini lumpuh total. Selain itu juga air merendami ratusan rumah warga yang tinggal di pinggiran kali Enarotali.

(Sumber : KBR)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

[+] monkey emoticons