Lomba Tari Yospan Warnai Kegiatan Menyambut Hardiknas 2 Mei 2014 Di Serui

Bertempat di halaman Kantor Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Yapen, Sabtu (26/4), 20 group peserta lomba Yosim Pancar yang terdiri dari guru – guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK berlengak lengkok membawakan tarian Yosim Pancar seirama lagu Yosim Pancar. Juri penilai untuk lomba Yosim Pancar adalah ibu Lis Ramandey, sebagai pengamat seni dan Bob Matui, pemimpin Sanggar Tari Ayeri dan 2 juri lainnya.

Tari Yosim Pancar sendiri berasal dari dua tarian yang berbeda yakni, Yosim dan Pancar. Tari Yosim berasal dari Kabupaten Yapen, sedangkan tari Pancar sendiri berasal dari Kabupaten Biak Numfor tepatnya dari Pulau Numfor. Kedua tarian ini kemudian dipadukan oleh para seniman dan koreografi tari Papua menjadi satu tarian yang disebut tari Yospan. Tari Yospan dalam kehidupan Budaya Papua lebih identik dengan tarian bagi para muda/mudi. Tari ini dalam kalangan masyarakat biasa dilakukan pada saat pesta perkawinan, pembayaran mas kawin atau pesta adat lainnya.

SMP YPK Serui salah satu sekolah Yayasan Pendidikan Kristen yang turut serta sebagai peserta lomba Yosim Pancar dengan nomor undian 4, berhasil keluar sebagi juara satu. Salah seorang penari Yospan dari SMP YPK saat dihubungi mengaku merasa bangga dan tak menyangka bahwa mereka akan keluar sebagi juara pada lomba kali ini.

SMP YPK meskipun sebagai sekolah Swasta yang tidak diperhitungkan namun mereka mampu menunjukan eksistensinya di bidang seni. Lomba tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, R. Ayorbaba. Menurut rencana panitia, hadiah untuk para juara akan dibagikan pada saat upacara peringatan HUT Hardiknas tanggal 2 Mei nanti.

Dalam rangka menyambut hardiknas tanggal 02 Mei mendatang Kegiatan yang diperlombakan antara lain Gerak Jalan, Lomba Karya Ilmiah, Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD, Lomba Yayasan wiyata Mandala SD, SMP, SMA dan SMK Lomba Yosim Pancar dan debat bahasa Inggris.

(kori/ ocep)

One Response to Lomba Tari Yospan Warnai Kegiatan Menyambut Hardiknas 2 Mei 2014 Di Serui

  1. Mebel Jepara berkata:

    Semangat menyambut hari pendidikan nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *