Legislator Papua Minta Pemerintah Manfaatkan SDA Dengan Membangun PLTA

(Dok. PLTMG Kalibobo Nabire)

(Dok. PLTMG Kalibobo Nabire)

Nabire – Kondisi sistem kelistrikan di Nabire yang saat ini memanfaatkan Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Minyak & Gas (PLTMG) tentu memerlukan bahan bakar minyak dan gas yang harus dibeli setiap saat untuk memastikan operasional mesin berjalan.

Hal ini tentu akan membebani negara dalam pembiayaan pembelian bahan bakar PLTMG. Padahal Papua kaya akan sumber daya alam yang tentu bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat.

Salah satunya melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Hal itu dikatakan Anggota DPR Papua, John Gobai, kepada Nabire.Net, kamis malam (11/07).

John mengatakan, di Kabupaten Nabire dan sekitarnya, ada banyak sungai baik di dalam maupun luar kota yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan PLTA.

Salah satunya menurut John adalah keberadaan Bendung Kalibumi yang berlokasi di Distrik Nabire Barat.

Menurut John, apakah hal ini pernah dipikirkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat, daerah maupun PLN sendiri untuk merencanakan hal itu ?

Jika memang belum, menurut John hal tersebut bisa dipertimbangkan sehingga sumber listrik akan selalu tersedia, dan otomatis mengurangi terjadinya pemadaman listrik di Nabire.

Hal yang sama pun bisa dipikirkan oleh kabupaten lain di wilayah tengah Papua seperti Dogiyai, Deiyai, Paniai dan Intan Jaya. Daripada setiap tahun, dana yang disediakan hanya untuk pengadaan BBM, ada baiknya hal itu bisa dimanfaatkan untuk pembangunan PLTA. Tinggal pemerintah menganggarkan biaya untuk pemeliharaannya saja.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.