Kredit Usaha Rakyat BRI dengan Bunga Rendah

Dana pinjaman yang digelontorkan perbankan dari tahun ke tahun terus meningkat seiring permintaan dari masyarakat yang kian menanjak, namun dengan suku bunga yang ringan. Hal ini dibenarkan Pimpinan Cabang BRI Nabire, Inoe Koerniawan Sabtu (23/3) selesai acara Penarikan Hadiah Undian  Simpedes.

“BRI memiliki fasilitas KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang diperuntukan kalangan pengusaha ekonomi kecil, Mikro dan menengah yang belum bankable, yang artinya pengusaha yang belum bisa memenuhi persyaratan teknis perbankan untuk mendapatkan kredit secara komersial,” katanya.

Koerniawan mengatakan, KUR ini pagunya disediakan tidak ada batasan, selama program ini masih berlaku/ ada maka pelayannan ini masih bisa dilayani, Untuk pelayanan kredit (KUR) mikro di kantor-kantor unit pengajuan pinjamanya bisa sampai 20 juta rupiah dan KUR ritel pelayanan di BRI cabang yang bisa mencapai 500 juta rupiah. Tergantungan dari kelayakan usahanya itu yang akan menentukan berapa besarnya kredit yang akan diberikan.

Dan KUR ini akan dilakukan selama /sepanjang program masih ada. Karena program ini merupakan program Pemerintah yang didukung oleh lembaga perbankan dan lembaga penjaminan asuransi. Dan mengenai bunganya, seperti dikatakan Koerniawan, sesuai dengan ketetapan Pemerintah menetapkan bungan KUR sebesar 13%/ tahun, Bunga sebesar ini dirasa cukup ringan dengan persyaratan yang sangat mudah.

Namun KUR bisa saja diberikan dengan bunga lebih rendah, BRI dalam hal ini akan lebih selektif dalam mencari calon Nasabahnya/Peminjam. Bagi Pengusaha yang bersifat memberikan kontribusi terhadap lingkungana , memberikan kontribusi terhadap masyarakat. “ Kami berikan pinjaman Bina lingkungan, itu bunganya akan lebih ringan, tetapi ya beda-beda tipislah”. Jelas Pinca.

Selain itu ada juga kredit KKP (Kredit Ketahanan Pangan) bunganya lebih rendah karena ada subsidi Pemerintah, seperti Budi daya pertanian, peternakan, dan holtikultara semisal padi, jagung, kelapa sawit. Namun sayangnya untuk KKP di Nabire belum ada, mungkin dikarena masih rendahnya minta masyarakat terhadap pertanian/peternakan.

(Sumber : Papuapos Nabire)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

39 Responses to Kredit Usaha Rakyat BRI dengan Bunga Rendah

  1. anihariani says:

    apa syarat untuk permohonan KUR DR BRI

  2. NABIRENET says:

    BERIKUT TUJUAN DAN SYARAT LENGKAP MENGAJUKAN KUR JENIS APAPUN DI BRI :

    TUJUAN

    Meningkatkan akses pembiayaan UMKM & K kepada Bank.
    Pembelajaran UMKM untuk menjadi debitur yang bankable sehingga dapat dilayani sesuai ketentuan komersial perbankan pada umumnya (Sebagai embrio debitur komersial).
    Diharapkan usaha yang dibiayai dapat tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan.

    KETENTUAN

    KUR Mikro
    Calon debitur adalah individu yang melakukan usaha produktif yang layak.
    Memiliki legalitas yang lengkap :
    KTP / SIM
    KK
    Lama usaha minimal 6 bulan.

    KUR Ritel
    Calon debitur adalah individu (perorangan / badan hukum), Kelompok, Koperasi yang melakukan usaha produktif yang layak.
    Memiliki legalitas yang lengkap :
    Individu : KTP / SIM, & KK
    Kelompok : Surat Pengukuhan dari Instansi terkait atau Surat Keterangan dari Kepala Desa / Kelurahan atau Akte Notaris.
    Koperasi / Badan Usaha Lain : Sesuai ketentuan yang berlaku.
    Lama usaha minimal 6 bulan.
    Perijinan :
    Plafond kredit s/d Rp. 100 juta : SIUP, TDP & SITU arau Surat Keterangan Usaha dari Lurah/Kepala Desa.
    Plafond kredit > Rp. 100 juta : Minimal SIUP atau sesuai ketentuan yang berlaku.

    KUR Linkage Program (Executing)
    Calon debitur adalah BKD, Koperasi Sekunder, KSP/USP, BPR/BPRS, Lembaga Keuangan Non Bank, Kelompok Usaha, LKM diperbolehkan mendapatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan namun tidak sedang menikmati Kredit Program Pemerintah.
    Memiliki legalitas yang lengkap :
    AD/ART
    Memliki ijin usaha dari pihak yang berwenang.
    Pengurus aktif.
    Lama usaha minimal 6 bulan.

    KUR Linkage Program (Channelling)
    Calon debitur adalah :
    End user, yang tidak sedang menikmati KMK atau KI dan atau Kredit Pemerintah, namun Kredit Konsumtif diperbolehkan.
    Lembaga Linkage, diperbolehkan sedang mendapatkan pembiayaan dari Perbankan maupun Kredit Program Pemerintah.
    Legalitas: end user, sesuai dengan ketentuan KUR Mikro dan KUR Ritel.

    PERSYARATAN KREDIT

    KUR Mikro
    Plafond kredit maksimal Rp 20 juta.
    Suku bunga efektif maks 22% per tahun.
    Jangka waktu & jenis kredit :
    KMK : maksimal 3 tahun.
    KI : maksimal 5 tahun.
    Dalam hal perpanjangan,suplesi dan restrukturisasi.
    KMK : maksimal 6 tahun.
    KI : maksimal 10 tahun.
    Agunan :
    Pokok : Dapat hanya berupa agunan Pokok apabila sesuai keyakinan Bank Proyek yang dibiayai cashflownya mampu memenuhi seluruh kewajiban kepada bank (layak).
    Tambahan : Sesuai dengan ketentuan pada Bank Pelaksana.

    KUR Ritel
    Plafond kredit > Rp 20 juta s/d Rp 500 juta.
    Suku bunga efektif maks 14 % per tahun.
    Jangka waktu & jenis kredit:
    KMK : maksimal 3 tahun.
    KI : maksimal 5 tahun
    Dalam hal perpanjangan,suplesi dan restrukturisasi.
    KMK : maksimal 6 tahun.
    KI : maksimal 10 tahun
    Agunan :
    Pokok : Dapat hanya berupa agunan Pokok apabila sesuai keyakinan Bank Proyek yang dibiayai cashflownya mampu memenuhi seluruh kewajiban kepada bank (layak).
    Tambahan : Sesuai dengan ketentuan pada Bank Pelaksana.

    KUR Linkage Program (Executing)
    Plafond kredit :
    Plafond maks Rp. 2 M.
    Pinjaman BKD, KSP/USP, BMT, LKM ke end user maks Rp. 100 juta.
    Jangka waktu & jenis kredit:
    KMK : maksimal 3 tahun.
    KI : maksimal 5 tahun
    Dalam hal perpanjangan,suplesi dan restrukturisasi.
    KMK : maksimal 6 tahun.
    KI : maksimal 10 tahun
    Suku bunga :
    Lembaga Linkage : Efektif maksimal 14 % per tahun.
    Dari Lembaga Linkage ke UMKM : Efektif maksimal 22 %.
    Agunan :
    Pokok : Piutang kepada nasabah.
    Tambahan : sesuai dengan ketentuan pada Bank Pelaksana.

    KUR Linkage Program (Channelling)
    Plafond kredit sesuai dengan ketentuan KUR Mikro dan KUR Ritel.
    Jangka waktu & jenis kredit:
    KMK : maksimal 3 tahun.
    KI : maksimal 5 tahun
    Dalam hal perpanjangan,suplesi dan restrukturisasi.
    KMK : maksimal 6 tahun.
    KI : maksimal 10 tahun
    Suku bunga : sesuai dengan ketentuan KUR Mikro dan KUR Ritel.
    Agunan :
    Pokok : Piutang kepada nasabah.
    Tambahan : sesuai dengan ketentuan pada Bank Pelaksana.

  3. mulyadi afrinal says:

    Penyaluran KUR di jambi tidak maksimal…coba cek, berapa yang tersalurkan….
    Apalagi di daerah-daerah, pinjaman KUR sepertinya di persulit, sebagi contoh adik saya sendiri yang mengalami…
    Masih saja pegawai BRI mencoba membodoh-bodohi masyarakat….

    • romlani says:

      sy sebagai pengusaha warnet, mau mengajukan pinjaman di BRI KCP dolopo, padahal surat-2 dah lengkap dan usaha warnet dah berjalan 3 tahun, sy melihat usaha ini sangat prospek sekali di area padat penduduk,maka dari itu sy beminat untuk membeli tempat buat buka cabang lagi. untuk membeli tempat itu sy kekurangan dana dan mngajukan pinjaman tersebut. dah hampir 2 minggu tak ada respont dari pihak bank. setlah sy datang ke bank ternyata pengajuannya ditolak sy sangat kecewa sekali, dengan alasan kalo usaha jasa internet nggak bisa di biayai pihak bank. saya mohon penjelasannya, apakah memang peraturannya seperti itu?

  4. mulyadi afrinal says:

    Saya akan pertanyakan mengapa penyerapan KUR tidak maksimal di Jambi…
    Tgu saja aksi kami….
    Tks..
    Mulyadi Afrinal, Sekjen Ikatan Pemuda Karya Provinsi Jambi…

  5. pan dhawa says:

    klo untuk BRI unit randublatung blora apa jg ada layanan kur .thanks

  6. IBEN says:

    kalo kur dengan jaminan bpkb motor bisa? saya punya mio soul tahun 2008 kira2 bisa keluar berapa di kur BRI? THNKS

  7. Bari says:

    klo sya mo pinjam KUR di BRI ke ketmunya bagian apa trims

  8. nama saya andi tingal alamat di jl.pajajaran.ciburial indah no.96 rt03/rw04 bogor timur 16143
    saya mau maengajukan pimjaman buat tabah modal usaha warnet saya gimn yah disebap kan saya ga punya jamina apa kah bisa dibantu ga yah yah utk pinjama ga terlalu besar yah paling cuma dua atau satu unit komputer ama tamabah printer sama alat sekener nya paling itu aja dulu utk yg diperlukan nya utk saran dan tangapan nya terimakasih.

  9. MUHAMMAD MUNAWADI says:

    saya mau mengajukan pinjaman tapi tidak punya surat izin usaha, bisa gak ya….? trimakasih sebelumnya.

  10. pathic says:

    Yang saya tahu, boleh tidak ada jaminan, asal cashflow keuangan 6 bulan terakhir ada. Dan yang paling penting surat dr pemerintah setempat mengenai usaha anda, ke rt ke rw terus ke kelurahan. Itu sebagai jaminan bahwa usaha anda berjalan di daerah itu.
    Saran saya jangan malu2 untuk datang pihak bank terkait, tanya sedetail2nya. Kalo ada yg nakal, beritakan ke media.
    Mudah2an membantu

  11. sunu says:

    saya mengajukan KUR sudah mengajukan semua persyaratan dyg jelas,tp gugur karena kata mereka umur saya dibawah 21… pdhal badan usaha yg saya ajukan itu pun murni milik saya tanpa campur tngan ortu… apakah kaum muda tidak boleh memajukan bisnis usahanya??

  12. hamba allah says:

    saya ada usaha asesoris dan mainan anak-anak, bisa g ya saya mendapatkan pinjaman 20 juta . selain untuk tanbahan modal jga mw merenovasi rumah

  13. Anang says:

    saya usaha kredit barang rumah tangga dan elektronik,HP dan barang lain tergantung pesanan costumer.tetepi saya kekurangan modal seiring banyak nya pemesan.bisakah usaha seperti sya mengajukan kredit.kslsu bisa bagaimanan caranya? terima kasih.

  14. munie says:

    saya punya usaha warnet sudah berjalan empat tahun,saya ingin kembangkan usaha sy dan membuka usaha baru tp modalnya blm cukup,tolong bantu ya gmn cara agar dana kreditnya bs cpt cair?serius..

  15. heri susilo says:

    saya punya usaha sablon kecil kecilan tp saya keteteran dengan banyaknya pemesanan coz modal yg saya punya cm sdikit,utk prospek kdepannya mnurt saya bagus n mngkin saya bsa merekrut karyawan utk membantu usaha saya.kendala yg saya alami skrang modalnya tak ada.bisa gak KUR mmbantu saya utk mengembangkn usaha yg saya geluti””

  16. Saya ingin mengembangkan usaha saya yg menerima pesanan kue2 dan kue kering yg sdh berjalan lebih dr 5 thn krn terkendala oleh modal sehingga saya hanya membuat pd saat menjelang hari raya danmenerima pesanan2 saja,apakah saya bisa memimjam modal melalui pinjaman kur,saya tdk memiliki jaminan saya hanya mempunyai SKU mohon penjelasannya

  17. realita says:

    KUUUUUUUR.yg AKUR pasti nguCUUUR.yg gak AKUR ya ANCUUURRRRR. KUR: KREDIT UNTUK RAJA . PENGUSAHA BESAR

  18. lukman says:

    saya udah jualan buah udah 3 th
    saya pengen tambahkan usaha q
    bisa nggak ambil modal dng hanya jaminan bpkb mio th 2010

  19. Hari Baik:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak pertanian untuk memecahkan atau improove kebutuhan keuangan peternakan Anda, Kami Tawarkan pinjaman mulai dari $ 5,000.00 sampai $ 50,000,000.00 Max, kita dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan 100% Dijamin Kami juga memberikan pinjaman dalam (Euro, Rupiah , Pounds dan Dolar) The suku bunga yang berlaku untuk semua Pinjaman ini (4%) jika Anda tertarik mendapatkan kembali kepada kami melalui ( success.finance@outlook.com ) dengan informasi di bawah.:

    Nama Lengkap Anda: ________________
    Negara: ____________
    Kota: ____________
    Alamat: ______________
    Jumlah Dibutuhkan: __________
    Durasi: ______________
    Tujuan Pinjaman: ____________
    Penghasilan Bulanan: ____________
    Umur: _____________
    Seks: ______________
    Pekerjaan: _________
    Nomor telepon: ___________

    Terima kasih.

  20. Perhatian kepada semua pencari pinjaman!!
    Halo ,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan semua jenis pinjaman ? Atau apakah Anda secara finansial khawatir? . Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi ? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia . Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per menganulir dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui email Alamat Perusahaan di: klarabannyfinance@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimal 500,00 DOLAR AS / EURO maksimum 50.000.000,00 DOLAR AS / EURO , dll Permintaan pinjaman harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO , Dan Mata lain yang digunakan .

    Pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi Out Formulir Aplikasi Kredit di bawah untuk Persetujuan ..

    ( INFORMASI PEMINJAM )
    Nama Lengkap : ………………….
    AGE ………………………..
    STATUS PERNIKAHAN ………………
    Kontak Alamat : …………….
    Negara …………………….
    Negara ……………………
    Telepon : ……………………..
    Email : ……………………..
    Pekerjaan: …………………
    Penghasilan Bulanan : …………………….
    Agama : …………………………
    Berikutnya Kin : …………………..
    ( INFORMASI KREDIT )
    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman : ……….
    Durasi Pinjaman : ………………
    Agunan : …………………
    Pernahkah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ……………
    Mode pembayaran : bulanan atau tahunan? ……………
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris ? ……………

    Terima kasih karena kami menunggu cepat Respon Anda

    Salam .
    Klara Banny

    Kontak : klarabannyfinance@gmail.com : untuk pinjaman Anda hari ini , kami siap melayani Anda .
    BUTUH PINJAMAN A ? Dapatkan Kembali Cepat Untuk Processment .

    • Septa hermaedi says:

      Nama pemohon:
      SEPTA HERMAEDI
      negara:
      INDONESIA
      Pekerjaan:
      PERIKANAN KOLAM
      jenis kelamin:
      laki-laki
      Tujuan pinjaman:
      biaya pendidikan ke luar negri tujuan korea
      usia: 25tahun Nomor Telepon:
      085269415169
      Jumlah yang dibutuhkan:
      Rp 20.000.000,00
      Jangka waktu pinjaman:
      1 tahun
      Pendapatan Bulanan: Rp. 1.500.000,00

  21. ANDA BUTUH PINJAMAN A ? JIKA YA Email : klarabannyfinance@gmail.com : UNTUK KREDIT ANDA HARI INI , KAMI ADALAH DI LAYANAN ANDA .

  22. Alex Moore says:

    Halo,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan Anda jika ya maka hubungi kami sekarang Via email: am.credito@blumail.org

    Terima kasih.

  23. Kontak : klarabannyfinance@gmail.com : untuk pinjaman Anda hari ini , kami siap melayani Anda .

    ANDA BUTUH PINJAMAN A ? JIKA YA Email : klarabannyfinance@gmail.com : UNTUK KREDIT ANDA HARI INI , KAMI ADALAH DI LAYANAN ANDA .

  24. mr luther says:

    Jika Anda memerlukan yang murah dan terjangkau pinjaman hubungi kami melalui email sebagai
    Salam

  25. riyanto says:

    kur mikro max 22%. apa bedanya minjam sama rentenir ya? pemerintah ini aneh kadang bikin kebijakan termasuk bank, buat usaha bukannya dipermudah malah di perberat dengan bunga yg lebih tinggi dibanding dengan pinjaman jenis retail

  26. Kontak : klarabannyfinance@gmail.com : untuk pinjaman Anda saat ini, kami siap melayani Anda .

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN ? JIKA YA Email : klarabannyfinance@gmail.com : UNTUK KREDIT ANDA HARI INI , KAMI ADALAH DI LAYANAN ANDA .

  27. Mr Excel says:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak ? Jika ya hubungi kami di (excelservices.managementonline@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut .

    Mr Excel

    menawarkan pinjaman

  28. Septa hermaedi says:

    Nama pemohon:
    SEPTA HERMAEDI
    negara:
    INDONESIA
    Pekerjaan:
    PERIKANAN KOLAM
    jenis kelamin:
    laki-laki
    Tujuan pinjaman:
    biaya pendidikan ke luar negri tujuan korea
    usia: 25tahun Nomor Telepon:
    085269415169
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Rp 20.000.000,00
    Jangka waktu pinjaman:
    1 tahun
    Pendapatan Bulanan: Rp. 1.500.000,00

  29. mukmin akbar says:

    klo saya pinjam untuk renovasi rumah apakah BRI mengadakan.dan syaratnya apa saja.trima kasih

  30. Joe Duane says:

    We offer fresh cut bank instrument for lease/sale, such as BG, SBLC, MTN, Bank Bonds, Bank Draft, T strips and other. Leased Instruments can be obtained at minimal expense to the borrower compared to other banking options and we also discount/monetize BG’s.
    This offer is open to both individuals and corporate bodies.
    If in need of our services, contact me for detail information.
    Thank you,
    Mr.Joe Duane
    email:jduane076@gmail.com
    Joeduane@consultant.com

  31. Mr frank says:

    Dear Sir / Madam
    PINJAMAN SECEPAT MUNGKIN dalam waktu 2days. Micro keuangan Dana Plc
    Komersial dan Personal, Rumah Kredit sebesar 2% bunga rate.Interested Orang
    harus
    hubungi Loan Officer melalui e-mail dengan informasi berikut:
    NAMA PERTAMA: ….. NAMA TERAKHIR: …… NEGARA: ……. Telepon
    Nomor: ….. PEKERJAAN: …… AGE: …………. PINJAMAN JUMLAH DIPERLUKAN: …… PINJAMAN
    DURASI: ……
    Petugas Nama: Penawaran Kredit Investasi
    Email: frankwoodloan@gmail.com

    Salam,

    Mr Frank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

[+] monkey emoticons