KPU Provinsi Papua Gelar Sosialisasi Dana Pemilu Untuk 5 Kabupaten Di Guest House Nabire

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Sabtu (11/1/2014), mengadakan Sosialisasi Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota tahun 2014, kepada Lima Kabupaten yaitu Nabire, Paniai, Deiyai, Dogiyai, dan Intan Jaya dan dipusatkan di guest house kabupaten Nabire.

Ketua KPU Provinsi Papua di wakili ketua KPUD Kabupaten nabire Petrus Rumere ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan merupakan salah satu tahapan pemilu legislatif yang harus dilakukan oleh KPU.

“Apabila ini tidak dilaksanakan maka akan memberatkan kita, terutama bagi partai dan caleg kedepan. karena ini merupakan aturan, dan apabila ada pemeriksaan baik partai atau caleg akan dinyatakan dis”, tutur Rumere.

Sementara sosialisasi dana kampanye yang dipaparkan pemateri dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Papua, Ferry Apriadi antara lain menjelaskan, sumber dana parpol atau dana kampanye, penggunaan dan pelaporan keuangan parpol, periode pelaporan dan sanksi.

“Kampanye dapat dilakukan melalui pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye pemilu kepada umum, pemsangan alat peraga di tempat-tempat umum, iklan di media masa baik cetak dan elektronik, rapat umum dan kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye pemilu dan ketentuan perundang-undangan,” tutur ferry.

Peserta sosialisasi dana kampanye tersebut di ikuti ketua dan bendahara partai peserta pemilu masing-masing kabupaten, komisioner yang membidangi kampanye dana kampanye, sekretaris dan staf secretariat serta calon legislative dan calon perseorangan yang berdomisili di wilayah masing-masing.

Sedangakn Tujuan sosialisasi yaitu untuk memberikan pemahaman dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan penggunaan dana kampanye yang di kucurkan oleh pemerintah.

(Arnold Saudila / RRI Nabire)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *