KPU Papua Pastikan Logistik Pemilu Tiba Sesuai Jadwal

pilkada

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua memastikan seluruh logistik untuk penyelenggaraan pilkada serentak di 11 Kabupaten di Papua dapat tiba sesuai jadwal nasional, pada 20 November mendatang.

Hal ini ditegaskan Ketua KPU Papua, Adam Arisoi dalam keterangan persnya didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Pdt. Robert Horik, Asisten II Setda Papua, Elia Loupatty, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjend TNI Hinsa Siburian dan Kapolda Papua, Irjen (Pol) Paulus Waterpauw di Mapolda Papua, Senin (9/11) siang.

Adam mengaku kesulitan melakukan pendistribusian logistik di Pulau terluar di Kabupaten Supiori. Pihaknya saat ini juga tengah memfokuskan perhatian pada Kabupaten Yahukimo yang memiliki 51 Distrik.

“Sebagian besar dari 718 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 51 Distrik di Yahukimo, masih akan menggunakan noken pada Pilkada mendatang. Tapi ada distrik yang sudah tak pakai noken. Dalam putusan KPU Nomor 1 penggunaan noken dianggap sah, tapi harus sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Menurutnya, pendistribusian logistik di Kabupaten Boven Digoel terbilang cepat. Dimana untuk Boven Digoel kertas surat suara dapat tercetak selama sejam hingga mencapai 43.000 surat suara.

“Untuk wilayah Kabupaten Merauke sudah dalam penempatan, sedangkan 4 kabupaten lain masih dalam proses cetak. Saya mengharapkan proses pencetakan surat suara untuk 4 kabupaten lainnya dalam segera selesai pencetakannya,” katanya.

Adam menambahkan, saat ini telah tercatat sebanyak 1.031.627 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 11 Kabupaten yang mengikuti Pilkada serentak, 9 Desember mendatang. Sedangkan TPS mencapai 2.978.

(BS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *