KPU Deiyai Persiapkan Tahapan Pemungutan Suara Ulang

Jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di kabupaten Deiyai, KPU Deiyai terus mempersiapkan diri guna menyukseskan kegiatan tersebut.

Seperti disampaikan anggota Komisioner KPU Deiyai, Kristianus Kotouki. Kristianus yang menjabat di Divisi Sosialisasi & Partisipasi Masyarakat KPU Deiya menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan tahapan pelaksanaan PSU.

Salah satu yang dipersiapkan yaitu penyiapan anggaran serta penyusunan jadwal. Disamping itu pihaknya terus mensosialisasikan program tahapan kepada masyarakat.

“Selama 3 hari dari tanggal 7 hingga 10 oktober kami melakukan penyortiran surat suara yang dipusatkan di Nabire. Selanjutnya pada 12 hingga 14 oktober surat suara atau logistik pilkada ini akan di distribusikan pada 12 TPS, masing-masing 8 TPS untuk Distrik Kapiraya dan Distrik Tigi Barat di Kampung Deiyai 1 empat TPS,” ujarnya, Selasa (9/10/2018).

Ia menambahkan, KPU Deiyai juga mempersiapkan Bimtek di tingkat TPS yang berlangsung dari tanggal 9 dan 10 Oktober 2018 menyangkut dengan format pengisian perolehan suara diantaranya formulir c kwk-1 dan sebagainya.

“Bimtek atau pembekalan ini merupakan hal yang paling penting dan menjadi atensi Mahkamah Konstitusi untuk tidak terjadi lagi pelanggaran pilkada pada saat PSU nanti yaitu terjadi kelalaian administrasi,” jelas Kristianus Kotouki.

Ditambahkan Kristianus, KPU Deiyai telah berkoordinasi dengan pihak keamanan yakni TNI/Polri setempat untuk mengamankan PSU Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Deiyai pada 12 TPS.

PSU Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Deiyai akan di ikuti empat pasangan calon yaitu Ateng Edowai-Hengky Pigai, Keni Ikomou-Abraham Tekege, Dance Takimai-Robert Dawapa dan Inarius Douw-Anakletus Doo. Sementara jumlah surat suara untuk PSU Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Deiyai pada 12 TPS mencapai 5.200 lebih.

(RRINabire)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *