Komunikasi Sosial Pasiter Kodim 1705/Paniai Dengan Pendulang Emas Tradisional Di Kali Sanoba Nabire

Share

Guna berkomunikasi sekaligus melihat langsung aktivitas warga di wilayah hukum Kodim 1705/Paniai, Pasiter Kodim 1705/Paniai, Kapten Inf Eko Sulistiyono melakukan komunikasi sosial dengan para penambang emas tradisional di Kali Sanoba, Kampung Sanoba, Nabire, rabu 19 april 2017.

Kali Saoba merupakan sungai besar yang banyak membawa rezeki bagi warga masyarakat di Nabire, selain mengandung banyak material berharga seperti pasir dan batu, juga mengandung serpihan emas.

Pada kesempatan tersebut, Kapten Inf Eko mendatangi Bapak Delpinus yang sedang melakukan pekerjaannya sehari-hari dengan bekerja sebagai pendulang emas tradisional. Masyarakat Kampung Sanoba sangat menggantungkan perekonomiannya dari hasil menambang emas di Sungai Sanoba ini.

Cara masyarakat mendulang emas masih menggunakan cara-cara tradisional dengan mengunakan sekop dan wajan sebagai alat bantu mencari butiran emas. Diperkirakan setiap hari rata-rata bisa mendapatkan penghasilan butiran emas 3 kaca sampai dengan 5 kaca, ini juga sangat tergantung dengan cuaca. Apabila terjadi hujan dan sungai banjir, kemungkinan besar hasil yang akan didapatkan menjadi lebih banyak dibandingkan hari biasa, karena banyak material-material dari hulu sungai akan terangkut terbawa oleh arus air menuju tempat pendulangan.

Pasiter Kodim 1705/Paniai memberikan penekanan dan masukanĀ  kepada masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak merusak alam dan berhati-hati dalam mendulang emas. Apabila terjadi hujan deras maka kegiatan mendulang emas dihentikan dahulu menghindari terjadinya bencana yang akan merugikan diri kita sendiri, utamakanlah faktor keselamatanlah dan keamanan diri masing-masing.

Pasiter juga menyampaikan agar hasil yang diperoleh dari penjualan emas jangan di hambur-hamburkan, hargailah hasil dari keringat kita sendiri, gunakanlah dengan sebaik mungkin untuk kebutuhan keluarga dan biaya anak sekolah, karena anak-anak pasti mempunyai cita-cita tinggiĀ  untuk bisa mengangkat derajat keluarga.

(Kodam17Cen)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.