Kilas Balik Nabire 2019 : Kecewa Layanan Internet, Warga Nabire Geruduk Plasa Telkom

(Warga gelar aksi protes di Plasa Telkom Nabire)

Nabire – Layanan internet perlahan-lahan sudah menjadi kebutuhan utama bagi warga Nabire. Sayangnya, selama bertahun-tahun warga Nabire sering dikecewakan dengan buruknya kualitas layanan yang diberikan Telkomsel dan Telkom di Nabire.

Puncak kekesalan warga Nabire tersebut diluapkan dengan menggeruduk Plasa Telkom Nabire, guna meminta pertanggungjawaban dari pihak Telkom maupun Telkomsel.

(Baca Juga : Kecewa Dengan Jaringan Internet, Warga Nabire Geruduk Plasa Telkom)

Aksi tersebut digelar 31 Oktober silam. Dalam aksi tersebut, warga meminta jajaran Telkom dan Telkomsel yang ada di Nabire untuk memberikan penjelasan terkait buruknya layanan mereka.

Koordinator aksi, Deddy Marwa, mengungkapkan kekecewaannya di hadapan jajaran Telkom dan Telkomsel Nabire.

Menurut Deddy, selama ini warga Nabire terlalu banyak bersabar, namun tentu kesabaran ada batasnya. Aksi ini merupakan luapan kekecewaan terhadap Telkom dan Telkomsel di Nabire yang tidak becus mengurusi pelanggannya.

Warga yang menggelar aksi juga menyampaikan aspirasi mereka terhadap DPRD Nabire. Tercatat ada 8 aspirasi yang disampaikan kepada DPRD Nabire, yakni sebagai berikut :

  • Meminta kompensasi atas gangguan jaringan yang terjadi selama 9 hari di Nabire

  • Telkom dan Telkomsel wajib memberikan informasi kepada warga Nabire jika ada gangguan

  • Telkom dan Telkomsel wajib menginformasikan estimasi gangguan serta memberikan tenggang waktu berapa hari perbaikan akan diselesaikan

  • Mencopot penanggung jawab Telkomsel area Nabire

  • Menutup layanan WiFi.id di seluruh Nabire

  • Mendesak Kominfo Nabire mempercepat pemasangan Fiber Optic Palapa Ring

  • Meminta agar Palapa Ring bisa segera dinikmati di Nabire

  • Masyarakat akan buat surat terbuka kepada Presiden dan Menteri Kominfo terkait kondisi jaringan di Nabire

Implementasi Link FO Palapa Ring

Sementara itu, Proyek Palapa Ring Timur telah diresmikan Oktober lalu oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta. Lalu sudah sejauh mana implementasinya di kabupaten Nabire ?



Menurut Corporate Communication Telkomsel Regional Papua Maluku yang baru, Rifky Redha, saat dihubungi Nabire.Net 26 November lalu, link Palapa Ring Timur sudah terkoneksi dengan kabupaten Nabire.

(Baca Juga : Sudah Terkoneksi Palapa Ring, Layanan Data Telkomsel Masih Terus Dioptimalisasi)

Namun kata Rifky, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan penyesuaian dan optimalisasi jaringan guna memaksimalkan layanan telekomunikasi.

Dengan kata lain, layanan data Telkomsel di Nabire sudah melalui link Palapa Ring Timur, namun masih terus dioptimalisasi jaringannya secara bertahap sehingga layanannya lebih maksimal.

Artinya warga Nabire masih butuh waktu agar kualitas layanan data Telkomsel yang melalui link Palapa Ring Timur bisa didistribusikan secara merata di seluruh Nabire, sehingga bisa dinikmati oleh semua warga Nabire.

Sebagai informasi, Telkomsel selama ini mengandalkan teknologi radio IPLH. Dengan kondisi tersebut, layanan internet di Nabire yang diberikan kepada konsumennya di Nabire kerap mengalami persoalan seperti perangkat yang tersambar petir, gangguan modul dan lain sebagainya.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *