Kepala Pelni Nabire : Kapal Tidar Masuk Nabire 27 Maret 2020, Penumpang Turun Akan Diawasi

(Pelabuhan Samabusa Nabire)

Nabire – Pemerintah provinsi Papua telah memberlakukan pembatasan akvitivas publik (pembatasan sosial). Kebijakan tersebut wajib diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Papua, termasuk kabupaten Nabire.

Di kabupaten Nabire, Forkopimda telah mengadakan rapat koordinasi untuk menindaklanjuti hasil kesepakatan Gubernur, para Bupati dan semua pihak terkait yang dilaksanakan di Jayapura, 24 Maret 2020.

Salah satu poin kesepakatannya yakni penutupan seluruh transportasi penumpang baik melalui udara, laut dan darat, mulai 26 Maret hingga 9 April 2020.

(Baca Juga : Ini Putusan Lengkap Pembatasan Aktivitas Publik di Nabire)

Tetapi untuk pengiriman logistik dan emergency kesehatan, akan tetap dilakukan dengan prosedur pengawasan yang ketat.

Namun, di poin putusan tersebut, Pemkab Nabire masih memperbolehkan kapal penumpang Pelni, KM Tidar, untuk masuk di pelabuhan Samabusa Nabire, Jumat 27 Maret 2020.

Nabire.Net mencoba menanyakan kepastian hal itu kepada Kepala Pelni Nabire, Suyatno, kamis siang (26/03).

Kepada Nabire.Net, Suyatno membenarkan bahwa Kapal Penumpang KM Tidar masih akan masuk tanggal 27 Maret 2020 di Nabire, sesuai kebijakan Bupati Nabire.

“Untuk besok masih masuk pak, nurunkan penumpang masih boleh karena kebijakan Bapak Bupati, cuma yang mau bepergian dan yang sudah terlanjur beli tiket mau dibatalin, boleh dibatalin 100% Kalau bukan penduduk asli atau KTP setempat tidak boleh turun di pelabuhan tersebut”, tutur Suyatno.

Terkait pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang yang akan turun di Nabire dan pencegahan Covid-19, Suyatno menjelaskan bahwa para penumpang akan discreening dan prosesnya akan ditindaklanjuti oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Sesuai rapat dengan Bapak Bupati, semua penumpung akan dikumpulkan, mereka akan didata dan dicek suhunya bagaimana, jika ada orang yang perlu diawasi maka langsung akan ditindaklanjuti oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)”, bebernya.

(Baca Juga : Jadwal Kapal Pelni Dari Pelabuhan Nabire Untuk Bulan Maret 2020)

Seperti diketahui, kapal KM Tidar dari pelabuhan Manokwari direncanakan tiba di Pelabuhan Samabusa Nabire, Jumat sore (27/03), sekitar pukul 17.00 Wit.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *