Kemudahan yang Terjadi di Jaman Digital Untuk Milenial

(sumber:@anaya_katlego)

Teknologi informasi berkembang mengiringi makin pesatnya era milenial. Di Indonesia sendiri, penggunaan smartphone benar-benar dimaksimalkan, terutama dalam memenuhi kebutuhan manusia. Urusan apa pun makin mudah. Bahkan untuk traveling, seperti booking tiket, penginapan dan sewa mobil, semua bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone dan jemari tangan saja.

Jaman digital membuat milenial memiliki banyak kesempatan untuk melakukan berbagai hal. Produktivitas tinggi yang sangat diinginkan mereka diwujudkan secara gampang oleh teknologi yang makin hari makin canggih seperti tersedianya aplikasi sewa mobil online. Selain itu, ada lagi lima kemudahan yang terjadi di jaman digital bagi kaum milenial.

Belanja  Tanpa Harus Tinggalkan Sofa

Era digital memungkinkan seseorang untuk membeli produk-produk yang diinginkannya tanpa harus bertatap muka dengan penjual. Disebut juga dengan belanja online, dengan memanfaatkan smartphone, tinggal cari, temukan, dan pilih saja barang yang diinginkan. Kemudian bayar dengan metode termudah yang bisa dipilih, seperti transfer antar-rekening via ATM, bayar di minimarket, atau pembayaran sewa mobil dapat menggunakan uang digital.

Beli Tiket Tanpa Antri

Jaman dulu, membeli tiket adalah aktivitas yang menjemukan. Karena belum ada aplikasi yang mendukung pembelian secara online, calon pembeli harus datang jauh-jauh ke stasiun, antri di loket selama berjam-jam untuk mendapatkan selembar tiket kereta api.

Berbeda dengan masa sekarang. Beli tiket perjalanan bisa diselesaikan dengan mudah. Apa pun jenis moda transportasinya, tinggal kunjungi online travel agent (OTA), seperti Traveloka, untuk menemukan tiket yang diinginkan. Mulai dari kereta api, pesawat terbang, bahkan untuk sewa mobil online pun ada. Semuanya bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan sofa empuk di rumah.

Makin Mudah Cari Alat Transportasi

Kemajuan teknologi digital juga memperluas batasan manusia. Kini mencari sarana transportasi tak perlu jauh-jauh jalan ke halte atau pangkalan ojek. Dengan menggunakan aplikasi smartphone, tinggal panggil saja ojek atau taksi online. Bahkan dijemput dan diantar hingga sampai ke tempat tujuan.

Begitu juga dalam hal sewa mobil. Tak perlu buang-buang pulsa untuk menelepon perusahaan jasa rental kendaraan. Cukup pakai aplikasi sewa mobil online atau dengan menggunakan jasa OTA yang menyediakan fasilitas ini, pesan dan bayar sesuai dengan tarif yang ditentukan, mobil sewaan sudah tersedia untuk digunakan.

Silaturahmi Tanpa Batas

Mengapa media sosial menjadi dunia baru yang sangat disukai banyak orang? Jawabannya adalah karena mempermudah jalinan tali silaturahmi. Bersosial kini tak perlu lagi bertatap muka. Dengan aplikasi media sosial seseorang bisa mengirimkan pesan tulisan, suara, atau bahkan melakukan video call untuk melepas kangen dengan orang yang disayanginya.

Kirim Uang Semudah Menjentikkan Jari Tangan

Tak perlu lagi transfer uang lewat bank. Bila ingin berkirim uang, gunakan saja fasilitas digital berupa mobile banking atau sms banking. Cukup beberapa detik menatap layar smartphone sambil menuliskan besaran uang yang akan dikirimkan, semuanya beres dalam sekejap.

Berkirim pesan, transfer uang, booking tiket dan sewa mobil hanyalah sedikit dari sekian banyak kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi informasi. Apa saja layanan digital yang sudah dinikmati hingga sekarang?

Tapi harus diingat bahwa di balik kebaikan teknologi tetap ada sisi negatifnya. Kejahatan bisa terjadi lewat dunia maya. Karena itu selalu waspada terhadap penipuan yang makin marak di era digital. Pastikan juga menggunakan aplikasi-aplikasi resmi di smartphone karena yang aspal biasanya ditunggangi malware yang bisa membobol identitas-identitas pemiliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *