Kegiatan Arithmatic Racing Game Menyambut Hari Pendidikan Nasional Di Nabire

Hardiknas

Dinas Pendidikan kabupaten Nabire mengadakan  beberapa kegiatan perlombaan guna menyambut Hari Pendidikan Nasional 2014. Salah satu lomba yang diadakan yaitu Arithmetic Racing Game (ARG) yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Nabire. Lomba ini digelar dari tanggal 28-30 April dan diikuti sekolah dari tingkat SD hingga SMU.

Menurut Panitia Lomba, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah utuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional sekaligus memotivasi anak-anak untuk lebih menguasai matematika.

Pada kegiatan Arithmetic Racing Game  ini, anak-anak diajak balapan dalam berhitung mulai dari pertambahan, perkalian,pembagian dan pengurangan angka dan menggunakan metode komputer. Kegiatan ini juga baru pertama kali diadakan di Nabire.

Untuk penilaiannya meliputi dua parameter, pertama akurasi, tingkat ketepatan/ benar dalam menjawab dan kedua kecepatan, berapa waktu yang dicapai dalam menjawab semua soal. Di babak penyisihan tingkat SMA soal yang diberikan sebanyak 280 soal dengan waktu 20 menit, babak final soal bertambah menjadi 380 dengan durasi 30 menit. Babak Penyisihan Tingkat SD diberikan soal 120 dengan durasi 20 dan final 215 soal dengan durasi 30 menit. Perlombaan ARG tingkat Sekolah Dasar digelar paling akhir, yakni tanggal 30 April kemarin dan menjadi penutup dari rangkaian ARG 2014.

Inilah Pemenang ARG 2014, Tingkat SD, Juara I Luna Oktavina Lumbantoruan dari SD YPPK Santo Petrus, Juara II Richard S. Hartanto dari SD Kristen Agape, Juara III Algonza DEwangga Arjunanto dari SD YPK Sion. Sedangkan Juara Harapan I diraih Raynaldy Sutanto dari SD YPPK Santo Petrus, Harapan II Firdaus Rabbani Ramadhan  dari SD Plus Almadinah dan Juara Harapan III Ilham Azhar dari SD Negeri 3 Nabire.

Tingkat SMP, Juara I Faisal Resky pamungkas asal SMPN 4 Nabire, JUara II Olwin Arliana Pontororing asal SMP St. Antonius, Juara III Rodrigo Novel Kaunang asal SMP Kristen Anak Panah, Harapan I Anastasya Padwa asal SMP N 3 Nabire, Harapan II Rizky Amelia Saputri Lay asal SMP N 5 Nabire dan Harapan III diraih Nehemia Pardede asal SMP Kristen Anak Panah.

Tingkat SMA, Juara I disabet Muhammad Ali Akbar asal SMA N 3 nabire, Juara II Mira asal SMA N 3 dan Juara III Melani Herman asal SMA Neger 1 Nabire, Juara Harapan I Agustinus Kuddi Todingan asal SMA YPPK Adhi Luhur, Harapan II Irvan Sumantri Pakpahan asal SMA YPPK Adhiluhur dan Juara Harapan III dimenangkan Kahar Halim Prima Putra asal SMA N 1 Nabire.

(Papuaposnabire)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *