Kasus DBD Meningkat, Dinkes Papua Distribusikan Pendeteksi Virus DBD, Abate & Malathion Ke Delapan Kabupaten/Kota

Jayapura – Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di berbagai daerah dikhawatirkan akan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat diminta tetap waspada, sementara pemerintah daerah diminta untuk melakukan upaya pencegahan.

Di kabupaten Nabire jumlah kasus DBD untuk bulan Februari 2019 sudah mencapai 7 kasus. Artinya ada peningkatan dibanding bulan sebelumnya yang baru 2 kasus.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Dr Frans Sayori, kepada Nabire.Net, sabtu siang (09/02).

Tambahan 5 kasus baru di Nabire tersebut membuat jumlah kasus DBD di Provinsi Papua hingga Februari 2019 sudah mencapai 116 kasus dengan jumlah tertinggi di kabupaten Biak Numfor sebanyak 40 kasus.

(Baca Juga : Jumlah Kasus Demam Berdarah Di Nabire Meningkat Jadi 7 Kasus, Di Papua 116 Kasus)

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI telah mengirimkan 100 dus alat pendeteksi apakah ada virus Demam Berdarah atau tidak dalam tubuh seseorang, bernama Rapid Diagnostic Test (RDT).

Selanjutnya alat tersebut akan didistribusikan di delapan kabupaten/kota yang ditemukan kasus DBD-nya, yaitu Nabire, Biak, kota Jayapura, Timika, Boven Digoel, Asmat dan Sarmi.

Selain RDT, Dinkes Papua juga telah mendistribusikan Abate dan Cairan Malathion ke delapan kota tersebut.

Menurut penjelasan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aron Rumainum, seperti dilansir Nabire.Net dari Kantor Berita Antara, Dinkes Papua telah menyurati para Kepala Dinkes di setiap kabupaten/kota di Papua untuk melaporkan kasus DBD secara rutin setiap minggu.

Selain itu, setiap Dinkes juga diminta untuk melakukan penyuluhan pencegahan dan pemeriksaan DBD, melakukan pengasapan attau Foging dan larvasida.

[Nabire.Net]



Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
© 2019 Nabire.Net
Powered by Nabire.Net