Kampung Marga Jaya Distrik Uwapa Nabire Dapat Bantuan Program Jambanisasi

(Sosialisasi program jambanisasi di kampung Marga Jaya, Distrik Uwapa, kabupaten Nabire/Dok.PVB)

Nabire – Bertempat di Balai Kampung Marga Jaya, Distrik Uwapa, kabupaten Nabire, selasa (28/07), telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi jambanisasi kepada warga kampung Marga Jaya.

Hadir dalam sosialisasi ini, Kepala Kampung Marga Jaya, Agus Pikey, nara sumber dari Dinas Kesehatan kabupaten Nabire yaitu Bapak Gede, Batiter Kodim 1705/PN, Serma Hermansyah, Babinsa Distrik Uwapa, Serka Sermumes, dan warga masyarakat.

Nara sumber, Bapak Gede dalam pemaparannya menjelaskan tentang arti pentingnya jamban bagi masyarakat sebagai perwujudan pola hidup sehat.

Dikatakan, dengan adanya jamban, warga masyarakat tidak lagi BAB di sembarang tempat, sehingga mencegah penyebaran penyakit.

Lanjut Gede, program jambanisasi ini adalah program dari Kementerian Kesehatan, dan kampung Marga Jaya adalah salah satu kampung yang terpilih dalam program ini untuk mendapatkan bantuan jamban.

Lebih jauh Gede menuturkan bahwa standar pembangunan jamban umum yang memenuhi syarat yakni akses sanitasi yang memadai, berada di tengah-tengah masyarakat dan bisa dipergunakan semua warga masyarakat yang ada di kampung.

Adapun dana yang akan disalurkan dari pusat 100% langsung ditransfer ke rekening desa secara bertahap. Tahap pertama 65% untuk keperluan fisik, tahap kedua 30% untuk upah pekerja dan 5% untuk keperluan administrasi.

Sementara itu, Batiter Kodim 1705/PN, Serma Hermansyah, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Kodim 1705/PN dalam bidang Teritorial. Untuk itu pihaknya sebagai aparatur teritorial menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan program dari pusat ini, sehiungga kedepannya kegiatan ini bisa dinikmati semua kalangan masyarakat khususnya warga kampung Marga Jaya.

Sedangkan Kepala Kampung Marga Jaya, Agus Pikey, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan dan Dinkes Nabire atas kegiatan dan bantuan yang diberikan kepada warga kampung Marga Jaya.

Agus Pikey berharap agar kegiatan ini berjalan transparan dan masyarakat bisa mengikuti dan mengetahui proses kegiatan hingga selesai.

[Nabire.Net//PVB/Kodamcen]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *