Ini Wilayah Di Nabire & Papua Yang Berpotensi Banjir Selama Agustus-Oktober 2019

(Peta Potensi Banjir Papua/Dok.BMKG)

(Peta Potensi Banjir Papua/Dok.BMKG)

Nabire – Badan Metereologi & Geofisika (BMKG) pusat telah mengeluarkan peta prakiraan daerah di Indonesia yang berpotensi mengalami banjir pada bulan Agustus, September dan Oktober 2019, termasuk di Papua.

Peta prakiraan potensi banjir tersebut merupakan hasil kajian BMKG bersama instansi teknis lainnya diantaranya DitJen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Badan Informasi Geospasial (BIG).

Dalam hal ini BMKG sebagai penyedia Informasi Prakiraan Hujan Bulanan, PSDA PUPR menyediakan Daerah Rawan Banjir dan Badan Informasi Geospasial (BIG) menyiapkan peta dasar (RBI, Sistem Lahan dan Lahan Cover).

Prakiraan Potensi Banjir yang disampaikan meliputi potensi banjir tinggi, menengah, rendah dan aman dari kejadian banjir.

Khusus di provinsi Papua, sejumlah daerah oleh BMKG diprediksi sebagai daerah yang dikategorikan sebagai daerah yang memiliki potensi menengah mengalami banjir selama bulan Agustus, September dan Oktober 2019.

Daerah-daerah tersebut diantaranya sebagian kabupaten Nabire, Deiyai, Dogiyai, Paniai, Mimika, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Jayapura dan Keerom.

Khusus untuk kabupaten Mamberamo Tengah, Distrik Megambilis, dikategorikan sebagai daerah yang berpotensi tinggi mengalami banjir pada bulan Oktober 2019.

Khusus untuk kabupaten Nabire selama bulan Agustus dan September, daerah-daerah yang diprediksi memiliki kategori daerah yang berpotensi menengah mengalami banjir berada di empat Distrik.

Empat Distrik tersebut masing-masing Distrik Dipa, Distrik Makimi, Distrik Siriwo dan Distrik Uwapa.

Sementara untuk bulan Oktober 2019, prediksi daerah di Nabire yang dikategorikan berpotensi menengah mengalami banjir bertambah menjadi 9 Distrik masing-masing Distrik Dipa, Distrik Makimi, Distrik Siriwo, Distrik Uwapa, Distrik Teluk Umar, Distrik Yaur, Distrik Wanggar, Distrik Nabire dan Distrik Nabire Barat.

Berikut peta prakiraan daerah potensi banjir di Papua selama bulan Agustus 2019 :

1. Bulan Agustus 2019

2. Bulan September 2019

3. Bulan Oktober 2019

[Nabire.Net]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *