Ini Tanggapan Panitia HUT Kemerdekaan RI Kabupaten Nabire Terkait Surat Edaran Sumbangan

Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, Tahun 2018, tingkat kabupaten Nabire, Panitia HUT Kemerdekaan RI kabupaten Nabire, menyebarkan Surat Edaran Dukungan Dana dalam rangka peringatan HUT yang dimaksud.

Namun surat edaran sumbangan tersebut, dipertanyakan sejumlah warga Nabire yang merasa keberatan dengan sumbangan yang justru nominalnya sumbangannya sudah ditentukan dari 1 hingga 10 juta rupiah. Warga menganggap pungutan ini tidak sesuai dengan kondisi daerah yang sedang lesu.

(Baca Juga : Panitia HUT Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Nabire Patok Sumbangan Bikin Warga Bertanya-Tanya)

Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 73 tingkat kabupaten Nabire, La Halim S.Sos, akhirnya menjawab keresahan warga masyarakat Nabire.

Dijelaskan La Halim yang juga menjabat sebagai Asisten I Setda Nabire, sumbangan ini sudah dilakukan sejak tahun 2011, dan terpaksa harus dilakukan, mengingat daerah tidak diperbolehkan mengalokasikan dana untuk pelaksanaan hari-hari besar nasional, termasuk HUT Kemerdekaan RI. Jika hal itu dilakukan, maka hal itu bisa dianggap sebagai temua penyalahgunaan dana oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Oleh karena itu, terpaksa daerah harus berupaya mendapatkan dana pelaksaaan hari-hari besar nasional yang tidak boleh bersumber dari APBD, salah satunya melalui pengumpulan sumbangan seperti yang saat ini sedang dilaksanakan.

La Halim juga menjelaskan bahwa pengumpulan sumbangan ini tidak ada kaitannya dengan defisit keuangan Nabire yang mencapai puluhan Miliar.

[Nabire.Net/Reyn.W]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *