Ini Rencana DIPA T.A 2020 di Dinsos, DLH dan Kominfo Nabire

(Ilustrasi DIPA)

Nabire – Dari keseluruhan belanja negara tahun 2020 di Papua, 16 Triliun dialokasikan melalui Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga sebanyak 639 DIPA, yang pencairan anggarannya dilakukan oleh 7 KPPN lingkup kanwil DJPb Provinsi Papua.

KPPN Nabire sendiri melingkupi satuan kerja wilayah Nabire, Dogiyai, Deiyai, Paniai dan Intan Jaya, dengan alokasi Pagu belanja sebesar 1.1 Triliun sebanyak 62 DIPA.



(Baca Juga : Penyerahan DIPA TA 2020 Oleh KPPN Nabire)

Nabire.Net mencoba menanyakan besaran Rencana Kerja Anggaran di beberapa SKPD di Nabire, seperti Dinas Kominfo Nabire, Dinas Sosial Nabire, serta Dinas Lingkungan Hidup Nabire.

Kepala Dinas Kominfo Nabire, Drs. Suwardi M.Si, kepada Nabire.Net, rabu (15/01), mengatakan, untuk Tahun 2020, Dinas Kominfo Nabire mendapatkan 2.9 M, dengan sumber dari Dana Alokasi Umum sebesar 1 M, Dana Insentif Daerah sebesar 1.4 M dan dana otsus sebesar 500 juta.

Suwardi menambahkan, rincian DIPA akan ditampilkan pada Aplikasi Rencana Umum Pengadaan Dinas Kominfo Nabire setelah diterima.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Nabire, Isak, SE, mengatakan, sumber DIPA tahun anggaran 2020 berasal dari APBN, masing-masing dari Program KUBE sebesar 2.7 M dan Program BPNT sebesar 11.7 M.

“Semua berasal dari DIPA APBN kementerian sosial melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin. Adapun mekanisme penyaluran dana nantinya akan masuk ke rekening penerima manfaat melalui Bank BRI cabang Nabire. Jadi dari kementerian sosial langsung ke Bank BRI. Sementara Dinsos Nabire hanya awasi dan laporkan pelaksanaannya ke Kemensos.

Ditambahkan Isak, untuk program PKH (Program Keluarga Harapan), jumlah dananya sebesar 2.8 M. Mekanismenya sama seperti Program KUBE dan BNPT, dimana dana langsung masuk ke rekening penerima Bank BRI.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nabire, Onesimus Bonay, S.KM, M.Kes, mengatakan, untuk tahun anggaran 2020, DIPA Dinas Lingkungan Hidup Nabire lebih kurang berjumlah 6 M. Untuk 4 M akan diprioritaskan untuk persampahan di Nabire.

Untuk penyerahan DIPA tahun ini akan diserahkan oleh Bupati Nabire kepada setiap SKPD.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *