Ini Peta Rencana Pemasangan Rambu Evakuasi Bencana Di Nabire

(Pemasangan titik koordinat di kompleks Pasar Kalibobo oleh BPBD Nabire/Dok.BPBD Nabire)

(Pemasangan titik koordinat di kompleks Pasar Kalibobo oleh BPBD Nabire/Dok.BPBD Nabire)

Nabire – Kesiapsiagaan menghadapi bencana sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat. Sebagai salah satu daerah yang rawan bencana, perlu upaya untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana bagi warga Nabire.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Nabire melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adalah pemasangan rambu-rambu evakuasi bencana, yang didahului dengan Waypoint Tracking Survey, atau kegiatan survei penentuan koordinat atau titik acuan yang nantinya akan dipasangi rambu evakuasi bencana.

Kegiatan Waypoint Tracking Survey ini sendiri telah dilaksanakan akhir bulan Juli lalu di beberapa lokasi di kota Nabire oleh Bidang Pencegahan & Kesiapsiagaan dibantu Bidang Kedaruratan & Logistik serta Pusdalops BPBD Nabire.

(Baca Juga : BPBD Nabire Tentukan Koordinat Pemasangan Rambu Evakuasi Bencana)

Usai melaksanakan kegiatan  Waypoint Tracking Survey, BPBD Nabire membuat peta waypoint rambu evakuasi berdasarkan hasil survey.

Dalam peta tersebut, jumlah total waypoint yang telah disurvey sebanyak 52 titik, tersebar di beberapa wilayah di Nabire, seperti di Distrik Nabire, Distrik Teluk Kimi dan Distrik Makimi.

Hasil waypoint tracking survey selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus memastikan berapa titik evakuasi yang disetujui oleh BNPB.

BPBD Nabire sendiri berharap, kedepannya ada penambahan jumlah waypoint secara bertahap, mengingat waypoint yang sudah disurvey masih tergolonh minim.

Berikut peta titik rencana pemasangan rambu evakuasi bencana yang dibuat BPBD Nabire :

Kedepannya setelah rambu-rambu evakuasi terpasang, diharapkan dapat memudahkan warga Nabire dalam memobilisasi diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, mengingat kabupaten Nabire rawan akan bencana alam seperti gempa, longsor, banjir maupun tsunami.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *