Ini Penjelasan Kadis Pendidikan Dogiyai Tentang Dana TA, Pemondokan & Jurusan Langka

(Kepala Dinas Pendidikan Dogiyai, Yudas Tebai, S.Pd)

Dogiyai – Pemerintah kabupaten Dogiyai melalui Dinas Pendidikan akan mengirimkan dana tugas akhir, dana pemondokan dan dana studi jurusan langka kepada seluruh mahasiswa Dogiyai dengan cara ditransfer ke rekening, namun setelah melalui persyaratan yang sudah ditetapkan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dogiyai, Yudas Tebai, S.Pd, kepada Nabire.Net, Rabu (16/10), bertempat di Aula Kantor BPKAD Dogiyai, yang sementara menjadi Kantor Dinas Pendidikan Dogiyai.

Dijelaskan Yudas Tebai, terkait dana tugas akhir, pemkab tidak lagi melakukan pendataan mahasiswa dengan cara-cara lama seperti mendata langsung di kota studi. Hal itu disebabkan terbatasnya dana perjalanan serta berkaitan dengan situasi terkait isu rasisme Papua yang belum lama ini berkembang.

Oleh karena itu, Pemkab hanya akan mengirimkan dana tugas akhir  melalui transfer bank ke rekening masing-masing mahasiswa.

Namun sebelum dikirim ke rekening mahasiswa, Pemkab meminta agar mahasiswa melalui organisasi yang ada seperti IPMADO di masing-masing kota studi, untuk mendata mahasiswanya dengan data yang benar dan lengkap.

Format data yang wajib diisi oleh mahasiswa yaitu nama, nomor induk mahasiswa, nama perguruan tinggi, nama fakultas, nama jurusan, nama program studi, semester berapa serta nomor rekening pribadi.

Data yang masuk akan kembali dicross check ke Forlap Dikti, apakah data tersebut benar atau tidak. Jika benar, maka pemkab akan mengirimkan dana, namun jika datanya tidak benar, maka dana tidak akan dikirimkan.

“Hanya itu saja, surat lainnya tidak penting, karena nanti kita disini akan kita verifikasi di forlap dikti, nanti akan terbaca apakah mahasiswa ini benar akan selesai tahun ini atau tahun berikut, jadi seperti begitu”, kata Yudas Tebai.



Sementara berkaitan dengan dana pemondokan, Kadis menjelaskan, pihaknya tetap akan membayarkan dana tersebut karena merupakan hak mahasiswa, akan tetapi sebelum dana pemondokan dikirimkan, pemkab terlebih dahulu harus mengetahui struktur pengurus lengkap asrama/kontrakan di setiap kota studi, mulai dari Ketua, Sekretaris hingga Bendahara serta nomor kontak pengurus.

Selain itu dana pemondokan hanya akan dikirimkan ke nomor rekening milik pengurus atau organisasi mahasiswa di setiap kota studi, dan tidak melalui nomor rekening pribadi.

Kepala Dinas Pendidikan Dogiyai, Yudas Tebai, S.Pd, menambahkan Dinas Pendidikan juga akan menyalurkan dana bagi mahasiswa yang kuliah di jurusan yang langka seperti misalnya jurusan kedokteran dan lain sebagainya.

Seluruh pembayaran dana baik dana tugas akhir, dana pemondokan maupun dana jurusan langka akan dilakukan setelah semua data yang dibutuhkan diterima dan dianggap lengkap.

Pembayaran bisa dilakukan akhir Oktober, bisa juga awal November, semua sesuai dengan cepat atau lambatnya data diterima.

[Nabire.Net/Ones Yobee]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *