Ini Pandangan & Usulan Ketua KPU Dogiyai Dalam Sidang RAPBD Dogiyai 2019

Nabire – Suksesnya penyelenggaraan Pemilu di kabupaten Dogiyai bukan semata-mata tugas dan tanggung jawab penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu saja, melainkan dibutuhkan dukungan dari semua pihak mulai dari pemerintah, legislatif, kepolisian, parpol, tim sukses, para caleg, bahkan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua lapisan masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Dogiyai, Andreas Gobai, saat memberikan pandangan dan usulan pada Rapat Paripurna DPRD Dogiyai dengan agenda pembahasan APBD Dogiyai tahun 2019, yang dilaksanakan Sabtu (29/12), di Aula Maranatha Malompo Nabire.

Andreas Gobai menjelaskan bahwa penyelenggaraan Pemilu meupakan agenda bersama dan milik bersama. Jika pelaksanaan pemilu berhasil maka itu merupakan kebanggaan bersama. Oleh karena itu, penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah baik dari tingkat nasional, provinsi dan daerah.

Dipaparkan bahwa untuk pelaksanaan Pemilu 2019, KPU Dogiyai mendapat dukungan dari APBN melalui DIPA. Namun jika masih ada kebutuhan lain yang belum tercover di DIPA, maka KPU akan dibantu oleh Pemprov melalui KPU Provinsi dan Pemkab.

“Bantuan Pemerintah Daerah sangat diharapkan oleh KPU Kabupatenvtermasuk Bawaslu. Saya sampaikan secara tegas bahwa dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu maupun dalam PKPU, belum ada aturan yang melarang bantuan dari pemerintah daerah kepada penyelenggara Pemilu, kecuali bantuan tersebut sifatnya pribadi atau perorangan”, imbuh Andreas.

Lebih lanjut, Andreas juga meminta kepada pemerintah kabupaten Dogiyai untuk mendukung kerja KPU dengan menyediakan Kantor KPU yang permanen berikut fasilitasnya, karena tahapan Pemilu sudah semakin dekat.

Selain itu Andreas juga mengapresiasi kinerja pemkab Dogiyai melalui Dinas Catatan Sipil yang bekerja baik melakukan perekaman E-KTP sehingga jumlah perekaman E-KTP meningkat.

Diakhir pandangannya, Ketua KPU Andreas Gobai mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 baik Pilpres maupun Pileg.

Menanggapi hal ini, Bupati Dogiyai akan mempertimbangkan usulan dari KPU Dogiyai.

Sementara di akhir sidang, pemerintah kabupaten Dogiyai dan DPRD Dogiyai, akan memberikan bantuan 5 unit mobil kepada KPU Dogiyai.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *