Ini Curhat Warga Nabire Terkait Layanan Internet Yang Sudah 4 Hari Terganggu

Nabire – Sejak kamis malam (17/10), pukul 22.00 Wit, layanan data Telkomsel dan Telkom masih mengalami gangguan hingga saat ini, senin malam (21/10).

Belum diketahui kapan layanan data kedua operator ternama tersebut akan kembali normal, walaupun seperti dijanjikan sebelumnya, bahwa perbaikan akan dilaksanakan hari ini (21/10).

Sebelumnya, Staf Telkom wilayah Papua dan Papua Barat, Bapak Yongki, saat dihubungi Nabire.Net, minggu sore (20/10) menjelaskan, gangguan layanan data yang terjadi disebabkan oleh terganggunya modul power yang terkena petir dengan lokasi di Pulau Nau, kabupaten Waropen.

(Baca Juga : Perbaikan Gangguan Layanan Data Telkom/Telkomsel Akan Dilakukan Senin 21 Oktober 2019)

Lanjut Yongki, Tim Penanganan Gangguan akan diberangkatkan senin (21/10), menuju lokasi untuk melakukan penggantian modul. Dengan demikian paling cepat, layanan data akan normal kembali pada hari senin (21/10).

Namun hingga informasi ini diturunkan, kondisi layanan data Telkomsel maupun Telkom (Indihome) masih mengalami gangguan. Dengan demikian, tercatat sudah 4 hari warga Nabire kesulitan mengakses layanan internet.

Nabire.Net telah mencoba meminta update dari Yongki, namun hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari yang bersangkutan.



Sejumlah pelaku usaha yang kerap memanfaatkan layanan internet untuk mempromosikan usahanya mengaku sangat kecewa dengan pelayanan Telkomsel dan Telkom di Nabire.

Salah satunya Irma, warga Kalibobo Nabire, yang mengaku tak bisa mempromosikan jualannya lantaran gangguan internet.

Kepada Nabire.Net, Irma mengaku tidak bisa mengejar target penjualannya. Apalagi ia cuma memanfaatkan layanan data di handphonenya.

Berbeda dengan Irma, Robi, warga Siriwini Nabire bahkan berani membandingkan layanan yang diberikan Telkomsel/Telkom dengan layanan PLN, kepada warga Nabire.

Ia meminta Telkomsel maupun Telkom bisa lebih terbuka kepada warga Nabire terkait apapun persoalan dan permasalahan yang menyangkut kepentingan umum. Mengingat selama ini, gangguan internet di Nabire jarang dipublikasikan ke masyarakat.

Menurutnya, PLN Nabire masih lebih baik karena sering menginformasikan kepada warga Nabire apapun gangguan yang terjadi, sehingga hal itu bisa dimaklumi warga.

Berbeda dengan Telkomsel maupun Telkom, Robi menganggap kedua penyedia layanan internet milik Pemerintah ini, terlalu menganggap dirinya ekslusif sehingga enggan memberikan informasi detail perihal gangguan yang terjadi selama ini di Nabire.

“Kami warga Nabire terus terang sangat tergantung dengan layanan internet, dan layanan tersebut hanya bisa dinikmati dari operator Telkomsel/Telkom. Oleh karena itu kami berharap agar persoalan menahun ini bisa diatasi segera, apalagi Presiden telah meresmikan Palapa Ring Timur yang menjadi harapan akan percepatan internet di Papua”, pungkas Robi, kepada Nabire.Net.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *