INFO PAPUA

INFORMASI SEPUTAR PAPUA

Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar Resmi Jabat Kapolda Papua

Last modified on 2017-04-29 09:26:55 GMT. 0 comments. Top.

Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, resmi menjabat sebagai Kapolda Papua menggantikan Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, setelah dilantik oleh Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, di gedung Rupatama Mabes Polri Jakarta, jumat 28 april 2017.

Tak hanya jabatan Kapolda Papua, ada sejumlah Kapolda lainnya yang turut dilantik Kapolri. Di antaranya Kapolda Bengkulu dari Brigjen Yovianes Mahar kepada Brigjen Coki Manurung.

Kapolda Maluku yang dulunya dijabat Brigjen Ilham Salahudin, mulai hari ini resmi dipimpin Irjen Deden Juhara. Ada juga Kapolda Jambi dari Brigjen Yazid Fanani kepada Brigjen Priyo Widyanto.

Jabatan Kapolda Kalbar yang semula dipimpin Irjen Musyafak, mulai hari ini akan dijabat Brigjen Erwin Triwanto dan Kapolda Kalsel dari Brigjen Erwin Triwanto kepada Brigjen Rachmat Mulyana.

Kemudian yang terakhir adalah jabatan Kadiv Humas Polri, mulai hari ini akan dijabat Irjen Setyo Wasisto yang merupakan mantan Wakabaintelkam.

“Bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa saya akan menaati segala peraturan undang-undang dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab,” ucap Kapolri yang diikuti oleh pejabat yang dilantik, Jumat (28/4/2017) pagi.

Usai membacakan sumpah jabatan, Kapolri langsung menandatangani nota serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru. Kemudian, mereka juga menyerahkan tongkat komando kepada masing-masing pejabat baru.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi sejumlah jabatan dilingkungan Mabes Polri, sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Nomor : ST/1034/IV/2017 Tanggal18 April 2017, Jabatan Kadiv Humas akan diisi Irjen Pol. Setyo Wasisto yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Polri, dan mantan Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpaw menggantikan jabatan Irjen Pol. Setyo

Brigjen Pol. Yazid Fanani akan ditugaskan ke Badan Intelijen Negara (BIN), sementara penggantinya telah ditunjuk Brigjen Pol. Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat Karobinkar SSDM Polri

Selain itu, Irjen Pol. Ketut Untung Yoga yang menjabat sebagai Wakil Kepala Lemdiklat Polri juga diganti, dan akan ditugaskan di Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal, sementara penggantinya adalah Irjen Pol. Musyafak yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Barat

Untuk jabatan Kapolda Kalimantan Barat akan diisi oleh Brigjen Pol.Erwin Triwanto yang sebelumnya dipercaya sebagai Kapolda Kalimantan Selatan, kemudian jabatan yang ditinggalkan Brigjen Pol. Edwin digantikan oleh Brigjen Pol. Rachmat Mulyana yang sebelumnya mengisi jabatan Karodalpers SSDM Jakarta.

[Nabire.Net]

Tolak PSU Pilkada Jayapura, 19 Kepala Distrik Kabupaten Jayapura Divonis 3 Bulan Penjara & Denda 600 Ribu

Last modified on 2017-04-25 14:25:42 GMT. 0 comments. Top.

Terbukti menolak pelaksanaan pemungutan suara ulang Pilkada Jayapura, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas II A, Jayapura, Papua menjatuhkan vonis kepada 19 orang Kepala Distrik kabupaten Jayapura, selasa 25 april 2017.

Seperti dilansir dari Antara Papua, dalam persidangan tersebut, Majelis Hakim menjatuhkan vonis penjara 3 bulan percobaan, dan denda sebesar 600 ribu kepada ke 19 orang Kepala Distrik tersebut. Artinya para Kepala Distrik tidak akan menjalani hukuman kurungan fisik, kecuali jika di kemudian hari, ada putusan majelis hakim yang menentukan lain.

Ke 19 orang Kepala Distrik terbukti secara sah melakukan tindak pidana dengan membuat keputusan kolektif menguntungkan salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada kabupaten Jayapura 2017.

Seperti diketahui, KPU kabupaten Jayapura berdasarkan Surat Rekomendasi Panwas Kabupaten Jayapura, memutuskan menggelar PSU di 17 Distrik dari total 19 Distrik yang ada di daerah tersebut.

Namun hingga kini Bupati Jayapura Mathias Awaitou yang juga sebagai calon petahana Bupati Jayapura, belum mengalokasikan dana untuk menggelar PSU tersebut, sehingga hingga kini KPU Kabupaten Jayapura sudah merevisi jadwal PSU sebanyak tiga kali.

Terakhir PSU dijadwalkan pada 19 Juli 2017, dan KPU Kabupaten Jayapura berharap anggaran untuk hal tersebut sebesar Rp5,7 miliar segera dialokasikan.

[Nabire.Net]

Pelantikan Ketua DPD PAN Kabupaten Nabire, Paniai, Dogiyai & Deiyai

Last modified on 2017-04-24 17:07:30 GMT. 2 comments. Top.

Bertempat di Aula Kasih Tabernakel, Oyehe Nabire, sabtu 22 april 2017, Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim S.Ip MM, mewakili Bupati Nabire, melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN), Wilayah III Meepago.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati berharap kepengurusan DPD PAN yang terpilih agar terus mengabdi sesuai visi misi Partai Amanat Nasional, serta turut mendukung pembangunan di daerah masing-masing.

Bupati Douw juga berharap para pengurus PAN yang telah diambil sumpahnya agar bekerja dengan benar dan baik sesuai AD/ART Partai, jujur dan adil serta dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan moral baik kepada masyarakat maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Adapun mereka yang dilantik adalah sebagai berikut :

Surat Keputusan Pelantikan struktur DPD PAN Wilayah Meepago sebagai berikut :
a. Ketua DPD PAN Kabupaten Nabire, Merci Kegou S.Sos
b. Ketua DPD PAN Kabupaten Paniai, Eusebius Gobai
c. Ketua DPD PAN Kabupaten Dogiyai, Yahya Auwe S.IP M.Si
d. Ketua DPD PAN Kabupaten Deiyai, Abner Adii

Pelantikan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Umum DPW PAN Provinsi Papua, Yulius Rumbairussi SH MM, Perwakilan pimpinan Partai Hanura, Golkar, PPP, PDIP di Nabire dan tamu undangan.

[Nabire.Net]

Panitia Pembangunan Gereja Kasih Bukapa, Dogiyai, Akan Selesaikan Sisa Tahapan Pekerjaan Gereja Sebelum Diresmikan

Last modified on 2017-04-22 09:52:39 GMT. 0 comments. Top.

Dalam rangka menyukseskan peresmian Gereja Kasih Bukapa, kabupaten Dogiyai, Panitia Pembangunan bersama Jemaat telah berupaya merevonasi gereja dan mengerjakan sisa tahapan baik kerja fisik maupun non fisik.

Hal itu dikatakan Agus Tebai sekalu Sekretaris Panitia Pembangunan Gereja Kasih Bukapa, kabupaten Dogiyai, kepada Nabire.Net, sabtu (22/04).

Agus menuturkan, panitia pembangunan bersama panitia syukuran telah menyepakati untuk menyelesaikan sisa tahapan pekerjaan menuju puncak, hal itu disepakati dalam suatu pertemuan sabtu malam (21/04).

Lebih jauh Agus mengatakan, target penyelesaian pekerjaan pembangunan Gereja Kasih Bukapa yaitu penyelesaian pipa air, menara, renovasi ruangan, tangga-tangga, dan perataan halaman depan gereja.

Agus Tebai selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah kabupaten Dogiyai, dalam hal ini Bupati Dogiyai, Herman Auwe, yang telah mengawal dan membantu dana pembangunan gereja Kasih Bukapa.

“Bantuan dari pemerintah Dogiyai dalam hal ini bapak Herman Auwe telah meringankan beban warga jemaat Kasih Bukapa, sehingga kami panitia pembangunan & syukuran mengucapkan banyak terima kasih, dan Tuhan akan memberkati pelayanan bapak Herman Auwe,” pungkas Agus Tebai.

[Nabire.Net]

KPU Papua Coret Suara Di 7 TPS Kabupaten Intan Jaya, Sesuai Rekomendasi Bawaslu

Last modified on 2017-04-22 06:38:16 GMT. 0 comments. Top.

KPU Provinsi Papua akhirnya mencoret tujuh TPS dalam pleno rekapitulasi lanjutan hasil penghitungan suara Pilkada kabupaten Intan Jaya, yang berlangsung di kantor KPU Papua, Kamis (20/4) lalu.

Komisioner KPU Papua, Tarwinto, Sabtu (22/4) menuturkan, pencoretan tersebut berdasarkan rekomendasi Bawaslu yang meminta untuk di nol kan tujuh TPS tersebut dari total 185 TPS.

“Jadi dokumen hasil penghitungan suara tujuh TPS yang dibawa Sekertaris KPU Intan Jaya ke KPU Provinsi, sempat ditolak oleh Bawaslu Provinsi karena dokumen C1 dalam keadaan tidak berada dalam kotak dan tidak tersegel. Padahal, yang menjadi pertimbangan MK untuk merekapitulasi lanjutan itu, karena permintaan Ketua KPU Intan Jaya bahwasanya, dokumen dari tujuh TPS tersebut dalam keadaan aman dan terkunci, namun pada kenyataannya kan tidak,” tutur Tarwinto.

Meski ditolak Bawaslu, dalam rekapitulasi lanjutan pihaknya tetap memasukkan tujuh TPS tersebut. Namun kemudian, kata Tarwinto, Bawaslu akhirnya mengeluarkan rekomendasi untuk di nolkan tujuh TPS tersebut.

“Sehingga KPU akhirnya melaksanakan perintah Bawaslu dengan mencoret tujuh TPS tersebut ke dalam sertifikasi model DB. Dimana dari perolehan suara pada rekap lanjutan tersebut sama persis dengan perolehan suara atau rekap yang dikeluarkan oleh KPU Intan Jaya pada 24 Februari 2017 lalu,” jelasnya.

Adapun hasil rekapitulasi penghitungan suara, pasangan calon nomor urut 2, Yulius Yupugau – Yunus Kalabetme meraih suara terbanyak yakni 33.959 suara.

Selanjutnya, KPU Papua akan melaporkan hasil penetapan kepada MK. “Berdasarkan Surat Keputusan yang telah diterbitkan, KPU akan melaporkan hasil supervisinya ke MK, begitu pula dengan Bawaslu juga mengirimkan laporan yang sama dari segi pengawasannya. KPU akan melaporkan sebagaimana putusan MK yang memerintahkan untuk merekap lanjutan tujuh TPS. Karena salah satu putusan MK menyebutkan bahwa belum ada putusan final yang menjadi objek sengketa,” jelasnya lagi.

Tarwinto menambahkan, pleno penetapan rekapitulasi lanjutan berlangsung alot dimulai sejak pukul 14.00 dan berakhir pukul 02.00 dini hari. Ratusan massa pendukung keempat pasangan calon menunggu di halaman kantor KPU. Sementara Aparat keamanan disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang dapat mengganggu jalannya proses rekapitulasi.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi memerintahkan KPU untuk melakukan rekapitulasi lanjutan untuk tujuh TPS yang tidak dimasukkan saat pleno rekapitulasi penghitungan suara, 24 Februari 2017 lalu.

(WP)

Usai Pleno PSU Pilkada Intan Jaya Oleh KPU Papua, Aparat Polres Nabire Gelar Patroli Sitkamtibmas

Last modified on 2017-04-21 19:03:56 GMT. 0 comments. Top.

Kepolisian Resor Nabire, menggelar patroli, selepas KPU Provinsi Papua selesai melaksanakan rapat pleno perhitungan suara lanjutan, Pilkada Kabupaten Intan Jaya 2017.

Dari hasil pleno tersebut, pasangan Yulius Yapugau dan Yunus Kalabetme unggul dari 3 pasangan lain.

Berdasarkan hasil tersebut, aparat Polres Nabire menggelar patroli dan menyambangi warga Intan Jaya yang berada di kabupaten Nabire.

Kapolres Nabire, AKBP Sony Sanjaya SIK melalui pesan kamtibmas yang diteruskan oleh Kaur Bin Ops Intelkam Ipda M. Mudasir S.Sos, menghimbau kepada warga Intan Jaya yang ada di Nabire dan semua pihak untuk tetap melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian jika adanya perkembangan situasi.

Kapolres Nabire juga meminta agar massa pendukung untuk tetap sama-sama menjaga kamtibmas di Kabupaten Nabire dan massa agar tetap menahan diri dan tidak terpancing adanya isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

(Humas Polres Nabire/Tribratanews/E.L)

Pasangan Yulius Yapugau/Yunus Kalabetme Raih Suara Terbanyak Pada Pleno Lanjutan Yang Dilaksanakan KPU Papua

Last modified on 2017-04-22 06:32:41 GMT. 1 comment. Top.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Intan Jaya, Yulius Yapugau dan Yunus Kalabetme, memperoleh suara terbanyak pada rapat pleno rekapitulasi lanjutan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Papua, sejak kamis 20 april hingga jumat dinihari 21 april 2017, di Jayapura Papua.

Rapat pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, serta dihadiri Ketua Bawaslu Papua, Fegie Yoanti, Anggota Komisioner KPU Papua, Sekretaris KPU kabupaten Intan Jaya, Martinus Nawipa, para saksi dari setiap paslon Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya, Komisioner Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Fritz Siregar, Divisi Teknis KPU RI, Ilham Saputra, Divisi Hukum & Pengawasan KPU RI, Hasyim Asyari.

Dalam pleno tersebut, pasangan Yulius Yapugau dan Yunus Kalabetme merah suara 33.958 dan mengalahkan 3 kandidat lainnya yaitu Natalis Tabuni-Yan Kobogoyauw (31.476), pasangan Thobias Zonggonau-Herman Miyagoni (19.820) dan pasangan Bartolomius Mirip-Deny Miyagoni (8636).

Usai pleno, dilakukan penandatanganan hasil pleno oleh Ketua KPU Papua beserta Komisioner KPU Papua dan para saksi paslon.

Hasil pleno ini akan dilaporkan kepada Mahkamah Konstitusi sesuai dengan prosedurnya. Selanjutnya MK akan memutuskan berdasarkan dari laporan penyelenggara pemilu.

[Nabire.Net/WP]

Bupati Teluk Wondama Ingatkan Personil Wondama Trail Club Yang Akan Ke Nabire Untuk Jaga Sikap

Last modified on 2017-04-21 19:02:16 GMT. 0 comments. Top.

Personil Wondama Trail Club (WTC) yang melakukan tour Wasior-Nabire diigatkan untuk menjaga sikap. Pasalnya, mereka membawa nama Kabupaten Teluk Wondama dalam kegiatan itu.

“Oleh sebab itu, berhati-hatilah. Jaga diri dan jaga kekompakan. Sukses untuk kalian,” pesan Bupati Teluk Wondama, Ir. Bernadus A Imburi, saat melepas rombongan tour itu di Pelabuhan Wasior, sekira pukul 14:30, Jumat (21/4).

Pelepasan rombongan yang terdiri dari 67 motor KLX dan 4 Hilux itu juga dihadiri Ketua Dekab Wondama, Kuro MR Matani, sejumlah anggota Dekab, Kapolsek Wasior Rusman Latief SH, dan Kasat Lantas Polres Wondama Iptu Yopi Harsepuni.

Ketua WTC Yefta Siregar SSTP, yang ditemui papuakini.co di tempat start di pelabuhan Wasior menjelaskan, panitia pelaksana tour telah melakukan persiapan penyiapan mekanik, BBM, termasuk service mesin motor.

“Juga ada pembekalan untuk setiap peserta dalam menggunakan kendaraan di jalan, karena ini jalur yang berat. Juga tetang tingkah dan perilaku setiap peserta di Kota Nabire nantinya. Itu yang paling kami jaga,” jelas Siregar.

Dia kemudian mengatakan rombongan rencananya akan disambut seluruh komunitas motor di Nabire dan pemerintah setempat.

“Kami rencananya tiba Sabtu pagi. Sorenya kami lakukan penanaman bibit buah hitam di sekitaran kota Nabire. Keesokan harinya, kami silaturahmi dengan IMI Nabire bersama seluruh komunitas motor. Senin subuh rencananya balik ke Wondama,” paparnya.

(Sumber)

6 Orang Meninggal Karena Miras, Bhabinkamtibmas Polsek Kamuu Gelar Sosialisasi Bahaya Miras Di Pasar Ikebo Dogiyai

Last modified on 2017-04-20 15:44:15 GMT. 0 comments. Top.

Pasca meninggalnya 6 orang warga Dogiyai akibat menenggak miras oplosan, Bhabinkamtibmas Polsek Kamuu, kabupaten Dogiyai, Papua, menggelar sosialisasi tentang bahaya miras, di Pasar Ikebo, kabupaten Dogiyai, kamis pagi 20 april 2017.

Sosialisasi bahaya miras tersebut dipimpin langsung Kanit Binmas Polsek Kamuu, Aiptu Dominikus Mote, didampingi 3 anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kamuu, Bripka Melianus Iyai, Bripka Onesimus Iyowau dan Brigadir Saharuddin.

Maksud digelarnya sosialisasi bahaya miras ini adalah untuk mengingatkan warga masyarakat di Dogiyai tentang bahayanya minuman keras khususnya yang diracik sendiri (oplosan), seperti yang sudah menelan 6 korban jiwa.

Selain itu, Kanit Binmas, Aiptu Dominikus Mote meminta kepada warga Dogiyai agar tidak menjual alkohol sembarangan tanpa peruntukan yang jelas kepada masyarakat, sehingga bisa mencegah pengoplosan miras.

(Humas Polres Nabire/Tribratanews/E.L)

LBH Yayasan Satu Keadilan Desak Kominfo Buka Pemblokiran Beberapa Situs Dari Papua

Last modified on 2017-04-18 14:44:19 GMT. 0 comments. Top.

Lembaga Bantuan Hukum Pers, Perkumpulan Jubi, Yayasan Satu Keadilan, Papua, mendesak Kementerian Komunikasi & Informatika untuk menghentikan pemblokiran beberapa situs berita dan informasi yang ada di Papua, melalui surel yang dikirim hari selasa 18 april 2017.

Seperti dilansir dari situs Suarapapua.com, desakan kepada Kementerian Kominfo tersebut didasarkan atas pemblokiran beberapa situs berita dan informasi seperti infopapua.org, tabloid-wani.com, papuapost.com, freepapua.com, ampnews.org, bennywenda.org, ulmwp.org dan suarapapua.com.

LBH Yayasan Satu Keadilan Papua menyesalkan apa yang dilakukan Kominfo sebagai bentuk tindakan sewenang-wenang dan melanggar kebebasan berekspresi.

Ditambahkan, situs-situs yang diblokir tanpa diberi informasi terlebih dahulu tersebut merupakan situs-situs yang biasa menyuarakan secara lantang pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Papua.

Lebih lanjut, Yayasan Satu Keadilan menuding, Kementerian Kominfo tidak menggunakan dasar hukum yang kuat terkait pemblokiran situs-situs yang dimaksud.

Oleh karena itu, LBH Jubi, Yayasan Satu Keadilan meminta Kementerian Komunikasi & Informatika untuk segera membuka pemblokiran situs-situs yang dimaksud, membuat mekanisme transparan terkait pemblokiran situs-situs yang dimaksud dan menghentikan pemblokiran situs-situs kritis di Papua, karena hal tersebut adalah pelanggaran hak asasi manusia.

[Nabire.Net]

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255