INFO NABIRE

INFORMASI SEPUTAR KOTA NABIRE

Penumpang KM Gunung Dempo Tujuan Indonesia Barat Padati Pelabuhan Samabusa Nabire

Last modified on 2017-06-25 18:07:48 GMT. 0 comments. Top.

Ribuan warga Nabire baik pengantar penumpang maupun penumpang yang akan menggunakan jasa kapal KM Gunung Dempo memadati kawasan pelabuhan laut Samabusa Nabire, minggu sore (25/06).

Kepadatan kali ini merupakan puncak dari arus mudik via pelabuhan laut Nabire, bertepatan dengan libur Idul Fitri 1438 H dan libur sekolah.

Kapal KM Gunung Dempo sendiri tiba di pelabuhan Samabusa Nabire pukul 15.00 wit dari pelabuhan Jayapura, dan bertolak menuju Wasior, Manokwari, Sorong, Makassar, Tanjung Perak Surabaya dan tiba di pelabuhan terakhir Tanjung Priok Jakarta pada tanggal 30 juni 2017, pukul 18.00 wib.

Salah seorang penumpang kelas ekonomi, Stenly, mengatakan, dirinya akan berlibur ke Jawa, karena saat ini sedang masa liburan Idul Fitri dan liburan sekolah.

Sementara itu, akibat kepadatan penumpang maupun pengantar penumpang, diketahui ada beberapa pengantar penumpang yang tidak sempat turun ketika KM Gunung Dempo mulai bertolak meninggalkan pelabuhan samabusa Nabire.

Aris salah seorang warga Nabire yang mengikuti pelayaran KM Gunung Dempo menuju Makkasar, menuturkan, saat bertolak, masih banyak pengantar penumpang yang belum sempat turun.

Ada juga yang sempat turun bersama-sama dengan TKBM, namun yang tidak sempat turun terpaksa melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya.

[Nabire.Net]

Ibadah Minggu Pagi 25 Juni 2017, Di Jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire

Last modified on 2017-06-25 18:03:09 GMT. 0 comments. Top.

Ibadah Minggu Pagi, 25 Juni 2017 di GKI Siloam Sanoba, dipimpin oleh Pdt.F.Samsanoy,S.Th dengan pembacan firman Tuhan dari kitab 1 Tesalonika 5:19-22 dengan perikop “Nasihat-Nasihat”.

Dalam kotbahnya Pdt.F.Samsanoy mengatakan pembacaan firman Tuhan saat ini masi berbicara tentang Roh dan sebaiknya kita juga harus mengetahui latar belakang penulisan surat Tesalonika ini bahwa kota Tesalonika merupakan ibu kota Makedonia yakni salah Provinsi di kerajaan Roma dan keberadaan jemaat Kristen disana didirikan oleh rasul Paulus ketika ia memberitakan injil di kota tersebut.

Situasi di Tesalonika saat itu telah terjadi penganiayaan oleh penduduk Tesalonika kepada umat Kristen mula-mula disana sehingga terjadi perdebatan antara jemaat yang satu dengan lainnya terkait ajaran yang di sampaikan oleh rasul Paulus karena sebagian jemaat masi hidup dalam penyembahan berhala.

Sebagai rasul, Paulus terus memberikan semangat dan dukungan kepada jemaat di Tesalonika untuk hidup dalam kesucian dan kekudusan hidup sehingga dalam ayatnya yang ke 19 di katakan “Jangan padamkan Roh” atau kalau dalam Alkitab Bahasa Sehari-Hari di katakan “Jangan mengekang Roh Allah”.

Tentu ada alasan yang mendasar sehingga rasul Paulus menulis dalam suratnya kepada Jemaat di Tesalonika untuk tidak memadamkan Roh yakni bahwa setiap jemaat harus dapat menguji dan mengenal roh yang ada di dalamnya apakah roh tersebut adalah roh yang benar atau tidak.

Hal tersebut di tekankan oleh rasul Paulus karena jemaat di Tesalonika juga di perhadapkan dengan keberadaan nabi-nabi palsu yang terus berusaha dengan berbagai cara untuk mempengaruhi kepercayaan mereka kepada Allah yang telah mengutus putra-Nya Tuhan Yesus Kristus untuk menebus dosa umat manusia.

Kebenaran firman Tuhan juga mau mengajarkan kepada kita bahwa kita juga jangan padamkan Roh yang ada di dalam kita tetapi kita harus menguji roh-roh tersebut dan semua ajaran-ajaran yang yang berada di sekitar kita karena setiap roh dan juga ajaran yang tidak menyangkal Yesus Kristus adalah Tuhan yang telah menyelamatkan manusia oleh pengorbanan dan kematian-Nya adalah berasal dari Allah.

(Siloam)

Perayaan Idul Fitri 1438 H Di Nabire Berjalan Aman & Lancar

Last modified on 2017-06-25 18:00:18 GMT. 0 comments. Top.

(Masjid Agung AlFalah)

Ribuan umat Muslim di kota Nabire menggelar Sholat Ied menyambut datangnya hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di berbagai masjid yang ada di kota Nabire.

Uniknya, pelaksanaan sholat ied 1438 H, jatuh pada hari minggu dan bertepatan dengan umat nasrani yang juga melaksanakan ibadah pagi hari.

(Masjid Al Muhajirin Nabarua)

Pelaksanaan Sholat Ied 1438 H sendiri berjalan dengan aman dan lancar serta kusyuk walaupun sempat turun hujan.

(Masjid Baiturrohman Oyehe)

Pengamanan Sholat Ied 1438 H di Nabire didukung oleh aparat TNI/Polri serta organisasi  keagamaan.

[Nabire.Net]

Kapendam XVII/Cendrawasih Gelar Pertemuan Dengan Tokoh Masyarakat Distrik Makimi

Last modified on 2017-06-25 17:58:35 GMT. 0 comments. Top.

Kapendam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Teguh Puji Raharjo, menggelar tatap muka bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat Distrik Makimi, jumat 23 juni 2017, membahas sumber daya alam yang ada di Distrik Makimi Nabire.

Pertemuan yang digelar di Koramil 1705-04/Napan tersebut dihadiri Danramil 1705-04/Napan, Kapten Inf Eddy Rumatray, Kepala Suku Besar Wate Nabire, Didimus Waray, Kepala Suku Aiwai, Paulus Wopairi M.Si, Kepala Suku Wate kampung Nifasi, Aser Monei, Kepala PT. Dunia Resort Nusantara, Mr. Noriyama.

Dalam pertemuan tersebut, Kapendam, Kolonel Inf Teguh Puji Raharjo menyampaikan agar kiranya sumber daya alam yang ada wilayah Distrik Makimi dikelola dengan sebaik-baiknya. Mewakili pihak aparat, beliau TNI-Polri siap membantu dalam hal pengamanannya.

“Kami dari TNI mendukung kegiatan tersebut. Apabila dalam pelaksanaan terjadi konflik agar melibatkan pihak keamanan dalam hal ini TNI/Polri.” ujar Kapendam.

Tidak hanya itu, dalam kesempatannya tersebut Kapendam juga mengkampanyekan perihal pendaftaran TNI. Beliau berharap para putra daerah dari wilayah para tokoh yang hadir tersebut, untuk dapat turut serta mengikuti seleksi demi mengabdi kepada negeri.

“Kami sangat berharap apabila ada anak dari bapak ibu sekalian yang merupakan putra daerah Papua, agar bisa bergabung untuk mendaftar menjadi prajurit TNI dalam tes seleksi Secaba PK dan Secata PK tahun 2017.” lanjut beliau.

Hal ini disambut baik Kepala Suku Aiwai, Paulus Wopairi M.Si yang mengucapkan terima kasih karena kehadirannya ditengah-tengah warga bisa memperhatikan warga.

Terkait upaya pemberdayaan sumber daya alam, Paulus Wopairi sangat mendukung kegiatan yang sedang berlangsung. Ia juga menyampaikan, agar para pengusaha asing yang akan menggarapnya, dapat melengkapi segala persyaratan pembukaan usaha.

Adapun terkait keamanannya, beliau mengungkapkan harapannya agar dibuatkan Pos Keamanan.

“Kami sangat berharap agar di buat pos keamanan di sepanjang kali Musairo supaya bisa membantu dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Distrik Makimi.” lanjut Paulus Wopairi.

(Kodam17Cen)

Sambut Idul Fitri 1438 H, Umat Muslim Di Nabire Gelar Takbir Di Masing-Masing Masjid

Last modified on 2017-06-24 18:29:12 GMT. 0 comments. Top.

(Pawai Takbir di Masjid Nurul Huda Bumi Wonorejo/Dokpri.I.F)

Usai pengumuman dari Menteri Agama bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1438 H jatuh pada hari minggu 25 juni 2017, umat islam di Indonesia, khususnya di Nabire, menggelar takbiran, walaupun hanya di Masjid. Hal tersebut dikarenakan himbauan dari Polda Papua dan PHBI kabupaten Nabire.

Oleh karena itu untuk merayakan hari kemenangan, umat muslim di Nabire, sabtu malam 24 juni 2017 menggelar takbir di masing-masing masjid di Nabire, dan mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian.

Pengamanan malam takbiran di Nabire oleh Polres Nabire, didukung olehTNI, Senkom, para pemuda masjid, Pramuka Saka Bhayangkara serta Orari lokal Nabire. Jalannya malam takbiran di masing-masing masjid di Nabire berlangsung aman dan lancar.

(Dokpri.E.L)

“Alhamdulillah, Puji Syukur atas berkat dan anugerah yang diberikan Tuhan kepada kami semua yang melaksanakan pengamanan malam takbiran di Kabupaten Nabire, berjalan dengan aman, damai, lancar dan kondusif, serta tidak ada sesuatu hambatan apapun dalam kegiatan pengamanan malam takbiran di tiap-tiap masjid yang sudah di ploting, semuanya berjalan sukses semuanya malam takbiran di Kabupaten Nabire,” kata Kapolres Nabire, AKBP Sony Sanjaya S.Ik.

[Nabire.Net]

Jelang Idul Fitri 1438 H, Warga Gelar Ziarah Kubur Di Pekuburan Muslim Jannatun Naim Girimulyo Nabire

Last modified on 2017-06-24 18:22:05 GMT. 0 comments. Top.

Tidak hanya menjelang Ramadhan, tradisi ziarah kubur juga dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri. Di pekuburan muslim Jannatun Naim, Girimulyo Nabire, ratusan warga Nabire menyempatkan untuk pergi ke makam keluarga yang telah meninggal dunia atau ziarah kubur.

Tradisi ini sudah sejak lama dilakukan oleh warga secara turun temurun baik sebelum puasa maupun sebelum lebaran, dan juga ada yang dilakukan di hari lebaran.

Beberapa hari jelang datangnya lebaran, warga mengunjungi pekuburan muslim Jannatun Naim, Girimulyo dan mengunjungi makam keluarga serta berdoa di sana. Selain itu juga dilakukan tabur bunga atau nyekar di atas makam keluarga.

Ahmad salah seorang warga yang melakukan ziarah kubur mengatakan, dirinya bersama keluarga pergi ke makam saat sebelum puasa dan menjelang lebaran. Mereka datang untuk mendoakan keluarganya yang telah meninggal.

“Dari dulu hal ini sudah menjadi tradisi, sekedar untuk mengirim doa bagi keluarga yang telah mendahului,” pungkas Ahmad.

[Nabire.Net]

H-1 Jelang Idul Fitri, Sejumlah Pasar Di Nabire Dipadati Pengunjung & Pedagang

Last modified on 2017-06-24 18:15:07 GMT. 0 comments. Top.

Sejumlah pasar di kota Nabire, sabtu pagi (24/06) dipadati pembeli dari berbagai wilayah di daerah itu menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Salah satu yang paling ramai adalah Pasar Sentral Kalibobo Nabire.

Ratusan pengunjung memadati Pasar Sentral Kalibobo sejak pagi hari, baik mobil maupun motor silih berganti keluar masuk Pasar Kalibobo untuk berbelanja kebutuhan menjelang Idul Fitri.

Jalan di dalam Pasar Kalibobo dipadati kendaraan roda dua dan roda empat. Sementara aktivitas di dalam pasar tak kalah ramai, para pengunjung berdesakan mencari kebutuhan bahan pokok, sayur-mayur, daging maupun ikan.

“Saya membeli berbagai macam keperluan untuk Idul Fitri utamanya untuk kebutuhan bahan masakan,” kata Lusi, salah seorang pembeli di Pasar Sentral Kalibobo.

Selain di Pasar Sentral Kalibobo, Pasar Karang Tumaritis juga dipadati warga Nabire yang ingin membeli kebutuhan bahan pokok menjelang Idul Fitri.

[Nabire.Net]

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169