Hari Pertama Pelaksanaan USBN Di SMP Negeri 5 Distrik Wanggar Nabire Berjalan Lancar

Para siswa/i SMP/MT’s se-Nabire, selasa 18 april 2017 menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2016/2017.

Di SMP Negeri 5 Distrik Wanggar Nabire, pelaksanaan USBN berjalan baik dan lancar, diikuti oleh 17 orang siswa kelas IX.

Pelaksanaan USBN yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18-20 april 2017, mengujikan materi hari pertama, Agama, hari kedua Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), dan hari ketiga IPS.

Kepala Sekolah SMP Negeri 5, Distrik Wanggar Nabire, Marten Tandiraba, menjelaskan kepada Nabire.Net, selasa malam (18/04), bahwa pelaksanaan USBN berjalan lancar, para peserta bersemangat dan hadir semua, begitu juga panitia USBN begitu kompak mensukseskan USBN.

Dikatakan Marten, pada tanggal 20-25 april, akan diadakan Ujia Sekolah dengan mata pelajaran yang diujikan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, Seni Budaya, Penjas, TIK dan Mulok di hari terakhir.

Lebih lanjut Marthen menambahkan, bentuk soal USBN ada 2 jenis yakni pilihan ganda 40 soal dengan lembar jawaban komputer akan dikirim ke kabupaten untuk dipindai/dikoreksi, sedangkan bentuk soal uraian 5 soal, lembar jawabannya manual dikoreksi di sekolah, jadi nilai hasil USBN adalah gabungan 70% soal pilihan ganda dengan 30% soal uraian.

Sedangkan bentuk soal untuk Ujian Sekolah (US) semua pilihan ganda dengan 50 nomor per mata pelajaran, dan lembar jawaban manual semua dikoreksi pihak sekolah.

“Setelah USBN dan US selesai, maka penilaiannya dengan standar setiap mata pelajaran nilainya 40.00 dengan rata-rata seluruh mata pelajaran minimal 50.00, dan nanti akan dikirim ke provinsi sebagai syarat peserta layan mengikuti Ujian Nasional pada awal bulan mei 2017 mendatang”, pungkas Marthen Tandiraba.

[Nabire.Net]

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.