Gubernur Dorong Palapa Ring Bisa Jangkau Seluruh Distrik di Papua

(Gubernur Dorong Palapa Ring Bisa Jangkau Seluruh Distrik di Papua)

Jayapura – Gubernur Papua Lukas Enembe mendorong pembangunan fasilitas Palapa Ring hingga mengcover ke wilayah distrik atau kecamatan. Hal tersebut, agar para siswa di pedalaman bisa menikmati kuota internet gratis lewat sistem pembelajaran jarak jauh yang saat ini gencar digalakkan pemerintah, akibat mewabahnya virus corona.

“Saat ini internet Telkomsel dengan menggunakan Palapa Ring baru mengcover wilayah ibukota kabupaten. Untuk itu, kita mau dorong supaya Palapa Ring ini masuk ke distrik-distrik. Supaya anak-anak kita yang sebelumnya tidak memiliki jaringan internet, bisa segera menikmati fasilitas (internet lewat sistem) pembelajaran jarak jauh,” terang Lukas, di Jayapura, Senin (7/9/2020), seperti dilansir Nabire.Net dari Humas Pemprov Papua.

General Manager Consumer Sales Regional Maluku dan Papua Alfon Oktrianda menyambut baik inisiatif Gubernur terkait upaya mendorong pembangunan Palapa Ring hingga ke wilayah distrik.

“Khusus untuk Papua memang butuh penambahan fasilitas Palapa Ring hingga ke distrik. Intinya Telkomsel secara perangkat di wilayah pegunungan pun sudah siap. Yang penting Palapa Ring masuk dulu,” terang dia.

Ia mencontoh koneksi internet Telkomsel di Kota Wamena saat ini lewat program Palapa Ring, bahkan sudah mampu mengakse Youtube sampai 6 mb per second.

Meski belum semua wilayah di Kota Wamena, dia berharap program Palapa Ring kedepan, dapat terdistribusi hingga ke seluruh pelosok di tanah Papua.

“Sebab anak-anak usai sekolah di Papua ini domisilinya terbanyak ada di wilayah distrik atau kampung”.

“Makanya, mumpung saat ini kita belajar di rumah dan pemerintah punya komitmen membangun, begitu Palapa Ring mengcover Telkomsel langsung masuk memberi layanan internet,” tandasnya.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *