Gua Kontilola Yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Nenek Moyang Warga Kurulu

(Dok.Gua Kontilola)

(Dok.Gua Kontilola)

Jayawijaya – Kabupaten Jayawijaya Papua memiliki banyak keindahan alam dan situs yang bisa menjadi destinasi wisata. Di Distrik Kurulu, kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, ada sebuah Gua yang dinamakan Gua Kontilola.

Gua ini sudah lama dikenal sebagai lokasi wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Wamena. Di gua ini, bisa dijumpai lukisan mirip gamba alien.

Eksplorasi arkeologi oleh Tim Balai Arkeologi Papua di Gua Kontilola, menunjukan bahwa yang dimaksud gambar alien oleh wisatawan ini, sebenarnya termasuk sebagai rock art atau seni gambar cadas yang dibuat oleh manusia prasejarah.

Gambar alien yang terdapat di Gua Kontilola sesungguhnya merupakan gambar manusia. Pada masa prasejarah, teknik menggambar manusia pada masa itu masih sangat sederhana.

Situs Gua Kontilola sendiri berdasarkan cerita rakyat yang dipercaya oleh masyarakat Kurulu, dulu merupakan tempat tinggal nenek moyang mereka.

Eksplorasi arkeologi juga menemukan spesies udang bertubuh transparan berukuran 1 -1,5 cm. Di dalam ruang gua yang gelap terdapat sumber air tawar, yang merupakan kumpulan air yang menetes dari stalagtit, dalam sumber air ini udang tersebut ditemukan.

Penelusuran informasi ke masyarakat sekitar gua, mereka baru mengetahui jika di dalam gua terdapat udang transparan ini. Udang bertubuh transparan juga sebelumnya ditemukan Tim Balai Arkeologi Papua dalam eksplorasi arkeologi di Situs Gua Togece, Kampung Parema, Distrik Wesaput, Kabupaten Jayawijaya.

[Nabire.Net/Hari.Suroto]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *