Garuda Belum Buka Pelayanan Penjualan Tiket di Nabire, Ini Penyebabnya

(Garuda Belum Buka Pelayanan Penjualan Tiket di Nabire, Ini Penyebabnya)



Nabire – Sesuai kesepakatan Asosiasi Bupati Wilayah Meepago, relaksasi transportasi udara akan dibuka sebanyak dua kali dalam seminggu mulai 4 Juli 2020, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pihak airlines Wings Air sudah melayani penjualan tiket pesawat dari Nabire ke Jayapura sejak 29 Juni 2020 lalu.

(Baca Juga : Akses Penerbangan Ke Nabire Akan Dibuka Dengan Protokol Kesehatan Ketat)

Berbeda dengan Wings Air, maskapai Garuda hingga saat ini belum melayani penjualan tiket, mengingat belum ada kepastian kapan penerbangan Garuda dibuka.

Hal itu disampaikan Stasion Manager Garuda Indonesia kabupaten Nabire, Sarwono, saat dihubungi Nabire.Net, melalui sambungan telepon, kamis siang (02/07).

(Baca Juga : Tiket Pesawat Nabire-Jayapura Sudah Dijual, Ini Tanggal & Jam Keberangkatannya)

Dijelaskan Sarwono, hingga saat ini pihak Garuda dari pusat belum membuka sistem penjualan tiket. Selain itu, homebase Garuda berada di Biak bukan di Nabire atau Jayapura.

“Kita belum ada penjualan karena sistemnya belum dibuka dari pusat. Selain itu homebase garuda ada di Biak, karena penerbangannya dari Biak ke Nabire, lalu dari Nabire ke Timika dan Jayapura dan kembali lagi ke Nabire dan terakhir ke Biak,” kata Sarwono.

Lebih lanjut Sarwono menjelaskan, jika memang ada instruksi atau edaran dari pemerintah daerah baik pemkab Nabire maupun biak, maka informasi tersebut akan diteruskan ke pusat, dan keputusan ada di pusat.

“Jika ada surat edaran dari pemkab Biak atau Nabire, nanti akan diteruskan ke pusat, sehingga pusat membuka dan ada penerbangan. Jadi belum ada kepastian kapan dibuka kembali penerbangannya,” lanjut Sarwono.

Sementara berkaitan dengan protokol pencegahan Covid-19, Sarwono menegaskan pihaknya sudah siap.

“Dari protokol Garuda sudah siap, sesuai protokol kesehatan pemerintah. Kita harus mendukung program pemerintah, tidak boleh sembarangan juga, harus sesuai prosedur yang berlaku, kita sudah siap,” imbuhnya.

(Baca Juga : Sambut New Normal, Digelar Simulasi Persiapan Pembukaan Bandara Nabire)

Hal senada juga disampaikan Tri Nababan selaku Kepala Perwakilan PT. Gapura Angkasa perwakilan Nabire yang merupakan salah satu perusahaan Ground Handling yang melayani jasa penumpang dan bongkar muat.

Dijelaskan Tri, Garuda memang belum membuka penerbangan karena rute yang diijinkan saat ini baru rute Nabire Jayapura, sementara pesawat Garuda menginap (Remain Over Night) di Biak.

“Untuk sementara kami belum bisa, karena rute yang dibuka baru Nabire Jayapura, sedangkan pesawat kita RON di Biak,” pungkas Tri.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *