Gabungan TNI/Polri dan Pemda Paniai Bersihkan Lumpur Akibat Banjir Bandang

(Gabungan TNI/Polri dan Pemda Paniai Bersihkan Lumpur Akibat Banjir Bandang)

Paniai – Banjir bandang yang mengakibatkan tanah longsor dikarenakan curah yang hujan tinggi sehingga menyebabkan terendamnya sebagian Rumah warga oleh material lumpur yang terjadi di Distrik Madi Kabupaten Paniai. Rabu (20/01/21).

Banjir yang terjadi dikarenakan adanya penampungan air/Bak air di belakang SD Yapis depan RSUD Madi yang penuh karena curah hujan yang tinggi sehingga penampung air mengalami Jebol dan tumpah ke sepanjang jalan.

(Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Banjir Landa Paniai)

Adapun tempat-tempat yang terkena banjir yakni, SD Yapis, Rumah Dinas Bupati kabupaten Paniai, Pos Lantas Polres Paniai, Mes Perwira Polres Paniai, Asrama Polres Paniai, dan juga beberapa rumah warga mulai dari depan RSUD, pertigaan Madi sampai depan jalan poros Madi-Enarotali di perkirakan sekitar tiga puluh rumah Masyarakat.

Mengetahui hal tersebut Personil Gabungan TNI dan Polri serta Pemda Kabupaten Paniai turun ke TKP dan membantu pembersihan lumpur di Rumah warga yang terdampak longsor.

Personel Gabungan kesulitan dalam upaya bantuan penyelamatan warga yang terkena musibah banjir dikarenakan situasi malam hari dan ditambah listrik/PLN di Kabupaten Paniai selama satu minggu tidak menyala.

Personel Gabungan menggunakan 1 (satu) Unit Eksavator, 1 (satu) Unit Gleder, (satu) Unit Mobil Water Canon, 1 (satu) unit mobil Damkar, 6 (enam) truk milik PT. Moderen disediakan oleh Pemda Kabupaten Paniai guna membersihkan tempat-tempat yang terkena dampak banjir.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan kerugian materil masih dalam proses pendataan dan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

“Postur Geografis tanah di Kabupaten Paniai umumnya mudah terjadi longsor dan tempat serapan air hujan sangat minim sehingga pada saat curah hujan tinggi selalu terjadi longsor dan banjir,” terang Kabid Humas Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang serta lebih waspada terhadap cuaca ekstrim dan mengutamakan keselamatan dikarenakan pada saat ini masih dalam musim penghujan.

[Nabire.Net/Kabid Humas Polda Papua]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *