Forum Kerukunan Umat Beragama Distrik Nabire Barat Resmi Dibentuk

Nabire, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten Nabire, rabu kemarin (06/10), melaksanakan acara pembentukan FKUB tingkat Distrik Nabire Barat.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Distrik Nabire Barat, dihadiri Kepala Distrik Nabire Barat, Arif Subkhan, SSTP, Ketua dan anggota FKUB kabupaten Nabire, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Nabire, Kapolsek Nabire Barat serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.

(Baca Juga : FKUB Distrik Nabire Barat, Distrik Uwapa, Distrik Makimi Akan Dibentuk 6 Oktober 2021)

Dalam sambutannya, Ketua FKUB kabupaten Nabire, Pdt. J.Mbaubedari, S.Th, mengatakan, tujuan dibentukanya FKUB di tingkat Distrik ini dalam rangka memelihara dan menjaga toleransi, kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama, khususnya di Distrik Nabire Barat.

“Tugas FKUB di tingkat Distrik yakni berkoordinasi dengan para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemerintah Dsitrik, serta meneruskan aspirasi dari organisasi keagamaan kepada FKUB di tingkat Kabupaten untuk didiskusikan dan dibuat rekomendasinya,” kata Ketua FKUB.

Ketua FKUB Nabire juga mengingatkan bahwa FKUB bukanlah organisasi politik.

Di tempat yang sama, Kepala Distrik Nabire Barat, Arif Subkhan, SSTP, mengatakan, selama ini di Distrik Nabire Barat, tak pernah ada konflik antar umat beragama. Namun selama ini, belum ada wadah bagi para tokoh agama di Distrik ini untuk menjalin komunikasi.

Lanjut Kepala Distrik, pemerintah dalam hal ini Distrik, akan siap memfasilitasi pembentukan FKUB ini.

Kapolsek Nabire Barat diwakili Kanit Intelkam, dalam sambutannya mengapresiasi peran tokoh agama yang ikut menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada Nabire.

“Tugas dan peran kepolisian selalu turun ke masyarakat untuk memberikan pemahaman dan pengertian tentang arti pentingnya keamanan, khususnya dalam mencegah munculnya paham radikalisme,” kata Kanit Intelkam.

Sementara Kepala Kemenag Nabire, Pdt. Yafeth Iyai, S.Th, dalam arahannya menuturkan bahwa Kementerian Agama berperan mengayomi semua agama yang ada dan selalu bekerjasama dengan FKUB dan pihak-pihak lain.

Ia mengapresiasi dengan baik pembentukan FKUB di tingkat Distrik sebagai upaya untuk membentuk jejaring demi terciptanya toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Berikut susunan kepengurusan FKUB Tingkat Distrik Nabire Barat :

A. DEWAN PEMBINA

  • Ketua : Kepala Distrik Nabire Barat

  • Waket I : Kapolsek Nabire Barat

  • Waket II : Danramil

  • Sekretaris : Sekretaris Distrik Nabire Barat

  • Anggota : Staf Distrik (2 orang)

B. PENGURUS HARIAN

  • Ketua : Pdt. Suharto Nugraha

  • Waket : Mustofa

  • Sekretaris : Agus Windowani

  • Bendahara : Pdt. Marike.R

  • Anggota : Edy Sucipto, Sudarmanto, Sunarno, Naftali Tabuni, Moses Yatipai

Sementara itu untuk rencana pembentukan FKUB tingkat Distrik Uwapa dan Makimi, akan dilaksanakan bulan November 2021.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *