Enam Guru Dari Nabire Ikut Seminar Akhir & Ekspo Karya Kreatif Guru Di Jakarta

Sebanyak 6 orang perwakilan guru dari Nabire mengikuti Seminar Akhir dan Ekspo Karya Kreatif Guru Program Pemeraatan Mutu Guru Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T), di Jakarta.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta Pusat tersebut, diikuti 6 guru yang terdiri dari 3 fasilitator daerah dan 3 guru imbas dari setiap jenjang pendidikan (SD, SMP,SMA) di Nabire.

Salah seorang fasilitator daerah yang mengikuti kegiatan ini, Ibu Meliana Susiawati S.Pd dari SMP Kristen Anak Panah Nabire, kepada Nabire.Net, kamis pagi (27/09) mengatakan, kegiatan di Jakarta ini merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya di Makassar pada bulan Mei lalu yaitu Program Pemerataan Mutu Guru Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) untuk Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Dijelaskan, program ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengan dan Pendidikan Khusus, Kementerian Pendidikan RI.

Sementara perwakilan dari Nabire yang mengikuti kegiatan di Jakarta, ditunjuk langsung dari Kementerian Pendidikan berdasarkan pemetaan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015, dimana tiap jenjang pendidikan diambil satu orang guru.

Ketiga guru tersebut kemudian disebut sebagai fasilitator daerah yang terdiri dari Ibu Meliana Susiawati S.Pd dari SMP Kristen Anak Panah Nabire, Ibu Titik Sri Handayani S.Pd dari SMA Negeri 2 Nabire dan Bapak Paryono S.Pd dari SD Negeri Inpres 02 Kalisemen Nabire. Turut mendampingi para fasilitator daerah dalam kegiatan di Jakarta yaitu 3 orang guru imbas masing-masing Fithria Endah Eryani S.Pd dari SMA Negeri 3 Nabire, Smirna Yenusi dari SMP Kristen Anak Panah dan Yosep Kristianto dari SD Negeri Inpres Wadio.

Sedangkan sebagai supervisor dari ketiga fasilitator tersebut yaitu Ronald Manibuy S.Si M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Nabire dan Koordinator Daerah, Maryanto yang adalah Pengawas SMA Dinas Pendidikan, serta Mesak Mofu S.Pd M.Pd selaku Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Nabire.

Perwakilan Nabire sendiri mendapat dukungan moril dan materil dari Kepala Dinas Pendidikan Nabire, Daniel Maipon SSTP yang sangat mendukung kegiatan ini, sehingga perwakilan dari Nabire bisa mengikuti kegiatan ini.

Para fasilitator daerah tersebut sebelumnya telah mengikuti pembekalan selama 5 hari di Makassar, Mei lalu. Usai pembekalan, mereka diminta menunjuk 5 guru imbas dari masing-masing jenjang pendidikan dari sekolah yang berbeda, dengan tujuan para guru imbas dapat membuat karya kreatif guru.

Selama berada di Jakarta dari tanggal 25 hingga 28 September nanti, para perwakilan dari Nabire mengikuti seminar dan presentasi karya terbaik dari para guru imbas, serta lomba literasi budaya dan pameran hasil karya kreatif guru.

“Kami dari Nabire berangkat dengan membawa 15 hasil karya kreatif guru imbas Nabire yang dipamerkan di Stand Karya Kreatif Guru, Pameran Hasil Karya Kreatif”, tutup Ibu Meliana.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *