Duh, Sudah 2 Tahun Kepala Kampung Di Nabire Masih Belum Definitif

Nabire – Tepat 2 tahun berjalan hingga saat ini, jabatan sejumlah Kepala Kampung di Nabire masih berstatus pejabat sementara karena belum ada pemilihan Kepala Kampung Definitif.

Padahal tanggung jawab Kepala Kampung cukup berat dalam mengelola penggunaan dana kampung yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Disamping itu keberadaan Pjs.Kepala Kampung tentu akan mempengaruhi kebijakan pembangunan kampung dan pelayanan terhadap warga di Kampung.

Seyogyanya pemilihan Kepala Kampung dipilih langsung oleh masyarakat. Namun belum ada tanda-tanda kapan akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Kampung.

Selain itu, tahun 2020 mendatang akan digelar Pilkada Nabire, oleh karena itu, sebelum Pilkada digelar, seyogyanya pemilihan Kepala Kampung sudah dilakukan terlebih dahulu, sehingga tidak menghambat pelaksanaan Pilkada, serta tak ada asumsi dan kecurigaan dari masyarakat bahwa pejabat Kepala Kampung dekat dengan kekuasaan dan akan memanfaatkan hal itu pada pemilihan Kepala Daerah.

Sebelumnya di tahun 2018, sejumlah elemen masyarakat kampung yang ada di Nabire telah memprotes belum adanya Kepala Kampung Definitif.

(Baca Juga : Pemilihan Kakam Definitif Urung Dilaksanakan Karena Defisit APBD Nabire)

Namun pemerintah NabireĀ  menjelaskan bahwa proses pemilihan Kepala Kampung membutuhkan anggaran, dimana tahun 2018 pemerintah kabupaten Nabire lagi defisit anggaran, sehingga pemilihan Kepala Kampung di Nabire belum dapat dilaksanakan. Dikatakan, pemilihan Kepala Kampung baru bisa dilaksanakan setelah dianggarkan di APBD.

Salah seorang warga Nabire, Yonatan, mengatakan, seharusnya Bupati Nabire segera melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung karena jabatan Bupati Nabire sudah hampir berakhir.

Dikatakan, biarkan masyarakat yang memilih sendiri Kepala Kampungnya, karena masyarakat lebih tahu kondisi kampungnya ketimbang Bupati.

[Nabire.Net]


One Response to Duh, Sudah 2 Tahun Kepala Kampung Di Nabire Masih Belum Definitif

  1. mas taqimai berkata:

    d nabire tu trada pemilihan kepala kampung.yang ada kepala kampung tunjuk2..
    d tunjuk langsng oleh bupati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *