Dishubkominfo Nabire Himbau Para Pemilik Kendaraan Lakukan Uji Kendaraan

uji kendaraan

UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 yang sudah efektif berlaku, menggantikan UU Nomor 14 Tahun 1992 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Khususnya pada pasal 49 huruf b tentang uji berkal, pasal 53 ayat 1 tentang diwajibkan untuk mobil penumpang umum, mobil, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan, serta Peraturan Daerah no 4 tahun 2010 tentang pajak daerah dan retribusi.

Terkait hal tersebut, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika kabupaten Nabire berdasarkan dasar hukum tersebut menghimbau kepada para pemilik kendaraan wajib uji baik perorangan maupun perusahaan yang ada di Nabire, agar segera mengurus uji kendaraannya di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Nabire. Diharapkan pengujian tersebut dilakukan oleh pemilik kendaraan sendiri tanpa melalui calo.

Tujuan diadakannya pengujian ini agar semua mobil penumpang umum, mobil, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan mematuhi peraturan dan melengkapi semua kendaraannya, seperti lampu, asap yang tidak terlalu hitam, kipas kaca, hingga mengganti ban yang sudah gundul, karena hal ini menyangkut keselamatan pengendara kendaraan maupun penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *