Dinas Pertanian Nabire & Kodim 1705/Paniai Pantau Ketersediaan Pupuk

Dalam rangka mensukseskan swasembada pangan di Nabire, kodim 1705/Paniai bersama Dinas Pertanian kabupaten Nabire, meninjau langsung gudang penyimpanan pupuk Stockholder yang berada di PT Bhanda Graha Reksa Nabire, kamis 14 September 2017.

Dalam kunjungan tersebut Kodim 1705/Paniai diwakili oleh Pasiter Kodim 1705/Paniai, Kapten Inf Eko Sulistiyono.

Pengecekan ketersediaan pupuk tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya penyelewengan ataupun penimbunan pupuk bantuan bagi para petani, mengingat areal perluasan cetak sawah di tahun 2017 sudah mendekati target yang telah ditentukan.

Selanjutnya kegiatan ini juga untuk mengetahui jenis pupuk apa saja yang diperlukan oleh para petani sekaligus persedian yang diperlukan. Apabila pupuk yang dibutuhkan belum ada digudang, maka Dinas Pertanian akan mengkordinasikan agar penyediaan pupuk di Nabire segera terealisasi.

Pasiter juga menekankan kepada penjaga gudang pupuk agar pendistribusian pupuk sesuai dengan apa yang ada, jangan sampai dilebih-lebihkan, apabila terjadi seperti itu, maka akan berhadapan dengan pihak yang berwajib, yang mana hal ini merupakan program Pemerintah Pusat.

Selanjutnya untuk pendistribusian pupuk jangan sampai terlambat, apabila ada petani yang mengajukan surat permohonan untuk mengambil pupuk agar ditindak lanjuti, karena pemupukan harus sesuai dengan masa pertumbuhan tanaman, apabila terlambat untuk pemupukan maka tanaman akan rusak dan gagal panen (fuso).

Hal ini bukan kemauan dari pihak Kodim 1705/Paniai dan Dinas Pertanian Nabire, melainkan atas perintah dari pusat untuk selalu memantau perkembangan pertanian di Nabire. Bukan hanya perihal pupuk saja yang perlu dipantau, akan tetapi mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman perawatan sampai dengan masa panen.

“Untuk itu marilah kita semua saling bekerjasama, saling mendukung satu dengan yang lain untuk menyukseskan program swasembada pangan di Nabire agar semua dapat berjalan lancar sesuai target yang hendak dicapai”, tegas Pasiter.

(Kodam17Cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *