Dinas Pendidikan Nabire Akan Kembangkan PAUD Di 8 Distrik 3T Di Nabire

(Kepala Bidang Guru Dan Tenaga Kependidikan (GTK), Dinas Pendidikan kabupaten Nabire, Mesak Mofu S.Pd M.Pd)

Pemerintah kabupaten Nabire melalui Dinas Pendidikan berencana membangun Lembaga Pendidikan Formal Usia Dini (PAUD) dengan sasaran 8 wilayah Distrik yang dikategorikan sebagai wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Demikian penuturan Mesak Mofu S.Pd M.Pd selaku Kepala Bidang Guru Dan Tenaga Kependidikan (GTK), Dinas Pendidikan kabupaten Nabire, saat ditanyakan mengenai rencana tersebut, oleh Nabire.Net, Minggu (25/11).

Dijelaskan Mesak Mofu, hal ini tentunya akan sangat mendukung visi kabupaten Nabire yakni Membuka Isolasi Daerah Demi Terwujudnya Masyarakat Nabire yang Berwawasan Keberagaman, Berkeadilan, Sejahtera, dan Mandiri secara berkelanjutan, terlebih khusus untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat secara lahir dan batin melalui kecukupan sandang, pangan,dan papan yang didukung oleh kemudahan mendapatkan kebutuhan pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, penghidupan yang layak, rasa aman, damai, dan tentram dalam hidup bermasyarakat.

Kedelapan Distrik kategori wilayah 3T yang jadi sasaran program ini yaitu Distrik Siriwo, Distrik Uwapa, Distrik Teluk Umar, Distrik Yaur, Distrik Yaro, Distrik Moora, Distrik Wapoga dan Distrik Napan. Didalam 8 Distrik tersebut, ada 41 kampung.

“Rencana pengembangan Lembaga Pendidikan Formal Usia Dini (PAUD) ini ada yang jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Jangka pendek selama 2 bulan, jangka menengah selama 6 bulan dan jangka panjang selama 1 hingga 2 tahun”, tutur Mesak.

Dijelaskan Mesak Mofu, pihaknya untuk jangka pendek atau 2 bulan ini tengah melakukan pencanangan di 2 kampung yakni kampung Mosan, Distrik Napan dan kampung Sima, Distrik Yaur.

Sementara untuk 6 bulan berikut, akan dilanjutkan untuk 12 PAUD di 12 Kampung yang ada di 8 Distrik. Dan untuk jangka panjang, akan dibangun 26 PAUD dalam kurun waktu setahun. Dan terakhir untuk 2 tahun akan dibangun 40 PAUD.

“Gagasan ini tentu tidak gampang dilakukan, tapi bagi saya, yang penting kita berniat dan berkomitmen, serta semangat melibatkan semua komponen, maka tentu apa yang diharapkan kita bersama guna membentuk karakter anak-anak bangsa sejak dini, terutama anak-anak Papua yang tersebar di 8 Distrik dan 41 Kampung ini dapat terwujud”, harap Mesak Mofu.

(Tokoh Masyarakat & Tokoh Perempuan di Kampung Sima, Distrik Yaur, Nabire)

Sementara itu, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Perempuan yang mengikuti kegiatan Sosialisasi rencana pengembangan PAUD di Kampung Sima, Distrik Yaur, mengaku sangat mendukung apa yang diprogramkan dan direncanakan oleh pemerintah.

(Tokoh Masyarakat & Tokoh Perempuan di Kampung Mosan, Distrik Napan, Nabire)

Hal senada juga diungkapkan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Masyarakat Kampung Mosan, Distrik Napan Nabire.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
© 2019 Nabire.Net
Powered by Nabire.Net