Dinas Budporapar Nabire Akan Jadikan Kampung Akudiomi Sebagai Kampung Wisata Bahari

Untitled-1

Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire, akan menjadikan Kampung Akudiomi sebagai Kampung Wisata, sehingga perlu adanya kemitraan dengan Kepala Distrik, Kepala Kampung, WWF, Balai Besar TNTC, dalm pengembangan sektor pariwisata bahari di Distrik yaur dan Teluk Umar.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga & Pariwisata kabupaten Nabire, Drs Blasius Nuhuyanan, saat memberikan sambutan pada kegiatan Pelatihan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata, yang dilaksanakan senin (27/06), bertempat di Kampung Akudiomi Distrik Yaur Nabire.

Lebih lanjut menurut Blasius Nuhuyanan, Dinas Budporapar kabupaten Nabire juga telah merencanakan untuk membangun Homestay di lokasi Kali Lemon dan Soa sebagai tempat transit bagi wisatawan atau masyarakat yang berkunjung ke obyek-obyek wisata di Distrik Yaur & Distrik Teluk Umar Nabire.

Pelatihan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata, yang dilaksanakan senin (27/06), bertempat di Kampung Akudiomi Distrik Yaur Nabire, turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Nabire, Ketua Pengadilan Negeri Nabire, Orpa Marthina SH, Kepala Distrik Yaur Drs Denny Sawaki, Ketua DPRD Nabire diwakili Aril Tawaru, para Kepala Kampung dan warga masyarakat Kampung Akudiomi.

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan sampai dengan 1 juli 2016, bertempat di Kampung Akudiomi, Distrik Yaur Nabire.

Pelatihan ini sendiri diikuti sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari 2 Distrik yakni Distrik Yaur sebagai tuan rumah kegiatan dan Distrik Teluk Umar.

Adapun yang akan menjadi nara sumber kegiatan ini diantaranya berasal dari Bappeda Nabire, Badan Pemberdayaan Masyarakat & Pemerintah Kampung (BPMK) Nabire, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & KB Nabire, Badan Lingkungan Hidup Nabire, dan Dinas Koperindag Nabire, World Wide Fund (WWF), dan Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

(RRINabire/Amir.K)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *