Cegah Penyalahgunaan Keuangan, DPMK Nabire Ajarkan Penggunaan Aplikasi SISKEUDES Kepada 240 Aparat Kampung

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan akan pengelolaan keuangan sekaligus mencegah penyalahgunaan keuangan di desa atau kampung, maka sebanyak 240 aparat kampung yang berasal dari 72 kampung Definitif dan 8 kampung persiapan se-kabupaten Nabire, mengikuti Sosialisasi & Pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), bertempat di Guest House Nabire, Jumat 23 November 2018.

Sosialisasi & Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung kabupaten Nabire, yang diwakili Staf Bidang Pemerintahan, Isak Kbarek.

Isak Kbarek saat membuka kegiatan meminta agar para peserta pelatihan yang terdiri dari Kepala Kampung, Sekretaris dan Bendahara Kampung, bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini, sehingga mereka memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam mengelola keuangan di desa, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Ditempat yang sama, Kasie Intelijen Kejaksaan Negeri Nabire, Mangasitua Simanjuntak SH MH, berharap agar pelatihan ini dapat menjadi bekal bagi aparat kampung, dan bisa diaplikasikan di kampung masing-masing, sehingga kedepannya tidak ada lagi aparat kampung yang melakukan tindak pidana korupsi atau penyalahgunaan anggaran yang disalurkan oleh pemerintah.

Sosialisasi & Pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskedes) yang dilaksanakan di Guest House tersebut, akan dilaksanakan hingga sabtu esok (24/11).

Sebagai informasi, aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) ini, diterapkan oleh pemerintah untuk memastikan seluruh tahapan pembangunan desa, termasuk perencanaan hingga pelaporan dan pengawasan berjalan dengan efektif dan transparan. Selama bertahun-tahun, sebagian besar pemerintah desa membuat anggaran, pembukuan dan laporan keuangan menggunakan MS-Excel atau aplikasi lain yang formatnya tidak standar.

Menjawab tantangan ini, Pemerintah Indonesia, melalui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengembangkan Aplikasi SISKEUDES atau Sistem Keuangan Desa untuk membantu serta memudahkan pemerintah desa dan kabupaten/kota dalam merencanakan hingga melaporkan dan mengawasi pengelolaan keuangan desa. Diluncurkan pada tahun 2015, SISKEUDES telah diterapkan penuh di sekitar 60% desa di Indonesia pada pertengahan 2018.

(RRINabire/Arnold.S)


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.