Bupati Dukung Rencana Pelaksanaan Tikar Adat Oleh Dewan Adat Nabire

Nabire – Guna menyelesaikan sengketa Pemilu 2019 yang menurut Dewan Adat Nabire jauh dari kejujuran dan keadilan, lebih khusus bagi warga asli Nabire (pesisir), maka Dewan Adat Nabire berencana melaksanakan tikar adat guna bersama-sama menyelesaikan persoalan ini dengan menghadirkan masyarakat adat, lembaga adat, hingga pimpinan daerah, DPRP dan MRP.

Untuk menindaklanjuti rencana tersebut, maka telah dilaksanakan Rapat Koordinasi oleh para Kepala Suku dan Tokoh Adat dari enam suku pesisir dan kepulauan yang ada di Nabire, bersama dengan Bupati Nabire, bertempat di ruang rapat kantor Bupati Nabire, Senin (17/06).

(Baca Juga : Bahas Kecurangan Pemilu 2019 Di Nabire, Dewan Adat Nabire Akan Gelar Tikar Adat)

Rapat ini secara khusus membahas rencana pelaksanaan tikar adat guna menyalurkan aspirasi masyarakat adat, dalam rangka mendorong realisasi pengangkatan anggota DPRD kabupaten/kota se-Papua dari jalur otsus.

Berkaitan dengan hal ini, sehari sebelumnya (16/06), Kepala Bidang Politik Kesbangpol Provinsi Papua, Siti Hijrah, di Jayapura, mengatakan, pengangkatan anggota DPRD kabupaten/kota se-Papua dari jalur otsus dapat dilakukan setelah pihak yang berkompeten melakukan revisi terhadap pasal 6 UU Otsu.

Menurutnya, hal ini sah dilakukan sebagai salah satu wujud apresiasi dari aspirasi masyarakat adat, yang telah diwacanakan oleh LMA Privinsi Papua.

Sementara anggota komisi 1 DPRP, Yonas Nusi, melalui telfon selulernya menjelaskan bahwa rencana pelaksanaan tikar adat adalah agenda masyarakat adat yang melahirkan keputusan keberpihakan, dan hal ini wajib ditindaklanjuti oleh pemerintah dan disesuaikan dengan aturan yang ada.

Yonas Nusi juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan masyarakat adat, dan bukan kegiatan pemerintah, namun pemerintah wajib memfasilitasi dan mengarahkan hal tersebut sesuai kebutuhan masyarakat adat.

Dalam rapat bersama Bupati Nabire, Bupati Isaias Douw merespon positif niatan dari para Tokoh Adat dan Kepala Suku di Nabire terkait rencana pelaksanaan tikar adat di Nabire.

[Nabire.Net]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *