BMKG : Waspada Gelombang Tinggi Hingga 26 Desember 2018 Di Perairan Utara Papua Barat Hingga Papua

Jakarta – Badan Metereologi & Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan gelombang tinggi mulai tanggal 23 hingga 26 Desember 2018.

Peringatan tersebut dikeluarkan oleh BMKG melalui situs resminya, pukul 21.29 wib, Sabtu kemarin (22/12). Dalam peringatan tersebut, BMKG mengingatkan terjadinya gelombang tinggi dengan kisaran ketinggian 1.25 meter hingga 2.50 meter.

Peringatan tersebut berpeluang terjadi di sejumlah perairan di Indonesia termasuk di perairan utara Papua Barat hingga Papua serta Samudera Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Gelombang tinggi tersebut diakibatkan adanya pola tekanan rendah 1006 hPa di Samudra Pasifik utara Halmahera. Pola angin umumnya bergerak dari barat – barat laut pada wilayah Indonesia bagian utara dengan kecepatan angin berkisar antara 5 – 20 knot, sementara di bagian selatan Indonesia angin bergerak dari barat daya – barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 – 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa bagian barat, Laut Sulawesi, Perairan utara Halmahera hingga Papua Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut.

Oleh karena itu, BMKG mengingatkan kepada Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Selain itu untuk warga masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di pesisir barat Sumatera, selatan Jawa, Bali, NTB, NTT, serta daerah lainnya khususnya yang tercantum dalam daftar Peringatan Dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut.

Dan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisisr sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.