BMKG Nabire Dukung Pengendalian Vektor Di Wilayah Pelabuhan/Bandara Nabire

(Sosialisasi Pengendalian Vektor di Nabire)

(Sosialisasi Pengendalian Vektor di Nabire)

Nabire – Bertempat di Hotel Grand Papua Nabire, telah dilaksanakan Sosialisasi Pengendalian Vektor Di Wilayah Pelabuhan/Bandara Wilayah Kerja Nabire.

Kegiatan ini menghadirkan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Biak dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire sebagai Narasumber.

Stasiun Meteorologi Nabire (BMKG Nabire) hadir sebagai undangan, yang diwakili oleh Eusebio Andronikos Sampe, S.Tr & Hezron Salawane, S.Tr.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kegiatan pengendalian vektor di wilayah pelabuhan/bandara wilayah kerja Nabire kepada lintas program/lintas sektor.

Dalam kegiatan ini, pembawa materi adalah Pjs Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Dr Frans Sayori, M.Kes dan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Biak, Bambang Budiman.

BMKG Nabire sendiri siap membantu Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Biak & Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire dalam pengendalian vektor di wilayah Pelabuhan/Bandara wilayah kerja Nabire.

Sebagai informasi, pengendalian vektor adalah pengendalian serangga penular penyakit sehingga memutuskan rantai penularan penyakit.

Faktor yang penting dalam pengendalian vektor adalah mengetahui tempat perkembangbiakan, tempat istirahat, serta tempat kontak vektor dan manusia.

Selain menggunakan bahan kimia, pengendalian vektor juga bisa dilakukan dengan pengubahan lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial, ekonomi dan budaya.

Misalnya dengan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN) untuk pengendalian vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terkenal dengan sebutan 3M yaitu Menguras Tempat Penampungan Air (TPA), Menutup TPA dan Menimbun barang-barang yang dapat menampung air hujan yang bisa menjadi tempat berkembangbiak nyamuk Aedes aegypti.

Contoh lain yaitu dengan membersihkan saluran air menggenang yang dapat menjadi tempat berkembangbiak nyamuk penular penyakit kaki gajah (filariasis).

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *