BMKG Nabire Bantah Kabar Hoax Gempa Susulan

(Kabar Hoax Gempa)

Nabire – Beredar sejumlah informasi di dunia maya, baik Facebook maupun Whatsapp yang menyebutkan bahwa akan terjadi gempa susulan dari laut Nabire pada jam 12 atau jam 1.

Dalam info tersebut bahkan disebutkan jika sumber info berasal dari BMKG Nabire.

“Info saja dari BMKG Nabire, hati-hati jam 12 atau jam 1 gempa susulan dari laut Nabire. Mohon jangan tidur nyenyak. Semoga Tuhan melindungi kita semua. Amin”, demikian info yang beredar tersebut.

BMKG Nabire kemudian menanggapi info tersebut. Staf BMKG Nabire, Eusebius Andronikus, langsung menegaskan bahwa informasi itu tidak benar atau hoax.

Menurutnya berita yang mengatasnamakan BMKG merupakan berita hoax yang di baut oleh segelintir orang yang ingin merusak suasana kota Nabire.

“Kalo info gempa yang tadi sore itu memang betul terjadi. Siapa lagi yang buat berita hoax, kami dari BMKG tidak pernah mengeluarkan info seperti itu.Pasti ada oknum yang mau bikin kacau keadaan Nabire”, kata Eusebius.

Sementara itu, salah seorang warga Nabire, Irma, kepada Nabire.Net mengaku panik mendengar info tersebut. Namun setelah diberitahu bahwa info tersebut hoax, dia bersyukur.

Sebagai informasi memang pada minggu siang (22/03), telah terjadi gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 5.2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 4.9. Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

(Baca Juga : Gempa Magnitudo 5.2 Guncang Nabire Minggu Siang)

Berdasarkan informasi dari BMKG , gempa terjadi pada hari minggu, (22/03/2020) pukul 14.51.47 WIT, dengan lokasi gempa berada di 71 KM Barat Laut Nabire, dengan kedalaman 15 KM.

Gempa terjadi pada titik koordinat 2.88 Lintang Selatan (LS) dan 135,63 Bujur Timur (BT).

[Nabire.Net.Ronaldo.L]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *